5 Tempat Wisata Candi Di Magelang Yang Sangat Mempesona

0
929
Tempat Wisata Candi Di Magelang
Tempat Wisata Candi Di Magelang

Tempat Wisata Candi Di Magelang By Sanjaya Tour

kabupaten yang ada di jawa tengah ini dari dahulu sudah terkenal akan destinasi tempat wisata candi yang sangat indah dan megah di  magelang, bakan pesonanya membuat salah satu warisan leluhur bangsa ini mendapatkan penghargaan dari UNESCO sebagia warisan dunia

tidak hanya itu salah satu tempat wisata candi yang ada di magelang ini menjadi icon dari 7 keajaiban dunia yang patut kita banggakan, dengan arsitek tur rumit dan menawan cirikhas candi pennggalan mataram kuno dengan corak agama hindu budha

Daftar Tempat Wisata Candi Magelang Paling Indah

Tempat Wisata Candi Di Magelang
Tempat Wisata Candi Di Magelang

banyak sekali situs candi peninggalan kerajaan mataram kuno yang tersebar di magelang  yang masih exis berdiri sampai sekarang dan sekarang tempat wisata candi yang ada di magelang menjadi destinasi menarik untuk di kunjungi

lalu dimana sajakah tempat wisata candi yang ada di magelang? berikut kami berikan informasinya simak ulasan kami berikut ini

1. Candi Borobudur

Candi Borobudur
by Rafael Benaduce Alice
  • AlamatJl. Raya Solo – Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55571, Indonesia
  • Harga Tiket Masuk : Rp. 40.000,-
  • Jam Oprasional : 08.00 – 18.00

Candi umat Buddha termegah dan terbesar di dunia. Pernah menjadi satu dari tujuh keajaiban dunia. Candi ini sudah beberapa kali dipugar. Termasuk dalam daftar situs warisan dunia yang ditetapkan UNESCO.

Selain digunakan sebagai pusat ziarah agama Buddha dan tempat berkumpul merayakan Trisuci Waisak, area Candi Borobudur ini juga dipakai untuk kegiatan seni dan budaya. Termasuk untuk penyelenggaraan event olahraga bertaraf internasional, yaitu Borobudur Marathon

Candi berbentuk stupa ini didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra. Borobudur adalah candi atau kuil Buddha terbesar di dunia, sekaligus salah satu monumen Buddha terbesar di dunia.

2. Mendut Buddhist Monastery

Candi Mendut
by Lai Vivi
  • AlamatJl. Magelang, Sumberrejo, Mendut, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah 56501, Indonesia
  • Harga Tiket Masuk : Rp. ,-
  • Jam Oprasional : 08.00 – 17.00

Candi Mendut merupakan bagian dari candi Borobudur. Letaknya berdekatan dan berupa satu garis lurus dengan Candi Borobudur dan Candi Pawon. Didirikan oleh Raja Indra, jadi menurut sejarah candi ini lebih tua dari Candi Borobudur. Buat yg senang sejarah , ketiga candi ini wajib dikunjungi karena saling berkaitan dan sangat indah

Mendut Buddhist Monastery adalah vihara yg terletak berdekatan dgn Candi Mendut. Memasuki sebuah pintu kecil, kita akan disambut oleh kolam teratai di kiri dan kanan, lalu deretan stupa.

Didalam Wihara ini terdapat banyak taman yg asri, tempat ibadah, asrama biksu, patung Buddha tidur dsb.




Ada pula sebuah pohon yg cukup langka, yaitu pohon Sala yg bunganya menempel pada akar menjulur ke bawah

Pada bagian belakang vihara ini terdapat sebuah gapura besar yg menjulang tinggi dimana bagian atasnya terdapat pahatan 4 wajah Buddha. Suasana hening dan damai sangat terasa disini, terutama di pagi hari.

Meskipun tidak dipungut tiket masuk, ada baiknya kita menjaga sopan santun di dalam vihara ini krn pd dasarnya tempat ini adalah tempat ibadah bagi umat Buddha.

