Daftar Tempat Wisata Paling Populer Di Cirebon

0
225
Tempat Wisata Di Cirebon
Tempat Wisata Di Cirebon

Tempat Wisata Di Cirebon By Sanjaya Tour

bingung mencari destinasi tempat wisata di cirebon yang sedang hits saat ini? atau mencari objek wisata populer oleh treveler? jika demikian simak ulasan destinasi wisata di cirebon jawa barat yang paling sering di kunjungi saat ini

cirebon sebagai nama kota dan kabupaten di jalur pantura jawa barat berbatasan langsng dengan jawa tengah memiliki banyak sekali destinasi wisata yang menarik dan harus di kunjungi, mulai dari wisata pegunungan, pemandangan, hutan, pemandian air panas, air terjun . curug, situ, situs cagar budaya, situs bersejarah, telaga dan wisata buatan seperti taman, spot foro, kolam renang dan  masih banyak

Daftar Tempat Wisata Di Cirebon Jawa Barat

Tempat Wisata Di Cirebon
Tempat Wisata Di Cirebon

Untuk mempermudah anda dalam menentukan destinasi wisata di kuningan yang harus anda kunjungi berkut kami telah merangkum objek wisata populer dengan spot terbaik di cirebon jawa barat berikut ulasannya

1. Museum Pusaka Keraton Kasepuhan Cirebon

Museum Pusaka Keraton Kasepuhan Cirebon
Museum Pusaka Keraton Kasepuhan Cirebon by Rudy Susanto
  • AlamatJl. Kasepuhan No.43, Kesepuhan, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat 45114
  • Harga Tiket Masuk : Rp. 15.000.-
  • Jam Oprasional : 08.00 – 18.00

Ini adalah keraton pertama di cirebon sebelum adanya keraton Kanoman dan keraton Kacirebonan. Keraton ini Keraton ini terletak di kelurahan Kasepuhan, Kecamatan Lemahwungkuk Kota Cirebon. Hampir setiap hari selalu dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara karena keunikan sejarahnya. berdiri sejak abad ke-14 Masehi yang menandai masuknya agama Islam di tanah Jawa. Jadi usianya lebih tua dari keraton di Yogyakarta yang berdiri pada abad ke-17 Masehi.

Didalam keraton juga ada museum pusaka khas cirebon dan ada kereta kencana. Ada juga patung dua harimau putih yang menjadi simbol harimau milik Prabu Siliwangi. Terdapat pula patung sapi dari kerajaan kali ngga India. Ada beberapa meriam bekas peninggalan Belanda yang dijadikan monumen disini. Dibagian dalam terdapat bangsal keraton, langgar besar dan silsilah sultan Cirebon. Tempat ini sangat baik untuk anak anak agar tidak lupa akan sejarah salah satu keraton di Indonesia.

2. Taman Wisata Gua Sunyaragi Cirebon

Taman Wisata Gua Sunyaragi Cirebon
Taman Wisata Gua Sunyaragi Cirebon by wanto
  • AlamatSunyaragi, Kec. Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45132
  • Harga Tiket Masuk : Rp. 10.000,-
  • Jam Oprasional : 08.00 – 17.30

Sunyaragi berasal dari dua kata dalam bahasa Sansekerta, sunya yang berarti sepi dan ragi yang berarti raga. Dulunya merupakan tempat bertapa atau peristirahatan keluarga Sultan Cirebon.

Tersusun dari ribuan batu karang berukuran besar dan kecil, kompleks bersejarah ini memiliki banyak bilik atau ruangan yang disebut gua. Jadi sebelum ke sini, jangan bayangkan gua dengan lorong panjang dan gelap seperti gua kebanyakan.

Hampir seluruh bangunan di kompleks ini menggunakan batu karang, bentuknya bisa terlihat seperti dalam foto. Nampak tidak halus dan tidak beraturan–menurutku, dari kejauhan menyerupai susunan tulang tengkorak, tapi justru menjadikan kompleks semacam Taman Sari di Jogja ini memiliki keunikan tersendiri dan menarik banyak wisatawan untuk mengunjunginya.

3. Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Masjid Agung Sang Cipta Rasa
Masjid Agung Sang Cipta Rasa by Nanang 46
  • AlamatJl. Kasepuhan No.Komplek, Kesepuhan, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat 45114
  • Tiket Masuk : Rp
  • Jam Oprasional : –

Masjid Agung Sang Cipta Rasa merupakan Masjid peninggalan Wali Singo cq Sunan Gunung Djati, yang didirikan pada tahun 1480 M. Masjid ini juga merupakan satu satunya masjid peninggalan Wali Singo yang masih sangat terjaga keasliannya dibandingkan masjid-masjid peninggalan Wali Singo lainnya. Masjid Agung Sang Cipta Rasa dikelola oleh Keraton yang sangat menjaga sekali peninggalan-peninggalan masa lalu.

4. Cirebon Waterland Ade Irma Suryani

Cirebon Waterland Ade Irma Suryani
Cirebon Waterland Ade Irma Suryani by Ohida Hidayat
  • AlamatJl. Yos Sudarso No.1, Lemahwungkuk, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat 45111
  • Tiket Masuk : Rp 25.000
  • Jam Oprasional : 07.00 – 21.00

Ade Irma Suryani Waterland ini memang betul-betul cocok dikunjungi oleh anak-anak sampai orang dewasa. Di sana, kolam renang olimpic, air mancur, perahu bebek, kolam arus, dan lainnya. Untuk wisatawan luar kota tak perlu khawatir karena di sana juga ada cottage yang bisa jadi tempat bernaung.

Tempatnya di tengah kota dan mudah di akses dengan mobil maupun anguktan umum di sini banyak sekali Spot Selfi untuk menambah koleksi gaeri liburan. tersedia cottage pinggir pantai, kolam renang, mini zoo, penyewaan wahana mobil mobil jadul. Disini ada restoran Cheng Ho yang berbentuk kapal dengan menawarkan menu seafood yang pastinya lezat

5. Karaton Kanoman

Karaton Kanoman
Karaton Kanoman by Dani Sapa’at
  • AlamatJl. Kanoman No.40, Lemahwungkuk, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat 45111
  • Tiket Masuk : Rp 15.000
  • Jam Oprasional : 08.00 – 17.00

Keraton Kanoman didirikan pada tahun 1510 Saka atau 1588 Masehi oleh Sultan Kanoman I yang merupakan keturunan ke-7 dari Sunan Gunung Jati atau Syarief Hidayatullah. Tahun berdirinya tertulis dalam bentuk prasasti yang terdapat pada pintu Pandopa Jinem. Di sana terpahat gambar Surya Sangkala dan Chandra Sangkala yang jika diartikan menjadi matahari (angka 1), wayang darma kusumah (angka 5), bumi (angka 1), dan bintang kemangmang (angkal 0).

Di keraton ini, tersimpan peninggalan-peninggalan bersejarah, mulai dari kereta milik keraton, peralatan rumah tangga, hingga senjata-senjata keraton. Salah satu kereta kerajaan yang masih tersimpan di sini adalah Paksi Naga Liman yang berbahan kayu sawo dan dibuat oleh Pangeran Losari pada tahun 1350 Saka atau 1428 Masehi.

Kereta Paksi Naga Liman merupakan kereta kebesaran Sunan Gunung Jati, yang memerintah di Kesultanan Cirebon pada tahun 1479 – 1568. Pemberian nama kereta pun berkaitan dengan bentuknya, yaitu gabungan antara paksi (burung), naga, dan liman (gajah) yang memegang senjata berbentuk trisula. Perpaduan bentuk ini juga melambangkan tiga kekuatan, yaitu darat, laut, dan darat, serta menyimbolkan keutuhan wilayah.

6. Pantai Kejawanan

Pantai Kejawanan
Pantai Kejawanan by male soepryady
  • AlamatPegambiran, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : Rp. 25.000,-
  • Jam Oprasional : 08.00 – 18.00

Pantai Kejawanan Cirebon merupakan salah satu tempat wisata di cirebon dengan uansa pantai yang berada di wilayah Cirebon, Jawa Barat, Indonesia. Pantai Kejawanan Cirebon merupakan tempat Wisata Pantai, tempat pengelolaan ikan (TPI Kejawanan) kita bisa menikmati terbitnya matahari dengan posisi yang bagus, yaitu tepat ditengah-tengah pantai. Di sana juga kita bisa berwisata keliling pantai dengan menggunakan perahu motor milik nelayan, dengan tarif yang cukup murah yaitu seharga lima ribu Rupiah saja per orang, yang bahkan bisa di tawar hingga sebesar tiga ribu rupiah saja.

