Daftar Makanan Dan Oleh Oleh Khas Semarang Yang Wajib Di Coba

0
569
Makanan Khas Semarang
Makanan Khas Semarang

Makanan khas Semarang by Sanjaya Tour

selain memiliki destinasi wisata akan kota bangunan bangunan bersejarah peninggalan belanda maupun era kolonial, kuliner khas semarang juga cukup melegenda dengan sajian khasnya yang sampai sekarang masih di minati pecinta kuliner

jadi jangan sampai anda lewatkan untuk mencicipi makanan khas yang ada di semrang dan sekitarnya, dan jangan lupa untuk membelikan oleh oleh untuk keluarga maupun sanak saudara dengan makanan khas semrang yang akan kami tampilkan berikut ini

Daftar Makanan Dan Oleh Oleh Khas Semarang

Lumpia

Lumpia merupakan camilan khas Semarang yang memadukan cita rasa Tionghoa dan Jawa. Berbahan dasar rebung, telur, serta daging ayam atau udang yang kemudian digulung bersama kulit lumpia.

Anda bisa memilih untuk menyantap lumpia yang sudah digoreng ataupun basah. Anda akan menemukan banyak penjual lumpia di Semarang, namun Anda dapat berkunjung ke Lumpia Gang Lombok yang menjadi salah satu favorit wisatawan. Warung lumpia legendaris ini terletak di Jalan Gang Lombok No 11, Purwodinatan, Semarang.

Nasi Gandul

Nasi Gandul sendiri sebenarnya merupakan kuliner khas Pati, Jawa Tengah, tapi ternyata Nasi Gandul ini banyak tersedia di Semarang dan yang paling terkenal ialah Nasi Gandul Pak Memet.




Olahan nasi hangat yang dinikmati dengan lauk (daging sapi dan jeroan sapi) dan kuah santan khas nya ini, disajikan dengan menggunakan daun pisang sebagai alasnya. Selain menambah harum, penggunaan daun pisang menjadi ciri khas nasi gandul ini loh.

Para pelanggan yang datang mencoba kuliner semarang ini biasanya akan menambah hingga dua sampai tiga porsi. Walaupun hanya bertempat dengan tenda sederhana, tapi pelanggan yang ke sini tak pernah sepi. Jadi, kamu harus sabar mengantre ya.

Bandeng Presto

Bandeng Presto adalah makanan Khas dari Kota terbesar ke Lima yaitu Semarang, Jawa Tengah. Makanan bandeng presto di buat dari ikan bandeng yang segar dan dibumbui dengan bawang putih, kunyit dan garam. Usut punya usut ikan bandeng presto ditemukan oleh Hanna Budimulya yang lahir di Kota Pati, Jawa Tengah dan akhirnya menjadi ikon besar Kota Semarang.

Ikan bandeng ini dimasak pada alas daun pisang dengan cara dipresto. Apa yang di maksud presto? Presto adalah cara memasak dengan uap air yang betekanan tinggi. Uap air yang berada di panci akan memasak makanan yang berada di dalam panci.

Karena ikan bandeng populer memiliki banyak duri, bandeng presto juga makanan yang digemari dengan cara masak presto duri-duri ikan menjadi lunak dan bisa di makan

Warung Mangut Welut

Di Warung ini, mangut diolah dalam berbagai bahan seperti belut, ikan pari dan kepala ikan manyung. Mangut merupakan salah satu kuliner khas Semarang yang berupa gulai encer yang bercita rasa sangat pedas.

Warung yang sering dikenal dengan nama Warung Nasimah ini sudah ada sejak tahun 1980. Menu awal di warung ini hanya berupa daging manyung dan kepala ikan, akhirnya pelanggan menyarankan untuk membuat menu makan dengan rasa pedas dan Bu Nasimah, si pemilik warung membuat menu mangut ini.

Dengan cita rasa yang pas dengan pencampuran antara kuah bumbu mangut dengan daging belut, akhirnya mangut belut menjadi primadona dari menu lainnya. Banyak pelanggan yang mengaku ketagihan dengan kuah mangut ini loh, wah penasaran kan gimana rasanya?

Tahu Gimbal

Jika berkunjung ke Semarang, pastikan Anda tidak terlewat untuk mencicipi tahu gimbal. Kuliner tahu gimbal merupakan tahu dan bakwan udang yang dipotong kecil-kecil, kemudian ditambahkan dengan lontong, kol, tauge, serta telur.

Tahu gimbal disajikan dengan saus kacang yang tidak terlalu kental. Untuk menikmati sajian ini, Anda dapat berkunjung ke Tahu Gimbal Pak Edi yang terletak di Jalan Menteri Supeno, Komplek Taman TB, Semarang.




