10 Tempat Wisata Di Pekalongan Yang Harus Kamu Datangi

0
1357
Tempat Wisata Di Pekalongan
Tempat Wisata Di Pekalongan

Tempat Wisata Paling Hits Di Pekalongan

Pekalongan merupakan salah satu kabupaten tujuan tempat wisata di Jawa Tengah. Pekalongan dari dulu sudah dikenal akan kerajianan batik yang sangat cantik, bahkan hasil karyanya di buru pecinta batik dari nusantara maka tak heran kota ini  juga mendapat julukan kota batik

di samping itu pesona wisata alamnyapun tidak bisa di abaikan begitu saja kota ini juga terkenal akan banyaknya destinasi wisata menarik yang patut anda lihat sendiri keindahannya seperti halnya wisata alam hutan, perbukitan, air terjun telaga, pantai, hingga museum.

10 Daftar Tempat Wisata di Pekalongan Paling Menarik

Tempat Wisata Di Pekalongan
Tempat Wisata Di Pekalongan

Di Pekalongan terdapat berbagai macam destinasi wisata seperti wisala alam Pekalongan hingga wisata budaya. Penasarankan wisata mana saja yang akan kita bahas? oke ayo kita simak dibawah ini.

1. Museum Batik

Museum Batik
by Dani Hermanto

Tempat Wisisata yang pertama kita bahas adalah Museum Batik Pekalongan sesuai dengan namanya museum ini terdapat banyak sekali corak batik didalamya baik itu baju, kain atau yang lainnya.

Alamatnya museum batik Pekalongan : jl.Jatayu No.1 Kecamatan Pekalongan. Museum Batik Pekalongan Ini didirikan tanggal 12 Juli tahun 1972.

Museum buka dari jam : 08.00-12.00 dan 13.00-17.00. Biaya masuknya Rp 5.000 per orang dan pelajar Rp 2.000.

2. Pantai Pasir Kencana

Pantai Pasir Kencana
by iilhamwd

Tempat wisata yang kedua adalah Pantai Pasir Kencana Pekalongan. Di tempat Wisata Pantai ini ada jembatan penghubung,tempat bermain untuk anak-anak ,dan ada juga kolam renang.

Yang membuat pantai ini banyak diminati wisatawan local maupun luar kota adalah pada saat sore hari pemandangan sunset sungguh luar biasa indah.

Tidak hanya menyuguhkan wisata pantai saja tetapi, wisata pantai ini menyuguhkan akuarium besar yang berisi berbagai macam biota laut yang sangat menarik.

Letak wisata pantai juga tidak begitu sulit di jangkau. karena tidak jauh dari pusat kota pekalongan,yaitu hanya berjarak 4 kilometer.




  • Alamat Pantai Pasir Kencana : JL Pantai,Kecamatan Wonokerto Pekalongan.
  • Jam operasional: 24 jam
  • Harga Tiket: Rp 2.000 – Rp 5.000

3. Curug Bajing

Curug Bajing
by muh abdul jubair

Tempat wisata di pekalongan selanjutnya adalah Curug Bajing. Curug Bajing ini terkenal dengan keindahannya. Dengan ketinggian kurang lebih 70 meter dan mempunyai aliran yang cukup deras.

Untuk akses menuju lokasi ini pun cukup memerlukan perjuangan. Anda harus berjalan kaki sekitar 300 meter. Atau kira-kira  memerlukan waktu 15 menit. Dari jarak 100 meter kamu sudah bisa melihat keindahan aliran air terjunnya.

Alamat Curug Bajing: Untuk lokasi berada di Desa Telogo Parkis,kecamatan Petungkriyono,Pekalongan. Curug ini juga masih sangat alami dan asri.

  • Jam operasional: 08.00-17.00
  • Harga: Rp 2.000

4. Puncak Hanoman Gunung Kendalisodo

Puncak Hanoman
by Purwo Adi Nugroho

Selanjutnya adalah tempat wisata untuk muncak atau ndaki atau ngecamp disini nih tempat yang cocok dan bagus. Puncak Hanoman ini juga terkenal dengan keindahan alam nya. Gunung ini mempunyai ketinggian 1697 mdpl,ketinggian tersebut cocok bagi pemula yang ingin naik gunung.

Tapi bukan berarti tempat ini tidak cocok bagi anda yang sudah pandai mendaki. Anda juga bisa mendaki gunung ini untuk sekedar menikmati keindahan alam yang disuguhkan di puncak hanoman ini.

Lokasi Puncak hanoman Gunung kendalisodo berada di kecamatan petungkriyo Pekalongan. Bagi anda pecinta alam,lokasi ini tidak akan membuat kalian kecewa dengan panoramanya.

