Daftar Tempat Wisata Paling Hits Di Klaten

0
127
Tempat Wisata Di Klaten
Tempat Wisata Di Klaten

Tempat Wisata Di Klaten By Sanjaya Tour

apasajakah tempat wisata yang ada di kabupaten klaten jawa tengah? banyak sekali destinasi wisata menarik yang bisa anda kunjungi tapi jika anda tidak memiliki banyak waktu paling tidak anda bisa mengunjungi destinasi wisata terbaik yang ada di klaten

jangan sampai anda melewatkan beberapa destinasi wisata menarik populer dan harus anda kunjungi

Daftar Tempat Wisata Di Klaten Paling Menarik

berikut kami telah merangkum tempat wisata di klaten paling hits yang bisa anda lihat sendiri keindahannya diantaranya adalah sebagai berikut

1. Candi Prambanan

Tempat Wisata Di Klaten Candi Prambanan
Candi Prambanan
  • AlamatJl. Raya Solo – Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55571
  • Harga Tiket Masuk : Rp. 40. 000 –
  • Jam Oprasional : –

Candi Prambanan terletak di lingkungan Taman Wisata Prambanan, kurang lebih 17 km ke arah timur dari Yogyakarta, tepatnya di Desa Prambanan Kecamatan Bokoharjo. Lokasinya hanya sekitar 100 m dari jalan raya Yogya-Solo, sehingga tidak sulit untuk menemukannya. Sebagian dari kawasan wisata yang yang terletak pada ketinggian 154 m di atas permukaan laut ini termasuk dalam wilayah Kabupaten Sleman. sedangkan sebagian lagi masuk dalam wilayah Klaten.

Candi Prambanan merupakan candi Hindu yang terbesar di Indonesia. Sampai saat ini belum dapat dipastikan kapan candi ini dibangun dan atas perintah siapa, namun kuat dugaan bahwa Candi Prambanan dibangun sekitar pertengahan abad ke-9 oleh raja dari Wangsa Sanjaya, yaitu Raja Balitung Maha Sambu. Dugaan tersebut didasarkan pada isi Prasasti Syiwagrha yang ditemukan di sekitar Prambanan dan saat ini tersimpan di Museum Nasional di Jakarta. Prasasti berangka tahun 778 Saka (856 M) ini ditulis pada masa pemerintahan Rakai Pikatan.

2. Candi Sewu

Tempat Wisata Di Klaten Candi Sewu
Candi Sewu
  • AlamatJl. Raya Solo – Yogyakarta No.KM.16, Bugisan, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Harga Tiket Masuk : –
  • Jam Oprasional : –

Merupakan candi Budha yang terletak di dalam komplek Candi Prambanan. Akses masuk melalui candi Prambanan. Biaya masuk sudah termasuk dalam tiket masuk candi Prambanan. Letaknya di ujung paling belakang Candi Prambanan sehingga sangat jarang dikunjungi wisatawan karena kebanyakan para wisatawan hanya mengunjungi candi Prambanan.

Karena letaknya di ujung belakang, untuk mencapainya bisa dengan berjalan kaki, menyewa sepeda, kereta taman atau mobil golf dengan harga terjangkau. Terdapat satu bangunan utama yang besar dan dikelilingi oleh bangunan candi candi yang lebih kecil mengelilingi bangunan utama.

Candi ini masih digunakan beribadah umat Budha. Di dalam candi utama terdapat ruangan yang digunakan beribadah dan tidak ada arca atau patung budha. Untuk arca terdapat di candi candi yang kecil, hanya saja ada yang tidak lengkap bentuknya. Saat ini masih dalam proses pemugaran.

