10 Destinasi Wisata di Karanganyar

3
926
Wisata Karanganyar
Wisata Karanganyar

Wisata Karanganyar By Sanjaya Tour

Kabupaten Karanganyar, adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Ibukotanya adalah Karanganyar, sekitar 14 km sebelah timur Kota Surakarta. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Sragen di utara, Kabupaten Ngawi dan Kabupaten Magetan (Jawa Timur) di timur, Kabupaten Wonogiri di selatan, serta Kabupaten Boyolali, Kota Surakarta, dan Kabupaten Sukoharjo di barat.

10 Objek Wisata Karanganyar Terpopuler

Sebagai daerah yang sebagian besar wilayahnya berada di lereng gunung, Karanganyar memiliki banyak tempat wisata yang bernunsa pegunungan. Hampir semua objek wisata yang ada di Karanganyar berada di lereng gunung Lawu.

Wisata Karanganyar
Wisata Karanganyar

dan berikut kami informasikan top 10 destinasi wisata di karanganyar yang sering di kunjungi bagi wisatawan dan agen tour and travel

1. Candi Ceto

Candi Cetho terletak di Dusun Cetho, Desa Gumeng, Kecamatan Ngargoyoso sebelah barat lereng Gunung Lawu pada ketinggian 1.400 meter diatas permukaan air laut. Candi ini dibangun pada abad ke-15, merupakan peninggalan pemerintahan Majapahit yang dominan dengan corak Agama Hindu. Laporan ilmiah mengenai candi ini pertama kali ditulis oleh Van de Vlies pada tahun 1842.

Gambar mungkin berisi: tanaman, pohon, luar ruangan dan alam

Candi Cetho terdiri dari 9 trap (teras) yang bentuknya memanjang dengan gapura pada tiap tingkatannya Berdasarkan kondisi saat reruntuhan mulai diteliti, candi ini memiliki usia yang hampir sama dengan usia Candi Sukuh.

Jalan menuju ke Candi Cetho saat ini telah diperbaiki namun medan yang berat dan menanjak masih cukup memberatkan bagi kendaraan yang menuju kesana. Melalui jalan yang berkelok-kelok diantara hijaunya kebun teh yang luas membentang menjadi keasyikan tersendiri saat perjalanan sambil menikmati indahnya panorama kaki Gunung Lawu.




2. Grojogan Jumog

Terletak di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Propinsi Jawa Tengah. Berbeda dengan Grojogan Sewu di daerah Tawangmangu yang telah lebih dulu diikembangkan, Air Terjun Jumog tampak lebih sederhana. Air terjunnya pun tidak terlalu tinggi sekitar 30 m, namun tetap memancarkan keindahan khas wisata alam.

Gambar mungkin berisi: tanaman, luar ruangan, air dan alam

Konon, setiap pukul sepuluh pagi, muncul pelangi di air terjun ini. Air terjun ini dikenal masyarakat setempat dengan nama The Lost Paradise (surga yang hilang). Tempat wisata ini terletak di lereng Gunung Lawu sekitar 500 meter disebelah barat Candi Sukuh.

Tiket masuk adalah Rp 3.000 per orang dan dikelola secara swadaya oleh masyarakat. Parkir kendaraan roda dua adalah Rp 1000. Fasilitas yang ditawarkan di tempat wisata ini cukup lengkap antara lain arena permainan anak, kolam renang, gazebo, rest area, rumah makan dan panggung hiburan.

Juga terdapat akomodasi sebuah cottage dan beberapa home stay sekitar 1 km dari lokasi air terjun dengan kisaran harga sewa mulai Rp 50 ribu hingga Rp 200 ribuan per malam. Di lokasi ini banyak dijumpai penjual sate ayam dan sate kelinci, makanan khas daerah tersebut.

