Ini Loh Situ Patenggang, Wisata Andalan Bandung Selatan

0
397
Situ Patenggang Bandung
Situ Patenggang Bandung

Situ Patenggang Rancabali Bandung Selatan

Selain tempat wisata yang seruu di Kota Bandung ini juga mempunyai tempat wisata yang menyuguhkan pesona keindahan alamnya seperti situ patenggang. Wisata ini ini merupakan sebuah danau alami yang mempunyai pemandangan yang cantik dan mempesona.

Situ patenggang ini juga berada di kawasan dataran tinggi karna itu wisata ini memiliki hawa yang sejuk, udara telaga yang segar, serta air yang jernih yang membuat para wisatawan menjadikan tempat ini untuk menenangkan hati dan melepaskan penat.

Destinasi Wisata Situ Patenggang Bandung

Situ Patenggang ini merupakan sebuah tempat wisata alam yang wajib kamu kunjungi saat datang ke Kota Bandung ini. Danau Situ Patenggang ini memiliki keindahan yang sangat membuat kita membelalakan mata saat melihatnya.

by Willy Yap

Wisata  ini juga sangat cocok sebagai tempat wisata rekreasi yang tepat untuk menghabiskan waktu liburan anda dengan mengunjungi wisata ini. Bersama keluarga, sahabat, pasangan atau kerabat dekat anda.

Disini anda juga dapat melihat pemandangan atau background dari danau yaitu hamparan hutan hijau yang sangat indah anda bisa duduk santai sembari menikmati keindahan tersebut dan cantiknya air jernih yang menawan.

Situ Patenggang merupakan salah satu wisata terpopuler yang terdapat di kawasan Bandung selatan ini dan pastinya danau ini memiliki pesona keindahan yang sangat menakjubkan. Danau ini juga terkenal akan jernihnya air yang terdapat di telaga ini.

Asal Penamaan Situ Patenggang

Mungkin itu yang menjadi daya tarik utama para wisatawan untuk mengunjungi wisata ini. Seperti yang kalian tau Indonesia ini memiliki keindahan panoramanya yang sangat mempesona begitupun danau ini yang tidak kalah dengan pesona keindahan yang lainnya.

by Hendra Kristianto

Tapi selain keindahan panoramanya, danau ini juga merupakan destinasi wisata yang masih terbilang alami. Maka dari itu kalian yang ingin menghabiskan waktu liburan kalian datanglah ke wisata ini.

Danau ini memiliki nama situ patenggang juga ada sebabnya, yaitu menurut mitos yang beredar di kalangan masyarakat bahwa nama patenggang atau patengan ini berasal dari bahasa Sundah yaitu “ Patengan teangan” diartikan ke dalam bahasa Indonesia memiliki arti “Saling Mencari”.




Keindahan Situ Patenggang

Selain ituu, Tempat wisata ini juga sangat cocok untuk dikalangan usia kalian bisa mengajak keluarga, sahabat, pasangan, atau kerabat dekat anda tapii anak-anak harus ada dalam pengawasan orang tua maupun orang dewasa yaa.

by Hendra Kristianto

Kalian bisa melakukan berbagai aktivitas disini seperti bermain air, berenang, atau duduk santai sembari menikmati pemandangan dan air jernih yang sangat sejuk dan alami untuk menyegarkan hati dan pikiran. Pastinya telaga ini memiliki panorama yang tiada duanya yang akan membuat kalian betah berlama-lama disini.

Danau ini memiliki luas 45.000, kebayangkan seberapa luasnya danau ini. Danau ini terletak di ketinggian 1.600meter di atas permukaan laut.

Dengan posisi dan ketinggian tersebut tentunya membuat udara di sekitar danau ini cukup sejuk meski sinar matahari bersinar cukup terik.

Di danau ini juga ada bukit yang indah dan sangat cocok sebagai tempat untuk menyegarkan badan dan untuk melepas penat,

Situ patrnggang 10 September 2016
by YudhaEko Prayitno

anda bisa melakukan berbagai aktivitas di sini, seperti bermain air, berenang, jalan-jalan atau duduk santai sembari menikmati keindahan sekitarnya.

Danau ini juga menjadi objek wisata yang menarik untuk dikunjungi karna, tempat wisata ini menyajikan panorama danau dengan backgorun pepohonan hijau yang rindang dan juga hamparan hutan hijau yang asri.

Sejarah dan Mitos Situ Patenggang

Keberadaan Danau Situ Patenggang ini ternyata memiliki misteri yang unik, Terbentuknya danau ini karena kisah cinta dari Ki Santang dan Dewi Rengganis. Jika kalian penasaran langsung saja kunjungi wisata ini.

Terdapat beberapa cerita yang beredar di masyarakat baik itu cerita mistis mauun mitos. Cerita yang beredar di kalangan masyarakat

old wood and lake
by YudhaEko Prayitno

bahwa nama Patenggang atau patengan ini berasal dari bahasa Sunda yaitu Pateangan teangan sementara jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia memiliki arti saling mencari.




