Melihat Keindahan Kebun Raya Bogor Lebih Dekat

0
281
Tempat Wisata Kebun Raya Bogor
Tempat Wisata Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor

tidak susah mencari tempat wisata saat berad di kota Bogor ini yang menyimpan sejuta keindahan dan panorama alam yang sangat menakjubkan. Salah satunya yaitu Kebun Raya Bogor ini yang sangat populer dan terkenal.

Banyak sekali para wisatawan yang mengunjungi wisata ini, mungkin karna banyak sekali tempat tempat yang sangat unik dan keren ditambah dengan beberapa tanaman langka yang ada di wisata ini, dan juga pemandangan yang sangat menenangkan.

Kebun Raya Bogor ini juga terdapat beberapa mitos yang tersebar di wisata ini, dan dsini juga ada tanaman langka yang membuat para wisatawan penasaran dan langsung mengunjungi wisata ini, jadi jangan heran apabila wisata ini selalu ramai disetiap harinya.

Tempat Wisata Kebun Raya Bogor

by Rinto Jiang

Kebun Raya Bogor atau sering dikenal dengan Kebun Botani Bogor ini adalah sebuah kebun botani yang paling besar yang terletak di Kota Bogor, luasnya mencapai 87 hektare dan memiliki 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan.

Koleksi Kebun Raya Bogor

Di kebun raya bogor ini juga terdapat banak sekali peristiwa peristiwa yang sangat langka. Salah satunya penanaman bunga bangkai di kebun raya bogor ini,

pada tanggal 19 desember tahun 1992 ditanamlah bunga bangkai jenis bunga amorphophalus titanium Becc.

Bunga ini berasal dari Muarat Aimat Jambi dengan berat 100 kg dan memiliki ketinggian 2 m. dan bunga ini juga merupakan bunga majemuk terbesar di dunia tumbuhan.

by Ahmadiar Batubara

Banyak para wisatawan yang penasaran dengan bunga bangkai yang sangat jarang ditemukan di berbagai kota,

padahal saat mendekati mekar akan mengeluarkan bau bangkai yang tidak mengenakan tetapi karena bunga ini sangat langka,

jadi penanaman bunga bangkai ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung untuuk mengunjungi wisata ini.

Selain bunga bangkai, disini juga terdapat penanaman tunas bunga, pada tanggal 5 februari tahun 1994 ditanami tunas bunga dan tingginya telah mencapai 1 meter,

dan semakin hari ketinggian tunas bunga ini akan semakin bertambah, karena tanaman ini termasuk langka, maka tanaman ini termasuk salah satu tanaman yang dilindungi dan dikembangbiakkan.

Tempat Menarik

Pada saat tanggal 16 Mei  tahun 2006 memperingati 189 tahun Kebun Raya Bogor dan saat itu kedutaan besar jerman meresmikan tugu peringatan reinwardt di dalam kompleks kebun tersebut. Museum ini juga terletak di seberang istana bogor.

Selain tanaman langka disini juga disediakan beberapa fasilitas yang sangat unik dan keren dan sangat cocok untuk semua dikalangan usia baik remaja anaka anak atau dewasa, dan wisata ini juga sangat pas sebagai wisata untuk menghabiskan waktu liburan kalian.

Dan wisata ini termasuk salah satu dianatara semua wisata yang ada di Bogor ini yang paling terkenal dan populer, di kalangan beberapa mancanegara,

jadi jika kalian sudah berada di Kota Bogor ini jangan sampai tidak mengunjungi tempa wisata Kebun Raya Bogor yang keren dan unik ini. Disini terdapat rumah kaca anggrek, toko tanaman dan cinderamata, dan grand garden café,

sangat menyenangkan bukan, sembari berkeliling menikmati keindahan pepohonan dan bunga bunga yang sangat cantik kalian bisa berwisata kuliner disini, dan juga bisa mengabadikan setiap moment di wisata ini.

