Rekomendasi 10 Tempat Wisata di Ciebon

6
483
Wisata Cirebon
Wisata Cirebon

Wisata Cirebon By Sanjaya Tour

bagi anda yang mau mengunjungi cirebon guna wisata, pastikan jangan sampai anda melewatkan 10 Destinasi Objek Wisata Cirebon yang harus anda kunjungi sebalum meninggalkan kota di jawa barat ini.

banyak destinasi objek wisata mulai wisata religi, sejarah, alam dan budaya. Silakan kunjungi beberapa lokasi yang menarik untuk di kunjungi dan akan lebih mudah jika menggunakan jasa tour and travel yang terpercaya, simak keterangannya di bawah ini sebagi referensi agenda wisata anda

Daftar 10 Destinasi Wisata Cirebon Terbaik

Wisata Cirebon
Wisata Cirebon

1. Keraton Kasepuhan Cirebon

Keraton Kasepuhan merupakan keraton kesultanan pertama di Cirebon yang dibangun oleh Pangeran Mas Mochammad Arifin II pada tahun 1529. Selain sebagai keraton tertua di Cirebon, keraton ini juga menjadi yang termegah dan paling terawat di kota ini. Keraton dikelilingi oleh tembok bata berwarna merah. Sedangkan bangunan utamanya berwarna putih yang di dalamnya terdapat singgasana sultan dan ruang tidur.

keraton kasepuhan cirebon
sumber by @Bee Mee

Bangunan peninggalan sejarah ini sekarang menjadi tempat wisata di Cirebon yang menjadi tujuan favorit pengunjung dari luar kota. Di sini, Anda bisa melihat benda-benda pusaka milik sultan dahulu dan juga sebuah Kereta Singa yang hanya dikeluarkan setiap tanggal 1 Syawal Hijriyah untuk dimandikan.




2. Ade Irma Suryani Waterland

Ade Irma Suryani Waterland merupakan destinasi wisata air terbaru yang terdapat di Cirebon. Lokasi tempat wisata Ade Irma Suryani Waterlad berada di tepi pantai utara Cirebon.

Ade Irma Suryani Waterland
Sumber By @yogi nugraha

Ade Irma Suryani Waterland dilengkapi 40 cottage di pinggir pantai yang turut menunjang bagi pengunjung tempat wisata tersebut. Harga sewa cottage per harinya mencapai Rp 1 juta hingga Rp 2,5 Juta. Untuk fasilitas cottage fasilitas see view, pengunjung cukup membayar dengan harga Rp 1,7 juta.

Sementara untuk fasilitas cottage kelas full view sedikit lebih mahal. Sedangkan cottage kelas family pengunjung harus menyediakan uang sebesar Rp 2,5 juta. Lokasinya berada di Jalan Yos Sudarso No.1, Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat.

3. Pasar Batik Trusmi

Tak lengkap rasanya bepergian ke Cirebon tanpa berkunjung ke sentra batik Trusmi. Pasar Batik Trusmi Cirebon yang terletak di Jalan Cendrawasih menawarkan ragam batik dari seratusan perajin rumahan yang sudah diseleksi oleh Pemerintah Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

pasar batik trusmi cirebon
Sumber By @pasar batik cirebon

Dari baju rumahan seperti daster hingga busana formal untuk pergi pesta tersedia di sentra batik yang buka dari pukul 09.00 WIB hingga sekitar 18.00 WIB itu. Harganya pun bervariasi, dari Rp 20 ribu untuk aksesoris seperti kalung dan tempat pensil sampai Rp 300ribuan untuk kain batik tulis.

Pasar Batik Trusmi memiliki banyak keunggulan yang bisa menjadi daya tarik bagi para pelancong, salah satunya harga yang terjangkau. Penjual di sentra batik tersebut merupakan para perajin produknya sendiri, tidak melalui perantara sehingga lebih murah dibanding dengan di toko lain maupun swalayan.

Tidak hanya sentra batik, di area Pasar Batik Trusmi juga tersedia restoran yang menyajikan empal gentong dan ragam es. Tempat makan itu berada di sisi kanan sentra batik yang masih berada di satu area.

4. Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Masjid Agung Sang Cipta Rasa atau biasa dikenal dengan Masjid Agung Kasepuhan, merupakan salah satu masjid tua yang berada di kompleks Keraton Kasepuhan Kota Cirebon.

Masjid Agung Cipta Rasa
Sumber By @Wahyu Rohadi Darussalam

Masjid Agung Sang Cipta Rasa merupakan masjid tertua di Cirebon, sekaligus menjadi salah satu masjid tertua di tanah Jawa dan Indonesia. Masjid ini berada di Jalan Jagasatu, Kesepuhan, Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat.

5. Tamansari Goa Sunyaragi

Taman yang memiliki deretan gua ini dulunya merupakan tempat bermeditasi bagi para pemuka kerajaan atau prajurit keraton. Keaslian bangunan-bangunan batu kuno di Gua Sunyaragi bahkan masih terasa begitu murni hingga saat ini. Warga lokal juga sering menjadikan tempat wisata di Cirebon ini sebagai lokasi berburu foto.