Pada zaman dulu, ketika pada zaman kerajaan Majapahit hiduplah sepasang kekasih di Bandung Selatan yang keduanya saling mencintai satu sama lain,

mereka adalah Ki Santang yang merupakan keponakan Raja pajaran alias Prabu Siliwangi. Dan sang wanita adalah putri kerajaan Majapahit yang bernama Dewi Rengganis. Dari Kisah cinta mereka inilah hadirnya Situ Patenggang.

Pada suatu hari saat mereka sedang cinta cintanya, sayangnya mereka harus dipisahkan karena meletusnya perang bubat antara kerajaan pajajaran dan majapahit. Tetapii tampaknya kekuatan kisah cinta mereka memang sangat sulit dilawan.

Terbukti dari keberhasilan kedua sijoli ini untuk bisa bertemu kembali. Mereka bertemu di sebuat tempat di Bandung Selatan yang saat ini terkenal dengan sebutan Batu Cinta Situ Patenggang.

Setelah mereka saling bertemu, Dewi Rengganis memberi satu permintaan kepada Ki Santang, yaitu dewi ingin dibuatkan danau dan juga sebuah perahu.

Supaya Dewi Rengganis bisa berlayar di danau situ patenggang berdua menggunakan perahu tersebut. Dan kabarnya, perahu masih ada di sekitar sini.

Dan disini juga terdapat tempat yaitu pulau asmara dan di pulau tersebut merupakan tempat Ki Santang dan Dewi Rengganis memadu kasih.

Mitos yang berkembang disini adalah jika para pengunjung mengunjungi batu cinta dan juga mengelilingi pulau asmara ini maka kisah cinta mereka akan abadi seperti Ki Santang dan Dewi Rengganis.

Lokasi Situ Patenggan Bandung

by Bayu Purnomo

Untuk bisa mengunjungi kawasan wisata ini , anda bisa menggunakan transportasi umum atau transportasi pribadi. Seperti motor, mobil, bus, atau angkutan umum lainyya.

Selama perjalanan itu kamu akan disuguhi pemandangan sawah yang hijau. Belum lagi udaranya yang terasa sangat sejuk, dijamin anda akan betah berlama-lama disini. setelah itu anda akan terkejut dengan pesona keindahan dari telaga tersebut.

Destinasi Situ Patenggang Bandung
Alamat Patengan,
Kota/Kecamatan Kec. Rancabali, Bandung, Jawa Barat
No. Telepon  
Jam Buka Senin- Minggu / 08.00-20.00
Wahana Danau, Situ, Pemandangan Alam




Bagi kalian pecinta tempat tempat wisata yang menyatu dengan alam, unik, sejuk dan segar tempat ini sangat pas untuk anda.

Wisata Ini juga sangat cocok untuk rekreasi bersama keluarga atau anda ingin berkumpul, bercanda tawa ria, atau melakukan aktivitas lainnya.

Saat anda mengunjungi wisata ini waktu yang paling direkomendasikan adalah pada waktu pagi hari hingga siang hari. Soalnya jika anda mengunjungi telaga tersebut pada waktu pagi hingga siang hari

maka anda akan dapat melihat danau yang sangat jernih, karena pada waktu tersebut pancaran sinar matahari sedang terik-teriknya.

Karena pada saat sore hari danau ini akan ditutupi kabut tebal, sehingga para pengunjung tidak dapat menikmati keindahan alamnya.

Harga Tiket Masuk Situ Patenggan Bandung

Untuk harga tiket masuk ini terjangkau hanya Rp 18.000 per orangnya. Dengan harga yang sangat murah anda sudah disuguhi keindahan panorama yang luar biasa indah jadi tolong dijagaa, dirawat dan selalu sayangi. Tapi harga tiket masuk bisa sewaktu-waktu berubah yaak.

Tapi dengan harga tiket yang terjangkau anda sudah bisa menikmati keindahan Telaga Warna, bahkan anda langsung tau cerita yang unik dan menarik disini,

sekaligus keindahan hamparan pepohonan yang rindang ini yang sangat mempesona dan menakjubkan ditambah dengan keindahan hutan hijau yang menambah kesan mewah di wisata ini.




Situ Patenggang ini juga merupakan salah satu wisata terfavorit di Kota Bandung ini karena kita bisa menikmati keindahan danau ini dan keindahan di sekitarnya,

atau jika kalian ingin mempotret juga bisa seperti selfie selfie kekinian dan langsung upload di ig atau sosmed yang lainnya atau untuk foto prewedding juga bisa.

Fasilitas Situ Patenggan Bandung

View dari perkebunan teh
by Nakumi 360

Selain danau, dan  keindahan pepohonan di Wisata ini juga  terdapat beberapa fasilitas yang memadai . Berikut dibawah ini terdapat beberapa fasilitas dan juga menambah kesan  lengkap di wisata Situ Patenggang.

Fasilitas yang lain juga ada:

  • Tempat parkir
  • Tempat ibadah
  • Kamar mandi
  • Spot foto
  • Tempat Makan
  • Souvenir
  • Gazebo
  • Dan masih banyak yang lainnya

Sangat menarik bukan, dari lokasi, harga tiket masuk, bahkan keindahan danau yang sangat jernih alami, sejuk asri , dan keindahan hamparan hutan, pepohonan hijau yang rindang. Saat anda mengunjungi wisata ini dijamin anda akan betah berlama-lama disini.