Daftar Tempat Wisata Di Tulungagung

0
1667
Tempat Wisata Di Tulungagung
Tempat Wisata Di Tulungagung

Tempat Wisata Di Tulungagung By Sanjaya Tour

sebagai salah satu daerah nama kabupaten yang terletak di sebelah selatan Jawa Timur, tulungagung berjarak sekitar 4 jam berkendara dari ibu kota Jawa Timur, Surabaya. sebagai salah satu kabupaten yang berkontribusi akan hasil pertanian karena di karunia tanah yang sangat subur, di sisi lain pemerintahpun mendukung dari segi pengairan dengan dibangunnya bendungan wonorejo guna mendukung pengairan sawah

Potensi lain yang dimiliki tulungagung adalah menjadi salah satu daerah penghasil marmer terbesar di Indonesia, saat ini pemerintah Tulungagung pun sekarang sedang giat untuk mempromosikan pariwisata, mulai dari pantai, air terjun, danau, water park, museum, wisata goa, dan candi peninggalan sejarah.

banyak sekali destinasi wisata sejarah alam budaya maupun wisata buatan yang harus anda kunjungi

Daftar Tempat Wisata Di Tulungagung

Tempat Wisata Di Tulungagung
Tempat Wisata Di Tulungagung

Jika Anda punya rencana untuk berlibur di tulungagung jawa timur, tidak perlu bingung dalam menentukan objek wisata terbaik karena disini terdapat destinasi wisata yang menawarkan cukup banyak objek wisata pilihan untuk Anda dikunjungi. untuk itu kami telah merangkum top 10 destinasi tempat wisata di tulungagung paling menarik dan populer di kalangan wisatawan simak ulasan berikut ini

1. Ranu Gumbolo Tulungagung

  • AlamatBantengan, Mulyosari, Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66291
  • Harga Tiket Masuk : Rp. 5000,-
  • Jam Oprasional : 06.00 – 17.00

Ranu Gumbolo tempat wisata di tulungagung berupa danau alami yang sangat keren, danau kecil dengan rindangnya hutan pinus dan udaranya yang sejuk. Sangat bagus dan cocok kita kunjungi bersama keluarga dan teman-teman dekat, semua golongan usia pokoknya.

Secara umum Ranu Gumbolo boleh dibilang sangat mudah diakses oleh pengunjung, tetapi tetap diperlukan kehati-hatian saat berkendara (bagi pemotor), terutama saat sudah memasuki kawasan Ranu Gumbolo jalan ada yang rusak, berkelok dan naik / turunan.

Di area/kawasan Ranu Gumbolo sangat banyak tempat bagus/keren yang bisa kita jadikan tempat berfoto-foto/ swa-foto dengan view yang juga bisa kita cari sendiri.

2. Air Terjun Coban Kromo

  • AlamatArea Sawah, Pelem, Campur Darat, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66272
  • Harga Tiket Masuk : Rp. 3000,-
  • Jam Oprasional : 07.00 – 17.00

Tempat wisata tersembunyi di kabupaten tulungagung. Lokasi yang mudah diakses dan tidak jauh dari pusat kota menjadikan tempat ini tergolong recomended bagi para traveler.

Terdapat beberapa air terjun disini dan terdapat satu kubangan semacam sumur alam yang dapat kita gunakan untuk mandi sambil menikmati view tulungagung bagian selatan dari ketinggian

3. Candi Dadi

  • AlamatKrajan Tiga, Betak, Kalidawir, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66291
  • Harga Tiket Masuk : Rp. 2000,-
  • Jam Oprasional : 24 Jam

Salah satu destinasi tempat wisata di tulungagung berupa situs sejarah peninggalan kerajaan majapahit yang masih tersisa di lingkup tulungagung.

Posisi candi yang terletak di atas bukit memberi kesan kekaguman kita terhadap nenek moyang kita terdahulu. Akses menuju candi ini dapat melalui tonggo sewu di desa wajak kidul.




Track yang cukup melelahkan untuk sampai di candi ini. Di tengah jalan juga terdapat aliran sungai kecil yang airnya lumayan jernih.

Posisi candi yang berada diatas bukit disamping gunung budheg membuat kita dapat melihat view gunung budheg beserta kota tulungagung bagian selatan.

4. Candi Sanggrahan

  • AlamatDesa Sanggrahan, Boyolangu, Sanggrahan Lor, Sanggrahan, Tulungagung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66235
  • Harga Tiket Masuk : Rp. –
  • Jam Oprasional : 08.00 – 17.00

Candi sanggrahan adalah candi peninggalan zaman majapahit dan fungsi dari candi sanggrahan pada masa itu untuk pesanggrahan atau beristirahat jadi raja atau permaisuri yang melakukan perjalanan ke wilayah tulungagung

dulu disebut kadipaten bono rowo maka para raja atau keluarga kerajaan majapahit beristirahat di candi pesanggrahan ini. Dan saat ini untuk melestarikan cagar budaya di pugar lagi untuk mengenang sejarah.

5. Pantai Popoh

  • AlamatJalan Raya Pantai Prigi, Watulimo, Popoh, Besole, Besuki, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66382
  • Harga Tiket Masuk : Rp. 10.000,-
  • Jam Oprasional : 08.00 – 17.00

Wisata Pantai Popoh adalah tempat wisata di tulungagung yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari.




