10 Tempat Wisata Di Semarang Yang Harus Anda Kunjungi

0
643
Tempat Wisata Di Semarang
Tempat Wisata Di Semarang

 Tempat Wisata di Semarang Paling Hits

Semarang merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Dan Semarang juga merupakan  salah satu kota terbesar di Indonesia  jadi pasti kalian tau tentang kota ini bukan,karna saking terkenalnya kota ini.

Dan disini banyak sekali tempat wisata yang harus kalian datangi seperti wisata religi, alam, budaya hingga sejarah dan terdapat keunikan keunikan tersendiri didalamnya.

10 Tempat wisata di Kota Semarang yang paling Populer

Kota Semarang ini memiliki keindahan alam yang indah,bahkan saking indahnya,wisata di kota Semarang ini banyak diminati oleh para wisatawan local maupun luar kota dan para artispun berdatangan untuk menikmati keindahan wisata ini.

Tempat Wisata Di Semarang
Tempat Wisata Di Semarang

Tetapi,bagi orang yang belum paham tentang wisata Semarang ini mungkin mereka mengira tidak ada yang menarik di kota ini, maka dari itu, untuk mengenalkan kota kudus ini dan mempermudah traveler mencari wisata yang indah di sini.

Kami akan mengulas tentang wisata wisata yang ada di Kudus ini.ayo simak di bawah ini.

Tempat Wisata Lawang Sewu Semarang

Lawang Sewu Semarang
by Muhammad Attar

Tempat wisata pertama adalah lawang sewu. Pasti kalian sudah tidak asing dengan tempat wisata lawang sewu. Lawang sewu adalah gedung bersejarah di Indonesia yang tepatnya berlokasi di kota Semarang.

Dibangun pada tahun 1904 oleh Belanda, Lawang sewu bekerja sebagai kantor perusahaan kereta api Belanda pada saat itu. Sesuai namanya lawang sewu yang berarti seribu pintu berasal dari bangunannya yang memiliki banyak pintu dan jendela.

Yang menariknya lagi Lawang Sewu ini memiliki cerita cerita mistis didalamnya dan juga bangunannya yang dilengkapi dengan arsitektur megah khas jaman dahulu. Gedung ini juga memiliki lantai bawah tanah yang dulunya difungsikan sebagai penjara.

Lawang sewu ini juga terdapat berbagai spot foto yang menarik. Harga tiket masuknya juga terjangkau hanya Rp 10.000 per orang. Lokasinya berada di Jalan Pemuda Sekayu Kecamatan Semarang.

Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah
by Muchamad ibnu Taufiq

Tempat wisata selanjutnya adalah tempat wisata religi. Masjid ini mulai dibangun sejak tahun 2001 hingga 2006. Perlu kalian tau masjid ini seluas 10 hektare kalian bisa bayangkan seberapa luasnya masjid ini.

Banyak wisatawan lokal maupun luar kota yang mengunjungi tempat wisata ini. Sangat disayangkan jika kalian ke kota ini tapi tidak kesini.

Bagi pengunjung yang bukan beragama islam bukan berarti kalian tidak boleh kesini kalian bisa kesini hanya untuk melihat keindahan dari masjid agung ini. Masjid ini berada di Jalan Gajah Raya Sambirejo Kecamatan Gayamsari Kota Semarang.

Kawasan Simpang Lima Semarang

Kawasan Simpang Lima Semarang
by Untung Febriyanto

Tempat wisata selanjutnya yang ada di semarang sangat cocok untuk tempat nongkrong berkumpul atau bercanda taw aria bersama keluarga, sahabat atau kerabat dekat. Tempat wisata ini memiliki keunikan tersendiri yaitu sesuai namanya Kawasan Simpang Lima merupakan lapangan yang bisa disebut juga dengan lapangan pancasila.

Simpang Lima merupakan pertemuan dari lima jalan yang menyatu yaitu J.l Pahlawan, Jl. Pandanaran ,Jl. Ahmad Yani, Jl. Gajah Mada dan Jl. A Dahlan. Saat ini Lapangan Pancasila ini sudah menjadi landmark kota Semarang dan simpang ini dijadikan sebagai pusat alun-alun Semarang.

