Ini Dia, Alasan Wisatawan Mengunjungi Candi Cetho Di Karanganyar

0
362
Candi Cetho Karanganyar
Candi Cetho Karanganyar

Candi Cetho Karanganyar

Selain  Candi Sukuh di Karanganyar ini juga ada candi yang terkenal yaitu  Candi Ceto. Candi Cetho ini juga memiliki candi yang unik dan menarik dan memilki cerita sejarah tersendiri didalamnya.

Dan candi ini  memiliki perbedaan dengan candi candi yang lain dan candi ini memang tidak semegah candi Borobudur, kalasan, prambanan atau candi yang lain tapii candi ini tidak kalah menarik dengan candi candi yang lain.

Mungkin diantara kalian sudah banyak yang mengetahui tentang wisata ini, karna wisata ini cukup terkenal dikalangan Mancanegara.

Banyak para wisatawan yang mengunjungi wisata ini untuk menghabiskan waktu liburan mereka. Wisata ini memang cukup terkenal tapii lokasi wisata ini mungkin cukup sulit untuk ditemukan jadi berusahalah untuk menemukan wisata ini.

Wisata ini memiliki segudang cerita tentang sejarah sejarah yang sangat unik dan menarik, jadi bagi kalian pecinta sejarah sejarah zaman dulu tempat ini sangat pas untuk anda.

Keindahan Candi Cetho Karanganyar

Selain sejarahnya di wisata ini juga memiliki pemandangan yang sangat indah dan unik.  Bangunan candi yang terbentuk membuat candi ini semakin unik dan menarik. Bagi kalian pecinta tempat wisata seperti ini mungkin wisata ini pas untuk anda.

Selain pemandangan candi yang megah nan mewah, candi ini berada di lokasi kaki gunung lawu, jadi disekitar candi ini memiliki keindahan gunung lawu yang sangat menyejukkan, dan tempat wisata ini sangat cocok bagi anda yang ingin menenangkan pikiran dan untuk melepas penat.

by Anang Prio Pambudi

Jadi mungkin karena itu banyak para muda-mudi yang datang ke wisata ini untuk selfie-selfie atau melihat dan mendengarkan secara langsung tentang wisata ini.

Wisata ini sangat cocok dikalangan usia, jadi bagi kalian yang ingin mengunjungi wisata ini bisa mengajak keluarga, sahabat, atau kerabat dekat anda untuk mengunjungi wisata ini.

Disini saya akan membahas tentang Candi Cetho, sejarah singkatnya, lokasinya, harga tiket, dan beberapa fasilitas yang menarik yang berada di wisata ini.

by Anang Prio Pambudi

Candi Cetho ini merupakan berasal dari bahasa jawa yang artinya “ceta” Candi Cetho ini bercorak agama Hindu yang diduga kuat dibangun pada masa-masa akhir era Majapahit abad ke 15.

Fungsi Candi Cetho

Kompleks candi digunakan oleh penduduk setempat dan juga peziarah yang beragama Hindu sebagai tempat pemujaan. Candi ini juga merupakan tempat pertapaan bagi kalangan penganut kepercayaan asli.

Bagi kalian pecinta wisata sejarah terutama berkunjung ke bangunan yang menjadi peninggalan jaman kerajaan pada masa lampai seperti candi.

by Anang Prio Pambudi

Di Jawa Tengah sendiri memiliki puluhan candi yang tersebar di segala penjuru, seperti Borobudur, Prambanan, Kalasan, Mendut dan masih banyak lagi yang lainnya.

Keunikan

Diantara sekian banyak candi yang ada di Jateng, Nama Candi Cetho ini memiliki keunikan tersendiri,  yaitu bangunan Cetho sebenarnya memiliki nilai lebih dibandingkan dengan candi yang lain, karena struktur, bentuk, dan ornament bangunan yang ada di Cetho ini berbeda dengan candi yang lainnya.

by Anang Prio Pambudi

Selain itu, karna lokasinya ini berada di kaki Gunung Lawu menjadikan kawasan di sekitar Cetho menyajikan pemandangan yang sangat indah yaitu berupa hamparan perkebunan teh dan persawahan milik penduduk setempat dengan latar belakang perbukitan serta gunung yang menjulang tinggi.

Lingkungan di sekitar sinipun memiliki keindahan yang memanjakan mata, sehingga siapapun bakan betah untuk berlama-lama disini.   Selain keindahanyya disini juga ada cerita misteri yang menyelimuti kawasan ini, serta mitos-mitos yang berkembang di tengah-tengah masyarakat.

Misteri yang menyelimuti kawasan ini tidak ada kaitannya dengan cerita hantu, tapii lebih kepada suasana magis yang dipancarkan aura bangunan.

by Anang Prio Pambudi

Candi ini juga masih dimanfaatkan sebagai tempat ibadah dan tempat berziarah oleh umat hindu, dan juga digunakan untuk tempat bertapa atau bersemedi oleh penganut aliran kepercayaan, serta dipakai untuk menggelar upacara rutin setiap tanggal 1 syuro dan setiap 6 bulan sekali pada peringatan wuku medangsia.

Di wisata ini juga memiliki aturan yang harus kalian patuhi jika kalian ingin mengunjungi wisata ini yaitu kalian harus mengenakan kain bermotif kotak-kotak berwarna hitam dan putih ini,

karena candi ini hingga kini masih dimanfaatkan sebagai tempat beribadah oleh umat Hindu. Sehingga berbagai anjuran dan larangan yang berlaku di kompleks candi harus dipatuhi oleh para wisatawan yang ingin berkunjung.