Wisata Pantai Popoh di Tulungagung memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untukdikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota tulungagung tidak mengunjungi wisata pantai yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut.

Wisata Pantai Popoh di Tulungagung sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, ataupun hari ibur lainnya.

6. DOKAR Dreamland

  • AlamatJl. Raya Gondang No.54, Srabah, Karanganom, Kec. Kauman, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66261
  • Harga Tiket Masuk : Rp. 10.000,-
  • Jam Oprasional : 08.00 – 17.00

Dokar Dream Land dikenal dengan spot rumah hobbitnya yang tentunya instagamable. Kamu bisa berfoto didepan rumah yang terinspirasi dari film The Hobbit tersebut.

Ada 4 rumah hobbit dengan bentuk dan ukuran yang bervariasi. Tapi rumah ini bukan untuk ditinggali ya, hanya untuk berfoto foto saja.

Seperti yang kita ketahui, destinasi tempat wisata di tulungagung berupa spot rumah hobbit memang lagi hits beberapa waktu belakangan.

Ada begitu banyak spot rumah hobbit yang ada di sejumlah daerah seperti di Jogja, Bandung, Malang dan juga di Tulungagung ini.




Untuk pengunjung dewasa yang ingin masuk ke lokasi dokar dream land dikenakan tiket masuk seharga Rp 10 ribu. Sedangkan pengunjung anak anak cukup membayar setengahnya saja yakni Rp 5 ribu.

Untuk jam bukanya sendiri mulai pukul 9 pagi hingga 5 sore, jadi jangan datang malam hari dipastikan sudah tutup .

7. Air Terjun Alam Kandung

  • AlamatArea Sawah, Tanen, Kec. Rejotangan, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66293
  • Harga Tiket Masuk : Rp. 10.000,-
  • Jam Oprasional : 06.00 – 18.00

Satu satunya air terjun terunik di Tulungagung bahkan mungkim di dunia. Keunikannya terletak di warna air yang nampak seperti warna air laut/pantai dan batu batuan di area air terjun memiliki struktur yang mirip dengan koral di lautan.

Air terjun ini sangat ramah kepada travellers pemula yang ingin eksplor puncak air terjun karena bebatuannya tidak licin dan medannya tidak terlalu terjal.

Selain itu banyak fasilitas pendukungnya yang membuat wisatawan kian betah, seperti flying fox, photo corner, penjual makanan dan minuman, penjual pakaian, penjual perlengkapam renang, dan parkir yang luas.

8. Jambooland Waterpark Tulungagung

  • AlamatJalan Raya Srabah No. 1, Srabah, Karanganom, Kec. Tulungagung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66261
  • Harga Tiket Masuk : Rp. 20.000,-
  • Jam Oprasional : 08.00 – 17.00

Jambooland adalah waterpark yang cukup terkenal di Tulungagung. Dulu dikenal dengan nama Srabah. waterpark buka setiap hari, kecuali Senin.




Waterpark disini memiliki 1 kolam renang anak dan 1 kolam renang dewasa. Terdapat wahana kolam arus, ember raksasa, seluncuran.

Untuk kolam arus, pengelola menyewakan ban dengan kapasitas 2 orang dan 1 orang dengan harga relatif terjangkau.

Karena waterpark masih ada proses pengembangan maka operasional waterpark belum optimal, namun anda masih bisa menikmati suasana waterpark yang menyenangkan.

Fasilitas yang tersedia mushola, cafetaria, kebun binatang mini, roller coaster mini, dan arena bermain anak.

9. Sanggar Beach

  • AlamatArea Pegunungan, Jengglungharjo, Tanggung Gn., Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66283
  • Harga Tiket Masuk : Rp. 8000,-
  • Jam Oprasional : 24 Jam

objek tempat wisata di tulungagung yang begitu indah dengan udara yang sejuk dan pemandangan yang luar biasa indah, tempat yang bersih bikin anda betah ada di tempat ini , airnya juga masih begitu bersih cocok buat yang mau berenang di sini,

Pantainya sangat sangat indah rasa lelah diperjalanan terbayarkan dengan keindahan pantainya. tempat wisata di tulungagung ini bisa dikatakan masih bersih dan alami pantainya luas




dengan pasirnya putih bersih alagai penduduknya juga ramah kepada setiap wisatawan yang datang berkunjung sehingga merasa betah berlama lama di sisni

10. Gunung Budheg

  • AlamatArea Gn., Tanggung, Campur Darat, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66272
  • Harga Tiket Masuk : Rp. 5000,-
  • Jam Oprasional : 24 Jam

Gunung budheg adalah gunung yang hanya terbuat dari bebatuan alam terletak di selatan kota tulungagung diatas gunung budheg ada tumpukan batu yang dilihat dari kejauhan seperti orang yang duduk dan berkerudung ( cikrak ) tempat sampah

konon itu adalah patung dari joko budheg dan menjadi penyebutan dari gunung budheg tersebut dan sekarang gunung budheg menjadi wahana wisata yang populer bagi kaum muda petualang untuk mendaki gunung budheg untuk bermalam disana melihat pemandangan yang indah diwaktu malam atau saat terbenam dan terbit matahari