Daftar Destinasi Wisata Di Kediri Paling Hits

0
729
Tempat Wisata Di Kediri
Tempat Wisata Di Kediri

Tempat Wisata Di Kediri By Sanjaya Tour

Nama Kediri sendiri berasal dari bahasa Sansekerta ‘Khadri’, yang memiliki arti Mulberry India, mengacu pada pepohonan mulberry yang terdapat di area tersebut. Berdasarkan penemuan artefak arkeologi pada 2007 lalu, ibukota Kediri bisa jadi merupakan lokasi Kerajaan Kediri yang berdiri pada abad 11 lalu. untuk melihat jejak pennggalannya anda masih bisa melihat di museum airlangga

Kediri merupakan salah satu kabupaten di provinsi Jawa Timur yang memiliki ibukota bernama sama. Kabupaten ini berbatasan dengan kabupaten Jombang di sebelah utara, Malang di sebelah timur, Blitar dan Tulungagung di selatan serta Nganjuk di sebelah barat. Memiliki luas 1.386,05 km2, jumlah penduduk Kabupaten Kediri mencapai 1.571.555 jiwa pada sensus tahun 2017.

lokasi yang starategis menjadikan kedhiri memiliki berbagai macam destinasi wisata menarik mulai dari pemandangan alam, hutan, taman, waterpark, wisata edukasi, air terjun, pantai, gunung dan masih banyak lokasi lain yang harus anda lihat sendiri keindahannya

Daftar Tempat Wisata Di Kediri Paling Hits

Tempat Wisata Di Kediri
Tempat Wisata Di Kediri

sudah ada rencana untuk berlibur di kediri jawa timur?, tidak perlu bingung dalam menentukan objek wisata terbaik karena disini terdapat destinasi wisata yang menawarkan cukup banyak objek wisata pilihan untuk Anda dikunjungi. untuk itu kami telah merangkum top 10 destinasi tempat wisata di kediri paling menarik dan populer di kalangan wisatawan simak ulasan berikut ini

1. Taman Hijau SLG

  • AlamatJl. Raya Kediri – Plosoklaten No.163, Dadapan, Sukorejo, Kec. Ngasem, Kediri, Jawa Timur 64182
  • Harga Tiket Masuk : –
  • Jam Oprasional : 07.00 – 23.00

Taman Hijau SLG ( Simpang Lima Gumul ) adalah salah satu taman hijau yang terletak di dekat Simpang Lima Gumul, Kabupaten Kediri.

Disini kita bisa melihat taman yang indah, jembatan yang dikelilingi sungai kecil yang ada ikannya, pasir untuk bermain ( sudah dibersihkan pasirnya ), dan sebuah menara untuk berfoto.

2. Bendungan Gerak Waru Turi Gampengrejo

  • AlamatGampeng, Jabon, Kec. Gampengrejo, Kediri, Jawa Timur 64157
  • Harga Tiket Masuk : Rp. 10.000,-
  • Jam Oprasional : 05.00 – 20.00

Tempat wisata di kediri yang cocok untuk rekreasi bersama keluarga ada kolam renang, camping ground, kandang hewan, dan berbagai permainan untuk anak, suasananya yang asri dan hijau, viewnya bendungan yang airnya mengalir, selain itu tempat ini juga kebersihan nya terjaga, banyak wisata kuliner dan pedagang makanan yang berjejer di pinggir jalan

3. Taman Hammock Bukit Dhoho Indah Kediri

  • AlamatGondang, Tiron, Kec. Banyakan, Kediri, Jawa Timur 64157
  • Harga Tiket Masuk : Rp. 5000,-
  • Jam Oprasional : 08.00 – 17.00

Bukit doho indah adalah wahana wisata keluarga yang murah meriah, pas pintu masuk sebelah kanan terdapat jembatan gantung, gazebo hamock.

