Daftar Tempat Wisata Paling Hits Di Blitar

0
154
Tempat Wisata Di Blitar
Tempat Wisata Di Blitar

Tempat Wisata Di Blitar By Sanjaya Tour

Blitar sebagai kabupaten yang ada di jawa timur terkenal akan kota kelahitan sang proklamator atau presidan pertama indonesaia yaitu Ir. Soekarno selain itu blitar juga memiliki potensi wisata yang tidak bisa diremehkan.

Lebih dari itu, sebetulnya Blitar juga punya tempat-tempat wisata lain yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Mulai dari wisata sejarah, budaya, hingga alam, Blitar siap memuaskan pengalaman berlibur Anda.

banyak destinasi tempat wisata unggulan yang ada di blitar dan belum banyak orang tau, bisa di katakan blitar memiliki destinasi wisata lengkap karena letak geografisnya sendiri memiliki kontur dari ketinggian sampai ke pesisir sehingga blitar hampir memiliki semua keindahan alam secara lengkap

diantaranya adalah wisata pegunungan, kawah, bukit, hutan alam, air terjun / coban / curug, goa, kebun binatang, museum, pantai, dan masih banyak lainnya

Daftar Tempat Wisata Paling Hits Di Blitar

Tempat Wisata Di Blitar
Tempat Wisata Di Blitar

bagi anda yang berencana untuk mengunjungi tempat wisata di blitar tidak perlu bingung lagi dalam menentukan objek wisata terbaik karena disini terdapat destinasi wisata yang menawarkan cukup banyak objek wisata pilihan untuk Anda dikunjungi. untuk itu kami telah merangkum top 10 destinasi tempat wisata di blitar paling menarik dan populer di kalangan wisatawan simak ulasan berikut ini

1. Candi Penataran

Candi Penataran
Candi Penataran
  • AlamatPenataran, Nglegok, Blitar, Jawa Timur 66181
  • Harga Tiket Masuk : Rp. 5000,-
  • Jam Oprasional : 08.00 – 17.00

Candi Penataran atau nama aslinya adalah Candi Palah adalah sebuah gugusan candi bersifat keagamaan Hindu Siwaitis yang terletak di Desa Penataran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Candi termegah dan terluas di Jawa Timur ini terletak di lereng barat daya Gunung Kelud, di sebelah utara Blitar, pada ketinggian 450 meter di atas permukaan laut.

Dari prasasti yang tersimpan di bagian candi diperkirakan candi ini dibangun pada masa Raja Srengga dari Kerajaan Kadiri sekitar tahun 1200 Masehi dan berlanjut digunakan sampai masa pemerintahan Wikramawardhana, Raja Kerajaan Majapahit sekitar tahun 1415.

2. Candi Sawentar

Candi Sawentar
Candi Sawentar
  • AlamatSawentar, Kec. Kanigoro, Blitar, Jawa Timur 66171
  • Harga Tiket Masuk : Rp. –
  • Jam Oprasional : 24 Jam

Candi sawentar ini sebagai salah satu tempat wisata bersejarah di blitar tempatnya tidak seluas candi candi lainya hanya ada satu bangunan besar di tengahnya. lokasinya cukup bersih dan terawat bagus juga kalau untuk foto foto.




untuk masuk ke destinasi tempat wisatad di blitar ini free alias gratis, situs bersejarah yang harus dilestarikan. Di sebelah selatan juga ada candi sawentar 2 yang jaraknya hanya beberapa meter saja dari lokasi

3. Penangkaran Rusa Maliran (Kesambi Trees Park)

Penangkaran Rusa Maliran (Kesambi Trees Park)
Penangkaran Rusa Maliran (Kesambi Trees Park)
  • AlamatJatianom, Jatilengger, Kec. Ponggok, Blitar, Jawa Timur 66153
  • Harga Tiket Masuk : Rp. 10.000,-
  • Jam Oprasional : 08.00 – 16.00

Bila ke kota Blitar, sempatkan berkunjung ke tempat wisata di blitar berupa penangkaran rusa (deer feeding) di daerah Maliran, berupa wana wisata dengan sejumlah rusa yang bergerak bebas, dalam tempat penangkaran. Tempatnya sangat luas, asri, sejuk, bersih, nyaman dan santai.