Spot Kebun Raya Bogor

Di Kebun Raya Bogor juga terdapat beberapa spot atau tempat tempat keren yang memiliki cerita tersendiri di wisata ini, dijamin akan sangat menyenangkan sangat disayangkan jika anda berada di Kota Bogor ini tetapi tidak mengunjungi tempat wisata yang keren luas dan unik ini.

tempat wisata kebun raya bogor ini juga terdapat beberapa mitos yang terkenal di wisata ini salah satunya mitos putusnya hubungan di jembatan putus cinta,

tetapi disini juga ada pohon jodoh yang dipercaya dapat menyambung tali asmara antar dua pasang muda mudi. Dan di pohon ini banyak dikunjungi oleh remaja membawa teman atau kekasihnya masing masing, dan pohon ini memberikan kesan rindang hijau.

  1. Monumen Lady Raffles dan Danau Gunting

Monumen ini merupakan bangunan bercat putih yang memberikan kesan menarik pada setiap pengunjung yang datang mengunjungi wisata ini, dan monument ini disebabkan oleh sejarah dari seorang penjelajah asal Negara inggris yang saat itu menduduki nusantara.

Pada monument tersebut terlihat bagaimana melankolis bahkan terkesan sangat romantic yaitu sang jenderal Raffles yang sangat tangguh.

Masarakat lokal menamai monument tersebut yaitu cinta. Dimana bangunan tersebut dapat anda lihat saat memasuki pintu gerbang utama kebun raya.

Setelah mangabdikan moment di bangunan putih tersebut anda langsung saja ke danau gunting, danau ini memiliki keindahan yang sangat mempesona tetapi,

selain keindahanya di danau gunting ini juga terdapat cerita misteri tersendiri. Menurut cerita konon jika para pengunjung berada di sekitar danau gunting ini

saat malam hari maka mereka dapat melihat penampakan hantu noni noni belanda, lebih tepatnya di area pulau kecil tengah danau gunting.

Ada juga penampakan ular besar di sekitar wisata ini. Tetapi itu cerita mistis yang tersebar di kalangan wisata ini.

  1. Prasasti Reindwardt

Tidak jauh dari bangunan putih dan danau, kalian dapat melihat sebuah prasasti yang memiliki cerita sejarah yang berhubungan dengan kebun raya Bogor ini.

Menurut cerita keberadaan prasasti ini merupakan untuk mengenang Georg Kari Reindwardt yang merupakan pendiri Kebun Raya Bogor ini.

Setelah mengadikan moment di prasasti tersebut anda juga dapat melihat bangunan putih dan memiliki gaya arsitektur colonial Belanda yang begitu kental

ditambah denngan akses warna hijau yang mendominasi, yaitu istana bogor yang sangat gagah.

  1. Patung The Little Mermaid dan Patung Tangan Tuhan

Di sekitar wisata ini juga terdapat sebuah patung yang diberi nama the little mermaid. Patung itu sangat unik, yang memiliki bentuk dan wujud yang mirip dengan seorang gadis yang sedang termenung menatap air.

Menurut cerita nama patung tersebut merupakan bentuk dari replica dari patung di kopenhagen, cuman bedanya ukuran lebih kecil. Yaitu mengingatkan sesosok wanita yang sedang patah hati, dimana putrid duyung dibuat patah hati oleh pria tampan.

Disini para pengunjung juga bisa menikmati sebuah patung tangan tuhan atau the hand of god. Patung ini memiliki bentuk tangan yang sedang menjunjung laki laki

dengan kepala menengadah dan mulut terbuka. Sebuah patung yang berbentuk sangat unik, saying untuk dilewatkan sama dengan patung mermaid

patung ini juga memiliki sebuah replica yaitu dimana patung tersebut dari seorang anak didik seniman terkenal di Negara Prancis yakni Auguste Rodin.

Anak didik yang bernama Cari Milles dibuat menjadi replica patung yang diletakkan di istana bogor sejak 1963 dan menjadi salah satu penanda bahwa irian jaya bergabung dengan Negara Indonesia.