Goa sunyaragi Cirebon
Sumber by @wisata.kota.cirebon

Taman Sari Gua Sunyaragi pun sering dijadikan lokasi pagelaran musik, sendratari, hingga pembukaan Festival Keraton Nusantara yang dilaksanakan setahun sekali. Bahkan, baru-baru ini, pengelola Taman Sari Gua Sunyaragi juga meluncurkan wahana balon udara untuk menarik minat wisatawan agar semakin betah berkunjung ke sini.

Tertarik datang ke tempat wisata di Cirebon ini? Datang saja ke lokasinya di Jalan Sunyaragi, Kecamatan Kesambi, Cirebon. Taman Sari Gua Sunyaragi dibuka untuk umum setiap hari pada pukul 08:00-17:30.

6. Makam Sunan Gunung Jati

Makam Sunan Gunung Jati sering dijadikan destinasi wisata religi bagi wisatawan yang berasal dari Pulau Jawa. Di tempat wisata di Cirebon ini Anda akan merasakan suasana khidmat berkat lantunan ayat-ayat suci yang bergema di seantero kompleks Makam Sunan Gunung Jati.

Gaya arsitektur khas Tiongkok, Jawa, dan Arab pun berpadu sempurna membentuk harmoni yang menakjubkan. Beragam dekorasi porselen khas Tiongkok banyak disematkan di sekitar dinding makam.

Makam Sunan Gunung Jati
Sumber by @wisata.kota.cirebon

Daya tarik lain yang dimiliki Kompleks Makam Sunan Gunung Jati adalah adanya sembilan pintu yang disusun secara bertingkat. Namun, pengunjung hanya diperkenankan untuk masuk hingga pintu ke-lima, sebab pintu-pintu selanjutnya hanya diperuntukkan bagi keturunan Sunan Gunung Jati.

Kompleks Makam Sunan Gunung Jati berlokasi di Jalan Alun-alun Astana Gunung Jati 53, Desa Astana, Kecamatan Gunung Jati.

7. Wisata Cirebon Banyu Panas Palimanan

Objek Wisata Banyu Panas Palimanan merupakan salah satu tempat wisata di Cirebon yang banyak dikunjungi setiap harinya terutama pada saat akhir pekan. Taman pemandian ini berada di Desa Palimanan Barat, Kecamatan Palimanan, Cirebon. Dari pusat kota Cirebon, tempat wisata ini bisa ditempuh dalam waktu 25 – 30 menit perjalanan.

Sumber Banyu Panas Palimanan
Sumber By Daeng Beetta

Warna hijau pepohonan dan abu-abu batuan kapur Gunung Kromong cukup dominan di kawasan pemandian air panas ini. Selain itu, Banyu Panas Palimanan dikenal masyarakat Cirebon memiliki kandungan belerang cukup tinggi, sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.




8. Taman Nasional Gunung Ciremai

Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) merupakan salah satu taman nasional yang ada di Pulau Jawa. Taman nasional ini memiliki keunikan tersendiri dengan adanya Gunung Ciremai yang merupakan gunung api tertinggi di Jawa Barat. TNGC juga merupakan taman nasional yang memiliki tingkat keanekaragaman flora dan fauna yang tinggi. Kawasan ini merupakan habitat dari berbagai satwa liar, unik, bahkan langka.

Taman Nasional Gunung Ciremai
Sumber By @Imam Nuryaman

Selain menjadi kawasan konservasi, TNGC juga memiliki potensi wisata alam yang tak boleh diremehkan. Taman nasional ini memiliki beberapa objek wisata alam yang sangat mempesona, seperti Curug Putri, Telaga Remis, Situ Cicerem, Sumur Tujuh Cikajayaan, Bumi Perkemahan, Situ Sangiang, dan Puncak Gunung Ciremai.

9. Wisata Cirebon Keraton Kanoman

Keraton Kacirebonan merupakan keraton yang didirikan atas prakarsa Pangeran Muhamad Haerudhin. Dia adalah Putra Mahkota Sultan Kanoman ke-IV yang melakukan perlawanan terhadap pemerintahan kolonial Belanda.

keraton kanoman cirebon
sumber by @paperkampung

Keraton Kacirebonan menyimpan berbagai benda-benda koleksi kuno yang sarat dengan sejarah. Pedang, tombak, sampai alat pembuat jamu atau param yang masih berbentuk batu tersimpan apik di salah satu ruangan di keraton.

Ruangan-ruangan bagian Keraton Kacirebonan menyimpan berbagai benda yang berkaitan dengan keraton serta agama Islam. Kitab dari zaman para wali hingga gamelan menjadi salah satu koleksi kuno yang dapat disaksikan saat berkunjung ke Keraton Kacirebonan yang sangat memikat mata ini.

10. Wisata Cirebon Telaga Nilam

Telaga ini memang tidak terlalu luas tapi justru menawarkan kesejukan khas pegunungan dengan telaga yang dirambati pepohonan besar. Telaga ini berada dalam satu kawasan dengan Telaga Remis.

telaga nilem
sumber by @sutan abu bakar

Keadaan disekitar telaga yang sejuk tambah ciamik dengan keberadaan gazebo yang cocok banget untuk beristirahat setelah puas berendam. Kejernihan airnya membuat anda bahkan bisa melihat dasar kolam. Dipastikan tempat ini akan sangat cocok untuk melepas semua penat.

6 KOMENTAR

Comments are closed.