3. Candi Plaosan Lor

Tempat Wisata Di Klaten Candi Plaosan Lor
Candi Plaosan Lor
  • AlamatJl. Candi Plaosan, Plaosan Lor, Bugisan, Kec. Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57454
  • Harga Tiket Masuk : Rp. 3000,-
  • Jam Oprasional : 08.00 – 17.00

tempat wisata di klaten ini merukapakan candi lambang cinta. Mengapa bisa di katakan demikian? Karena candi ini dibangun atas dasar permintaan Pramodyawardhani kepada Rakai Pikatan sebagai bukti jika Rakai Pikatan serius ingin menikahinya. Sehingga di candi ini apa-apa yang ada jumlahnya selalu dua, menandakan bahwa jika sudah sepasang, harus terus bersama-sama.

Candi ini sangat indah jika digunakan melihat sunrise. Tempatnya bersih dan asri. Banyak dijadikan pilihan sebagai tempat pre wedding. Sekarang sudah cukup ramai, banyak penjual di depan pintu masuknya. Di sebelah timur juga ada resto-resto sawah dan taman lampion. Candi ini juga sebagai pemersatu agama Hindu dan Budha.

4. Umbul Ponggok

Tempat Wisata Di Klaten Umbul Ponggok
Umbul Ponggok
  • AlamatJl. Delanggu- Polanharjo No.Ds, Jeblogan, Ponggok, Kec. Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57474
  • Harga Tiket Masuk : Rp. 15.000 –
  • Jam Oprasional : 07.00 – 17.00

Salah satu destinasi wisata favorit di kabupaten Klaten jawa tengah kolam air yang sebenarnya adalah umbul atau mata air. Dengan kedalaman rata-rata 3m, dasar kolam berupa pasir hitam dan batu. Sangat banyak terdapat ikan air tawar. Kita bisa melakukan snorkling atau berfoto ria di dalam air.

Banyak properti penunjung foto di dalam air yang disediakan oleh pengelola, mulai dari meja kursi, tenda, sepeda, laptop bahkan sepeda motor. Pemandang yang dihasilkan dari foto bawah air bisa dibilang sangat bagus. Kita bisa berfoto disertai banyak ikan yang berlaku lalang. Hasil foto akan terlihat seperti kita sedang di laut. Untuk urusan kuliner juga tidak perlu repot. Di sepanjang tepi kolam berjajar puluhan pedagang makanan dan minuman. Saran saya bagi yang ingin berkunjung dan berfoto ria, sebaiknya datang di luar akhir pekan seperti sabtu dan minggu.

5. Tempat Wisata Di Klaten Umbul Manten

Tempat Wisata Di Klaten Umbul Manten
Umbul Manten
  • AlamatJalan Janti Boto, Boto, Wunut, Kec. Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57482
  • Harga Tiket Masuk : Rp. 6000 –
  • Jam Oprasional : 08.00 – 18.00

Salah satu dari sekian banyak objek wisata air dikota Klaten yg patut dikunjungi. Objek wisata ini terkenal akan kejernihan airnya sehingga kita bisa melihat sampai kedasar umbulnya. Dikelilingi oleh pohon trembesi membuat tempat ini sangat teduh dan sejuk, walaupun kita berkunjung pada siang hari.

Untuk harga tiket masuk nya adalah sebesar Rp 6000. Fasilitas nya juga sudah lumayan lengkap dgn adanya kamar mandi untuk ganti baju dan bilas. Warung-warung juga sudah ada ditempat ini, sehingga saat kita lapar sehabis berenang,kita bisa langsung pesan makanan. Untuk yg mau beribadah, ditempat ini juga sudah menyediakan musholla.

6. Waterboom Cokro Tulung

Tempat Wisata Di Klaten Waterboom Cokro Tulung
Waterboom Cokro Tulung
  • AlamatArea Sawah, Cokro, Kec. Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57474
  • Harga Tiket Masuk : Rp. 10.500 –
  • Jam Oprasional : 08.00 – 17.00

tempat wisata rekrerasi air ysng sangant cocok untuk liburan bagi keluarga khususnya yang membawa anak -anak pasti akan suka bermain air di sini, Tempatnya luas, airnya jernih, banyak fasilitas water playground, harga cukup terjangkau

