Melihat Keindahan Candi Arjuna Yang Berada Di Dieng

0
216
Candi Arjuna Dieng Banjarnegara
Candi Arjuna Dieng Banjarnegara

Candi Arjuna Dieng Wonosobo

Dataran Dieng ini memiliki kawasan candi yang sangat luas, candi- candi yang terdapat di kawasan ini menempati area seluas 90 hektare. Dari sekian banyak candi yang ada di dataran tinggi Dieng, Kompleks candi arjuna ini merupakan candi yang terluas.

Kenapa kompleks candi arjuna dieng, karena didalamnya juga sebenarnya tidak hanya candi arjuna saja, tetapi ada candi sembadra, candi semar dam masih banyak candi yang lainnya. Dan candi candi disini memang memiliki nama seperti pewayangan Mahabaratha.

Dan candi ini berbeda dengan candi candi pada umumnya, mungkin diantara kalian sudah banyak yang mengetahui tentang wisata ini, karna wisata ini cukup terkenal dikalangan Mancanegara. Banyak para wisatawan yang mengunjungi wisata ini untuk menghabiskan waktu liburan mereka.

Destinasi Wisata Candi Arjuna Dieng

tempat wisata di dieng ini memiliki segudang cerita tentang sejarah sejarah yang sangat unik dan menarik, jadi bagi kalian pecinta sejarah sejarah pewayangan seperti cerita tentang mahabaratha tempat wisata ini sangat cocok bagi kalian.

by Ria Utami

Selain sejarahnya di wisata ini juga memiliki pemandangan yang sangat indah dan unik dan candi ini juga berada di dataran tinggi, sehingga membuat hawa hawa di sekitaran sini menjadi sangat sejuk, dan dingin.

Sejarah Bangunan Candi

Bangunan candi yang terbentuk juga memiliki arti sendiri sendiri lhoo dan itu membuat candi ini semakin unik dan menarik. Bagi kalian pecinta tempat wisata seperti ini mungkin wisata ini pas untuk anda.

Jadi mungkin karena itu banyak para muda-mudi yang datang ke wisata ini untuk selfie-selfie atau melihat dan mendengarkan secara langsung tentang wisata ini.

Wisata ini sangat cocok dikalangan usia, apalagi untu anak-anak, kalian bisa berlibur sekaligus mengetahui tentang sejarahnya pewayangan,

jadi bagi kalian yang ingin mengunjungi wisata ini bisa mengajak keluarga, sahabat, atau kerabat dekat anda untuk mengunjungi wisata ini.

Disini saya akan membahas tentang candi arjuna dieng, sejarah singkatnya, lokasinya, harga tiket, dan beberapa fasilitas yang menarik yang berada di wisata ini.

Candi Arjuna merupakan salah satu bangunan candi di Kompleks Percandian Arjuna, Dieng. Candi Arjuna ini sebagai candi tertua yang dibangun pada abad 8 masehi oleh Dinasti Sanjaya dari Mataram Kuno.

by Andreas Purba

Di kompleks candi ini juga terdapat  5 candi Candi Arjuna, Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, dan Candi Sembadra. Masyarakat memberikan nama tokoh pewayangan mahabaratha sebagai nama candi

Tapii  candi ini memiliki keunikan tersendiri, keunikannya yaituu candi ini memiliki bentuk yang berbeda dari candi yang lain. Keunikannya yaitu Melihat dari bentuk dan ornament yang terdapat di setiap candi,




keempat candi tersebut dibangun pada masa yang berbeda – beda. Candi Arjuna dibangun paling awal, sementara candi sembadra yang dibangun paling akhir.

Perkiraan tersebut didasarkan pada perbedaan gaya bangunan candi. Candi Arjuna masih sangat kental dengan gaya candi – candi dari India. Sementara Candi Sembadra sudah terlihat pengaruh kebudayaan lokal yang sangat kuat. Dilihat dari relung yang ada pada candi.

Bentuk Candi

Candi-candi yang bergaya India ini memiliki relung yang menjorok ke dalam, sementara pengaruh kebudayaan lokal akan memiliki relung yang menjorok ke luar. Kompleks candi ini pertama kali ditemukan pada abad ke 18 oleh sorang tentara Belanda.

