Serunya Berenang Bersama Ikan Dewa Di Cibulan Kuningan

0
647
Obyek Tempat Wisata Cibulan Kuningan
Obyek Tempat Wisata Cibulan Kuningan

Obyek Tempat Wisata Cibulan Kuningan

jika sedang berada di kuningan jawa barat anda jangan sampai melewatkan destinasi yang satu ini tempat yang wajib banget didatengin kalo pergi ke Kuningan. Kapan lagi coba berenang sama ikan dewa di kolam air alami tanpa kaporit ini.

Airnya dingin dan seger banget. Dan ikannya jinak2 jadi jangan takut buat coba megang ikannya. Ada 2 kolam besar yang bisa dipake berenang, yang satu kolam dangkal dan satunya kolam dalam kira 2-3 meteran.

ya betul obyek tempat wisata cibulan merupakan detinasi wisata favorit bagi masyrakat kuningan dan sekitarnya, sampai sampai jumlah kunjungan akan membludak pada saat akhir pekan maupun musim liburan tiba, dan puncaknya bisa di lihat saat libur lebaran

Obyek Tempat Wisata Cibulan Kuningan

Obyek Tempat Wisata Cibulan Kuningan
Obyek Tempat Wisata Cibulan Kuningan

Cibulan merupakan salah satu objek wisata di kota kuningan, Kolam renang yang berada di sini berbeda dengan kolam renang yg berada di tempat lain. Kalau berenang di sini kalian akan berenang bareng “ ikan Dewa”namanya Ikan yang hanya bisa di jumpai di Kuningan.

Pemandian Cibulan memiliki 2 kolam utama. Masing-masing kolam memiliki kedalaman yang berbeda. Kolam pertama memiliki kedalaman 2 meter, dan kolam kedua hanya berkedalaman sekitar 60 cm hingga 120 cm. Kedua kolam ini diisi oleh ikan dewa atau ikan yang dianggap keramat oleh masyarakat sekitar.

Cerita Sejarah

setiap tempat di suatu daerah memiliki cerita keunikan masing – masing demikian juga dengan tempat wisata yang ada di kuningan satu ini, mempunyai cerita sejarah yang di ceritakan turun temurun

Sejarah Wisata Cibulan
by Ade Sarif

Nama Cibulan dipercaya berasal dari kata “Cal” yang dalam bahasa Sunda berarti air dan juga kata “Katimbulan” yang artinya muncul. Dikisahkan bahwa Putri Buyut Manis terkenal akan kecantikannya hingga membuat Putra Buyut Talaga ingin meminangnya menjadi istri.




Namun Sang Putri ternyata sudah memiliki pujaan hatinya sendiri dan tidak mau dipersunting oleh Sang Pangeran. Sang Putri pun lebih memilih pergi menghilang dari bumi.

Sebelum menghilang, Sang Putri menginjakkan kakinya di suatu tempat. Tempat tersebut kemudian berubah menjadi sebuah sumber mata air yang dinamakan Cibulan oleh warga setempat.

Mitos Obyek Wisata Cibulan

Pemandian Cibulan Kuningan merupakan sebuah obyek wisata berupa pemandian bareng bersama ikan-ikan yang dikeramatkan seperti ikan dewa yang akan menjadi teman Anda selama berenang di sana

Ikan dewa merupakan ikan berjenis Kancra Bodas atau yang berbahasa latin Cyprinus Carpico. Ikan ini dianggap sakral oleh masyarakat setempat karena dilingkupi oleh sebuah mitos.

mitos wisata cibulan
by Ade Sarif

Mitos tersebut bermula ketika Prabu Sliliwangi, raja dari Kerajaan Padjajaran, murka terhadap para pengikutnya yang membangkang dan tidak mengikuti arahannya. Amarahnya pun berlanjut dengan mengutuk semua prajuritnya yang membangkang menjadi seekor ikan.

Bahkan, hingga saat ini ikan-ikan bekas prajurit Prabu Siliwangi bersemayam di Pemandian Cibulan. Menariknya, masyarakat percaya ketika air kolam pemandian dikuras, ikan-ikan dewa tersebut akan menghilang sejenak dengan sendirinya. Kemudian akan muncul kembali dengan jumlah yang sama ketika kolam sudah kembali terisi.

