Goa Kreo Semarang Destiansi Wisata Yang Patut Anda Lihat

0
538
Obyek Wisata Goa Kreo Semarang
Obyek Wisata Goa Kreo Semarang

Tempat Obyek Wisata Goa Kreo Semarang

kabupaten menuimpan berbagai macam wisata sejarah budaya dan penuh cerita akan tradisi yang di turnukan dari generasi ke generasi salah satunya adalah Gua Kreo atau Goa Kreo dimana merupakan destinasi wisata alam di semarang dimana memadukan berbagai unsur berada di satu tempat lokasi

kenapa bias di katakan demikian? karena Objek wisata bersamaan dengan sebuah bendungan bernama bendungan jatibarang, Bendungan ini memiliki empat fungsi utama, yakni sebagai tampungan air untuk menanggulangi masalah banjir di Semarang, PLTA, PDAM, dan obyek wisata Semarang

Obyek wisata ini dulunya adalah wisata alam gua dan banyak monyet ekor panjang (Macaca fascicularis). Sejak tahun 2010, mulai dibangun bendungan untuk membendung Kali Kreo, yang mulai digenangi beberapa tahun kemudian.

Obyek Wisata Goa Kreo Semarang
Obyek Wisata Goa Kreo Semarang

Sekarang ini, panoramanya lebih menarik dengan adanya perbukitan, danau buatan, dan bukit di tengah danau yang bisa dicapai dengan jembatan. Populasi monyet masih ada meski tidak sebanyak dulu.

Terdapat kantor operasional bendungan yang dapat dikunjungi untuk wisata edukasi, hanya harus jalan agak jauh dari lokasi wisata untuk menjangkaunya, dan mungkin perlu surat resmi jika ingin leluasa.

Sejarah Goa Kreo Semarang

legenda Gua Kreo Semarang tak terpisahkan dengan legenda asal mula nama Jatingaleh, sebuah kelurahan di lereng Bukit Gombel, Kecamatan Candisari, Kota Semarang. Dikisahkan, dahulu seorang wali yang punya kemampuan lebih, seperti Sunan Kalijaga, dapat berkomunikasi dengan tumbuhan dan binatang. Bahkan, ada pula pohon-pohon yang dipercaya bisa berpindah tempat.

sejarah goa kreo
by D Prischilla

Menurut legenda, kayu jati yang akan digunakan sebagai salah satu saka guru Masjid Agung Demak, adalah potongan kayu dari pohon jati yang berada di lereng Bukit Gombel. Ajaibnya, sewaktu Sunan Kalijaga akan mengambil kayu jati di kawasan tersebut, ternyata pohon jati itu sudah tidak ada dan berpindah tempat.




Sunan Kalijaga kemudian mencari ke mana pohon jati itu berpindah. Beliau pun terus mencari sampai ke hutan yang saat ini dikenal sebagai kawasan Gua Kreo. Sedangkan tempat asal pohon jati itu kemudian diberi nama Jatingaleh (bahasa jawa) yang artinya ”jati berpindah”.

Keunikan Goa Kreo

Menurut cerita orang tua yang sekarang menjadi salah satu pengelola situs bersejarah goa kreo, dulunya di sekitar goa kreo semarang tidak ada waduk, hanya aliran sungai yang kala itu sunan kalijaga menjadikannya sebagai alat untuk menghanyutkan kayu dimana bahan baku kayi jati tersebut akan dijadikan sebagai bahan untuk membuat Masjid Demak dan dihanyutkan menuju Kota Demak.

namun suatu ketika kayunya tersangkut disela sela bebatuan sungai, setelah berikhtiar datanglah sekerumunan kera yang membantu Sunan Kalijaga. Setelah berhasil, kera tersebut disuruh menjaga goa sampai saat ini

Setiap bulan Syawal diadakan acara sedekahan yang diperuntukkan untuk menjamu para kera. Sebagai imbal jasa pada kera2 didaerah gua kreo yang dulu telah membantu Sunan Kalijaga saat kesulitansem

Lokasi Goa Kreo Semarang

Akses menuju tempat ini (dari pusat Kota Semarang) cukup jauh. Pengunjung sebaiknya menggunakan kendaraan dalam kondisi baik, karena jalanan menuju lokasi terdapat titik-titik yang cukup menanjak.