Biasanya para pengunjung melakukan aktivitas seperti berolahraga, bersepeda, bermain ,atau jalan-jalan dan lain lain,  selain itu juga disini terdapat jajanan makanan,atau mainan untuk anak anak juga ada di sekitar alun-alun ini. Lokasi ini terdapat di Jl Simpang Lima Pleburan Kecamatan Semarang.

Brown Canyon Semarang

Brown Canyon Semarang
by Alvin Ilyas

Tempat wisata di semarang ini hampir mirip seperti green canyon yang ada di Amerika Serikat tapi bedanya di kota Semarang ini coklat di sedangkan di Amerika berwarna hijau. Dianggap mirip karena 2 tempat wisata ini merupakan tebing-tebing yang curam.

Kenapa banyak wisatawan yang datang kesini karna tempat wisata ini memiliki segudang keindahan alam yang menyegarkan mata. Disini juga terdapat beberapa spot foto yang menarik.

Jika kalian suka dengan pemandangan pemandangan ini tempat wisata ini sangat pas untuk anda. Lokasinya terdapat di Rowosari Tembalang Kota Semarang.

Kampung Pelangi Semarang

Kampung Pelangi Semarang
by Kampung Pelangi

Tempat wisata ini sangat menarik dan harus kalian kunjungi saat berada di semarang yaitu kampung pelangi. Sesuai namanya Kampung ini di lukis dan diwarnai dengan berbagai bentuk dan warna karna ini membuat para wisatawan lokal maupun luar kota datang mengunjungi tempat wisata ini.

Menurut cerita warga kampung ini merasa jenuh dan karna itu warga kampung ini ingin merubah kampung ini menjadi semenarik mungkin dan jadilah Kampung Pelangi.

Dan itu membuat para wisatwan tertarik untuk datang kesini. Lokasinya terletak di Jl.Dr.Sutomo No 89 Randusai kecamatan Semarang.

Old City 3D Art Museum Semarang

Old City 3D Art Museum Semarang
by Zaynal Abidin

Destinasi Tempat wisata ini mrupakan tempat kekinian di kota Semarang ini yaitu old city 3d art museum. Museum ini dengan tema seni 3 dimensi yang menyuguhkan sensasi berbeda dari museum biasanya,karena di dalamnya dipamerkan aneka karya seni 3 dimensi yang atraktif untuk berfoto.

Hebatnya setiap 3 bulan sekali pihak pengelola mengganti tema atau instalasi karya seninya sehingga pengunjung bisa datang berkali-kali tanpa bosan.

  • Ada yang bertema tradisional,
  • wisata khas semarang,
  • ikon wisata dunia,
  • sudut kota-kota dunia,
  • kartun,
  • film dan lukisan
  • dan banyak lagi yang lainnya.

Tidak tanggung tanggung ada 108 spot foto yang terdapat didalamnya.

Jika kalian suka berfoto foto tempat ini sangat cocok untuk anda. Sangat disayangkan jika anda ke kota Semarang ini tadi tidak mengunjungi wisata ini. Harga tiketnya juga tejangkau dan harganya dibedakan berdasarkan usia.

  • Tiket regular: Rp 50.000
  • Tiket pelajar dan mahasiswa: Rp 25.000
  • Untuk umum Jumat-minggu,liburan: Rp 50.000

Jam bukanya dari jam 09.00-22.00. Lokasinya berada di Jl Letjen Suprapto No 26 Old Town, Tj Kecamatan Semarang.

Tempat Wisata Goa Kreo Semarang

Obyek Wisata Goa Kreo Semarang
Obyek Wisata Goa Kreo Semarang

Selain tempat wisata popular di atas di kota Semarang ini juga ada obyek wsiata goa kreo. Goa kreo ini merupakan sebuah goa yang dipercaya sebagai petilasan Sunan Kalijaga. Ketika itu menurut legenda sunan kalijaga bertemu dengan sekawanan kera yang kemudian disuruh menjaga kayu jati.