Keempat candi ini memiliki ornament yang sama di setiap candinya terdapat penil atau ornament pada bagian tangga, seperti pegangan, ada juga kala atau wajah raksasa tanpa rahang bawah,

by faizarazzak fadilah

makara makara ini diletakkan di sisi-sisi pintu dan dipercaya mampu mengusir kejahatan., jalatmara atau saluran air untuk mengalirkan air dari bagian dalam candi ke salah satu sisi. Dan masih sangat banyakk arsitektur yang lainnya.

Candi Arjuna, candi puntadewa dan candi sembadra merupakan candi yang dibuat untuk menyembah dewa syiwa, sementara candi srikandi dibangun untuk menyembah trimurti yaitu tiga dewa syiwa, brahma, dan wisnu.

Lokasi Candi Arjuna Dieng Wonosobo

by Prasetyo Eko

Untuk menuju ke lokasi candi ini sangat mudah dicari, karna tempat wisata ini sangat terkenal di kalangan Dieng begitupun di kota kota lainnya.

Kawasan yang telah menjadi salah satu destinasi wisata yang hits ini sangat mudah ditempuh. Kalian bisa menggunakan transportasi umum atau pribadi untuk mengunjungi kawasan ini.

Destinasi Candi Arjuna Dieng
Alamat Karangsari, Dieng Kulon, 
Kota/Kecamatan Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah 53456
No. Telepon
Jam Buka Senin- Minggu / 06.00 – 17.30
Wahana Telaga, Danau, Pemandangan Alam




Jadi jika kalian mengunjungi wisata ini pasti akan buka terus sangat disayangkan jika anda mengunjungi Dieng  ini tetapi tidak mengunjungi wisata sejarah yang unik ini.

Disini juga terdapat pemandangan yang indah di sekitarnya ditambah dengan pemandangan sekitarnya yang indah unik  dan menarik.

by Andreas Purba

Bagi kalian pecinta cerita sejarah tempat ini sangat pas untuk kalian.  Jika kalian penasaran masukan wisata candi ini ke dalam list liburanmuu.

Candi Arjuna di dieng banjarnegara jawa tengah ini akan sangat ramai apabila anda mengunjungi wisata ini saat weekend atau sabtu minggu, jadi jika kalian ingin mengunjungi wisata ini lebih baik saat weekday atau hari biasa.

Harga Tiket Masuk Candi Arjuna Dieng

by Andreas Purba

Untuk harga tiket masuk ini sangat terjangkau hanya Rp. 10.000 per orangnya sangat murah bukan. Tapi setiap waktu bisa berubah ubah yaa. dengan harga yang sangat terjangkau

anda sudah dimajakan dengan bangunan candi dan  pemandangan pepohonan hijau yang sangat mengesankan dan menakjubkan kalian juga bisa  selfie selfie sekaligus mengetahui secara langsung sejarah dari candi ini.




Wisata ini juga sangat cocok dikalangan usia apalagi anak-anak, kalian bisa menghabiskan waktu liburan kalian sembari belajar tentang pewayangan, arjuna, puntadewa, sembadra, srikandi, dan masih banyak yang lainnya.

Candi ini terletak di dataran tinggi jadi jika kalian mengunjungi wisata ini saat musim kemarau pun kalian akan tetap terasa dingin, jadi ,lebih baik anda bawa jaket yang tebal, dan pastinya hawa hawanya pun akan terasa sejuk dan segar.

Fasilitas Candi Arjuna Dieng

by Andreas Purba

Selain cerita sejarah, pemandangan disini juga menakjubkan karena lokasinya berada di dataran tinggi menambah kesan wahh pada wisata ini, lokasi, dan harga tiketnya disini juga terdapat beberapa fasilitas yang mendukung akan wisata ini, seperti ;

  • Tempat parkir
  • Tempat ibadah
  • Kamar mandi
  • Spot foto
  • Dan masih banyak yang lainnya

Sangat sangat menarik banyak bukan mulai dari sejarahnya, pemandangannya, bangunan candi  yang  unik dan menarik.

Jika kalian mengunjungi wisata ini dijamin tidak akan rugi. Malahan kalian akan bersenang senang berada disini.

Saya sarankan juga jika anda ingin berkunjung kesini saat weekday atau hari biasa supaya tidak terlalu ramai dan padat.