Wisata Cokro tulung ini punya 2 versi rasa menikmati cara berenang, bagi mau yang rasa alam sejuk dingin dan seger bisa lagsung di sumber yg seperti sungai , air nya jernih bgt kaya kaca, kalau mau yang versi ala jaman now bisa naik ke atas ke waterboomnya

7. Tempat Wisata Di Klaten Rowo Jombor

Tempat Wisata Di Klaten Rowo Jombor
Rowo Jombor
  • AlamatBaluwarti, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57144
  • Harga Tiket Masuk : Rp. 10. 000 –
  • Jam Oprasional : 09.00 – 15.00

Rawa ini adalah salah satu objek wisata di Klaten sebgagai tempat favorit untuk menikmati akhir pekan dan liburan. Alam yang masih asri dan didukung dengan spot nyaman untuk memancing merupakan alasan pengunjung betah berlama-lama di sini ada pemandangan pegunungannya belum lagi kalau datang dalam suasana yang pas langit cerah




di sediakan oleh pengelola warung apung. Dan siap untuk mengolah sesuai keinginan anda. Soal harganya pun cukup luas terjangkau untuk semua kalangan masyarakat kelas menengah ke bawah

8. Waterpark Galuh Tirtonirmolo Prambanan

Tempat Wisata Di Klaten Waterpark Galuh Tirtonirmolo Prambanan
Waterpark Galuh Tirtonirmolo Prambanan
  • AlamatJl. Manisrenggo No.KM 1, Pemuktibaru, Tlogo, Kec. Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57454
  • Harga Tiket Masuk : Rp. 20.000 –
  • Jam Oprasional : 08.00 – 18.00

Tempat wisata di klaten yang sangat menyenangkan dengan tiket masuk rp.20.000 di weekday dan rp.25.000 di weekend maupun holiday anda dapat menikmati fasilitas kolam renang dari mulai kolam renang anak hingga dewasa disana juga terdapat berbagai permainan seru seperti boom” car, kereta gantung, flying fox, komedi putar dll, tapi anda harus membeli tiket lanjutan untuk wahana senilai 50.000.. anda dapat menikmati tiap wahana yang ada.. cocok untuk tempat libur keluarga..

9. Makam Sunan Pandanaran

Tempat Wisata Di Klaten Makam Sunan Pandanaran
Makam Sunan Pandanaran
  • AlamatJalan Sunan Pandanaran, Paseban, Bayat, Mendin, Paseban, Kec. Bayat, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57462
  • Harga Tiket Masuk : Rp. 20.000 –
  • Jam Oprasional : 08.00 – 18.00

Sunan Bayat atau juga Sunan Pandanaran adalah sosok besar dalam sejarah penyebaran agama Islam terutama di kawasan Jawa Tengah. Sosok yang hidup di masa yang sama dengan Wali Sanga ini berjuang selama 25 tahun untuk menyebarkan agama bersama sahabat dan pengikutnya dari kawasan Bayat, Klaten.

Di Bayat pula Sunan dimakamkan dan di sana pula kemudian sebuah kompleks pemakaman megah dibangun untuk mengenang jasa-jasanya. Sosok besar nyaris tidak pernah luput dengan cerita-cerita besar yang muncul selama hidup mereka, termasuk di diri Sunan Pandanaran, baik selama dia hidup bahkan setelah wafatnya

10. Royal Water Adventure

Tempat Wisata Di Klaten Royal Water Adventure
Royal Water Adventure
  • AlamatJalan Raya Telukan KM 08, Telukan, Dusun III, Telukan, Kec. Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57552
  • Harga Tiket Masuk : Rp. 30.000 –
  • Jam Oprasional : 08.00 – 18.00

Tiket masuk di hari minggu ini dengan buka jam 08.00 wib sd jam 17.00 wib adalah RP. 30.000. Ada kolam renang dewasa ukuran half olympics dengan kedalaman tersalam 1.5 meter. Ada water park tempat anak anak bermain dan ada seluncuran nya juga 3 meter dan 5 meter.