5 Tempat Wisata Candi Di Dieng Yang Sangat Populer

0
552
Tempat Wisata Candi Di Dieng
Tempat Wisata Candi Di Dieng

Tempat Wisata Candi Di Dieng By Sanjaya Tour

dieng sebagai salah satu kawasan di dataran tinggi merupakan tempat yang terkenal akan akan tradisi sejarah dan kental akan mitos dan budaya dan sering dikunjungi oleh wisatawan lokal dan mancanegara.

Keindahan dan pesona dieng tidak akan pernah membuat kita bosan. Ada banyak tempat wisata yang bisa kita kunjungi, seperti telaga warna, telaga pengilon, batu ratapan angin, kawah sikidang, kawah sileri, candi arjuna, dan masih banyak tempat wisata lainnya yang layak untuk dikunjungi.

Tempat dengan udara yang sejuk walau terkadang terlalu terasa dingin tapi itulah yang namanya Dieng dimana karna letaknya. Sangat menarik dan asyik untuk dikunjungi sebagai objek wisata dengan pemandangan alam yang asri serta hamparan perkebunan dengan tempat” menarik yang sudah banyak dikenal luas.

Suasana pengunungan yang benar-benar digin dan asri sekaligus mempunyai pemandangan yang indah, membuat banyak para pendaki berkunjung. Terdapat berbagai macam tempat yang menarik mulai dari telaga, kawah, juga komplek candi yang begitu apik.

Daftar Tempat Wisata Candi Paling Indah Di Dieng

Tempat Wisata Candi Di Dieng
Tempat Wisata Candi Di Dieng

banyak sekali situs bersejarah peninggalan kerajaan pada masa lampau yang masih exis berdiri sampai sekarang dan sekarang tempat wisata candi yang ada di dieng menjadi destinasi menarik untuk di kunjungi saat berada di dataran tinggi ini,

lalu dimana sajakah tempat wisata candi yang ada di dieng? berikut kami berikan informasinya simak ulasan kami berikut ini

1. Candi Arjuna

Candi Arjuna
by muhammad izzul
  • AlamatKarangsari, Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah 53456, Indonesia
  • Harga Tiket Masuk : Rp. 15000,-
  • Jam Oprasional : 08.00 – 18.00

Candi Arjuna terletak pada 2093 mdpl merupakan salah satu candi di kompleks Sejarah Candi Dieng, Kabupaten Banjarnegara. Candi ini diperkirakan candi Hindu pertama di Jawa, yang dibangun pada sekitar Abad ke-7 pada masa kerajaan Mataram Kuno.

Ditemukan prasasti tertulis tahun 731 Caka atau sekitar tahun 808 Masehi dengan menggunakan aksara Jawa Kuno. Dari situ, para ilmuwan menyimpulkan bahwa Candi Arjuna dibangun pada masa pemerintahan Wangsa Sanjaya.

Candi Arjuna berada di paling ujung dari kompleks candi Arjuna, tepatnya di sebelah utara dan di depanya terdapat candi Semar yang diperkirakan sebagai candi pelengkap atau candi perwara dari Candi Arjuna.

Hingga saat ini Candi Arjuna juga masih digunakan sebagai tempat peribadatan bagi masyarakat Dieng. Bahkan di kompleks candi dieng juga diadakan upacara potong rambut anak-anak gimbal yang dipercaya sebagai anak-anak spesial di dataran tinggi dieng. Dimana ruwatan dari upacara ini berada di depan candi Arjuna.

2. Candi Gatotkaca

Candi Gatotkaca
by Andy Priyantoko
  • AlamatDieng Kulon, Batur, Karangsari, Dieng Kulon, Banjarnegara, Jawa Tengah 53456, Indonesia
  • Harga Tiket Masuk : Rp. 15000,-
  • Jam Oprasional : 08.00 – 17.00

destinasi tempat wisata Candi Gatot Kaca terletak di dataran tinggi Dieng Banjarnegara Jawa Tengah Indonesia posisinya pas pintu masuk komplek Candi Arjuna Gatutkaca juga terdiri atas 5 candi,

yaitu Candi Gatutkaca, Candi Setyaki, Candi Nakula, Candi Sadewa, Candi Petruk dan Candi Gareng, namun saat ini yang masih dapat dilihat bangunannya hanya Candi Gatutkaca keempat candi lainnya hanya tersisa tinggal reruntuhannya saja.

Candi Gatutkaca. Batur candi setinggi sekitar 1 m dibuat bersusun dua dengan denah dasar berbentuk bujur sangkar. Di pertengahan sisi selatan, timur dan utara terdapat bagian yang menjorok keluar, membentuk relung seperti bilik penampil.




Pintu masuk terletak di sisi barat dan, dilengkapi dengan bilik penampil. Anak tangga di batur terlindung dalam dalam bilik penampil.

Sepintas Candi Gatutkaca juga terlihat seperti bangunan bertingkat, karena bentuk atapnya dibuat sama dengan bentuk tubuh candi. Puncak atap sudah hancur, sehingga tidak terlihat lagi bentuk aslinya.

