Ini Dia, Keseruan Ketika Di Puri Maerokoco Semarang

0
67
Puri Maerokoco Semarang
Puri Maerokoco Semarang

Puri Maerokoco Kota Semarang

Sepertinya  sudah tidak asing lagi dengan wisata Puri Maerokoco ini. Seperti yang kalian tau sebenarnya wisata ini merupakan taman yang memiliki segudang wahana permainan dan miniature kecil yang sangat menarik.

Puri Maerokoco Semarang ini bisa dibilang sangat mirip dengan Taman Mini Indonesia Indah yang berada di Jakarta yaitu terdapat miniature kecil seperti miniature kota Jakarta dan masih banyak yang lain.

Tapi jika anda berada di Jawa Tengah tidak usah jauh-jauh ke Jakarta karna di Kota Semarang ini juga yang tidak kalah menarik dengan TMII yang berada di Jakarta.

Indonesia ini terkenal akan suku bangsa dan budayanya yang beraneka ragam. Setiap daerah yang ada di Indonesia memiliki keunikan tersendiri. Maka dari itu Puri Maerokoco ini memiliki berbagai macam jenis rumah adat dan kebudayaan dari Jawa Tengah.

Selain itu, dengan kalian mengunjungi wisata ini wawasan anda tentang Indonesia akan bertambah. Tentunya hal itu akan menambah rasa cinta terhadap tanah air Indonesia.

Melihat banyaknya manfaat yang akan anda dapat apabila berkunjung ke Puri Maerokoco ini, sangatlah untuk anak-anak dan keluarga anda untuk menghabiskan waktu libur di Puri Maerokoco.

Puri Maerokoco Kota Semarang

Puri Maerokoco ini diresmikan oleh Gubernur Ismail kisaran tahun 1980-an. Puri Maerokoco ini menempati tanah seluas 23,84 hektar. Puri Maerokoco ini terdiri atas 35 anjungan yang didalamnya mencerminkan 35 kabupaten dan kota madya yang berada di provinsi Jawa Tengah.

Yang lebih menariknya lagi, di tempat wisata ini terdapat berbagai macam miniature objek wisata bersejarah peninggalan zaman dahulu yang bersifat tradisional serta cukup populer di kalangan masyarakat umum.

Seperti Minatur Benteng Pedhem, Masjid Agung Demak, Masjid Menara Kudus, Miniatur Candi Borobudur, dan Miniatur Masjid Mantingan. Selain miniatur disini juga terdapat sebuah jalan yang memiliki keliling sepanjang 6 meter. Jalan ini dapat digunakan untuk jalan kereta api mini dan lain sebagainya.

Hebatnya disini juga ada wahana permainan lhooo seperti Borncar, Bianglala, Marry Go Arround (komedi putar), Outbond yang terdiri flying fox dan paint ball serta masih banyak lagi berbagai macam wahana permainan di Puri Maerokoco ini. Jadi kalian tidak bosan jika mengunjungi wisata ini karna banyak sekali wisata yang menarik disini.

Disini juga terdapat berbagai macam kerajinan yang juga di produksi dari masing-masing daerah yang ada di Negara Indonesia tercinta, oleh karena itu wisata ini pantas digunakan sebagai wisata andalan di Jawa Tengah ini.

Sejarah Singkat Wisata Puri Maerokoco Semarang

Puri Maerokoco Semarang
Puri Maerokoco Semarang

Dulunya wisata ini sebenarnya bernama Grand Maerakaca Semarang tapi lebih dikenal dikalangan masyarakat dengan nama Puri Maerokoco Semarang.

Puri Maerokoco ini dibangun pada tahun 1993, yang kemudian diresmikan tahun 1980-an. Pembanguna Taman Mini ini diharapkan menjadi ajang promosi kebudayaan dan rumah adat 35 Kabupaten yang ada di Jawa Tengah.

