Daftar Destinasi Wisata Pilihan Terbaik Di Situbondo

0
925
Tempat Wisata Di Situbondo
Tempat Wisata Di Situbondo

Tempat Wisata Di Situbondo By Sanjaya Tour

Kabupaten ini berada di dekat banyuwangi dan juga memiliki sejuta pesona dan panaroma alam yang menakjubkan dan masih banyak yang tersembunyi, sehingga masih banyak orang yang belum mengetahui akan keindahan dan tempat keren yang tersimpan di Situbondo.

sebagai contoh anda Gak perlu jauh2 keluar negeri seperti afrika utk nikmatin pemandangan ini alam liar di sana, di Indonesia juga ada Padang Savana, dengan nama Taman Nasional Baluran Situbondo. Selain pemandangan yang indah dengan padang rumput terbuka, kamu juga akan disuguhkan dengan satwa liar yang berkeliaran.

masih banyak destinasi tempat wisata menarik lainnya di kabupaten situbondo yang harus anda lihata sendiri keindahannya

Daftar Tempat Wisata Di Situbondo Paling Hits

Tempat Wisata Di Situbondo
Tempat Wisata Di Situbondo

guna mempermudah anda untuk mengunjungi tempat wisata di situbondo tidak perlu bingung lagi dalam menentukan objek wisata terbaik karena disini terdapat destinasi wisata yang menawarkan cukup banyak objek wisata pilihan untuk Anda dikunjungi. untuk itu kami telah merangkum top 10 destinasi tempat wisata di situbondo paling menarik dan populer di kalangan wisatawan simak ulasan berikut ini

1. Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran
Taman Nasional Baluran
  • AlamatArea Hutan/Kebun, Sumberwaru, Kec. Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur
  • Harga Tiket Masuk : Rp. 15.000,-
  • Jam Oprasional : 07.30 – 16.00

Taman Nasional Baluran mempunyai beberapa jenis hutan, satwa, dan tumbuhan. Ekosistem hutannya terdiri dari tipe vegetasi savana, hutan mangrove, hutan musim, hutan pantai, hutan pegunungan bawah, hutan rawa dan hutan yang selalu hijau sepanjang tahun.

Sekitar 40% diantaranya merupakan vegetasi savana. Tumbuhan di Taman Nasional Baluran ini ada 444 jenis yang masuk dalam 100 famili. Keseluruhan tumbuhan yang ada termasuk kedalam 24 jenis tumbuhan langka, 265 tumbuhan herbal, dan 37 jenis mangrove yang tumbuh secara alami.

Selain tumbuhan, terdapat 26 jenis mamalia juga disini, diantaranya banteng, kerbau, kijang, rusa, macan tutul, dan kucing bakau. Selain itu taman nasional ini juga merupakan rumah dari sebanyak 155 jenis burung, wow.

2. Savana Bekol

Savana Bekol
Savana Bekol
  • AlamatArea Hutan/Kebun, Sumberwaru, Kec. Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur 68374
  • Harga Tiket Masuk : Rp. 15.000,-
  • Jam Oprasional : 07.30 – 17.00

Savana Bekol, savana yang sering disebut-sebut sebagai Little Africa in Java atau dalam bahasa Indonesianya Afrika Kecil di Jawa. Bagaimana tidak disebut demikian, hamparan rumput alami , pohon-pohon yang terpisah jauh, pemandangan Gunung Baluran dari kejauhan serta hewan-hewan liar seperti Kerbau, Banteng, Rusa, Kera, Lutung, Merak, Ular dan beberapa jenis burung terlihat di Savana ini membuat kita yang melihatnya seperti berada di Afrika.

Savana Bekol ini merupakan tempat wisata di situbondo bagian dari area Taman Nasional Baluran yang terletak di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Situbondo. Untuk menuju kesana cukup mudah, Lebih baik untuk membawa kendaraan pribadi atau sewa karena dari gerbang masuk utama Taman Nasional Baluran ke Savana Bekol sekitar 12 km atau 1 jam perjalanan.

3. Plaza Rengganis

Plaza Rengganis
Plaza Rengganis
  • AlamatJl. Puncak, Jl. Argopuro, Area Hutan, Baderan, Sumbermalang, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur 68355
  • Harga Tiket Masuk : Rp. 5000,-
  • Jam Oprasional : 08.00 – 17.00

Destinansi tempat wisata pegunungan yang ada di Kab Situbondo yang letaknya ada di Desa Baderan Kec. Sumbermalang, viewnya yang indah dan udaranya yang begitu sejuk dengan menyuguhkan pemandangan alam yang asri dan juga sekarang akses jalannya sudah seperti jalan raya dengan kualitas aspal yang baik

Jalur menuju lokasi yang sedikit ekstrim dan menantang, semakin menambah sensasi bagi penyuka tantangan adrenalin, view yg mantab berupa lereng dan tebing menambah sensasi tersendiri, rekomend untuk yg suka berpetualang di alam terbuka pegunungan

4. Pantai Pathek Situbondo

Pantai Pathek Situbondo
Pantai Pathek Situbondo
  • AlamatJalan Pantai Pathek, Gelung Selatan, Gelung, Kec. Situbondo, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur 68351
  • Harga Tiket Masuk : Rp. 5000,-
  • Jam Oprasional : 24 Jam

Rekomendasi objek destinasi wisata untuk akhir pekan lokasi tempat wisata di situbondo ini dapat di tempuh sekitar 15-20 menit dari kota. Dapat dilalui sepeda motor dan mobil. Pantai berpasir hitam. Disekitar pantai banyak warung.