Babat Gongso

Kuliner legendaris lainnya yang wajib Anda coba saat berkunjung ke Semarang adalah babat gongso. Babat gongso adalah sajian babat kenyal dan empuk yang ditumis dengan bumbu rempah, seperti bawang merah, bawang putih, jahe, daun salam, dan cabai, kemudian ditambah dengan kecap manis.

Sajian ini biasanya disantap bersama dengan nasi putih hangat untuk makan siang atau malam. Jika ingin menikmati babat gongso, Anda bisa mampir ke Babat Gongso Pak Karmin yang lokasinya tak jauh dari Jembatan Mberok atau sekitar 1 km dari Lumpia Gang Lombok.

Konon, warung makan ini cukup terkenal bagi warga setempat dan wisatawan, karena merupakan warung yang pertama kali menyajikan babat gongso di Semarang.

Garang Asem

by hardi suhardi

Garang asem merupakan salah satu kuliner tradisional di kota Semarang yang berisi ayam plus kuah santan yang dimasak hingga menguarkan aroma memikat yang mustahil di abaikan. Tahukah Anda? Garang asem merupakan makanan berbumbu belimbing wuluh yang dimasak dalam bungkus daun pisang dan ditutup menggunakan lidi.

Hal inilah yang membuat para pemburu kuliner khas nusantara semakin tertarik mencicipi kuliner terbaik khas Semarang ini. Agar lebih nikmat, biasanya garam asem akan dimasak dengan tambahan nasi hangat, jeroan ayam, tempe goreng dan perkedel. Dijamin, Anda akan jatuh cinta pada menu yang satu ini.

Mkanan Khas Pecel Semarang

Tak hanya populer di Jawa Timur, pecel juga menjadi sajian kuliner favorit di Kota Semarang. Mirip dengan pecel pada umumnya, pecel semarang terdiri dari bayam, kol, dan tauge yang disiram dengan sambel kacang.




Sebagai teman bersantap, biasanya telah tersedia gorengan, sate usus, sate telur, daging, rempeyek kacang, dan lain-lain. Untuk mencicipi pecel semarang, Anda dapat berkunjung ke Sego Pecel Mbok Sador di kawasan Simpang Lima Semarang dan Nasi Pecel Bu Sumo di Jalan Dr. Setiabudi No. 35, Banyumanik, Semarang.

Soto Bangkong

Processed with VSCO with l4 preset
by suha miranda

Menu terbaikmakanan  khas kota Semarang selanjutnya ialah soto bangkong yang telah terkenal dengan kelezatannya yang tidak main-main. Bagi Anda yang tertarik, soto bangkong bisa dengan mudah ditemukan di rumah makan jalan Brigjen Katamso.

Hingga saat ini, rumah makan yang memperkenalkan menu soto bangkong ini semakin laris dan teru berkembang dengan membuka cabang di hampir seluruh pulau jawa.

Soto bangkong disajikan dalam mangkuk kecil dengan irisan sueiran ayam, tauge, irisan tomat, bihun dan taburan bawang putih dan merah. Dijamin, rasanya akan membuat lidah Anda tergoyang dan ingin memakannya lagi dan lagi.

Tahu Petis

Tahu petis adalah makanan khas dari Kota Semarang yang terkenal dengan makananan pedasnya, bahan dasar tahu petis adalah tahu putih kemudian diisi petis.

Untuk memberi petis dalamnya tahu harus di sayat dulu, namun jangan sampai terbelah lalu diisi dengan petis.Tahu yang digunakan adalah tahu putih dan tidak terlalu padat. Pada saat digoreng, diusahakan tahu harus kering.




Petis adalah olahan dari sisa cairan perebusan ikan atau udang. Tapi di Semarang ada beberapa yang menggunakan petis buatan alias bukan petis asli

melainkan hanya terbuat dari adonan kanji dengan tambahan gula dan diberi tinta cumi agar warnanya hitam. Tapi rasanya tetep maknyus, gurih dan nikmat.

Jajanan Populer Semarang

Selain deretan kuliner tersebut, Anda juga bisa menikmati beberapa jajanan yang populer di Semarang. Anda bisa mencicipi kue lekker dengan berbagai rasa, mulai dari cokelat, keju, pisang cokelat, telur sosis, dan telur tuna di Lekker Paimo yang terletak di Jalan Karang Anyar No.37, Brumbungan, Semarang.

Selain itu, ada pula pisang plenet atau sajian pisang yang dipenyet dan dibakar, kemudian diberi topping gula, keju, dan cokelat. Anda bisa mencobanya di Pisang Plenet Pak Subandi yang terletak di Jalan Pemuda, Pandansari, Semarang.

Terakhir, jangan lupa membeli bandeng presto sebagai oleh-oleh untuk keluarga. Anda bisa menemukan bandeng presto di Bandeng Juwana yang berlokasi di Jalan Pandanaran No. 57, Semarang.