Daftar Tempat Wisata Yang Harus Anda Kunjungi Saat Di Solo

0
113
Tempat Wisata Di Solo
Tempat Wisata Di Solo

Tempat Wisata Di Solo By Sanjaya Tour

apakah anda berencana untuk mengunjungi kota solo / surakarta? pastikan jangan sampai anda melewatkan beberapa destinasi wisata menarik yang harus anda kunjungi, karena di sini solo terdapat banyak sekali objek wisata menarik hits dan kekinian yang menjadi incaran para wisatawan traveler maupun backpacker

jangan jampai anda melewatkan begitu saja saat di solo tanpa membawa pengalaman atau mengabadikan dalam bentuk dokumen seperti fot maupun video,

Daftar Tempat Wisata Paling Menarik Di Solo

berikut kami telah merangkum tempat wisata di solo paling hits yang bisa anda lihat sendiri keindahannya diantaranya adalah sebagai berikut

1. Keraton Surakarta Hadiningrat

  • AlamatBaluwarti, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57144
  • Harga Tiket Masuk : Rp. 10. 000 –
  • Jam Oprasional : 09.00 – 15.00

istana resmi Kasunanan Surakarta yang terletak di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Keraton ini didirikan oleh Susuhunan Pakubuwana II pada tahun 1744 sebagai pengganti Istana/Keraton Kartasura yang porak-poranda akibat Geger Pecinan 1743.

Walaupun Kasunanan Surakarta tersebut secara resmi telah menjadi bagian Republik Indonesia sejak tahun 1945, kompleks bangunan keraton ini masih berfungsi sebagai tempat tinggal Sri Sunan dan rumah tangga istananya yang masih menjalankan tradisi kerajaan hingga saat ini.

Keraton ini kini juga merupakan salah satu objek wisata utama di Kota Surakarta. Sebagian kompleks keraton merupakan museum yang menyimpan berbagai koleksi milik kasunanan, termasuk berbagai pemberian dari raja-raja Eropa, replika pusaka keraton, dan gamelan. Dari segi bangunannya, keraton ini merupakan contoh arsitektur istana Jawa tradisional yang terbaik.

2. Pura Mangkunegaran

  • AlamatJl. Ronggowarsito No.83, Keprabon, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57131
  • Harga Tiket Masuk : Rp. 10.000 –
  • Jam Oprasional : 08.30 – 14.00

Tempat wisata di solo yang sangat cocok untuk keluarga. Pada dasarnya merupakan istana kerajaan yang sebagian areanya dijadikan museum, dan sebagian lagi tetap dijadikan tempat tinggal pribadi untuk keluarga kerajaan.

Biaya masuk sebesar 20 ribu rupiah per orang untuk turis asing, namun hanya 10 ribu rupiah per orang untuk turis domestik. Setelah mengisi buku tamu, akan langsung didampingi oleh tour guide untuk menelusuri sejarah istana Mangkunegaran sejak masa Mangkubuwono I hingga Mangkubuwono IX yang saat ini masih berkuasa.

3. Benteng Vastenburg

  • AlamatKedung Lumbu, Pasarkliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57133
  • Harga Tiket Masuk : Rp. 5000 –
  • Jam Oprasional : 08.00 – 17.00

Benteng tengah kota yg juga seringkali jadi jujugan wisatawan maupun tempat dihelatnya aneka macam pertunjukan. Benteng yg dibangun oleh Belanda ini dulunya difungsikan sbg basis militer Belanda di kota Solo. Kini, benteng yg sempat dipenuhi oleh semak belukar ini telah menjadi ikon pariwisata kota Solo.

Harga tiket masuk hanya 5K. Disini pengunjung bisa puas memandangi rupa daripada benteng yg berbentuk persegi lima ini. Fasilitas yg disedikan cukup lengkap, ada musala, toilet dan lahan parkir yg luas. Akses menuju ke Benteng Vastenburg bisa dikatakan sangat mudah, karena letaknya yg di pusat kota. Cocok buat wisata keluarga & wisata heritage.