3. Obyek Wisata Candi Pawon

Candi Pawon
by two keqi
  • AlamatBrojonalan, Dusun 1, Wanurejo, Kec. Borobudur, Magelang, Jawa Tengah 56553, Indonesia
  • Harga Tiket Masuk : Rp. 3500,-
  • Jam Oprasional : 08.00 – 17.00

Tempat Wisata Candi yg merupakan bagian dari candi Borobudur Magelang yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Candi Borobudur.Letaknya berdekatan dengan candi Borobudur dan candi Mendut, Menurut sejarahnya, candi Pawon dipakai untuk menyimpan abu Raja Indra, ayahanda Raja Samaratungga.




Candi ini berukuran paling kecil diantara candi Mendut dan Borobudur tetapi halaman yang terawat, bangunan candi yang masih utuh dan dipugar terakhir tahun 1904. Menjadi tempat yang digunakan untuk menyimpan air suci yang diambil dari 7 mata air yang berbeda pada saat perayaan Waisak.

Candi ini terawat, lingkungannya cukup bersih & rapih. Disana, anda dapat melakukan sua foto bersama teman atau keluarga anda. Anda juga akan menemukan souvenir berupa wayang, topeng, miniatur, dan berbagai souvenir artistik lainnya di komplek wisata candi ini.

4. Candi Asu Sengi

Candi Asu Sengi
by David
  • AlamatCandi Pos Sengi, Dukuhan, Ngampel, Dukun, Magelang, Jawa Tengah 56482, Indonesia
  • Harga Tiket Masuk : Rp. ,-
  • Jam Oprasional : 08.00 – 17.00

Candi Asu terletak di tengah-tengah lahan pertanian masyarakat dan dikelilingi oleh pagar alam yg berupa tanaman yang tertata rapi. Candi Asu berbentuk bujur sangkar dengan ukuran 7,94 meter. Bangunan Candi Asu saat ini tersusun bagian kaki dan tubuhnya, sedangkan atap candi sudah tidak terlihat lagi karena telah runtuh.

Tempat Wisata Candi yang ada di magelang ini merupakan candi peninggalan jaman kerajaan Mataram Kuno dari trah Wangsa Sanjaya (Mataram Hindu). Candi ini berada di lereng Gunung Merapi sebelah barat di tepian Sungai Tlingsing Pabelan.

Nama candi Asu Sengi merupakan dari nama ASU sebenarnya baru diberikan oleh masyarakat sekitar sewaktu candi ini pertama kali ditemukan. Nama yang asli sebenarnya belum diketahui secara pasti.




Nama Candi Asu diberikan karena sewaktu pertama kali ditemukan ada sebuah patung Lembu Nandhi yang wujudnya telah rusak dan lebih mirip menyerupai Asu [Anjing-dalam bahasa Jawa], dan Sengi merupakan nama Desa dimana candi tersebut berada, maka warga menyebutnya dengan Candi Asu Sengi.

5. Tempat Wisata Candi Selogriyo Magelang

Candi Selogriyo
by jajan jalanan
  • AlamatHutan, Windusari, Magelang, Jawa Tengah 56152, Indonesia
  • Harga Tiket Masuk : Rp. ,-
  • Jam Oprasional : 08.00 – 17.00

Candi Selogriyo adalah sebuah peninggalan purbakala di Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Candi ini diperkirakan dibangun pada abad ke-9 M, pada masa Kerajaan Mataram Kuno.




Arsitektur Indonesia Klasik berlatar belakang agama Hindu ini menghadap ke arah timur. Di empat sisi dinding bangunan candi terdapat lima relung tempat arca-arca perwujudan dewa.

Arca-arca tersebut adalah Durga Mahisasuramardini (dinding utara), Ganesha (dinding barat), Agastya (dinding selatan), serta Nandiswara dan Mahakala (dinding timur).

Salah satu keistimewaan candi tanpa perwara ini adalah kemuncaknya yang berbentuk buah keben. Kemuncak tersebut disebut amalaka.

Pada bulan Desember 1998, candi ini hancur karena bukit tempat bangunan berdiri mengalami kelongsoran. Proses rekonstruksi ulang selesai dilakukan pada tahun 2005.

Tempat Wisata Candi yang ada di  magelang ini selain melihat situs candinya yang bagus di tempat ini juga ada taman yang cantik dan bagus buat foto-foto.

Disepanjang jalan menuju candi kita dimanjakan dengan indahnya persawahan dan juga deretan perbukitan yang begitu cantik. Tapi sayangnya akses jalan dari loket menuju area candi kurang bagus dan hanya dapat dilalui oleh sepeda motor saja