5. Telaga Mangunan / Telaga Siregar

Telaga Mangunan
by Yoga

Telaga ini merupakan tempat wisata yang udaranya dingin dan sejuk jadi saat mengunjungi telaga ini udara dingin langsung menyapamu. Suasana disini sangat nyaman dan membuat hati dan pikiran menjadi tentram.

Telaga ini berada di ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut. Tak hanya udaranya saja yang sejuk tetapi anda juga bisa bermain-main naik perahu. Biaya perahunya cuma Rp 5.000 per orang.

Akses jalan menuju ke Telaga terbilang sangat mudah dengan jalanan aspal yang bisa dilalui dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Dan juga beberapa rambu petunjuk arah jalan sudah terpasang.

  • Jam operasionalnya: 08.00-17.00
  • Harga tiket per orang : Rp 8.000

6. Tempat Wisata Black Canyon Pekalongan

Black Canyon
by Anik Jayabrata

Black Canyon adalah curug yang dikelilingi tebing berwarna serba hitam. Karena hal ini membuat wisatawan tertarik. Black Canyon ini juga dipenuhi aliran air jernih dan segar.

Air yang jernih dan menggoda membuat siapa saja yang melihat untuk tidak membuang-buang waktu untuk langsung berendam dan merasakan kesegaran air pegunungan. Untuk main basah-basahan di sini pihak desa sebagai pengelolanya menyediakan  live jackets (rompi pelampung)




  • Alamat Black Canyon ini berada di desa Kayupuring,Kecamatan Petungkriyono.
  • Jam operasionalnya: 09.15-16.00
  • Harga tiket per paket: Rp 75.000

7. Pantai Wonokerto

Pantai Wonokerto
by Sulaeman rosad

Selanjutnya adalah Pantai Wonokerto Pantai ini menawarkan pemandangan matahari terbenam yang sangat indah. Sembari menunggu matahari terbenam,anda bisa berteduh di tepian pantai.

Kamu tidak perlu takut dengan teriknya matahari. karna disini banyak pepohonan cemara di tepi pantai yang membuat udaranya lebih sejuk.

  • Lokasi Pantai ini berada di desa Wonokerto Kulon Pekalongan.
  • Harga Tiket dari : Rp 3.000-Rp 5.000.
  • Jam operasionalnya: 06.00-17.30

8. Bukit Watu Ireng

Bukit Watu Ireng
by Ihfa angel

Tempat wisata ini mempunyai pemandangan hutan pinus dan karet yang sangat indah. Dilengkapi dengan beragam spot selfie menarik,bagi anda yang suka selfie mungkin ini cocok untuk anda.

Dan tempat ini cocok untuk anda yang ingin melipir sejenak dari hiruk pikuk perkotaan. Ditambah lagi dengan udara sejuk pegunungan akan membuat siapa saja akan betah untuk menikmati pemandangan indah dari bukit watu ireng.

  • Lokasi Bukit watu ireng ini di:  jalan raya Lambur,desa Kandangserang Pekalongan
  • Jam operasionalnya: 06.00-17.30
  • Harga tiket per orang: Rp 10.000

9. Destinasi Tempat Wisata Puncak Tugu Pekalongan

Puncak tugu
by Dwika Risqi

Jika kamu ingin melihat sunrise dan berkemah tempat wisata di pekalongan ini cocok untuk anda. Tapi sangat disarankan datang malam hari sebelum matahari terbit.

Sembari menunggu sunrise,anda bisa berkemah  di tempat yang telah disediakan. Saat sunrise, hamparan hijaunya pepohonan menjadi makin indah.

Untuk mencapai lokasi puncak tugu anda harus mendaki selama 1,5 jam. Lokasinya di desa Yosorejo Kecamatan Petungkriono Pekalongan.

  • Jam operasional: 24 jam
  • Harga tiket per orang: Rp 5.000

10. Tempat Wisata Bahari PPNP Pekalongan

Wisata Bahari PPNP
by Ichwan Scout

Tempat wisata ini merupakan sebuah museum di pekalongan dengan biota laut didalamya jika anda suka dengan biota laut dan semacamnya mungkin tempat ini cocok untuk anda.

Museum Bahari ukuranya tidak terlalu besar tapi tidak kecil juga. Tapi kamu bisa menikmati beragam jenis ikan yang bisa kamu lihat seperti belut laut, lele albino, piranha, hingga aligator.

  • Lokasinya di Jalan W.R Supratman, Panjang Wetan Pekalongan
  • Jam operasional: 07.00-20.00
  • Harga: Rp 2.250 – Rp6.000