Alamat Tempat  Wisata Cibulan

Nama Obyek Wisata Cibulan Kuningan
Alamat Maniskidul, Kec. Jalaksana
Kabupaten Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45554
Jam Buka Senin – Minggu / 06.00 – 18.00
Wisata Pemandian Mata Air / Taman

Obyek wisata yang sudah ada sejak dulu, di daerah Cibulan Dari pusat Kota Kuningan, lokasi wisata ini berjarak kurang lebih 9,5 kilometer, sedangkan jika dari Kota Cirebon jaraknya kurang lebih 23,9 kilometer

Lokasi wisata ini tidak terlalu jauh dari jalan besar, hanya masuk beberapa ratus meter saja berada ditengah pemukiman penduduk di Alamat dari tempat wisata ini yaitu di Jalan Raya Kuningan-Cirebon, tepatnya di Desa Maniskidul, Jalaksana, Kuningan Regency, West Java, Indonesia.

dengan udara yang bersih dan segar, suasana lingkungan asri, disini udara dan airnya dingin banyak sekali peziarah di hari libur yang ingin mengunjungi pemandian cibulan.

Obyek wisata ini menjadi sumber pendapatan bagi warga Desa Maniskidul, tempat pemandian air panas ini berada. Warga di sekitar lokasi banyak yang membuka warung atau menjadi pedagang asongan.

Kebanyakan dari masyarakat sekitar menjual makanan dan minuman ringan serta makanan untuk ikan yaitu berupa roti dan kacang. Dengan begitu, para pengunjung tidak perlu khawatir saat merasa lapar ataupun saat ingin memberi makan para ikan yanga ada di sana.

Wahana Permainan

Wahana Permainan
by arif fermadi

Obyek Wisata cibulan yang berhawa sejuk dan bernuansa alam terdapat beberapa wahana dan spot tujuan pengunjung yang sanagat ramai di kunjungi, saat berada di sini jangan samapai anda melewatkan untuk melihat wahana berikut diantaranya adalah

  • Kolam renang bareng ikan dewa,
  • Waterboom
  • Sumur 7 kramat
  • Petilasan prabu siliwangi
  • sepeda gantung
  • Flying Fox
  • Terapi ikan
  • Taman batu gajah
  • Taman kelinci

Fasilitas Tempat Wisata Cibulan

destinasi tempat wisata cibulan adalah pilihan yang tepat untuk melepas penat dari lelahnya beraktivitas selain akses yang mudah, area wisata ini juga menyediakan hotel dan aneka penginapan yang memadai.

bagi pecinta alam terbuka disediakan camping ground yang nyaman dan aman. Dan tanpa perlu khawatir akan kesulitan memperoleh makanan, karena di area ini cukup banyak pedagang yang menjajakan makanan.

banyak sekali minat pengunjung untuk menikmati kesejukan dan keindahan alam cibulan, tempat bersih dengan banyak fasilitas memadai diantaranya sebagai berikut




  • Mushola
  • Toilet
  • Area Parkir luas Dan Aman
  • Gasebo / Tempat Istirahat
  • Warung Makan
  • Penjual Souvenir
  • Play Ground
  • Penginapan / Hotel

Harga Tiket Masuk Obyek Wisata Cibulan

Selain mandi di kolam bersama ikan dewa dan sumur (petilasan prabu siliwangi) kita bisa menikmati terapi ikan di pinggir kolam, bermain sepeda air angsa, dan juga spot selfie. Tersedia juga restoran serta makanan dan minuman ringan di dalam.

Harga tiket masuk terjangkau, tapi masing-masing tempat punya tarifnya sendiri contohnya terapi ikan tiketnya tidak termasuk tiket masuk, mandi-cuci bilas juga ada tarifnya sendiri

Harga Tiket Obyek Wisata Cibulan
Harga Tiket Dewasa Rp. 17000
Harga Tiket Anak – Anak Rp. 12000
Parkir Sepeda Motor Rp. 3.000
Parkir Mobil Rp. 5.000
Terapi Ikan Rp. 5.000
Makanan Ikan Rp. 5.000
Bilas / Mandi Rp. 5.000

Ditempat wisata cibulan ini kita bukan saja berwisata mandi berenang bersama keluarga menikmati kuliner dan santai dengan udara yang sejuk

disini juga disediakan kolam terapi ikan siam kita dapat merasakan gigitan ikan siam sebagai terapi dan yang paling Penting diarea ini disediakan fasilitas permainan dan wahana yang cukup lengkap

Didepannya juga berjejer toko toko cendramata dan topi pantai yang bisa anda beli sebagai oleh oleh untuk di bawa pulang, over all, tempat wisata ini Worth it dengan harga segitu bisa berenang sekalian tau tempat dan belajar sejarah