Selain itu, di sana juga banyak disewakan perahu karet dengan tarif mulai seharga lima ribu Rupiah hingga sepuluh ribu Rupiah per perahu setiap satu jamnya,saat libur lebaran/jika sedang beruntung kita bisa melihat kapal nelayan/kapal tunda karena letaknya dekat dengan Pelabuhan Cirebon dan kita bisa berfoto di atas perahu dan melihat nelayan membawa hasil laut.

7. Wisata Kera Plangon

Wisata Kera Plangon
Wisata Kera Plangon by Hilman Firdaus Hasan
  • AlamatBabakan, Kec. Sumber, Cirebon, Jawa Barat 45612
  • Tiket Masuk :Rp. –
  • Jam Oprasional : 24 Jam

Monyet Plangon adalah monyet atau kera yang tinggal di kawasan komplek Makam Plangon di sekitar Jalan Kejaksan, Sumber, Cirebon. Keberadaan kera-kera liar yang nampak jinak ini membuat warga dan pengendara yang kebetulan lewat lantas memanfaatkan daerah ini sebagai tempat wisata.

8. Vihara Dewi Welas Asih

  • AlamatJl. Kantor, Panjunan, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat 45112
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Oprasional : –

Wihara Dewi Welas Asih/Kelenteng Tiao Kak Sie merupakan salah satu wihara tertua dari 4 wihara besar yang dipunyai Cirebon.Wihara ini didirikan tahun 1595 terletak di Jalan Kantor No.2 Kampung Kamiran Cirebon.




Sesuai namanya Wihara Dewi welas asih memuja kepada Avalokitesvara/Kwan Im Po sat yaitu bodhisattva yang merupakan manifestasi dari sifat welas asih Buddha amitabha.

9. Wisata Kura kura Belawa

Wisata Kura kura Belawa
Wisata Kura kura Belawa by hasti hasti
  • AlamatBelawa, Kec. Lemahabang, Cirebon, Jawa Barat 4518345474
  • Tiket Masuk : Rp. 5000,-
  • Jam Oprasional : 08.00 – 18.00

Tempat nya nyaman untuk santai dengan keluarga di sini banyak sekali tempat nyaman , di sini kalian juga dapat melihat kura kura langka yang hanya ada di desa Belawa kec. Lemahabang kab. Cirebon provinsi Jawa barat Pusat Observasi Kura-Kura Belawa ini bernama Cikuya, dan satu-satunya hewan yang menjadi objek observasi adalah kura-kura Belawa yang memiliki nama Latin Tortose Ortilia Norneensih. Kura-kura Belawa yang habitatnya air tawar pegunungan ini lebarnya bisa mencapai 1 meter dengan berat hingga 80 kg dan panjang usia sampai dengan 150 tahun.

Belawa termasuk jenis kura-kura yang langka, karena itu dibutuhkan perhatian khusus untuk menjaga binatang yang hampir punah ini. Meski tidak seramai tempat-tempat rekreasi pada umumnya, pusat observasi Kura-kura Belawa selalu didatangi pengunjung yang penasaran dan ingin melihat keberadaan binatang yang unik dan langka ini.

10. Waduk Setupatok

Waduk Setupatok
Waduk Setupatok by Yusuf Chandra
  • AlamatJl. Banjrwangunan, Setupatok, Kec. Mundu, Cirebon, Jawa Barat 45173
  • Tiket Masuk : Rp.
  • Jam Oprasional :

Bagi Anda penggiat dunia fotografi landscape atau yang hobi mengabadikan keindahan alam lewat kamera, Waduk Setupatok yang berlokasi di Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon adalah salah satu tempat yang wajib dikunjungi. Pasalnya, Waduk Setupatok memiliki keindahan tersendiri dengan pemandangan air waduknya (danau), bukti dan memiliki latar Gunung Ciremai yang merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat.

Meskipun belum dikelola dengan serius sebagai obyek wisata, akan tetapi Waduk Setupatok telah jadi salah satu destinasi wisata bagi masyarakat sekitar ataupun pengunjung dari luar daerah yang kebetulan sedang berada di Cirebon.

Jika ingin mengabadikan keindahan Smoking Zone – Waduk Setupatok, disarankan datang di lokasi pada pagi hari dan sore hari sekitar pukul 06.00-09.00 WIB dan pukul 15.00-18.00 WIB, karena pada rentang waktu itulah view-nya sangat menawan.

Waduk Setupatok bisa diakses dari tiga jalur, baik dari Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon dan Kabupaten Kuningan. Anda bisa masuk dari jalan di Desa Bandengan Kabupaten Cirebon, Kalijaga, ataupun wilayah Perumnas Kota Cirebon via Pamengkang.