Forest Walk Babakan Siliwangi, Tiket Masuknya Gratis Loh

0
990
Forest Walk Babakan Siliwangi Bandung
Forest Walk Babakan Siliwangi Bandung

Forest Walk Babakan Siliwangi Bandung

Di Kota Bandung ini terdapat tempat wisata yang sangat unik, yaitu babakan siliwangi atau sering dikenal dengan baksil. Baksil ini merupakan taman kota yang berada di hutan.

Taman ini merupakan  tempat wisata yang menyatu dengan alam dengan bisa dikenal sebagai ruangan terbuka hijau dan tentunya meemiliki pesona keindahan yang tiada duanya dengan wisata wisata sebelumnya.

destinasi wisata ini memiliki pemandangan yang sangat menakjubkan yaitu hamparan pepohonan rindang yang berjejeran dengan sangat rapi dan dirawat dengan sepenuh hati,

tidak hanya pemandangan saja tetapi disini juga terdapat beberapa fasilitas yang membuat kawasan wisata ini Nampak sangat indah.

Forest Walk Babakan Siliwangi Bandung

Babakan Siliwangi ini bisa menjadi alternative tempat liburan alam yang bisa dikunjungi di Kota Bandung ini, keindaan alam yang ditawarkan oleh babakan siliwangi ini tentu saja membuat para wisatawan betah berlama lama disini.

by Fajar IndraK

Selain itu, wisata ini menjadi paru paru Kota Bandung ini karna wisata ini berada di kawasan hutan dan juga terdapat pepohonan yang rimbun dan menjulang sangat tinggi, tidak heran wisata ini selalu ramai di setiap harinya.

Tidak hanya itu, tetapi ada berberapa fasilitas dan aneka spot foto yang harus kalian rasakan satu persatu, jadi jika anda mengunjungi wisata ini dijamin anda tidak akan bosan malahan anda kan betah berlama-lama disini

Jadi, tidak heran banyak sekali pengunjung dari luar kota yang datang ke Kota Bandung ini yang terkenal akan wisata alamnya.  Sekaligus mengunjungi wisata ini.

Tempat wisata ini juga sangat cocok di kalangan usia jadi kalian bisa mengajak keluarga, sahabat atau kerabat dekat anda untuk menghabiskan waktu liburan anda disini.

Saat anda berada di wisata ini anda bisa melakukan berbagai aktivitas disini seperti melakukan bersepeda, jalan-jalan, atau duduk santai bersama teman, keluarga, atau sahabat anda, jalan-jalan, duduk santai sembari menikmati keindahan sekitar yang merupakan pemandangan hutan hijau.

by Fajar IndraK

Dengan berbagai spot foto dan berbagai  fasilitas dijamin anda tidak akan bosan dengan taman ini. Pemandangan di taman ini juga sangat indah dan menakjubkan disini  juga terdapat spot foto yang cantik dan menarik. Kalian bisa mengabadikan moment tersebut dan langsung saja kalian posting di media social kalian.

Panorama Alam

Babakan Siliwangi ini memiliki  panorama alam yang sangat mengagumkan. Babakan Siliwangi ini sebagai salah satu ruang terbuka hijau yang membuat baksil ini merupakan paru paru kota yang berfungsi sebagai kawasan wisata alam dengan menyajikan keindahan alam yang mempesona dan sangat asri.

memiliki lahan seluas 13,8 hektar dan lokasinya berada di dataran tinggi. Dan wisata ini terletak di dataran tinggi, jadi dengan posisi dan ketinggian suhu disini cukup dingin, dan juga pastinya memiliki keindahan yang sangat menakjubkan.

by Fajar IndraK

Baksil  ini merupakan salah satu objek wisata favorit selain wisata wisata sebelumnya di kalangan masyarakat Kota Bandung. Karna itu sampai saat ini banyak para wisatawan yang mengunjungi wisata ini.

Wisata Ini menawarkan lokasi yang sangat indah untuk beristirahat ditambah dengan pemandangan sekitar yang sangat menakjubkan.




Kalian juga  bisa melakukan berbagai aktivitas disini seperti, jalan-jalan, atau duduk santai  sembari menikmati  pemadangan hutan yang rimbun . Selain itu anda juga bisa mengabadikan moment tersebut. Dan bisa kalian posting di media social kalian.

Biasanya banyak para wisatawan dari berbagai mancanegara yang mengunjungi wisata ini. Mungkin karna tempat wisata ini memiliki daya tarik tersendiri yaitu pemandangan pepohonan hijau yang indah dan menakjubkan.

Wisata ini dapat menjadi destinasi yang cocok untuk anda yang menyukai berlibur di area dataran tinggi dengan keelokan pemandangan alam sekitarnya, sejuknya udara, hunting foto, atau gambar berlatar belakang pepohonan.

Sejarah Babakan Siliwangi Bandung

Kawasan wisata Forest Walk Babakan Siliwangi ini memiliki kontur yang berbentuk lembah. Area tersebut merupakan bentuk dari alam yang disebabkan aliran sungai cikapundung yang sudah ada sejak puluhan tahun lampau

by Agniaap

Oleh sebab itu sangat wajar jika masyarakat Kota Bandung sudah menganggap bahwa Babakan Siliwangi ini merupakan salah satu peninggalan alam zaman dahulu.

Kawasan wisata ini sudah ada sejak zaman kolonialisme Belanda. Area Baksil ini sudah dikenal dengan area sabuk hijau Kota Bandung yang memiliki nama Lebak Gede.