  1. Taman dan Tugu Teijsman

Taman ini memiliki sebuah tugu yang berbentuk sebuah tugu mesih yaitu Obelisk, taman ini memiliki panorama alam yang begitu indah dan sangat mennakjubkan,

ditambah dengan tugu ini menyajikan background pepohonan yang rindang dan sangat besar dan cantik,




sehingga memberikan kesan perpaduan sempurna, dan karna itu membuat para wisatawan dapat menikmati keindahan alam.

  1. Taman Meksiko Kebun Raya Bogor

Taman Meksiko ini Nampak cukup gersang, berbeda dengan taman lainnya yang Nampak hijau, ketika kalian memasuki taman ini yang pertama kali kalian rasakan adalah

taman ini sangat tandus dan gersang seperti berada di gurun. Tetapi walaupun gersang taman ini tetap saja ada angin sepoi sepoi yang memberikan kesejukan.

Di taman ini kalian dapat menyaksikan kurang lebih ratusan spesies tanaman sukulen. Bentuk tanaman ini beraneka ragam seperti berbentuk kerdil

dan juga memiliki tinggi hingga dua kali lipat dari tinggi manusia normal, fenomena itu memberikan kesan yang unik di taman meksiko ini.

Diberi taman meksiko karena disini terdapat tiga sosok bertopi khas meksiko yakni sombrero dan juga gitar. Dimana ketiga patung ini berdiri tepat pada salah satu sudut yang membuat cirri keunikan tersendiri.

  1. Pemakanan belanda Kuno

Zaman dulu Inggris memutuskan menyerahkan kebun raya kepada sekutu, oleh karena dsini terdapat sisa-sisa dari peninggalan Belanda.

Salah satu peninggalan itu adalah area pemakanan Belanda. Memang pemakaman ini terkesan menyeramkan dan juga terdapat pohon pohon bambo yang sangat rimbun dan kurang intensitas sinar matahari yang masuk, sehingga memberikan kesan menyeramkan.

  1. Jembatan Putus Cinta

Kugantungkan harapan pada-Mu

Ini merupakan spot terunik yaitu jembatan putus cinta. Jembatan ini berupa suspension bridge yaitu rangka bergantungan pada kawat tebal.

Jembatan ini memiliki warna merah yang merupakan warna khas Negara Belanda. Panjang jembatan ini mencapai 25 hingga 30 meter.




Sisi menarik lain dari jembatan ini adalah mitos menyebutkan bahwa terdapat banyak hubungan percintaan harus berakhir di tengah jalan setelah melewati jembatan tersebut.

  1. Museum Zoologi

Tidak hanyak menawarkan keindahan dan sejarahnya tapi disini juga disediakan sarana edukasi yang menarik, salah satunya museum zoology, museum ini merupakan dunia flora da fauna di Indonesia.

by Rinto Jiang

Meseum ini merupakan satu diantara semua museum yang menajikan beragam hewan. Fungsi museum ini untuk memberikan wawasan mengenai keragaman hayati di Indonesia.

Para pengunjung akan mendapatkan info mengenai jenis binatang hidup di Indonesia, seperti hewan hewan mamalia, serangga, hingga reptile.

Selain disini juga ada hewan pada masa lampau seperti patung rusa, hewan badak dengan ukuran asli hingga reptile ular dan binatang laut. Tercatat lebih dari 2.000 spesies binatang di museum zoology.

Dan di museum zoologi ini para pengunjung dapat mengajak anak anak dan mendapatkan ilmu pengetahuan yang bermanfaat. Terdapat satu ikon yang sangat unik

yaitu tulang tulang ikan paus dipercaya menjadi salah satu makhluk paling besar di seluruh dunia, tulang tulang ini masih utuh dan berada di ruang khusus.

