Daftar Alamat Tempat Wisata Populer Di Mojokerto

0
681
Tempat Wisata Di Mojokerto
Tempat Wisata Di Mojokerto

Tempat Wisata Di Mojokerto By Sanjaya Tour

Berdasarkan dari hasil peninggalan dan literatur Mojokerto pernah menjadi pusat kerajaan paling besar dan berpengaruh pada zamannya, yaitu Kerajaan Majapahit. Bahkan, kekuasaan kerajaan ini mencakup sebagian dari asia tenggara. Menariknya, saat ini Mojokerto masuk sebagai kawasan kota metropolitan di Jawa Timur, yang biasa dikenal dengan Gerbangkertosusila.

Mojokerto memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Meski keberadaannya tidak sepopuler Surabaya dan Malang, Mojokerto menyimpan berbagai pesona wisata yang layak Anda kunjungi, khususnya saat musim liburan tiba. banyak destinasi wisata di mojokerto yang bisa anda kunjungi apabila anda bingung kami telah merinci destinasi wisata terbaik di mojokerto seperti di bawah ini

Daftar Tempat Wisata Paling Hits Di Mojokerto

Tempat Wisata Di Mojokerto
Tempat Wisata Di Mojokerto

bagi anda yang berencana untuk mengunjungi tempat wisata di mojokerto tidak perlu bingung lagi dalam menentukan objek wisata terbaik karena disini terdapat destinasi wisata yang menawarkan cukup banyak objek wisata pilihan untuk Anda dikunjungi. untuk itu kami telah merangkum top 10 destinasi tempat wisata di mojokerto paling menarik dan populer di kalangan wisatawan simak ulasan berikut ini

1. Museum Trowulan Mojokerto

Museum Trowulan Mojokerto
Museum Trowulan Mojokerto
  • Alamat: Jl. Pendopo Agung, Ngelinguk, Trowulan, Kec. Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur 61362
  • Harga Tiket Masuk : Rp. –
  • Jam Oprasional : 07.00 – 16.00

Jika anda ingin lebih mengenal lebih jauh sejarah majapahit anda bisa mengunjungi tempat wisata di mojokerto yang satu ini yaitu Museum Trowulan, karena selain museum, tempat ini juga merupakan pusat informasi Turis.

lokasinya tidak jauh dari pusat kota, terdapat parkiran yang cukup luas di dalam kawasan museum bis bisa masuk. Terdapat toko cinderamata, musholla (masih proses pembangunan), dan toilet.

Di dalam museum terbagi menjadi beberapa ruangan. Seperti ruangan artefak berbahan logam, tanah liat, keramik, prasasti, dan hubungan diplomasi kerajaan majapahit dengan luar negeri. Di bagian belakang museum terdapat kumpulan arca, bata kuno, dan barang peninggalan jaman kerajaan majapahit dan juga maket, perkiraan lay out kerajaan majapahit di masa lalu

2. Pendopo Agung Trowulan

  • Alamat: Ngelinguk, Trowulan, Kec. Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur 61362
  • Harga Tiket Masuk : Rp. 3.000,-
  • Jam Oprasional : 07.00 – 17.00

Menurut juru kuncinya, Pendopo Agung dipercaya sebagai tempat Patih Majapahit Gajah Mada menyatakan sumpahnya yang terkenal yaitu Sumpah Palapa. Di situs tersebut ditemukan umpak-umpak besar seperti sisa-sisa dari bangunan pendopo masa lalu.

Penemuan itu kemudian diinterpretasikan oleh para ahli dan dibuatlah bangunan pendopo berbentuk joglo Jawa. Di objek wisata ini pula ditemukan prasasti sumpah palapa. Prasastinya disimpan di museum dekat Pendopo Agung.

3. Candi Tikus

  • Alamat: Jalan Raya Trowulan, Jatirejo, Temon, Kec. Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur 61362
  • Harga Tiket Masuk : Rp. 3.000,-
  • Jam Oprasional : 06.30 – 16.30

Candi Tikus adalah tempat pemandian permaisuri dan para putri raja ini adalah keputren, sebuah candi yang dibangun tepat ditengah bangunan kolam pemandian terdapat pancuran air di setiap sisinya.

