Wow, Ini Dia Grojogan Sewu Air Terjun Paling Indah Di Jawa Tengah

0
679
Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu Karanganyar
Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu Karanganyar

Grojogan Sewu Tawangmangu Karanganyar Solo

Selain terkenal akan batik dan sejarahnya di Kota Solo ini juga terkenal akan alamnya yang indah dan menakjubkan. Salah satu tempat wisata yang terkenal dan populer yaitu Grojogan Sewu Tawangmangu.

Grojogan Sewu Tawangmangu menghadirkan pesona yang tiada duanya. Air terjun ini tidak kalah indah dengan air terjun yang lain. Bahkan, Air terjun ini bisa dijadikan sebagai tempat melepas penat yang mampu menyegarkan hati dan juga pikiran dengan dinginnya air yang dihasilkan

by Muhtarul Aziz

Wisata ini merupakan wisata rekreasi yang sangat cocok dikalangan usia kalian juga bisa mengajak keluarga, sahabat, atau kerabat dekat anda untuk mengunjungi wisata grojogan sewu tawangmangu ini.

Kalian juga bisa melakukan berbagai aktivitas disini seperti bermain air, jalan-jalan atau duduk santai sembari menikmati pemandangan sekitar yang ada di grojogan ini.Karna selain air terjun pemandangan sekitar air terjun ini terdapat pohon pohon yang rindang yang menambah kesan wahh pada air terjuntersebut.

Pesona alamnya yang indah membuat para wisatawan banyak yang berdatangan untuk mengunjungi wisata ini. Tidak heran wisata ini sangat terkenal dan populer .Sangat disayangkan jika anda mengunjungi Kota Solo ini tetapi tidak mengunjungi wisata ini.

Dibawah ini saya akan membahas tentang wisata yang sangat terkenal dan populer ini, lokasinya, harga tiket masuk, disini juga terdapat mitos mitosnya lhoo, dan fasilitas fasilitas yang disini. Simak terus dibawah ini yaaa

Grojogan Sewu Tawangmangu Karanganyar Solo

Grojogan Sewu Tawangmangu ini mempunyai ketinggian sekitar 81 meter ini memiliki panorama yang tidak akan tertandingi oleh mana pun. Tempat ini sangat pas bagi kalian yang ingin melepas penat sembari menikmati ketinggian air terjun.

Grojogan dalam bahasa Jawa berarti air terjun dan sèwu berarti seribu. Sehingga Grojogan Sèwu berarti air terjun seribu. Meski air terjun di sini tidak berjumlah seribu, tetapi ada beberapa titik air terjun yang dapat dinikmati di sini.

Kata sewu atau seribu disini berasal dari seribu pecak, atau satuan jarak yang digunakan saat itu yang merupakan tinggi air terjun. Satu pecak sama dengan satu telapak kaki orang dewasa.

Keunikan

Air terjun Grojogan Sewu Karanganyar ini memiliki keunikan tersendiri lhoo yaitu air terjun ini memiliki dua pintu masuk yang bisa dipilih. Pintu masuk pertama berada di dekat Taman Balekambang.

Kemudian, Pintu masuk yang kedua berada di dekat River Hill. Kedua pintu ini memiliki keindahan dan keunikan masing-masing yang mungkin, bisa jadi aternatif plihan kalian semua.

Pintu masuk pertama adalah pintu masuk yang paling dikenal oleh seluruh masyarakat. Tempatnya yang dekat dengan Terminal Tawangmangu, membuat semua wisatawan akan lebih memilih tempat ini. Lagi pula, di pintu masuk ini begitu ramai karena banyaknya kuda-kuda yang berjajar, sehingga menghadirkan sebuah pemandangan yang berbeda.

by Abdul Zain

Pintu masuk ini menjadi yang paling direkomendasikan. Bukan berupa jalur atau track yang menantang. Melainkan, jalur yang cukup mudah tetapi tergantung fisik kalian

Jalur yang harus dilalui adalah anak tangga yang sudah sangat baik dan nyaman Lalu, apa yang harus ditakutkan dari jalur ini,  karena jalur ini memiliki jumlah anak tangga yang cukup fantastis.

Kurang lebih ada 1000 anak tangga, ada juga yang bilang kalau jumlahnya ada 1250 anak tangga. Sangat banyak bukan, jadi jika anda ingin menggunakan pintu pertama ini anda harus memiliki fisik yang kuat dan sehat.

by Abdul Zain

Saat jalan menurun, tidak terasa cape. Tetapi, coba saat pulang dan jalur tangga menjadi naik. Disinilah yang tadi disebut dengan membutuhkan tenaga ekstra. Tapi dengan kalian yang sudah bersusah payah menaiki tangga tersebut, kelelahan kalian akan terbayarkan dengan keindahan dari air terjun tersebut.