Kenapa diberi nama Puri Maerokoco, karna tempat wisata ini diambil dari salah satu bagian cerita dalam sebuah pewayangan. Dimana didalamnya menceritakan tentang bagaimana keinginan salah seorang dewi yang mau memiliki seribu bangunan dalam jangka waktu hanya semalam.

banyumas
by Fitri Astuti

Dan juga bagaimana tempat di khayangan memiliki taman yang sangat indah, yang memiliki keindahan seluruh taman di permukaan bumi. Dulunya wisata ini pernah sepi pengunjung tapi setelah perbaikan puri maerokco ini jadi ramai pengunjung yang berdatangan dari berbagai macam daerah baik dalam negri maupun luar negri.

sangat menarik dan unik di Puri Maerokoco Kota Semarang Selain miniature dan kerajinan di Wisata ini juga  terdapat tempat tempat yang menarik dan yang harus kalian kunjungi. Berikut dibawah ini terdapat beberapa fasilitas yang unik dan juga menambah kesan  lengkap di wisata Grand Maerakaca Semarang .




Kid’s Park

Yang pertama adalah sarana permainan untuk kalangan anak-anak. Seperti perosotan, jungkat-jungkit, ayunan dan masih banyak yang lainnya. Jadi bagi anda yang membawa anak kecil, anda dapat dayang ke area wahana kid’s park ini, karena area ini sangatbcocok untuk semua kalangan anak kecil.

Kereta Gantung

Bagi kalian yang datang mengunjungi wisata ini untuk melihat seluruh keindahan serta keunikan di tempat wisata Puri Maerokoco ini. Kalian harus mencoba fasilitas kereta gantung ini

karena Puri Maerokoco akan jauh lebih indah dan juga menarik apabila anda melihat dari ketinggian. Sangat disayangkan jika kalian mengunjungi wisata ini tapi tidak mencoba kereta gantung ini untuk melihat pemandangan dari ketinggian yang sangat menakjubkan.

Pasar Apung

Salah satu aktivitas yang bisa dilakukan yaitu naik perahu sampan

Apabila anda berkunjung ke tempat liburan keluarga ini, anda tak perlubingung dengan apa yang harus anda bawa pulang sebagai ooleh-oleh dari Puri Maerokoco. Karena di Puri Maerokoco ini juga disediakan fasilitas pasar apung jadi anda dapat memilih berbagai macam oleh-oleh khas dari Kota Semarang.

Hutan Mangrove

Selain wisata wisata sebelumnya di Puri Maerokoco ini juga terdapat Hutan Mangrove yang tak kalah menariknya dengan fasilitas yang berada di Puri Maerokoco ini.

Di Hutan Mangrove ini anda bisa melihat pemandangan yang ada dengan berjalan kaki, jadi anda bisa melakukan aktivitas jalan-jalan sembari menikmati indahnya hutan mangrove di sekitarnya.

Selain itu anda juga bisa melihat keindahan yang ada dengan menggunakan sebuah perahu yang atapnya berbentuk daun. Ini yang penting jangan lupa anda harus mengabadikan keindahan Hutan Mangrove dalam lensa kamera anda yaak.

Gedung Opera

Jika anda sedang berada di Puri Maerokoco ini tetapi anda ingin menonton film seperti di bioskop, mall, atau apapun itu anda tidak harus mengunjungi bioskop, karna uniknya di Puri Maerokoco Semarang ini menyediakan fasilitas gedung opera.

Yang sangat cocok untuk anda serta keluarga, sahabat, pasangan atau kerabat dekat anda. Tetapi, di gedung opera ini anda bisa menonton tapi bukan nonton film hehe.

Anda akan disuguhkan pertunjukan opera yang sangat menarik. Tentunya menonton opera tak akan kalah seru dari sebuah film yang biasa di putar di bioskop kesayangan anda.

Istana Anak Indonesia

Bukan hanya TMII saja yang mempunyai fasilitas istana anak. Di tempat wisata Puri Maerokoco Semarang ini juga memiliki fasilitas Istana Anak Indonesia yang tak kalah serunya dari Istana Anak yang berada di TMII Jakarta.