4. Museum Batik Danar Hadi

  • AlamatJl. Slamet Riyadi No.261, Sriwedari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57141
  • Harga Tiket Masuk : Rp. 5000 –
  • Jam Oprasional : 09.00 – 16.30

Terletak di ujung jalan utama Solo, Slamet Riyadi, House of Danar Hadi menjadi lokasi yang sangat strategis dan authentic. Anda nisa melihat koleksi batik yg sudah tua dan bernilai puluhan juta rupiah di sini.

Berbagai motif pun juga tersedia dengan berbagai artinya. Anda juga bisa melihat proses pembuatan batik tulis disini yg dilakukan oleh pengrajin batik secara manual. Jika berminat membeli batik, di sini juga tersedia batik yg cukup terjangkau dengan kualitas yg sangat baik. Di sekitar tempat ini juga tersedia berbagai hotel yg bisa dipilih untuk menginap dan menikmati kota solo yang sangat exotic

5. Taman Satwa Taru Jurug Surakarta (Jurug Solo Zoo)

  • AlamatJl. Ir. Sutami No.109, Jebres, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57126
  • Harga Tiket Masuk : Rp. 15.000 –
  • Jam Oprasional : 07.30 – 17.00

Untuk masuk ke Kebun Binatang Jurug Solo Zoo, Anda akan dikenai tiket seharga Rp 15.000 pada hari Senin-Jumat (weekday), sedangkan setiap weekend (Sabtu-Minggu) atau Hari Libur Nasional dan event khusus, harga tiketnya dibanderol sedikit lebih mahal, yakni Rp 20.000 per orang.

Untuk pengunjung dengan tinggi di atas 80 cm dikenakan tiket dengan biaya penuh.Pengunjung Jurug Solo Zoo bisa memberikan makanan kepada sejumlah hewan yang diperbolehkan, yaitu domba batur, kambing ceko, kelinci, rusa kuku belah (rusa timur, rusa sambar, rusa tutul black bug, nilgae, sitatunga dan lainnya)

6. Museum Radya Pustaka

  • AlamatJl. Slamet Riyadi No.275, Sriwedari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57141
  • Harga Tiket Masuk : Gratis
  • Jam Oprasional : 09.00 – 16.00

Museum Radya Pustaka merupakan museum tertua di Indonesia yang dibangun pada tahun 1890 oleh Kanjeng Raden Adipati Sasradiningrat IV yang bertujuan sebagai Gedung Arsip bagi dokumen yang dikeluarkan maupun diterima oleh Keraton Kasunanan Surakarta. Selain untuk menyimpan arsip, gedung museum Radya Pustaka ini pada zaman dahulu digunakan sebagai kantor Kepatihan.

Pada saat ini, museum Radya Pustaka menyimpan berbagai koleksi benda purbakala seperti arca, dokumen, watu lumpang, dan lain sebagainya salah satu koleksi yang paling menarik adalah arca Dewa Siwa yang menaiki Nandini tetapi Nandini tersebut berbentuk manusia dan arca tersebut hanya ada dua di dunia salah satunya di Museum Radya Pustaka dan di Kamboja.

7. Pasar Malam Ngarsopuro

  • AlamatJl. Diponegoro, Keprabon, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57131
  • Harga Tiket Masuk : Rp.
  • Jam Oprasional : 18.00 – Tutup

Pasar yg buka nya hanya malam ini, menjual beraneka ragam jajanan khas solo dan cemilan kekinian para milenial. Bukan jajanan saja, karena dsana jg menjual makanan berat seperti nasi liwet dll. Untuk para traveler tdk perlu takut kantong kalian jebol karena kebanyakan bungkus haha harga sangat amat bersahabat

8. Masjid Agung Kraton Surakarta

  • AlamatGreat Mosque Street No.1, Kauman, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57122
  • Harga Tiket Masuk :
  • Jam Oprasional :

Masjid agung kota surakarta adalah salah satu masjid tua yang ada di solo, merupakan salah satu cagar budaya yang menjadi salah satu pusat perkembangan islam di surakarta Masjid dengan kesan tradisional nan mewah, berlantaikan marmer, dengan tiang bangunan yang terbuat dari kayu jati dan sering disebut coko rowo

masjid ini berlokasi di sebelah utara pasar klewer yang merupakan pasar tekstil terbesar di indonesia, dan masih merupakan bagian dari keraton kasunanan surakarta. Masjid ini selalu ramai di kunjungi masyarakat sekitar dan pengunjung yang juga pedagang dari pasar klewer tersebut