Dikelilingi taman yang indah dan pepohonan yang rindang. Hingga saat ini kondisi fisik candi masih terlihat utuh sedang kolam sudah terlihat mengering

3. Candi Wringin Lawang

  • Alamat: Jatipasar, Kec. Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur 61362
  • Harga Tiket Masuk : Rp. –
  • Jam Oprasional : 07.00 – 16.00

Gapura Wringin Lawang adalah sebuah situs candi peninggalan Majapahit yang berlokasi di desa Jatipasar, Kecamatan Trowulan, Jawa Timur. Dari perempatan Trowulan lurus ke timur kira-kira 2 km, sebelah timur jalan ada plakat coklat bertuliskan “Gapura Wringin Lawang”.

Gapura Wringin Lawang merupakan pintu gerbang atau Gapura Kerajaan Majapahit. Untuk masuk kesini, pengelola tidak mematok tarif. Hanya mengisi buku tamu saja.

4. Candi Jedong

  • Alamat: Jenong Kulon, Wotanmasjedong, Kec. Ngoro, Mojokerto, Jawa Timur 61385
  • Harga Tiket Masuk : Rp. 3000,-
  • Jam Oprasional : 07.00 – 18.00

Gapura Jedong (disebut pula Candi Jedong) adalah bangunan gapura dengan tipe paduraksa. Bangunan yang diperkirakan didirikan pada abad ke-14 M ini terletak di lerang utara Gunung Gajahmungkur, salah satu gunung pengapit Gunung Penanggungan, yang terletak di Desa Watonmas Jedong, Kecamatan Ngoro, Mojokerto, Jawa Timur.

Wujud bangunan relatif utuh, di bagian atas ambang pintu terdapat hiasan kala. Pada sisi kiri dan kanan bangunan terlihat bagian menyambung pada suatu bekas pagar atau benteng.

Gapura ini termasuk dalam kompleks kepurbakalaan Gunung Penanggungan. Lokasi candi juga menjadi titik awal pendakian ke Gunung Penanggungan melalui jalur Ngoro.

5. Air Terjun Coban Canggu

Air Terjun Coban Canggu
Air Terjun Coban Canggu
  • Alamat: Pacet, Kec. Pacet, Mojokerto, Jawa Timur 61374
  • Harga Tiket Masuk : Rp. 10.000,-
  • Jam Oprasional : 07.00 – 18.00

tempat wisata di mojokerto ini berupa Air Terjun Coban Canggu berada di Desa Padusan, Pacet Mojokerto, Jawa Timur. Untuk sampai ke Air terjun harus bayar tiket masuk Rp 10.000, dan parkir kendaraan dekat pintu masuk. Setelah itu baru menuruni tangga, dengan view ladang dan perkebunan milik warga bagus untuk foto.

Untuk mencapai air terjun ini, dibutuhkan fisik yang kuat karena akses untuk menuju lokasi terbilang melelahkan. Pengunjung harus melewati sejumlah anak tangga untuk menuju ke air terjun dengan ketinggian 100 meter itu.

Di coban Canggu, pengunjung diperbolehkan mandi ataupun bermain air di coban sambil melihat keriuhan monyet-monyet yang berayun di dahan pohon.

6. Bukit Watu Jengger

Bukit Watu Jengger
Bukit Watu Jengger
  • Alamat: Hutan, Jatirejo, Nawangan, Tawangrejo, Jatirejo, Mojokerto, Jawa Timur 61373
  • Harga Tiket Masuk : Rp. 10.000,-
  • Jam Oprasional : 07.00 – 16.00

Watu Jengger merupakan salah satu destinasi tempat wisata perbukitan yang terletak di Kabupaten Mojokerto. Dengan ketinggian 1100mdpl cocok banget buat para pendaki pemula Tracking jalurnya juga nyaman banget, tidak terlalu menanjak.

Dengan estimasi waktu 1 sampai 2 jam perjalanan bagi pemula sudah sampai di pos 2 / 3 buat mendirikan tenda.