Disebelah kiri area kolam pancing  Masuk kedalam ada kedai, ada taman bermain, sirkuit atv dan masih byk lagi tmapt spot selfi. Untuk wahana 2 hanya dibuka tiap minggu saja.

Tempat wisata di kediri yang sejuk, rindang dan sangat cocok untuk ber swafoto bersama teman, pasangan maupun keluarga anda. Dilengkapi dengan layanan free wifi yg dapat mengakses internet gratis, membuat betah berlama-lama di tempat ini.

4. Kediri Eco Park

 

  • AlamatJl. Kelapa, Ketami, Kec. Pesantren, Kota Kediri, Jawa Timur 64139
  • Harga Tiket Masuk : Rp. 5000,-
  • Jam Oprasional : 07.00 – 17.00

Tempatnya bagus, mirip seperti taman di dalam hutan. Jadi suasananya masih asri, hijau, bersih juga, dan mempunyai pemandangan yang bagus. Apalagi banyak tempat yang bisa digunakan untuk berfoto.




Ada kolam renang anak-anak, tempat makan, gazebo, kolam ikan, bisa lihat burung hantu juga Dan Bisa naik perahu atau outbond.

sebagai tempat wisata di kediri yang cocok untuk Keluarga dengan Tiket yang Lumayan murah meriah hanya krng lbh 5000 smpai 8000 per orang,

dan disediakan kolam renang untuk anak2, area gazebo2 dan Food area yang lumayan lebar,  terdapat juga mini zoo meskipun aneka jenis hewan2 kurang begitu Bervariasi, 

5. Museum Airlangga

  • AlamatJl. Lingkar Maskumambang, Pojok, Kec. Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur 64115
  • Harga Tiket Masuk : Rp. 1000,-
  • Jam Oprasional : 09.00 – 16.00

Museum Airlangga yang menjadi salah satu kebanggaan Kota Kediri terletak satu komplek dengan Kawasan Wisata Gua Selomangleng Kediri.




Secara administratif museum ini masuk dalam wilayah Desa Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri. Rute untuk menuju museum ini kurang lebih sama dengan rute menuju Selomangleng.

Berikut koleksi-koleksi benda cagar budaya yang disimpan di Museum Airlangga. koleksinya dari arca, peralatan jaman dahulu dan juga alat- alat jaman lampau dapat di temui disini,

sangat baik untuk pembelajaran anak sekolah menunjukkan corak peralihan dari langgam Jawa Tengah ke Langgam Jawa Timur.

6. Arca Totok Kerot

  • AlamatJl. Totok Kerot, Bulu Ps., Bulupasar, Kec. Pagu, Kediri, Jawa Timur 64183
  • Harga Tiket Masuk : Rp. –
  • Jam Oprasional : 08.00 – 16.00

Lokasi arca Totok Kerot sangat mudah diakses dan berada di pinggir jalan raya (dari monumen SLG) ke arah utara sekitar 2 km saja. Di lokasi situs memang sangat sepi pengunjung.

Arca Totok Kerot merupakan salah satu peninggalan dari Kerajaan Kediri/Panjalu sekitar tahun 1042-1222 M. Totok Kerot merupakan arca raksasa perempuan, berkalung tengkorak dengan tinggi arca sekitar lebih/kurang 3 meter.

Legenda Totok Kerot ini dimulai dari seorang putri cantik dari Blitar, yang bermaksud melamar Raja Sri Aji Jayabaya. Karena lamarannya ditolak oleh Sri Aji Jayabaya, maka terjadilah perang antara pasukan Lodaya (Blitar) melawan pasukan Pamenang (Kediri).

Pasukan dari Lodaya kalah perang dan akhirnya Putri tersebut dikutuk oleh Sri Aji Jayabaya, dan berubah wujud menjadi patung raksasa perempuan (Dwarapala).