  1. Taman Anggrek

Keindahan taman anggrek ini terdapat di setiap sudut dari kebun raha bogor yang dipenuhi berbagai bunga anggrek yang sangat indah. Panorama ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Di taman ini para pengunjung akan disuguhkan dengan pesona lebih dari 500 spesies bunga anggrek. Tanaman anggrek ini diambil dari hutan dan juga merupakan hasil kegiatan silang antar anggrek satu dengan lainnya.




Para wisatawan melihat keindahan dan juga pesona tanaman-tanaman anggrek yang bergelantungan di area dalam rumah. Hal tersebut memberikan daya tarik tersendiri untuk para pengunjung.

  1. Taman Astrid

Terdapat lagi taman yang sangat indah dan cantik yaitu taman astrid, nama astrid ini diambil dari nama seorang permaisuri Belgia, kecantikan dan keanggungan permaisuri begitu tersohor pada eranya.

Permaisuri astrid juga seorang ibunda dari raja Boudouin, kecantikan permaisuri itulah digambarkan dalam bentuk taman cantik yang tak kalah indah dan menarik.

Di sini para wisatawan akan menemukan taman yang penuh rerumputan hijau yang tebal dengan air mancur serta kolam bunga kana.

Lokasi Kebun Raya Bogor

by Sotoy Ayam

Bukan hal sulit untuk menemukan tempat wisata Kebun Raya Bogor, karena wisata ini berada di tengah kota sehingga membuat mudah dicapai dari arah mana saja.

Baik menggunakan kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi. Ditambah dengan banyaknya spot yang ada disini menambah rasa keinginan untuk mengunjungi wisata ini.

Apalagi dengan pesona keindahan yang ada disini yang sangat indah dan menakjubkan, dengan berbagai jenis taman yang ada disini yang memiliki panorama yang berbeda beda dari taman biasanya. Jadi tidak heran wisata ini selalu ramai disetiap harinya.

Destinasi Kebun raya Bogor
Alamat Jl. Ir. H. Juanda No.13, Paledang
Kota/Kecamatan Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16122
No. Telepon
Jam Buka Senin – Minggu/ 08.00-17.00
Wahana Taman




tetapi untuk beberapa tempat memiliki jam buka sendiri sendiri yaa dan tergantung pihak pengelola wisata. Kebun Raya Bogori sangat pas untuk kalian yang ingin menghabiskan waktu liburan

untuk mengunjungi wisata ini, bersama keluarga, teman teman atau sahabat kalian atau keluarga dekat kalian, pastinya akan sangat menyenangkan.

Ditambah dengan pesona keindahan yang sangat menakjubkan yang membuat wisata ini semakin lengkap, banyak para wisatawan yang mengunjungi wisata ini untuk menikmati berbagai spot dan juga menikmati tanaman langka yang ada disini.

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Bogor

Harga Tiket masuk wisata ini sangat terjangka dan tidak menguras kantong hanya Rp 15.000 per orang. Tetapi harga wisata ini mungkin akan berubah di setiap waktunya,




Harga tersebut belum termasuk dengan berbagai tempat yang ada di wisata ini. Dengan harga yang sangat terjangkau,

anda sudah menikmati keindahan yang sangat mempesona dan sangat menakjubkan. Jadi anda juga dapat mengabadikan moment tersebut, di setiap sudut di wisata ini yang sangat unik dan keren.

Fasilitas Kebun Raya Bogor

Selain keindahan, lokasi, harga tiket masuk dan berbagai tempat yang ada disini rasanya tidak lengkap apabila tidak ada faislitasnya, di Kebun Raya Bogor terdapat beberapa fasilitas yang memadai dan mendukung wisata ini apa saja fasilitasnya:

  • Tempat parkir
  • Mushola atau tempat ibadah
  • Tempat makan atau café
  • Taman
  • Spot Foto
  • Toilet
  • Souvenir
  • Dan masih banyak lagi yang lainna

Saat kalian mengunjungi wisata ini dijamin akan sangat membahagiakan, karna wisata ini termasuk wisata yang sangat lengkap karna banyak sekali keindahan panoramannya, dan banyak juga flora dan fauna yang ada disini.