3. Kebun Teh Kemuning

Kebun teh memang punya pesonanya sendiri. Nah Kebun Teh Kemuning yang ada di Kemuning, Ngargoyoso, Dengan luas lebih dari 400 hektare, Kebun Teh Kemuning menyajikan pemandangan hijau yang luas berbeda dari yang lain

Gambar mungkin berisi: gunung, langit, luar ruangan dan alam

 

Karena terletak di lereng Gunung Lawu, disini kita tak hanya bisa menikmati hamparan kebun teh yang serupa karpet hijau. Tapi juga pemandangan Gunung Lawu luar biasa keren saat langit sedang cerah. Ibu-ibu pemetik teh juga sangat ramah dan mau diajak ngobrol sambil mereka bekerja.

Di dalam kawasan kebun teh, ada objek wisata Kali Pucung dengan sejumlah wahana, seperti flying fox, paint ball, berkuda mengelilingi kebun teh, dan masih banyak lagi.

4. Bukit Sekipan

Bukit Sekipan adalah tempat wisata bertemakan alam, Bukit Sekipan terletak di Jl. Sekipan, Kalisoro, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. Wisata di Kabupaten Karanganyar ini terletak kaki Gunung Lawu.

Gambar mungkin berisi: luar ruangan

Merupakan wisata modern yang menyuguhkan berbagai miniatur icon dunia, selain itu pengunjung disugihi beragam spot selfiable dan beragam aneka permainan

5. Balekambang Tawangmangu

tempat wisata karanganyar ini berlokasi di Jl. Balaikambang, Kalisoro, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57792

Gambar mungkin berisi: 1 orang, berdiri dan luar ruangan
sumber by @Susilo Riena

Lokasinya dekat dengan objek wisata sekipan, dengan  harga tiket masuk 25.000 (anak di atas 85cm dikenakan tarif penuh). Per orang dapat gelang+voucher 5.000 untuk potongan harga jika kita membeli oleh-oleh atau masuk ke wahana2 atau membeli makanan minuman yang ada di lokasi dg syarat minimum pembelian.




Dapat minum teh gratis juga yang bisa ditukarkan di Javenir Home GRATIS  syarat minum di tempat, wahana permainan antara lain flying fox,ATV, water park, kereta, sepeda listrik, sepeda ria, becak, high rope dll (+ biaya/wahana/orang) Lokasinya luas, hawanya di sini juga cukup dingin jadi yg mau ke waterpark siap2 kedinginan

Terdapat juga beberapa miniatur dari beberapa icon dunia yang bisa dijadikan spot selfie. Saat kita keluar, ada petugas yg memberikan voucer es cream GRATIS yang bisa ditukarkan di tempat penjualan souvenir (depan pintu keluar)

6. Telaga Madirda

Telaga Madirdo merupakan danau kecil yang airnya bersumber dari mata air di lereng Gunung Lawu. Telaga tersebut menjadi tumpuan kehidupan warga karena airnya yang tak pernah surut meski musim kemarau dan tak pernah penuh di saat musim penghujan.

Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, disanalah telaga ini terhampar. Jarak telaga ini dari Balai Desa Berjo sekitar 4 kilometer dan dapat ditempuh dengan cukup mudah.

Telaga ini memiliki potensi yang layak untuk di kembangkan menjadi obyek wisata unggulan bagi Desa Berjo sebagaimana yang diimpikan warga Berjo pada umumnya. Telaga Madirdo sebenarnya cukup di kenal oleh wisatawan yang memasuki Desa Berjo terutama wisatawan yang mencoba memperlajari keanekaragaman potensi wisata yang ada di Kabupaten Karanganyar,

Hal itu dikarenakan telaga ini termasuk dalam jalur Golden Tracking Sukuh-Grojogan Sewu. Dimana keberadaanya sangat berdekatan dengan berbagai obyek wisata seperti situs Watu Bonang, Situs Planggatan, Candi Sukuh dan Grojogan Sewu.

7. Grojogan Sewu

Grojogan Sewu memiliki ketinggian terjunan air sekitar 81 meter yang airnya berasal dari Kalisamin. Obyek wisata Grojogan Sewu ini terletak di kaki Gunung Lawu. Lokasi Terletak di Desa Sepanjang, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Propinsi Jawa Tengah.