Sangat cocok untuk menikmati sunset karena pemandangannya tak kalah indah dengan pantai lain jika tak mendung. Tersedia penyewaan perahu harga cukup terjangkau. Tidak disarankan untuk mandi atau berenang karena tidak ada penjaga pantai, untuk menghindari hal yg tdk diinginkan

5. Wisata Tebing KAYUMAS

Wisata Tebing KAYUMAS
Wisata Tebing KAYUMAS
  • AlamatTanah Merah, Kayumas, Kec. Arjasa, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur 68371
  • Harga Tiket Masuk : Rp. 5000,-
  • Jam Oprasional : 08.00 – 17.00

Wisata tebing kayumas atau yang biasa disebut bukit tanah merah sangat recomended untuk dikunjungi. destinasi tempat wisata di situbondo ini sangat nyaman sebagai rest area bila ingin menuju kayumas.

Pemandangan yang indah, suara semilir angin dan air mengalir sangat menenangkan. Ada pula gazebo untuk beristirahat dan juga warung untuk menikmati secangkir kopi

6. Wisata Kampung Blekok

Wisata Kampung Blekok
Wisata Kampung Blekok
  • AlamatKemantren, Kec. Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur 62264
  • Harga Tiket Masuk : Rp. 5000,-
  • Jam Oprasional : 08.00 – 17.00

tempat wisata di kabupaten situbondo berupa kawasan hutan mangrove yang belakangan mulai ditata sedemikian rupa untuk dijadikan alternatif tujuan wisata di Situbondo. Pengunjung bisa mengelilingi hampir separuh kawasan hutan mangrove melewati dermaga kayu yang ada, dengan berbagai spot foto yang sangat menarik.




Di dalam kawasan sudah tersedia beberapa warung yang menyediakan makanan dan minuman dengan view mengarah ke sungai dan hutan mangrove. Pengunjung juga dapat menyaksikan berbagai jenis bangau dan burung air.

Di pintu masuk, sudah ada beberapa gazebo, ada taman kecil untuk foto-foto, ada juga toilet dan musholla. Masyarakat sekitar kebanyakan bekerja sebagai pengrajin kayu dan kulit kerang, jadi pengunjung bisa membeli berbagai souvenir di rumah-rumah warga.

7. Wisata Kampung Kerapu

Wisata Kampung Kerapu
Wisata Kampung Kerapu
  • AlamatGundit, Klatakan, Kec. Kendit, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur 68352
  • Harga Tiket Masuk : Rp. 5000,-
  • Jam Oprasional : 08.00 – 17.00

Tempat wisata di situbondo yang berkonsep modern minimalis berada di tepi laut, menyajikan juga permainan air seperti speed boat, banana boat, kayak, dan lain-lain, tempat makan dan tempat selfie yang bagus.

Berada di timur garis pantai pasir putih,merupakan tempat peternakan ikan kerapu dengan keramba-keramba di tepi laut. Memiliki dermaga dengan permainan air mancur pada malam hari (tergantung debit air laut).




Tiket masuk sebesar 5.000 ,tiket parkir kendaraan roda 4 sebesar 5.000. Tersedia tollilet,musholla dan warung mamiri,berada di area sebelah selatan. Sedangkan tempat wisata berada di sebelah utara,dengan menyeberang jalan Pantura.

8. Bukit Pecaron

Bukit Pecaron
Bukit Pecaron
  • AlamatJl. Raya Pasir Putih, Kembangsambi, Pasir Putih, Kec. Bungatan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur 68358
  • Harga Tiket Masuk : Rp. 5000,-
  • Jam Oprasional : 08.00 – 17.00

Lokasi tempat wisata di situbondo ini diyakini masyarakat sekitar sebagai tempat singgah atau petilasan syaikh Maulana Ishaq.

Tidak jauh dari lokasi ini sebenarnya ada setidaknya tiga lokasi lagi uang diyakini sebagai petilasan Maulana Ishaq.

Pecaron terletal di sebelah utara jalan pantura, kurang lebih 1 km dari pantai pasir putih situbondo. Dari lokasi parkir masih harus jalan kaki menaiki bukit untuk sampai di lokasi.

9. Air Terjun Telempong

Air Terjun Telempong
Air Terjun Telempong
  • AlamatKemantren, Kec. Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur 62264
  • Harga Tiket Masuk : Rp. 5000,-
  • Jam Oprasional : 08.00 – 17.00

lokasi air aterjun ini berada di daerah Besuki , tepatnya didesa yang bernama Talempong , sehingga dinamakan lah Air terjun Talempong. Untuk Tempatnya masih sepi dan harus melewati hutan yang membuat kita capek.




10. Grand Pathek

Grand Pathek
Grand Pathek
  • AlamatGelung Selatan, Gelung, Kec. Panarukan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur 68351
  • Harga Tiket Masuk : Rp. 3000,-
  • Jam Oprasional : 08.00 – 17.00

Tempat wisata bahari alternatif yang menyajikan berbagai wahana wisata laut, mulai dari pemandangan pantai yang cukup bersahabat, matahari terbenam (sunset) yang cukup indah, snorkling, perahu, kolam renang, selfie booth hingga penangkaran ikan hiu dan berbagai biota laut.

Sebagai tempat yang tergolong baru, tempat ini cukup bersahabat dan tiket terjangkau. Ditambah wisata kuliner dengan aneka makanan dan minuman khas. Cocok untuk siapa saja yang hendak menikmati wisata bahari bersama keluarga dengan dana yang terjangkau.