Di tahun 1920, ketika itu tim ahli dari Belanda sudah merancang dan siap menata kelola kota Bandung menjadi lebih asri. Dan wisata ini menjadi salah satu hutan kota yang bisa mempercantik kota kembang ini menjadi lebih maksimal.

Para perencanaan tersebut, kawasan wisata ini memiliki aneka fasiltas lain yang bisa memberikan pengetahuan kepada masyarakat sekitar.

Salah satunya adalah taman botani yang memiliki tamnasari yang terleta di area bagian selatan dari lebak gede. Area lebak gede yang sejajar dengan kawasan wisata perbelanjaan

tempat ini juga menyajikan pemandian, taman bunga serta kolam  ikan yang sekarang ini dikenal dengan nama pemandian cihampelas.




Setelah jepang masuk dan Indonesia merdeka, kawasan lebak gede dan babakan siliwangi kembali ke pangkuan pemerintah setempat. Dan sekarang di ubah fungsinya menjadi paru paru kota.

Kawasan Komersil

Di era walikota otje djundjunanyang memimpin pada periode 1971-1976. Kawasan babakan siliwangi atau lebak gede mulai dilirik oleh pemerintah untuk menjadi kawasan wisata dan juga komersial.

Di sini mulai dibangun aneka restoran Sunda dan juga fasilitas sanggat dan juga pusat seni budaya yang memperkenalkan kebudayaan dari Sunda.

by Hildaa Pratiwi

Dan sanggar olah seni ini diresmikan pada tahun 1982 oleh joop ave yang menjabat sebagai dirijen pariwisata departemen pariwisata, pos dan telekomunikasi saat itu.

Ternyata tidak hanya berhentu sampai di sana, pada tahun 1990, babakan siliwangi ini juga mengalami penambahan fasilitas salah satunya adalah sasana budaya ganesha atau biasa disebut sabuga bandung.

Di tahun 2001 walikota bandung Aa Tarmana juga mulai merencanakan untuk membangun industri pariwisata seperti pusat perbelanjaan, apartemen, hotel hingga pusat seni di babakan siliwangi.

Hal ini mendukung dunia pariwisata dan juga komersial dari paru paru kota Bandung tersebut, meski mendapatkan protes dari sebagian masyarakat. Babakan Siliwangi tetap berubah dan mendapatkan fasilitas yang mendukung industri pariwisata.

Pada tanggal 27 September 2011, akhirnya PBB mengeluarkan statement bahwa Babakan Siliwangi ini menjadi salah satu hutan kota dunia di tahun 2013 atau tepatnya pada tanggal 18 oktober,

babakan siliwangi kembali ke tangan pemerintah bandung dan membebaskan masyarakat untuk mengunjungi area ini.

Lokasi Babakan Siliwangi Bandung

by Hildaa Pratiwi

Untuk menuju lokasi ini sangat mudah dicari karna taman ini sangat sangat terkenal dan populer untuk mengunjungi wisata ini. Kalian bisa menggunakan transportasi umum atau pribadi saat mengunjungi wisata ini. Dijamin anda akan betah berlama-lama di wisata ini.

Destinasi Forest Walk Babakan Siliwangi Bandung
Alamat Jl. Tamansari No.73, Lb. Siliwangi, 
Kota/Kecamatan Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40132
No. Telepon (022) 2501394
Jam Buka  Senin-Jumat / 24 Jam
Wahana Taman




Bagi kalian yang ingin melepas penat dari hiruk pikuk perkotaan langsung saja mengunjungi wisata ini dijamin penat anda akan langsung hilang karna obatnya adalah pemandangan hamparan pepohonan yang rindang.

Sangat disayangkan jika anda berada di Kota Bandung ini tetapi tidak mengunjungi wisata yang terkenal dan populer ini ditambah dengan beberapa wahana permainan da fasilitas yang ada disini menambah kesan wahh pada wisata ini, sekaligus pemandangan di sekitar ini juga sangat indah dan menawan.

Harga Tiket Masuk Babakan Siliwangi Bandung

Untuk harga tiket masuk ke Babakan Siliwangi ini tidak dipungut biaya atau gratis. anda cukup membayar parkir kendaraan dengan tarif Rp. 3000 Untuk sepeda motor dan Rp. 5000 Untuk Mobil,

by Hildaa Pratiwi

Dengan harga yang gratis anda sudah dimanjakan dengan pemandangan yang indah pepohonan yang menjual tinggi dan rindang yang membuat hawa hawanya menjadi tenang dan sejuk. Selain itu kalian juga bisa melakukan foto prewedding di hutan taman anggrek ini




dan tentunya membayar sewa dahulu yaa, tapi pastinya kalian akan terkejut dengan hasilnya yang sangat cantik indah dan mempesona.

Fasilitas Babakan Siliwangi Bandung

Forest Walk Babakan Siliwangi Bandung
Forest Walk Babakan Siliwangi Bandung

Selain lokasi, harga tiket masuk dan keindahan kebun begonia  di atas disini ada juga beberapa fasilitas yang sangat memadai

Untuk fasilitasnya juga memadai ada :

  • Tempat parkir
  • Toilet
  • Tempat ibadah
  • Tempat makanan atau resto
  • Tempat oleh-oleh
  • Gazebo
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya

Sangat nikmat  bukan selain menikmati keindahan hutan taman angger ini anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas disini atau bisa juga mengabadikan foto di beberapa aneka spot foto.

Jadi sangat disayangkan jika anda sudah berada di Kota ini tetapi tidak mengunjungi wisata yang memiliki pemandangan yang sangat menakjubkan.