5 Tempat Wisata Candi Di Klaten Dengan Arsitektur Menawan

0
648
Tempat Wisata Candi Di Klaten
Tempat Wisata Candi Di Klaten

Tempat Wisata Candi Di Klaten By Sanjaya Tour

sebagai salah satu kabupaten di jawa tengah klaten memiliki warisan budaya nenek moyang berupa candi hindu dan budha yang masih lestari sampai saat ini meskipun sempat rusak karena gempa yang mengguncang jogja di tahun 2006 tetapi bangunan tersebut sudah di perbaiki

banyak situs peninggalan bersejarah khususnya candi yang saat ini di jadikan tempat wisata bersejarah candi di kabupaten klaten, terkadang tidak sedikit wisatawan bingung karena lokasi candi tersebut kebanyakan berada di perbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta dan klaten jawa tengah

sebagai contoh candi prambanan sebagai candi tercantik di asia tenggara lokasi pintu masuknya berada di klaten dan tempat wisatanya masuk ke wilayah jogja tidak itu saja adapula candi sewu, candi bubrah, candi lumbung dan masih banyak lagi

Daftar Tempat Wisata Candi Di Klaten

Tempat Wisata Candi Di Klaten
Tempat Wisata Candi Di Klaten

lalu dimana sajakah tempat wisata candi yang ada di klaten? bagi yang belum tau berikut kami menginformasikan beberapa tempat wisata candi yang masuk ke dalam wilayak kabupaten klaten jawa tengah, simak ulasan kami berikut ini

1. Candi Plaosan Lor

Candi Plaosan Lor
by remah nastar
  • AlamatJl. Candi Plaosan, Plaosan Lor, Bugisan, Kec. Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57454, Indonesia
  • Harga Tiket Masuk : Rp. ,-
  • Jam Oprasional : 08.00 – 18.00

Candi ini dibangun pada abad 9 oleh Rakai Pikatan Raja Dinasty Sanjaya sebagai Hadiah dan rasa Cintanya pada Pramudya Wardani putri dari Dinasty Shailendra yg menjadi Istrinya.

dibangun atas dasar permintaan Pramodyawardhani kepada Rakai Pikatan sebagai bukti jika Rakai Pikatan serius ingin menikahinya. Sehingga di candi ini apa-apa yang ada jumlahnya selalu dua, menandakan bahwa jika sudah sepasang, harus terus bersama-sama

Tempatnya wisata candi plaosan klaten sangat bersih dan asri. sering dijadikan pilihan sebagai tempat pre wedding untuk tiket masuknya gratis anda cuma mengisi buku tamu dan sumbangan seikhlasnya,

dengan parkir kendaraan Rp. 5000,- Sekarang sudah cukup ramai, banyak penjual di depan pintu masuknya. Di sebelah timur juga ada resto-resto sawah dan taman lampion. Candi ini juga sebagai pemersatu agama Hindu dan Budha.

Moment terbaik berkunjung ke candi plaosan adalah sore hari. Spot photo untuk kegiatan prewedding, instagram dan sosial media paling asyik di seputaran candi,

banyak spot yang bisa anda pilih. Jam kunjung masuk yaitu : 08.00 – 17.00. Untuk parkir baik mobil dan roda 2 tercukupi, juga ada warung dan macam2 klontong penyedia souvenir.

2. Candi Merak

Candi Merak
by Estiningtyas Utami
  • Alamat: Dusun I, Karangnongko, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57483, Indonesia
  • Harga Tiket Masuk : Rp. ,-
  • Jam Oprasional : 08.00 – 17.00

salah satu tempat wisata berupa candi yang ada di klaetn ini pertama kali ditemukan sekitar tahun 1925. Dulu, lahan Candi merupakan lahan yang ada pohon Joho.

Saking besarnya pohon Joho ini, banyak buruk merak yang suka bertengger atau tidur di sini. Namun karena tuanya umur pohon Joho tersebut, suatu ketika pohon tersebut tumbang.




Tumbang pohon Joho ini menyebabkan akarnya tercerabut ke atas, dan ini menjadikan tanah di bawah terangkat ke atas. Pada saat inilah muncul banyak arca di bawah pohon yang tumbang tadi.