9. Pandawa Water World

  • AlamatKomplek Pandawa Jl. Cemara Raya Gedangan, Dusun 2, Kec. Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57552
  • Harga Tiket Masuk : Rp. 80.000 –
  • Jam Oprasional : 08.00 – 18.00

Satu tempat wisata keluarga alternatif di kota budaya ini. Waterpark yang dirancang dengan bertemakan cerita mahabarata. Beragam wahana dan permainan baik untuk orang dewasa maupun anak-anak bisa dicoba di waterboom solo ini. Seperti kebanyakan waterpark lainnya wahana seperti : wave pool, action river, fantastic slides, dll bisa dijumpai.

10. Museum Keris Solo

  • AlamatJl. Bhayangkara No.2, Sriwedari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57141
  • Harga Tiket Masuk : Rp. 5000 –
  • Jam Oprasional : 09.00 – 15.00

Museum Keris Nusantara merupakan sebuah museum yang dibangun oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman sejak 2013 lalu diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, Rabu, 9 Agustus 2017




Bagi pencinta keris museum ini sangat menarik karena berisi semua hal tentang keris , sementara bagi pengunjung umum yang bukan pecinta keris , museum ini bisa menambah pengetahuan tentang keris.di sini pengunjung diajak mengenal keris mulai dari pembuatannya , bahan-bahan , ritual sebelum membuat keris dan bermacam-macam keris yang ada di Indonesia, juga terdapat film dokumenter tentang pembuatan keris.

11. Gedung Wayang Orang Sriwedari

  • AlamatJl. Kebangkitan Nasional No.15, Sriwedari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57141
  • Harga Tiket Masuk : Rp. 5000 –
  • Jam Oprasional : 19.00 – 23.00

Salah satu tempat wisata di solo sebgai Pentas Budaya Tradisional yang masih eksis di Solo dan layak untuk di pertahankan. Di tahun 2019 sudah berusia 109 tahun. Dengan harga tiket yang cukup murah, cocok untuk yang menyukai hiburan budaya tradisional di malam hari. Dengan durasi pentas sekitar 2,5 jam. Dan judul pentas yang tiap hari selalu berganti. Mulai Pentas pukul 20.00 WIB, untuk hari Minggu Libur

12. Gua Maria Mojosongo

  • AlamatKampung, Jl. Debegan, RT.4/RW.5, Mojosongo, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57127
  • Harga Tiket Masuk :  –
  • Jam Oprasional : 24 Jam

Tempat untuk berdoa yang nyaman dan tenang didekat kota solo. Fasilitas disini sangat lengkap tidak ada yang rusak, semua baik untuk digunakan. Terdapat air siap minum dengan banyak kran. Selain itu terdapat goa maria, ruang adorasi abadi serta jalan salib. Tempat ini cocok untuk orang – orang solo yang perlu berdoa tapi males jauh – jauh, tinggal kesini aja.

13. The Heritage Palace

  • Alamatjalan Permata Raya Dukuh Tegal Mulyo rt.002/rw.008, Honggobayan, Pabelan, Kec. Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57169
  • Harga Tiket Masuk : Rp. 20.000 –
  • Jam Oprasional : 08.00 – 18.00

Kawasan wisata The Heritage Palace ini merupakan destinasi tempat wisata di solo yang relatif masih baru, karena baru saja dibuka pada tanggal 9 Juni 2018. Hingga saat ini The Heritage Palace mampu menarik banyak pengunjung, karena suasananya yang kental dengan nuansa Eropa klasik tempo doeloe. Salah satu bangunan yang sangat menarik perhatian adalah bangunan gaya romawi yang mewah nan megah

Tempat wisata klasik pada masa era Belanda bisa ditemukan di sini. Dari mobil kuno, motor kuno, kereta kuno, taxi kuno, dan kuno-kunobyang lain. Tempat wisata kekunoan yang ada di zaman kekinian. Ada dunia terbalik dan dunia 3D juga. Bisa puas foto2 mau selfie sepuasnya ataupun groovie bareng temen, pacar, ortu atau calon ortu. Ramah anak, karena ada area bermain juga. Awalnya pabrik gula colomadu yang di rombak jafi tempat wisata dan wahana bermain anak