Cocok untuk tempat liburan keluarga, gathering, outbond, rekreasi. Tiket murah meriah dan terjangkau terdapat tempat parkir yang luas, juga tersedia toilet. Terdapat toko-toko yang menjual makanan dan minuman, juga ada wahana bermain bagi anak-anak. Berwisata sambil belajar, banyak tempat bagus untuk photo booth.

4. Air Terjun Njumeg

Air Terjun Njumeg
Air Terjun Njumeg
  • AlamatRinginanyar, Ringinrejo, Wates, Blitar, Jawa Timur 66194
  • Harga Tiket Masuk : Rp. 5000,-
  • Jam Oprasional : 07.00 – 16.00

Air Terjun Njumeg merupakan salah satu air terjun yang belum lama ini terekspos. Sebuah air terjun dengan ketinggian belasan meter dan kedalaman 10 meter lebih ini terletak tidak jauh dari rencana pembangunan JLS, tepatnya di desa Ringinrejo Dusun Ringinsari kecamatan Wates kabupaten Blitar.

Yang menjadi daya tarik tempat wisata di blitar ini adalah airnya yang jernih kehijauan membuat di sungai dengan tebing yang tinggi. Sungguh berbeda dengan air terjun sirah kencong yang berada di lereng gunung kawi.

5. Taman Jurug Goa Luweng Prodo

Taman Jurug Goa Luweng Prodo
Taman Jurug Goa Luweng Prodo
  • AlamatProdo, Ngrejo, Bakung, Blitar, Jawa Timur 66163
  • Harga Tiket Masuk : Rp. –
  • Jam Oprasional : 07.00 – 16.00

Taman jurug goa luweng merupakan salah satu destinasi tempat wisata baru yang instagramable di kabupaten blitar tepatnya didaerah blitar selatan. Destinasi ini menawarkan pemandangan stalaktit maupun stalakmit khas gua yang didalamnya terdapat air terjun. Kita bisa masuk kedalam gua yang memiliki kedalaman sekitar 15 an meter.

Yang unik dari tempat ini terdapat lubang diatasnya tempat masuknya cahaya dan juga air yang akan mengalir ke dalam gua. Selain itu diluar goa juga terdapat air terjun yang indah dibagian bawah gua yang bisa kita gunakan untuk bermain air, akses jalan mudah dan dekat dari parkiran.

6. Istana Gebang

Istana Gebang
Istana Gebang
  • AlamatJl. Sultan Agung No.59, Sananwetan, Kec. Sananwetan, Kota Blitar, Jawa Timur 66137
  • Harga Tiket Masuk : Rp.
  • Jam Oprasional : 07.00 – 17.00

Istana Gebang adalah rumah kediaman mantan Presiden Indonesia ke Satu. Rumah ini berada di Jalan Sultan Agung Blitar, sekitar 2 kilometer dari Makam Bung Karno, tempat nya nyaman dan Asri dengan bangunan yang original.

ini merupakan tempat tinggal Soekarno di masa muda nya dulu. Disini masih tersetting barang barang lama yg dulu nya dipakai Soekarno mulai dari kamar tidur, almari, meja kerja, bahkan sampai dapur dan kendaraan nya yg tetap terjaga ke orisinilan nya

7. Pantai Pasir Putih Pasetran Gondo Mayit

Pantai Pasir Putih Pasetran Gondo Mayit
Pantai Pasir Putih Pasetran Gondo Mayit
  • AlamatKrajan, Tambakrejo, Wonotirto, Blitar, Jawa Timur 66173
  • Harga Tiket Masuk : Rp. 7000,-
  • Jam Oprasional : 24 Jam

Pantai Pasir Putih Pasetran Gondo Mayit yang terletak disebelah timur dari Pantai Tambakrejo, merupakan distinasi wisata alam yang masih baru dan sangatlah di rekomendasikan untuk acara keluarga.