Disini anda juga bisa mengajak anak-anak untuk lebih mengenal kebudayan khas Jawa Tengah dan membuat kerajinan ataupun kesenian dari Jawa Tengah.

Desa Wisata

Wisata yang selanjutnya adalah Desa Wisata. Wisata ini merupakan salah satu wisata yang sangat pas untuk keluarga seperti berkumpul, atau bercanda tawa ria dan di wisata ini anda dapat melakukan aktivitas jalan-jalan sembari melihat segala pemandangan yang berada di sekitar Desa Wisata ini.

Museum Iptek

Selain melakukan aktivitas jalan-jalan dan melihat berbagai macam rumah adat serta menikmati permainan yang tersedia di Puri Maerokoco ini anda juga dapat mengetahui serta belajar tentang ilmu pengetahuan dan teknologi di Museum Iptek.

Museum Iptek ini sangat berguna untuk menambah pengetahuan tentang teknologi dan perkembangnya hingga masa kini. Tak heran banyak pelajar sekolah yang melakukan study tour ke Museum Iptek ini.

Kolam Renang dan Water Boom

Bagi kalian yang sudah merasa lelah berkeliling tempat wisata di Puri Maerokoco dan ingin merasakan suasana yang berbeda.




Selain fasilitas sebelumnya di Puri Maerokoco ini juga ada kolam renang yang terdapat wahana permainan didalamnya yang tak kalah seru dengan wisata air lainnya.

Outbond

Jika kalian ingin memiliki suasana yang berbeda dari fasilitas sebelumnya anda dapat mencoba fasilitas wahana outbond iini. Di dalam arena outbond ini terdapat arena flying fox dan paint ball yang tidak boleh dilewatkan begitu saja.

Lokasi Puri Maerokoco Semarang

Untuk bisa mengunjungi wisata ini sangatlah mudah dijangkau dan dilewati kendaraan umum seperti bus, angkot atau pribadi seperti motor, mobil.

Destinasi Puri Maerokoco Semarang
Alamat Jl. Puri Anjasmoro, Tawangsari, 
Kota/Kecamatan Kec. Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah 50114
No. Telepon (024) 7617433
Jam Buka Selas – Minggu / 07.00-19.00
Wahana Wahana Edukasi, Hutan Bakau, Permainan Anak, Water Park

Harga Tiket Masuk Grand Maerakaca Semarang

Untuk harga tiket masuk ini sangatlah murah dan tidak menguras kantong hanya Rp. 10.000 per orang. Tapi harga tiket masuk bisa sewaktu-waktu berubah yaak tergantung hari weekday (hari biasa) atau hari libur nasional (libur panjang).

Tapi dengan harga segitu anda sudah bisa menikmati keindahan Puri Maerokoco ini yang sangat mempesona dan menakjubkan ditambah dengan miniatur kecil mungil yang menambah kesan mewah di wisata ini.

Harga Tiket Masuk Puri Maerokoco
Harga Tiket Rp. 10.000,- / Orang
Parkir Mobil Rp. 5.000,-
Parkir Motor Rp. 3.000,-
Sewa Perahu Rp. 10.000,-

Fasilitas Grand Maerakaca Semarang

Bagi kalian pecinta tempat tempat yang unik tempat ini sangat pas untuk anda. Wisata Ini juga sangat pas untuk rekreasi bersama keluarga atau anda ingin berkumpul, bercanda tawa ria, atau melakukan aktivitas lainnya. Fasilitas yang lain juga ada:

  • Tempat parkir
  • Tempat ibadah
  • Kamar mandi
  • Becak air
  • Sepeda air
  • Bianglala
  • Perahu
  • Borncar
  • Spot foto
  • Dan masih banyak yang lainnya

Sangat sangat banyak bukan mulai dari miniatur, kerajinan, fasilitas,  hingga wahana permainan yang sangat banyak, menarik dan unik. Jika kalian mengunjungi wisata ini dijamin tidak akan rugi malahan kalian akan betah berlama-lama disini.