Gua yang terletak di Dukuh Talun Kacang, kelurahan Kandri, kecamatan Gunung Pati, Semarang, Jawa Tengah ini dikelilingi oleh Bendungan Jatibarang

Nama Goa Kreo Semarang
Alamat Jl. Raya Goa Kreo, Kandri, Kecamatan Gunung Pati 
Kota/Kab. Kota Semarang, Jawa Tengah 50222
No Telp ☏ (024) 8449917
Jam Buka Senin – Minggu  / 07.00 – 17.00
Wahana Goa, Spot Selfie, Naik Perahu,

Akses Ke lokasi

Akses ke gua tersebut sudah dibangun hanya saja membutuhkan sedikit tenaga ekstra untuk menuju kesana dikarenakan kita harus menuruni dan menaiki sejumlah anak tangga. Jangan membawa makanan yang mudah dilihat oleh kera-kera, karena pasti akan diikuti oleh kera-kera tersebut.

Awal masuk lokasi wisata suasananya cukup sejuk, namun terasa panas saat berada di jembatan (khususnya pada siang hari). Untuk menghindari hal tersebut, alangkah baiknya pengunjung menghindari jam-jam siang, agar panasnya tidak terlalu menyengat.

jembatan goa kreo
by Heru Kurnianto

Untuk melanjutkan perjalanan ke arah waduk dan berfoto di jembatan, pengunjung diharapkan menyiapkan fisik yang cukup kuat karena akan melewati banyak anak tangga.

Di area wisata pengunjung juga perlu hati-hati karena banyak monyet yang berlalu-lalang secara bebas. Di samping itu semua, tempat ini cocok sebagai rekomendasi wisata alam, yang cukup menarik dengan harga terjangkau.

Aktivitas Di Goa Kreo

Goa Kreo merupakan wahana wisata Semarang terhits bernuansa alam. Obyek menarik bisa anda nikmati seperti gardu pandang, sarang burung, awan kapas dan lain sebagainya. Tentu backgroundnya adalah hutan dan pemandangan alam yang cantik.

spot selfie
by Eko murdiyanto official

Wisata goa kreo selain menawarkan tempat wisata dengan pemandangan yang eksotis juga menydiakan permainan wahana air seperti speedboat, selain itu bagi para mancing mania disini juga menawarkan sensasi memancing yang cukup menantang karena keberadaan danau yang lumayan luas yang dihuni berbagai macam ikan air tawar dan sejenisnya.

Jangan khawatir bagi para pancingers jika anda haus dan kelaparan karena di tepi danau banyak warung-warung yang menyediakan barbagai makanan dan minuman.

Fasilitas

wisata lengkap kita bisa menikmati goa hutan perbukitan dan waduk di semarang yang menyenangkan buat keluarga karena disitu kita bisa naik kapal dengan jarak dan waktu yang terjangkau bagi pariwisata keluarga, anak – anak bisa merasa senang dengan bermain bersama ratusan kera yang lucu- lucu dan menggemaskan dan aman bagi pengunjung

wahana naik kapal
by astu saputra

bisa di katakan obyek wisata ini memilik fasilitas yang sangat memadai dan cukup lengkap diantaranya adalah

  • Mushola
  • Toilet
  • Play Ground
  • Area Bermain
  • Spot Selfie
  • Gasebo
  • Live Music Tradisioanal
  • Cafe
  • Warung Makan
  • Penginapan / Hotel
  • Tempat Parikir Sangat Luas




Harga Tiket Goa Kreo Semarang

untuk bisa menikmati obyek wisata alam goa kreo semarang bisa di katakan menerapkakan tarif tiket masuk cukup murah dengan berbagai macam fasilitas yang bisa di gunakan apalagi kenyamanannya pun bisa di rasakan dengan puas berikut informasinya

Harga Tiket Goa Jatijajar
Harga Tiket Dewasa Rp. 5000
Harga Tiket Anak – Anak Rp. –
Parkir Sepeda Motor Rp. 3.000
Parkir Mobil Rp. 5.000

terdapat juga warug makan yang menawarkan makanan khas lokal dengan harga yang sangat bersahabat