Dilokasi Wisata Pantai Pasir Putih Pasetran Gondo Mayit sudah tersedia tempat tempat kamar kecil dan kamar mandi untuk para pengunjung yang bermain pasir pantai. Tempat tempat sampah juga sudah tersedia untuk menunjang kebersihan lingkungan wisata.

Dengan HTM yang sangat terjangkau oleh masyarakat luas, dan biaya parkir yang sangat murah untuk menjaga kendaraan kita. Kita bisa mendapatkan pemandangan wisata alam yang sangat indah dan menakjubkan.

8. Pantai Pangi

Pantai Pangi
Pantai Pangi
  • AlamatKrajan, Tumpakkepuh, Bakung, Blitar, Jawa Timur 66163
  • Harga Tiket Masuk : Rp. 5000,-
  • Jam Oprasional : 24 Jam

pantai pangi adalah salah satu pantai yang terletak di kawasan kabupaten Blitar terletak di kecamatan Bakung di bagian selatan dari kota Blitar pantai pangi berbatasan dengan Pantai Tambakrejo dan Pantai Pasir Putih perjalanan ke sini membutuhkan waktu sekitar satu hingga dua jam untuk perjalanan santai dari Kota Blitar

Ketika sampai di Pangi, dulur akan merasakan sensasi yang rileks, sejuk dan menenangkan hati. ditambah lagi disana disediakan untuk mendirikan tenda. Fasilitas di Pangi sudah menunjang tempat parkir, warung makanan, toilet dan mushola. Di area 700 meter sebelum memasuki Pangi, masih dilakukan pembagunan fasilitas. Semoga dengan hal tersebut dapat menjadikan kawasan Pantai Pangi semakin diminati.

9. Perkebunan Teh Sirah Kencong

Perkebunan Teh Sirah Kencong
Perkebunan Teh Sirah Kencong
  • AlamatPkb. Sirahkencong, Ngadirenggo, Kec. Wlingi, Blitar, Jawa Timur 66184
  • Harga Tiket Masuk : Rp. 6000,-
  • Jam Oprasional : 24 Jam

Tempat yang sejuk banget, asri dan bebas polusi. Disini sepanjang mata memandang disuguhi pemandangan hijau yang berbaris-baris, penduduk yang metik teh, dan rumah penduduk yang warna warni.

Tiket masuk juga nggak mahal, Tapi kalo kesini harus siap tenaga extra, selain letaknya yang jauuh harus melewati hutan hutan, kita juga harus siap mendaki. Yah pemandangan dari atas lebih indah untuk melihat hamparan kebun teh lebih luas lagi.

10. Wisata Gunung Kelud

Wisata Gunung Kelud
Wisata Gunung Kelud
  • AlamatJl. Basuki Rahmad, Mangunharjo, Kec. Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur 67217
  • Harga Tiket Masuk : Rp. 5000,-
  • Jam Oprasional : 08.00 – 17.00

Gunung ini berada di perbatasan Blitar, Kediri, dan Malang. Di tengah gunung terdapat kawah. Pada Sisi barat terdapat jalan aspal menuju gunung yang dapat diakses dengan sepeda motor dari parkir motor & mobil.

Tak perlu bersusah payah untuk mencapai kawah, Perjalanan dari tempat parkir ke kawah yang tak cukup jauh. Atau bisa memakai jasa tukang ojek dengan tarif Rp. 30rb – 40rb PP disekitar parkir untuk menuju ke kawah bila anda malas atau tak kuat untu jalan kaki