Kuliner Khas Cirebon Terlezat

1
49
Makanan Khas Cirebon
Makanan Khas Cirebon

Makanan Khas Cirebon By Sanjaya Tour

Cirebon di masa lampau merupakan jalur pelabuhan yang sangat di perhitungkan karena posisinya sendiri yang bersebelahan dengan pantai utara jawa, dimana sebagai aktivitas transport, bongkar muat hasil dagangan baik dari nusantara maupun dari negara sekitar guna aktivitas perdagangan.

dan pada saat ini cirebon termasuk dari salah satu kota di Provinsi Jawa Barat. tepatnya berada di pesisir utara pulau jawa dan bersebelahan dengan jawa tengah, dengan melimpahnya hasil perikanan maupun udang kota ini sampai memiliki julukan sebagai kota udang.

Cirebon menjadi salah satu kota tua yang sarat akan kisah sejarah dengan nuansa religi yang begitu kental. Dimana wilayah ini merupakan salah satu pusat penyebaran agama Islam oleh para sunan pada masa lampau.

Dengan berbagai keistimewaannya, potensi wisata Cirebon pun semakin beragam. Mulai dari wisata alam yang mempesona, wisata religi, wisata sejarah dan budaya serta wisata edukasi.

tidak hanya sampai di situ saja, wisata kuliner di kota Cirebon tak kalah dari tempat yang lain dengan memiliki cirikhas bahan dasar pembuatannya maupun bumbu dan tekhnik pengolahan makanan khas cirebon juga sangat unik, menjadikan cita rasa yang di hasilkan sangan berbeda, sehingga sangat layak untuk dicicipi satu per satu karena aneka menu dan jajanan khasnya yang menggugah selera lain dari yang lain

Daftar Makanan Khas Cirebon

Makanan Khas Cirebon
Makanan Khas Cirebon

untuk mempermudah daftar makanan khas cirebon yang harus anda coba ketika anda berada di kota cirebon jawa barat baik itu saat kunjungan keluarga, bisnis, wisata, muaoun kunjungan kerja anda bisa mencicipi dan, apa saja makanan khas cirebon? simak berikut di bawah ini

1. Makanan Khas Cirebon Empal Gentong

10 Makanan Khas Ini Gak Boleh Kamu Lewatin Kalau Lagi di Cirebon
sumber by Instagram.com/ajakmakan

Pada saat melihat empal gentong pasti anda akan langsung ingin segera mencicpi karena tampilannya sendiri seperti gulai dengan warna kunig dan arom yang membuat perut merasa keroncongan.

dalam pembuatan empal gentong cirebon teknik pembuatan / pengolahan yang sangat unik bahan makanan satu ini dimasak dalam priuk yang terbuat dari tanah liat atau dalam bahasa cirebon gentong dalam memasaknya menggunakan kayu bakar dari pohon mangga, sehingga aroma dan wangi yang khas keluar dari bahan bakar tersebut

adapun bahan dasar yang di guankak dalam 1 porsi empal gentong terdiri dari daging sapi dan jeroan seperti usus babat, makann ini enak sekali di temani dengan nasi hangat. Salah satu tempat makan yang legendaris adalah Empal Gentong Krucuk yang ada di Jalan Slamet Riyadi Nomor 5, Kesenden, Kejaksan, Kota Cirebon, Jawa Barat.

2. Nasi lengko Masakan Khas Cirebon

10 Makanan Khas Ini Gak Boleh Kamu Lewatin Kalau Lagi di Cirebon
sumber by Instagram.com/eatandclicks

Sega lengko atau nasi lengko, makanan khas yang sederhana, berupa nasi putih, tempe goreng, tahu goreng, mentimun cacah, dan taoge rebus. Semua bahan disiram bumbu kacang, kecap, dan ditaburi bawang goreng serta daun kucai. Walaupun bahan-bahannya vegan alias non-hewani, tapi rasanya tetap mantap, apalagi kalau minta bumbunya yang pedas.

3. Tahu Gejrot Kuliner Khas Cirebon

Siapa yang tak kenal tahu gejrot, camilan yang mudah ditemukan di kota-kota besar dan hampir ada di setiap kota. Tapi tahukah Anda, kalau tahu gejrot merupakan camilan khas Cirebon.

Tahu gejrot terdiri dari tahu yang sudah digoreng dan dipotong kecil-kecil. Lalu dimasukan dalam kuah yang sudah dicampurkan cabai, bawang putih, bawang merah dan air gula. Rasanya, asam, manis sekaligus pedas!

Tahu gejrot begitu mudah ditemukan di Cirebon, dengan harga cuma sekitar Rp 6 ribu saja per porsi. Tahu gejrot cukup untuk mengganjal perut yang sedang keroncongan. Tapi jangan pakai cabai terlalu banyak ya, takut sakit perut.

4. Kuliner Khas Cirebon Bubur Sup Ayam

10 Makanan Khas Ini Gak Boleh Kamu Lewatin Kalau Lagi di Cirebon
Instagram.com/godzillatummy

sup bubur ayam cirebon berbeda pada umumnya biasanya bubur ayam di campunr dengan kuah tidak begitu banyak dan cenderung nyemek / agak basah. Kalaupun ada kuah, cuma sedikit, itu pun berupa kaldu. tetapi kuliner khas Cirebon yang satu ini cukup unik yang memadukan bubur dengan kuah sup ayam yang gurih dan melimpah.

Kuah sop ayam terasa manis bercampur asin sehingga membuatnya gurih. Ayam yang ada di dalam mangkuknya juga halus dan besar-besar potongannya. Rasanya enak, apalagi selagi hangat. Cocok untuk menghangatkan badan di malam hari.