7. Akar Seribu

Akar Seribu
Akar Seribu
  • Alamat: Jl. Desa Kalikater, Hutan, Begaganlimo, Gondang, Mojokerto, Jawa Timur 61372
  • Harga Tiket Masuk : Rp. ,-
  • Jam Oprasional : 07.00 – 18.00

Akar seribu adalah tempat wisata di mojokerto yang wajib di kunjungi ketika anda berada di mojokerto, khususnya di kecamatan gondang dan sekitarnya. Wisata akar seribu cocok untuk anda yang menyukai keindahan alam.

tempat wisata alam yang berlokasi di kabupaten mojokerto tetatnya di Desa Begaganlimo spot yang menantang dari parkiran kurang lebih 30 menit jalan kaki dengan jalan setapak ditengah hutan tetapi sampai ditujuan terbayarlah sudah dengan pemandangan alam yang menyejukkan mata kita bisa berfoto di pohon dengan akar yang besar, mandi disungai yang airnya jernih sekali

8. Pacet Mini Park

Pacet Mini Park
Pacet Mini Park
  • Alamat: Jalan Raya Mojosari Pacet Km. 55, Warugunung, Pacet, Dusun Patinam, Warugunung, Kec. Pacet, Mojokerto, Jawa Timur 61374
  • Harga Tiket Masuk : Rp. –
  • Jam Oprasional : 08.00 – 17.00

Tempat outbond yang bagus dan selalu ramai saat liburan, untuk menuju lokasi ini aksesnya cukup mudah bila menggunakan mobil, terdapat banyak fasilitas permainan, istana kelinci, lapangan basket, permainan anak-anak, kolam tangkap ikan, flying fox, motor ATV kolam renang dan arena lainnya.

Pemandu games profesional, ruang makan yang luas ada resto apungnya & mini souvenir shop disediakan juga air galon untuk isi ulang tumbler bagi peserta. Sangat direkomendasikan untuk acara outbond sekolah maupun perusahaan

9. Air Terjun Dlundung

Air Terjun Dlundung
Air Terjun Dlundung
  • Alamat: Jl. Raya Trawas, Hutan, Kec. Trawas, Mojokerto, Jawa Timur 61375
  • Harga Tiket Masuk : Rp. 10.000,-
  • Jam Oprasional : 07.00 – 16.00

Lokasi Air Terjun yang paling dekat dengan Kota Surabaya adalah Dlundung, berjarak sekitar 60 km dari kota Surabaya, letaknya di desa Ketapanrame, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto. Objek wisata ini berupa air terjun dengan ketinggian sekitar 14 m di lereng Gunung Welirang.

Luas kawasan tempat wisata Air Terjun di mojokerto ini sekitar 4,5 Ha di dalam area kawasan Hutan Lindung milik Perhutani KPH Pasuruan.

Tempat asri dingin dan banyak spot bermain untuk anak maupun dewasa selain Air Terjun, kawasan ini juga digunakan sebagai Bumi Perkemahan dimana biasanya akan digunakan untuk berakhir pekan bersama keluarga

10. Pemandian Air Panas Padusan Pacet

Pemandian Air Panas Padusan Pacet
Pemandian Air Panas Padusan Pacet
  • Alamat: Jl. Pemandian Air Panas Blok NO. 02 Pandusan, Padusan, Kec. Pacet, Mojokerto, Jawa Timur 61374
  • Harga Tiket Masuk : Rp. 10.000,-
  • Jam Oprasional : 09.00 – 23.00

Padusan pacet, tempat wisata di mojokerto berupa pemandian air panas yang sudah sangat cukup lama ada berada di kaki gunung welirang. Meskipun pernah terkena dampak tanah longsor, namun tempat ini mampu dibangun kembali dan sekarang menjadi jauh lebih baagus karena ada penambahan petik strawberry, dan taman kelinci.

Terdapat kolam renang dengan air panas dan air dingin bagi anak -anak selain itu ada camping ground disini, juga banyak kafe dan kedai kopi serta warung-warung yg menawarkan berbagai macam menu kuliner, dari makanan ringan hingga yg berat-berat.

Ada taman bunga yg sekaligus melayani pembelian, penjual oleh-oleh hasil bumi meliputi buah, umbi dan sayuran. Yang tidak kalah menariknya disini adalah malam harinya, terlebih di malam minggu, terasa sangat menyenangkan, tapi jangan meninggalkan jaket atau pakaian hangat, disini bukan sekedar sejuk, tapi dingin membekukan.