Setelah dilakukan penggalian lebih dalam, ternyata ditemukan Candi. Karena dulunya di Daerah ini banyak buruk merak yang tidur di sini, maka candi tersebut akhirnya dinamai Candi Merak.

Candi merak merupakan Candi yang berlatar belakang agama Hindu. Hal ini dapat dilihat dari arca-arca yang terdapat di Candi Merak,

seperti lingga yoni, arca Ganesa dan arca Durga. Selain itu terdapat arca-arca lain di sekitar halaman Candi Merak seperti Nandi dan dewa-dewa lain dalam agama Hindu.

3. Candi Sojiwan

Candi Sojiwan
by andy gibson
  • AlamatJl. Banjarsari, Kwaron, Kb. Dalem Kidul, Kec. Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57454, Indonesia
  • Harga Tiket Masuk : Rp. ,-
  • Jam Oprasional : 08.00 – 17.00

Candi ini terletak kurang lebih dua kilometer ke arah selatan dari Candi Prambanan, dari gerbang Taman Wisata Candi Prambanan meyeberang jalan raya Solo-Yogyakarta masuk ke jalan kecil menuju ke arah selatan, menyeberang rel kereta api,




lalu pada perempatan pertama berbelok ke kiri (timur) sejauh beberapa ratus meter hingga candi terlihat di sisi selatan. Candi ini telah rampung dipugar pada tahun 2011.

Candi Sojiwan atau Candi Sajiwan adalah sebuah candi Buddhis yang terletak di desa Kebon Dalem Kidul, kecamatan Prambanan, kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Sebuah ciri khas candi ini ialah adanya sekitar 20 relief di kaki candi yang berhubungan dengan cerita-cerita Pancatantra atau Jataka dari India. Dari 20 relief ini, tinggal 19 relief yang sekarang masih ada.

4. Situs Wisata Candi Plaosan Kidul Klaten

Candi Plaosan Kidul
by Yuli anto
  • AlamatPlaosan Lor, Bugisan, Kec. Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57454, Indonesia
  • Harga Tiket Masuk : Rp. ,-
  • Jam Oprasional : 08.00 – 17.00

Candi Plaoasn Kidul sebenarnya masih satu lokasi dengan Candi Plaosan, tetapi terpisah oleh jalan dan beberapa rumah. Candi Plaosan Kidul berada di selatan Candi Plaosan dengan jarak tempuh yang singkat.

Adanya kemuncak stupa, arca Buddha, serta candi-candi perwara (pendamping) yang berbentuk stupa menandakan bahwa candi-candi tersebut adalah candi Buddha.

Kompleks ini dibangun pada abad ke-9 oleh Raja Rakai Pikatan dan Sri Kahulunan pada zaman Kerajaan Medang, atau juga dikenal dengan nama Kerajaan Mataram Kuno.




Kompleks Candi Plaosan terdiri atas Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul. Pada masa lalu, Kompleks percandian ini dikelilingi oleh parit berbentuk persegi panjang. Sisa struktur tersebut masih bisa dilihat sampai saat ini di bagian timur dan barat candi.

5. Tempat Wisata Candi Siwa Klaten

Candi Siwa
by Yuli anto
  • AlamatTaman Wisata Candi Prambanan, Jalan Candi Sewu, Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57454, Indonesia
  • Harga Tiket Masuk : Rp. ,-
  • Jam Oprasional : 08.00 – 17.00 Jam

Candi Siwa sebagai candi utama adalah bangunan terbesar sekaligus tetinggi di kompleks candi Rara Jonggrang, berukuran tinggi 47 meter dan lebar 34 meter. Puncak mastaka atau kemuncak candi ini dimahkotai modifikasi bentuk wajra yang melambangkan intan atau halilintar.

Bentuk wajra ini merupakan versi Hindu sandingan dari stupayang ditemukan pada kemuncak candi Buddha. Candi Siwa dikelilingi lorong galeri yang dihiasi relief yang menceritakan kisah Ramayana terukir di dinding dalam pada pagar langkan.

Di atas pagar langkan ini dipagari jajaran kemuncak yang juga berbentuk wajra. Untuk mengikuti kisah sesuai urutannya, pengunjung harus masuk dari sisi timur, lalu melakukan pradakshinayakni berputar mengelilingi candi sesuai arah jarum jam. Kisah Ramayana ini dilanjutkan ke Candi Brahma.