Gambar mungkin berisi: tanaman, luar ruangan dan alam

Ada dua loket pintu masuk ke kawasan ini. Yang pertama terletak di atas, sedangakan pintu kedua terletak di lereng bawah. Selanjutnya untuk menuju air terjun, harus menuruni ratusan anak tangga yang beralas batu bila masuk melalui pintu loket pertama.

Perjalanan menuju air terjun ini akan menemui monyet berekor panjang yang hidup bebas di kawasan ini. Jumlahnya cukup banyak akan tetapi umumnya tidak akan mengganggu. Harga tiket masuk adalah Rp 6000/orang.

Fasilitas yang ada di obyek wisata ini antara lain 2 buah kolam renang untuk anak-anak dan dewasa, Shelter, warung makan, kios buah-buahan dan cinderamata, taman binatang, mushola dan MCK.

8. Objek Wisata Candi Sukuh Karanganyar

Candi Sukuh merupakan salah satu candi paling menarik di Asia Tenggara. Candi ini penuh dengan ornamen erotis. Yang tidak kalah unik, bangunannya mirip dengan piramid Suku Maya di Amerika Tengah.

Gambar mungkin berisi: langit, awan, luar ruangan dan alam

Candi Sukuh memang belum banyak diketahui orang. Jangankan Anda, orang Jogja saja masih banyak yang tidak mengetahui keberadaan candi ini. Mungkin karena letaknya yang terpencil di lereng Gunung Lawu pada ketinggian lebih dari seribu meter dpl.

Dari Terminal Tirtonadi Solo, Anda bisa naik bis umum jurusan Solo-Tawangmangu dan turun di Karang Pandan, dilanjutkan dengan minibus jurusan Kemuning dan disambung dengan ojek hingga ke kawasan candi




9. Pura Pasek (Pura Induk Umat Hindu)

Bali boleh menjadi pulau dengan seribu pura, tapi siapa sangka jika induk dari pura di sana malah berada di tanah Jawa, tepatnya ada di Kabupaten Karanganyar, provinsi Jawa Tengah. Inilah Pura Pemacekan atau lebih dikenal dengan nama Pura Pasek, suatu pura bercorak Hindu yang berdiri di kaki Gunung Lawu.

Gambar mungkin berisi: langit dan luar ruangan

Menurut Babad Bali, pura ini adalah induk dari pura-pura pasek lainnya yang ada di Bali. sebagian wilayah Kabupaten Karanganyar berada di kaki Gunung Lawu yang menganugerahinya pemandangan indah serta udara sejuk khas pegunungan.

Namun dibalik kawasan-kawasan bergunung ini tersimpan banyak peninggalan sejarah khususnya dari masa kerajaan Majapahit. Kebanyakan peninggalan tersebut berupa candi dan pura yang diperkirakan berasal dari akhir masa kerajaan Majapahit yang kala itu dipimpin oleh Raja Brawijaya V dan salah satunya yang paling terkenal adalah Pura Pemacekan.

10. Wisata Karanganyar Segoro Gunung

Segoro Gunung adalah sebuah desa di Kecamatan Ngargoyoso, Kab. Karanganyar. Untuk menuju ke desa tersebut kita harus melewati jalan kecil yang menanjak dan berbelok-belok, justru itu yang akan membuat kita semakin asik untuk mencapai tujuan.

Gambar mungkin berisi: tanaman, pohon, luar ruangan, alam dan air

Saya yakin anda akan terhibur dengan pemandangan yang ada disekitar jalan menuju desa Segoro Gujung. susah payah menuju Segoro Gunung akan terbayar dengan pemandangan yang cantik dari atas Segoro Gunung, dan anda akan dibuat takjub oleh air terjun yang ada di kawasan tersebut.

WISATA LAINNYA :

Sapta Tirta Pablengan, De Tjolomadoe, Sondokoro, Agrowisata Amanah, Paralayang Segoro Gunung, Tubing Goasari, Museum Purbakala Dayu, Lembah Sumilir, Kampung Karet, Tugulasi Jatiyoso, bukit gamping.