Kata “kreo” berasal dari kata Mangreho yang artinya peliharalah atau jagalah. Sejak itu kawanan kera yang menghuni kawasan ini dianggap sebagai penunggu. Selain itu disini juga bisa menikmatii pemandangan alam yang indah dan udara yang sejuk

serta bercanda dengan kera penunggu kawasan ini,pengunjung juga bisa menikmati aliran sungai yang dingin dan segar. Kera-kera yang ada disini termasuk kera yang cukup jinak dan bisa bergaul dengan para pengunjung. Lokasinya berada di Jl.Raya Goa Kreo,Kandri Kota Semarang.

Tempat Wisata Puri Maerokoco Semarang

Puri Maerokoco Semarang
by Grand Maerakaca

salah satu tempat wisata yang sedang hits di semarang adalah Puri Maerokoco. Puri Maerokoco atau sering disebut Taman Mini Jawa Tengah Indah. Tempat wisata ini merangkum semua rumah adat didalamnya. Selain menampilkan rumah-rumah adat, wisata ini dilengkapi dengan fasilitas rekreasi air seperti sepeda air, perahu, juga kereta bagi pengunjung.

Selain itu juga terdapat pameran-pameran kerajinan tangan,foto obejk wisata,pakaian tradisional serta makanan dan minuman khas daerah setempat. Di sini juga terdapat berbagai permainan seperti

  • becak air
  • bomcar
  • bianglala
  • komidi putar
  • ayunan
  • prosotan
  • kereta gantung
  • kolam renang
  • waterboom.

Dan juga terdapat beberapa miniatur dan taman. Terdapat juga fasilitas yang memadai seperti mushola, Toilet, Telepon umum, smoking area dan masih banyak lagi. Lokasinya berada di Jl.Puri Anjasmoro, Tawangsari Kecamatan Semarang.

Kota Lama Semarang

Kota Lama Semarang
by Kota Lama Semarang

Tempat wisata di semarang ini terkenal akan sejarahnya di dalamnya. Kota Lama Semarang merupakan sebuah kawasan yang penuh dengan bangunan-bangunan era colonial terlihat juga pada jalannya yang tidak diaspal melainkan menggunakan tehel yang memang semenjak dulu menjadi kawasan kota lama

Hebatnya walaupun bangunan ini sudah berusia 200-300 tahun banyak diantaranya yang kondisinya sangat baik dan berfungsi normal. Kota Lama ini juga masih ada beberapa bangunan ikonik seperti gereja blenduk yang dibangun abad 18 dan jembatan mberok yang dibangun pada abad ke 17.

Di kota lama ini juga ada fasilitas seperti penyewaan sepeda onthel,café dan gallery seni. Lokasi ini berada di Old Town, Bandarharjo, North Semarang.

Tempat Wsata Museum Ranggawarsita Semarang

Museum Ranggawarsita
by Ocha Binar Alieffi

Tempat wisata populer di semarang terakhir adalah museum yang terdapat sejarah didalamnya. Museum ini merupakan museum yang menyimpan dan memamerkan berbagai warisan budaya dan benda-benda Jawa Tengah. Museum ini diresmikan tanggal 5 Juli 1989.

Bangunan Museum ini memiliki 4 gedung yang masing-masing mempunyai sejarah yang berbeda-beda. Gedung A lantai 1 menyimpan wahana geologi dan geografi lantai 2 menyajikan wahana tentang paleontologi (zaman purba).

Gedung B lantai 1 berisikan peninggalan budaya dan kerajinan Hindu,Buddha, lantai 2 menyajikan wahana keramik dan batik. Gedung C  lantai 1 terdapat ruang bersejarah dan bersenjata, lantai 2 terdapat koleksi teknologi dan kerajinan tradisional.

Gedung D lantai 1 memamerkan tentang pembangunan dll lantai 2 ada kesenian. Jika kalian penasaran bagaimana sejarah dari masing-masing gedung itu kalian harus mengunjungi wisata ini.

Sangat disayangkan jika kalian ke kota ini tapi tidak mengunjungi wisata ini. Biasanya para pengunjung  lokal maupun luar kota banyak yang datang ke tempat sini. Lokasinya berada di Jl.Abdul Rahman Saleh No 1 Kalibanteng Kidul Semarang Barat Kota Semarang.