7. Taman Wisata Tirtoyoso Park

  • AlamatJl. Jenderal Ahmad Yani No.123, Banjaran, Kec. Kota Kediri, Kediri, Jawa Timur 64129
  • Harga Tiket Masuk : Rp. 20.000,-
  • Jam Oprasional : 08.00 – 17.00

Taman tempat wisata Tirtoyoso ini memiliki konsep yang sangat berbeda dari tempat wisata sejenis lainnya di Kediri. Berbagai wahana serta objek-objek yang menghibur semua ada disini, meskipun harga tiket masuknya cukup murah yaitu Rp. 20.000 per orang.




Area yang mengitari tempat wisata Tirtoyoso ini terbilang cukup rindang dengan puluhan pohon yang mengayomi para pengunjung, sehingga para pengunjung menjadi lebih nyaman berwisata kesini.

Fasilitas untuk mendukung kenyamanan para pengunjung Taman Wisata Tirtoyoso ini terbilang cukup memadai, karena mulai dari Toilet, Mushola, Kamar Bilas, Kamar Mandi, Tempat Kuliner, Gazebo, Area Parkir yang luas, semuanya sudah tersedia disini.

8. Situs Sumber Gundi

  • AlamatTanjung, Kec. Pagu, Kediri, Jawa Timur 64183
  • Harga Tiket Masuk : –
  • Jam Oprasional : 24 Jam

Bagi Anda yang menginginkan tempat wisata di kediri dengan lokasi /  tempat yang adem / sejuk dengan suasana tenang dengan rindangnya pepohonan, dengan alam terbuka, Sumber Gundi patut Anda coba lho.




Lokasinya di daerah Kec.Pagu lebih kurang 3 km arah ke utara dari SLG, di sini kita bisa duduk-duduk santai di bawah pohon atau bisa juga gelar tikar sambil ngemil/makan

kita bisa melihat ikan-ikan yang sangat banyak di kolam Sumber Gundi (tapi dilarang mengambil / mancing ikan) Sumber Gundi dikelola oleh warga dusun-dusun yang ada di sekitar Sumber Gundi.

Kata warga sekitar ikan-ikan yang ada di kolam itu nantinya akan dipanen beramai-ramai oleh seluruh warga/masyarakat saat ada hari/momen tertentu (misalnya peringatan hari syuro/saat bersih desa).

9. Surya Taman Wisata

  • AlamatKetami, Kec. Pesantren, Kediri, Jawa Timur 64139
  • Harga Tiket Masuk : Rp. 10.000,- s/d Rp. 20.000,-
  • Jam Oprasional : 08.00 – 21.00

Tempat yang nyaman untuk berenang dan bersantai bersama keluarga..kolamnya juga bagus dan cocok untuk balita,anak-anak dan dewasa semua kolam renang ada kanopi nya, jadi gak khawatir kepanasan, apalagi untuk anak-anak.

Yang paling menyenangkan tempat wisata di kediri ini salah satu kolam renang anak dipenuhi bola warna warni, jadi anak-anak makin kerasan berenang.




Area bilas dan kamar mandi juga memadai dan cukup bersih. Ada beberapa food stan yg tersedia, makanan dan minumannya juga bervariasi.

10. Kebun Bunga Matahari

  • AlamatJl. Selomangleng No.143, Pojok, Kec. Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur 64115
  • Harga Tiket Masuk : Rp. 2000,-
  • Jam Oprasional : 08.00 – 17.00

Kebun bunga matahari ini berada di Jalan Selomangleng No. 143, Kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur. Lokasi Kebun Bunga Matahari Kediri ini ada tepat di samping Universitas Kediri dan gedung BNN Kota Kediri. Letaknya juga tidak jauh dari wisata Goa Seloman.

Masuk ke kebun bunga ini anda tidak perlu membayar biaya masuk. Anda hanya harus membayar parkir saja. Biaya parkirnya sendiri sebesar Rp 2.000,00. Kebun Bunga Matahari Kediri buka dari jam sembilan pagi hingga jam empat sore. Akan tetapi kebun bunga ini tidak berbunga sepanjang tahun