Ada dua lokasi bubur sop ayam yang jadi favorit masyarakat Cirebon, yaitu bubur sup ayam M Kapi di Jl Tentara Pelajar dan bubur sup ayam Mang Dul di Jl Raden Dewi Sartika. Harganya mulai dari Rp 12 ribuan.

5. Makanan Khas Cirebon Nasi jamblang

nasi jamblang cirebon
sumber by Instagram.com/jlina_sari

Nasi Jamblang adalah makanan khas dari Cirebon, Jawa Barat, Indonesia. Jamblang adalah nama daerah di barat kota cirebon tempat asal pedagang kuliner tersebut. Nasi jamblang atau sego jamblang terdiri dari nasi putih dengan aneka lauk yang bisa kamu pilih. Nasi ini makin unik, karena disajikan dengan alas piring berupa daun jati.

Saat ini, daun jati sudah tidak digunakan sebagai pembungkus nasi, melainkan digunakan sebagai alas piring. Nasi jamblang jadi salah satu ikon kuliner khas Cirebon yang banyak dicari orang. Salah satu yang terkenal banget adalah Nasi Jamblang Bu Nur di Jalan Cangkring II, Cirebon.

6. Mie koclok Makanan Khas Cirebon

10 Makanan Khas Ini Gak Boleh Kamu Lewatin Kalau Lagi di Cirebon
sumber by Instagram.com/syarif_hidayatuloh

Sajian mie unik ini sepertinya cuma bisa kamu temukan di Cirebon. Mie koclok disajikan dengan kuah santan berwarna putih dengan taoge, telur, ayam suwir, dan sebagainya. Meski warna kuahnya pucat, tapi rasa santannya tetap gurih mirip kari.

Mi Koclok disajikan dengan irisan telur rebus, ayam yang disuwir, tauge, serta tambahan bawang daun. Kuahnya berwarna putih dan cukup kental. Beberapa warung Mi Koclok baru buka saat sore hari sehingga cukup sulit untuk mendapatkan Mi Koclok saat pagi atau siang hari

7. Docang Makanan Khas Cirebon

10 Makanan Khas Ini Gak Boleh Kamu Lewatin Kalau Lagi di Cirebon
sumber by Instagram.com/ayok.ngunyah

kuliner khas Cirebon yang harus anda coba adalah makanan kaya serat alias penuh sayur mayur adalah docang. Nama docang ternyata diambil dari singkatan bodo atau baceman dari oncom dage dan kacang hijau alias tauge. Selain dua bahan di atas, docang terbuat dari lontong, daun singkong, kerupuk, dan sedikit parutan kelapa dengan warna yang kemerahan

Tampilannya memang seperti lontong sayur. Namun begitu kena di lidah, rasanya yang gurih dan bikin mata melek begitu lezat. Kuahnya segar, lontongnya bikin kenyang.

Biasanya, docang disantap masyarakat Cirebon pada pagi hari. Kalau tertarik, coba datang ke Jl Siliwangi di pusat Kota Cirebon atau di Pasar Perumnas untuk mencicipi docang. Harganya pun tak sampai lebih dari Rp 10 ribu.

8. Serabi Kue Khas Cirebon

Serabi memang ada di tempat lain, tapi ini juga masuk dalam daftar salah satu kuliner khas Cirebon. Serabi ini rasanya gurih, yang bisa jadi camilan untuk pengganjal perut di kala lapar. Serabi merupakan kue tradisional yang sudah dibuat masyarakat Cirebon sejak zaman dulu.

Serabi begitu mudah ditemukan di pinggir jalan atau di pasar-pasar di Cirebon dan dijual kebanyakan di pagi hari sebagai makanan sarapan. Bahan-bahannya terdiri dari tepung beras, santan dan kelapa parut. Serabi dianggap makanan khas Cirebon karena mereka memiliki cara makan Serabi yang berbeda dengan orang Jawa.

Di Jawa, serabi disiram dengan cairan gula merah atau kinca. Tapi di Cirebon, Serabi dimakan dengan gorengan seperti halnya orang Sunda memakan gorengan dengan lontong atau buras. Harganya mulai dari Rp 1.000 per satuannya.

9. Makanan Khas Cirbon Sate kalong

10 Makanan Khas Ini Gak Boleh Kamu Lewatin Kalau Lagi di Cirebon
sumber by Instagram.com/wibisono.rudyanto

Sate kalong gak terbuat dari daging kalong atau kelelawar, lho, tapi justru daging kerbau. Terus kenapa dinamakan demikian? Jawabannya karena penjual sate ini biasanya baru ada jelang malam hingga dini hari.

10. Gado-gado ayam

10 Makanan Khas Ini Gak Boleh Kamu Lewatin Kalau Lagi di Cirebon
sumber by Instagram.com/atin_nuratikah

gado – gado pada umumnya campuran dari sayur sayuran di setiap kota pasti isian tersebut hampir sama yaitu berupa kentang, toge, timun dan telur rebus tapi untuk makanan khas cirebon ini ditambahkan lagi pakai kuah kari ayam yang menjadikan unsur pembeda serta rasanya yang gurih dan nikmat

Perpaduan bumbu kacang dan kuah kari ayamnya unik, memberikan citarasa tersendiri. Harganya terjangkau, mulai kisaran Rp 10 ribu. Ada banyak kok rumah makan yang menjajakan gado-gado ayam salah satunya di Jl Lawanggada atau di dekat Pasar Sumber.

5 (100%) 3 votes

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here