Pintu masuk yang kedua cukup bersahabat. Karena jalurnya yang cukup landai.Memang menanjak dan disertai bebatuan. Tetapi, lebih bersahabat apalagi untuk para lansia yang masih bersemangat untuk menikmati keindahan air terjun ini.

by Abdul Zain

Di pintu masuk yang ini, kalian akan disambut dengan sebuah taman mini dimana terdapat patung ular dan juga katak seperti sedang bertengkar.Kedua patung ini dialiri air sehingga membentuk sebuah taman yang menarik untuk dinikmati.

Mitos

Grojogan Sewu Tawangmangu ini juga memiliki cerita cerita mitos didalamnya, yaitu tentang sebuah jembatan yang ada di sini. Konon katanya setiap pasangan yang melewati jembatan ini akan segera putus.

Jembatan yang dinamai dengan sebutan Kretek Pegat ini, disinyalir akibat pengalaman pengalaman yang terjadi pada beberapa pasangan yang mungkin tengah kurang harmonis. Katanya apabila melalu jembatan ini dapat berakibat putusnya hubungan.

Di jembatan inilah konon terdapat sebuah misteri mengenai sering terjadinya penampakan seorang kakek, yang dipercaya merupakan lelembut  dari golongan andhahan dari penguasa Grojogan Sewu yang dikenal dengan nama Kyai Baladewa.

Pesona Keindahan Grojogan Sewu Tawangmangu Karanganyar Solo

by Abdul Zain

Grojogan Sewu ini  memiliki keindahan luar biasa. Anda bisa duduk santai sembari menikmati air yang terjun yang turun dari ketinggian, kemudian, membasuh tangan, kaki dan muka dengan air yang begitu menyegarkan. Sungguh, seperti berada di surga dunia.




Di Grojogan Sewu ini memiliki  larangan untuk tidak dekat-dekat dengan Air Terjun, karena derasnya air yang turun dan disertai dengan angin yang berhembus dengan sangat kencang.

Akan sangat berbahaya jika kalian ingin dekat dekat dengan air terjun tersebut. Diantara bebatuan ini ada sebuah cekungan yang cukup dalam dan cukup panjang bisa dilakukan untuk berenang.

Lokasi Grojogan Sewu Tawangmangu Karanganyar Solo

Kalian bisa mencapai tempat ini dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil, motor atau kendaraan umum bis, angkot atau yang lain dijamin tidak akan nyasar karna wisata ini sudah tidak asing dan sangat terkenal di kalangan mancanegara.

Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu Karanganyar
Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu Karanganyar
Destinasi Air Terjun Grojogan Sewu
Alamat: Jl. Raya Tawangmangu, Beji, 
Kota/Kecamatan Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57792
No. Telepon
Jam Buka Senin – Minggu / 08.00-17.00
Wahana Air Terjun / Grojogan / Curug / Water Fall
  • Air terjun Grojogan Sewu ini terletak di lereng Gunung Lawu. Grojogan Sewu terletak sekitar 27 km di sebelah timur Kota Karanganyar. Air terjun Grojogan Sewu merupakan bagian dari Hutan Wisata Grojogan Sewu.

Harga Tiket Masuk

by signal entertainment

Bagi kalian yang ingin berkunjung ke tempat wisata ini. Untuk harga tiketnya 20 ribu per orangnya. Tapi harga tiket ini akan berubah sewaktu-waktu yaa. Dengan harga tersebut anda sudah dimanjakan dengan panoramanya yang tersaji.




Tiket Masuk Dewasa Rp. 20.000,-
Tiket Masuk Wisaman Rp. 110.000,-
Parkir Mobil Rp. 5000,-
Parkir Motor Rp. 3000,-
Helem Rp. 1000,-

Sangat sangat terjangkau bukan, begitupun dengan kelelahan anda mengunjungi wisata ini akan terbalaskan dengan keindahan dari air terjun ini yang sangat mempesona.

Fasilitas

Selain lokasinya, mitosnya, harga tiketnya di wisata ini juga terdapat berbagai fasilitas yang unik dan menarik. Dan yang harus kalian kunjungi satu persatu. Dengan begitu anda tidak akan bosan dengan wisata ini malahan anda akan betah berlama-lama disini. Di wisata ini juga banyak ditumbuhi berbagai jenis pohon hutan dan dihuni oleh sekelompok kera jinak. Beberapa fasilitas dari hutan wisata ini adalah

  • Taman Binatang Hutan
  • kolam renang
  • tempat istirahat
  • kios makanan
  • kios buah-buahan
  • cenderamata
  • mushola
  • Toilet
  • Tempat Parkir

Selain di atas anda juga dapat menikmati beragam fasilitas lainnya yang juga tersedia di kawasan wisata ini, seperti flying fox, kemudian ada mini waterboom dengan kolam renangnya, dan juga ada mini rafting dan area untuk bermain bagi anak-anak.

Tempat ini juga memiliki fasilitas outbond yang cocok bagi sekolah-sekolah maupun instansi yang akan melaksanakannya di tempat ini. Wisata ini sangat pas untuk anak-anak. Dijamin anak anda akan merasa bahagia dengan semua permainan yang ada disini.