Di keempat sisi atap juga terdapat relung kecil seperti tempat menaruh arca. Sekitar setengah meter di luar kaki candi terdapat batu yang disusun berkeliling memagari kaki candi. Di halaman Kompleks Candi Gatutkaca terdapat tumpukan batu reruntuhan keempat candi lain yang belum dapat disusun kembali

3. Candi Bima

Candi Bima
by amien bardjo
  • AlamatJl. Dieng No.37, Karangsari, Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah 53456, Indonesia
  • Harga Tiket Masuk : Rp. ,-
  • Jam Oprasional : 08.00 – 17.00

Tempat Wisata Candi Bima Di Dieng ini terletak menyendiri di atas bukit. Candi ini merupakan bangunan terbesar di antara kumpulan Candi Dieng. Bentuknya berbeda dari candi-candi di Jawa tengah pada umumnya.

Kaki candi mempunyai denah dasar bujur sangkar, namun karena di setiap sisi terdapat penampil yang agak menonjol keluar, maka seolah-olah denah dasar Candi Bima berbentuk segi delapan.




Penampil di bagian depan menjorok sekitar 1,5 m, berfungsi sebagai bilik penampil menuju ruang utama dalam tubuh candi. Penampil di ketiga sisi lainnya membentuk relung tempat meletakkan arca. Saat ini semuanya dalam keadaan kosong. Tak satupun arca yang masih tersisa.

Bentuk atap candi terdiri atas 5 tingkat, masing-masing tingkat mengikuti lekuk bentuk tubuhnya, makin ke atas makin mengecil. Setiap tingkat dihiasi dengan pelipit padma ganda dan relung kudu.

Kudu ialah arca setengah badan yang nampak se olah-olah sedang menjenguk ke luar. Hiasan semacam ini terdapat juga di Candi Kalasan. Puncak atap sudah hancur sehingga tidak diketahui bentuk aslinya.

4. Obyek Wisata Candi Dwarawati Dieng

  • Alamatdieng plateau, Krajan, Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah 53456, Indonesia
  • Harga Tiket Masuk : Rp. ,-
  • Jam Oprasional : 08.00 – 17.00

Letak Candi Dwarawati memang cukup tersembunyi. Untuk menjangkaunya, pengunjung harus melewati pemukiman warga serta ladang kentang.

Selain itu, ukurannya yang tak terlalu besar pun membuat keberadaannya sulit dilihat dari kejauhan. Candi ini memiliki ukuran panjang 5 meter, lebar 4 meter, dan tinggi 6 meter.

Berbeda dengan candi-candi lain yang ditemukan di Dataran Tinggi Dieng, Candi Dwarawati merupakan satu-satunya candi yang namanya tidak berdasarkan epos Mahabarata .

Dwarawati merupakan nama Ibukota Kerajaan Dwarata yang ada di India. Pemberian nama ini dikarenakan bangunan candi mirip dengan candi-candi yang ada di India.
Di kawasan ini, sebenarnya ditemukan tiga bangunan candi yang lain.




Ketiga candi tersebut adalah Candi Pandu, Candi Margasari, dan Candi Parikesit. Sayangnya, hanya Candi Dwarawati yang saat ini masih berdiri. Sementara tiga candi yang lain, batu-batu bangunannya sudah hilang.

Candi yang dibangun pada sekitar abad 8 Masehi ini merupakan tempat pemujaan kepada Dewa Syiwa. Pada bangunannya, seharusnya terdapat arca Ganesha, Agastya, dan Dewi Durga. Tapi, untuk melihat ketiga arca tersebut, pengunjung harus datang ke Museum Kailasa.

Di sekitar Candi Dwarawati, terdapat tumpukan batu yang merupakan bagian dari bangunan candi. Hanya saja, tumpukan batu tersebut tidak diketahui merupakan bagian dari bangunan candi yang mana.

5. Tempat Wisata Candi Setyaki Dieng

Candi Setyaki
by elvan soegiarto
  • AlamatKarangsari, Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah 53456, Indonesia
  • Harga Tiket Masuk : Rp. 10.000,-
  • Jam Oprasional : 08.00 – 17.00 Jam

obyek wisata candi di dieng yang satu ini ini terletak sekitar 200 meter sebelah barat dari Kompleks Candi Arjuna. Candi Setyaki terdiri dari dua bangunan,




tapi hanya satu bangunan yang berdiri – itupun tidak lengkap karena bagian atas candi belum terpasang. Sementara, satu bangunan lain hanya berupa dasar bangunan.

Candi Setyaki juga merupakan candi yang dibangun untuk memuja Dewa Syiwa. Melihat relung dan gaya bangunan, Candi Setyaki diperkirakan dibangun pada masa yang sama dengan Candi Arjuna.

Kompleks Candi Arjuna biasa digunakan sebagai tempat pelaksanaan Galungan. Selain itu, kompleks ini kadang juga digunakan sebagai tempat pelaksanaan ruwatan anak gimbal.

Tiket masuk ke kompleks candi ini sebesar Rp10.000. Dengan tiket tersebut, pengunjung dapat mendatangi Kompleks Candi Arjuna, Sendang Sedayu, Sedang Maerokoco, Dharmasala, serta Kawah Sikidang.