Melirik Keindahan Bangunan Lawang Sewu Semarang

0
2554
Destinasi Wisata Lawang Sewu Semarang
Destinasi Wisata Lawang Sewu Semarang

Museum Lawang Sewu Kota Semarang

Seperti yang kalian tahu  Kota Semarang ini merupakan  salah satu kota terbesar di Indonesia . Jadi pasti kalian tau tentang kota ini bukan, karna saking terkenalnya kota ini. Mungkin tempat wisata ini sudah tidak asing di telinga kalian  wisata yang memiliki daya tarik tersendiri yaitu Lawang Sewu Kota Semarang.

Tempat wisata ini sangat cocok dikalangan usia lhoo, jadi kalian bisa membawa keluarga kalian untuk berlibur di tempat wisata ini yang memiliki cerita bersejarah yang unik didalamnya.

Lawang Sewu Kota Semarang ini merupakan salah satu wisata terpopuler di Kota Semarang ini. Wisata ini hadir sebagai tempat hiburan bagi masyarakat lokal maupun mancanegara.

Gedung Lawang Sewu Semarang

Destinasi Wisata Lawang Sewu Semarang
Destinasi Wisata Lawang Sewu Semarang

Tempat wisata ini merupakan salah satu wisata terkenal di Kota Semarang. Lawang Sewu ini merupakan gedung bersejarah di Indonesia. Gedung ini dulunya merupakan kantor dari Nederlands-Indische Sporweg Maatschappij atau NIS. Dibangun pada tahun 1904 dan selsesai pada tahun 1907.

Selain itu bentuk bangunanya juga menarik dan biasanya tempat ini dijadikan untuk foto prewedding, karena itu wisata ini menjadi daya tarik utama untuk para pengunjung yang datang dari berbagai mancanegara. Lawang Sewu ini juga menjadi icon dari Kota Semarang.

Banyak sekali para wisatawan memanfaatkan waktu libur mereka untuk mengunjungi wisata ini apalagi saat liburan panjang sangat sangat padat dan ramai.

Sejarah Lawang Sewu Kota Semarang

sejarah
by Erwin Effendy

Lawang Sewu berarti seribu pintu ialah gedung bersejarah di Indonesia yang dulunya merupakan kantor dari Nederlands-Indische atau NIS. Dibangun pada tahun 1904 dan selesai pada tahun 1907. Terletak di bundaran Tugu Muda yang dahulu disebut Wilhelminaplein.

Masyarakat setempat menyebutnya Lawang Sewu karena bangunan ini memiliki pintu yang sangat banyak. Bangunan ini memiliki banyak jendela yang tinggi dan lebar, sehingga masyarakat sering menganggapnya sebagai pintu (lawang).

Bangunan ini dibangun tanggal 27 Februari 1904 dengan nama lain Het hoodfdkantor van de Nederlands-Indische. Awalnya tempat ini dilakukan sebagai kegiatan administrasi perkantoran dilakukan di stasiun Semarang (Semarang NIS), tapi dengan berkembangnya jalur jaringan  yang pesat, mengakibatkan bertambahnya personil teknis dan tenaga administrasi yang tidak sedikit berkembangnya administrasi perkantoran.

Akibatnya kantor NIS di stasiun tidak lagi memadai, maka diusulkanlah alternative lain, yaitu membangun kantor administrasi di lokasi baru. Pilihan lahan jatuh pada lahan yang berada di pinggir kota berdekatan dengan kediaman residen.




NIS mempercayakan rancangan gedung kantor kepada Prof. Jacob F, dan B.J Quendag arsitek yang berdomisili di Amsterdam. Seluruh proses perancangan dilakukan di Belanda , baru dikemudian gambar gambar dibawa ke Kota Semarang.

Melihat dari cetak biru Lawang Sewu tertulis bahwa site plan dan denah bangunan ini telah digambar di Amsterdam pada tahun 1903. Begitu pula kelengkapannya dan ditandatangani di Amsterdam tahun 1903.

Daya Tarik Utama

daya tarik
by Indrast Pinasto

Sekarang yang akan kita bahas adalah daya tarik utama yang membuat para wisatawan mengunjungi wisata ini, selain itu jika anda sangat suka berfoto foto anda bisa lhoo berfoto foto di Lawang Sewu ini.

Yang pertama adalah pada halaman depan anda akan disambut dengan lokomotif yang sudah tidak digunakan lagi. Di lantai 1 anda akan disuguhkan dengan berbagai macam koleksi kereta api. Ada gambar, wallpaper, serta tulisan mengenai kereta api dengan sejarah dan kronologi pembentukannya.

Di lokasi ini ada juga koleksi miniature lokomotif kereta api pada zaman dulu, selain itu anda juga bisa melihat mesin ketik yang masih disimpan dengan sangat baik.

Disini anda juga bisa lihat gambar gedung lawang sewu yang masih asli dengan gedung yang sudah dipugar saat ini. Bangunan ini juga terdapat ruang bawah tanah, yang konon katanya ruangan ini merupakan pintu gerbang keluar dan masuknya makhluk astral dan kita juga bisa menyaksikan sebuah lorong yang hanya cukup untuk satu orang saja. Di lorong inilah mayat-mayat yang mati dibuang.

Lokasi Lawang Sewu Kota Semarang




Bagi kalian yang ingin mengunjungi wisata ini jaraknya tidak terlalu jauh dari pusat kota Semarang.Untuk menuju ke wisata ini sangat mudah anda bisa menggunakan berbagai macam pilihan transportasi. Seperti kereta, pesawat, bus atau motor mobil jika jaraknya dekat.

Destinasi Lawang Sewu Semarang
Alamat Jl. Pemuda, Sekayu, Kec. Semarang Tengah, 
Kota/Kecamatan Kota Semarang, Jawa Tengah 50132
No. Telepon
Jam Buka Selas – Minggu / 07.00-21.00
Wahana

Bagi kalian pecinta cerita sejarah tempat ini sangat pas untuk kalian dan menurut cerita di wisata ini juga memiliki cerita mistis yang tersembunyi. Jika kalian penasaran masukan wisata lawang sewu ini ke dalam list liburanmuu.

Harga Tiket Masuk Lawang Sewu Semarang

Untuk harga tiket masuknya bisa dikatakan sangat murah, dengan harga yang sangat terjangkau anda sudah dapat menikmati pemandangan lawang sewu ini sekaligus mengetahui bagaimana sejarah sejarah Lawang Sewu ini.

Harga Tiket Masuk
Harga Tiket Dewasa Rp. 10.000,-
Harga Tiket Anak – Anak Rp. 5.000,-
Parkir Mobil Rp. 5000,-
Parkir Motor Rp. 3000,-

Fasilitas




Sama halnya dengan objek wisata pada umumnya, Di wisata ini juga terdapat berbagai fasilitas yang bisa dinikmati para pengunjung secara gratis. Berikut ini beberapa aktivitas tersebut.

  • Tempat parkir
  • Tempat ibadah
  • Kamar mandi
  • Berbagai penginapan
  • Spot foto
  • Dan masih banyak yang lainnya

Bagi anda yang ingin merasakan semua sensasi dengan tenang dan nyaman, usahakan memilih waktu weekday karena kalau weekend tempatnya selalu ramai di padati pengunjung dari berbagai kota.

Apalagi saat liburan panjang pasti wisata ini sangat padat oleh para pengunjung. Sangat disayangkan jika kalian datang ke kota Semarang yang sangat luas dan terkenal ini tetapi tidak mengunjungi wisata ini.