Sejarah Candi Cetho

by Anthony Harman

Asal-usul dari nama candi cetho ini, diambil dari nama desa yang menjadi tempat berdirinya bangunan tersebut, yaitu Desa Cetho. Kata “cetho” sendiri berasal dari bahasa Jawa yang artinya “terlihat dengan jelas” dinamakan desa cetho,

karena di desa ini siapapun akan dapat melihat dengan jelas keindahan pemandangan yang terhampar dibawahnya. Candi ini memiliki ketinggian 1496 mdpl.




Candi Cetho ini didirikan pada masa pemerintahan Majapahit sekitar tahun 1373 Saka atau tahun 1451 masehi. Hal tersebut berdasarkan sebuah sengkalan yang bunyinya “Welut Wiku Anakut Iku” dan diperkuat keberadaan batu-batu berhias “Surya Majapahit” yang menjadi lambang kebesaran Majapahit.

Bangunan candi ini saat ditemukan, berupa reruntuhan batu berbentuk punden atau teras yang terdiri atas 14 teras. Dengan struktur punden berundak (berteras-teras), kuat dugaan akan pengaruh sinkretisme pada Cetho yaitu perpaduan antara unsure Hindunisme dengan kutur asli Nusantara.

Lokasi Candi Cetho

by Anthony Harman

Untuk lokasi candi ini sangat mudah dicari, karna tempat wisata ini sangat terkenal di kalangan kota karanganyar begitupun di kota kota lainnya.

Kawasan yang telah menjadi salah satu destinasi wisata yang hits ini sangat mudah ditempuh. Kalian bisa menggunakan transportasi umum atau pribadi untuk mengunjungi kawasan ini.

Destinasi Candi Cetho Karanganyar
Alamat  Ceto, RT.01/RW.03, Cetho, Gumeng, 
Kota/Kecamatan Kec. Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57792
No. Telepon
Jam Buka Senin- Minggu / 07.00 – 17.00
Wahana Bangunan Bersejarah




Jadi jika kalian mengunjungi wisata ini pasti akan buka terus sangat disayangkan jika anda mengunjungi kota karanganayr ini tetapi tidak mengunjungi wisata sejarah yang unik ini.

Disini juga terdapat pemandangan yang indah di sekitarnya ditambah dengan pemandangan sekitarnya yang sangat indah dan menarik.

Bagi kalian pecinta cerita sejarah tempat ini sangat pas untuk kalian dan menurut cerita di wisata ini juga memiliki cerita mistis yang tersembunyi. Jika kalian penasaran masukan wisata candi ini ke dalam list liburanmuu

by Pembakar Semangat

Pemandangan yang indah dengan udara yang sejuk khas daerah pegunungan inilah yang bakal membuat kalian betah berlama-lama di wisata ini.

Dan juga sangat disayangkan apabila anda suda berada di Kota yang terkenal akan batik dan sejarahnya tetapi tidak mengunjungi wisata candi yang indah, unik dan menarik ini.

Apalagi lingkungan disini juga menyajikan panorama yang instagramable, dengan background atau latar belakang gunung yang sangat indah dan bisa dipamerkan di instagram, facebook, atau media social yang lain.

Harga Tiket Masuk

by Anang Prio Pambudi

Untuk memasuki candi ini harga tiketnya sangat terjangkau  hanya Rp. 7.000 per orangnya sangat murah bukan. Tapi setiap waktu bisa berubah ubah yaa.

Tapii dengan harga yang sangat terjangkau  anda sudah dimajakan dengan pemandangan gunung lawu yang sangat indah dan cantuk, karna lokasi candi ini dekat dengan kawasan gunung lawu.




Kalian juga bisa  selfie selfie sekaligus mengetahui secara langsung sejarah dari candi ini. Untuk mengunjungi wisata ini jika anda tidak ingin terlalu ramai atau padat pengunjungnya anda harus datang saat weekday,

karna saat weekend dipastikan candi ini sangat ramai dan padat. Setelah anda membayar tiket masuk, sebelum anda masuk ke dalam candi untuk menelusuri lebih jauh lagi,

anda akan diberi pinjaman sekaligus dibantu untuk mengenakan kain poleng pada bagian pinggang oleh petugas yang berjaga di pintu depan. Karna hal itu sudah menjadi tradisi dari wisata tersebut.

Fasilitas

Candi Cetho Karanganyar
Candi Cetho Karanganyar

Candi Cetho ini merupakan salah satu candi terkenall dan terpopuler di kalangan masyarakat Kota Solo ini maka dari itu banyak sekali para wisatawan yang penasaran akan candi cetho ini.

Selain cerita sejarah, bahkan mitos, lokasi, dan harga tiketnya disini juga terdapat beberapa fasilitas yang mendukung akan wisata ini, seperti ;

  • Tempat parkir
  • Tempat ibadah
  • Kamar mandi
  • Spot foto
  • Dan masih banyak yang lainnya

Itulah berbagai kisah yang ada di wisata ini dari larangan, sejarahnya, lokasinya, harga tiket masuknya, dan pemandangan gunung lawu yang sangat indah. Jika kalian mengunjungi wisata ini dijamin tidak akan rugi. Malahan kalian akan bersenang senang berada disini. Saya sarankan juga jika anda ingin berkunjung kesini saat weekday atau hari biasa supaya tidak terlalu ramai dan padat.