Kawah Sikidang Destinasi Wajib Dikiunjungi Saat Di Dieng Banjarnegara

0
412
Kawah Sikidang Dieng Banjarnegara
Kawah Sikidang Dieng Banjarnegara

Kawah Sikidang Dieng Banjarnegara

 Dataran tinggi dieng ini terbentuk dari letusan gunung prau yang memang telah lama dijadikan sebagai tempat wisata. Ada banyak objek wisata di kawasan ini. Salah satunya yang paling terkenal adalah kawah sikidang.

Setiap hari di lokasi ini selalu dijumpai puluhan hingga ratusan wisatawan yang berjejer menunggu giliran untuk melihat aktivitas vulkanisnya.  Jadi, tidak heran banyak sekali pengunjung mancanegara yang datang ke Dieng ini.  Sekaligus mengunjungi wisata ini.

Tempat wisata ini juga cocok saat usia remaja menuju ke kedewasaan tapi tidak dengan bayi atau anak kecil yaa, karena wisata ini berbahaya dengan sulfur dan belerang tapi jika kalian penasaran, kalian bisa mengajak keluarga, sahabat atau kerabat dekat anda untuk menghabiskan waktu liburan anda disini.

by Ns Music

Dengan berbagai fasilitas dijamin anda tidak akan bosan dengan wisata ini. Selain itu pemandangan disini  sangat indah disini juga terdapat spot foto yang cantik dan menarik. Kalian bisa mengabadikan moment tersebut dan langsung saja kalian posting di media social kalian.

Destinasi Wisata Kawah Sikidang Dieng Banjarnegara

Dibawah ini saya akan membahas tentang lokasi, harga tiket, fasilitas dan lain lain Kawah Sikidang. Mungkin dengan ini akan memudahkan anda para traveler yang ingin mengunjungi wisata ini

by Arna Husain

Kawah Sikidang Dieng yang berada di banjarnegara ini merupakan salah satu tempat wisata yang paling populer di kalangan masyarakat sekitar atau luar kota, meski tergolong aktivitas yang berbahaya, tetapi wisata ini banyak diminati oleh banyak orang.

Pengalaman melihat langsung aktivitas kawah ketika menyemburkan uang gas dengan kabut putih pekat, merupakan pengalaman yang sangat berharga apabila anda lewatkan.

Keunikan Kawah Sikidang

Kawah Sikidang adalah salah satu objek wisata unggulan di kawasan wisata dataran tinggi dieng. Kawah sikidang ini juga memiliki keunikan tersendiri yaitu kolam kawahnya bisa berpindah-pindah tempat.

by Ani Fafah

4 tahun sekali kolam kawah akan berpinda dari titik satu ke titik lainnya dalam satu area. Fenomena perpindahan ini yang kemudian menjadi awal mula pemberian nama Sikidang. Kolam kawahnya yang sering berpindah tempat, identik dengan sifat kijang yang suka melompat-lompat.




Di kawah sikidang ini memiliki tingginya sulfur dan belerang, tanah di sekitarnya akan Nampak berwarna putih dan indra penciuman anda akan dipenuhi dengan bau belerang.

Karena ituu jika anda mengunjungi wisata ini anda harus memakai masker dan dianjurkan supaya anda tidak melepaskan masker di wisata ini agar terhindar dari bahaya gas beracun serta untuk mengurangi bau belerang tersebut.

Selain itu anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas disini seperti hunting foto, karena wisata ini memiliki batu batu yang putih itu bisa dijadikan spot foto yang menarik dan langsung kalian post di sosmed masing masing kalian.

Anda juga bisa mengambil foto dari berbagai sudut untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan anda. Disini juga ada burung hantu yang disewakan. Hanya dengan merogoh beberapa ribu rupiah saja, hewan langka tersebut bisa berfoto dengan anda.

Atau anda juga bisa menikmati sajian telur rebus ala kawah sikidang, di sekitar objek ini anda bisa membeli telur mentah, kemudian merebusnya langsung di mata air panas. Dari aktivitas ini anda dapat membuktikan sendiri betapa panasnya air yang dihasilkan di kawah ini.

Bagi anda yang suka berkuda, disini juga ada fasilitas berkuda, dengan itu anda bisa menjelajahi lokasi sekitar kawah dengan menunggangi kuda.

Misteri Kawah Sikidang Dieng

Lokasi kawah sikidang dieng juga sangat dekat dengan kompleks candi arjuna jadi jika anda mengunjungi wisata ini langsung saja mengunjungi ke kompleks candi arjuna sekaliguss.

Pada zaman dahulu bermula ketika tersebarnya kabar tentang keberadaan sorang putri yang sangat cantik bernama Shinta Dewi. Shinta Dewi ini sangat dikagumi oleh para pengeran dan juga diperebutkan.

Para pangeranpun bergantian melamar kepada sang putri, tapii selalu dibalas dengan penolakan. Shinta Dewi ternyata menolak semua lamaran karena menganggap mahar semua pelamar tidak sesuai dengan permintaannya.

Terdapat salah satu pangeran yang awalnya tidak tertari untuk memperebutkan sang putri yaitu Pangeran Kidang, tapi mendengar kabar tersebut, dengan penuh keyakinan dan melimpahnya harta yang dimilikinya, ia pun mencoba mengirim lamaran kepada sang putri.

by agus subandar

Berbeda dengan lamaran-lamaran yang sebelumnya yang selalu di tolak, pangeran kidang ternyata diterima dengan penuh kegembiraan oleh Shinta Dewi, terbayang dalam benaknya harta berlimpah dan ketampanan sang pangeran.

Pertemuan Pangeran

Tibalah waktunya pertemuan antara pangeran kidang dan shinta dewi, tapi sang putri terkejut ketika mengetahui bahwa pangeran yang disangakanya memiliki wajah tampan itu ternyata memiliki waja yang aneh.

Tubuhnya memang selayaknya manusia tetapi kepalanya berbentuk seperti kepala kijang. Putri Shinta Dewi pun bingung dan segera mencari akal agar bisa membatalkan pernikahannya dengan sang pangeran.

by agus subandar

Setelah berfikir, ia pun meminta syarat kepada pangeran kijang agar dibuatkan sumur. Dan Sumur tersebut harus dibuat sendiri oleh sang pangeran dan harus selesai dalam waktu satu hari. Tanpa berfikir panjang lagi, pangeran kijang pun  langsung melakukan penggalian sumur tersebut.

Tidak pernah diduga, ternyata sebelum sumur tersebut selesai dalam masa penggalian, Shinta Dewi menyuruh beberapa para penduduk untuk menguruk pangeran kijang di sumur tersebut. Pangeran kijang pun akhirnya terkubur bersama mimpinya untuk memper istri Shinta Dewi.

by agus subandar

Namun tak lama setelah itu, karena amarah sang pangeran kijang, lubang sumur yang telah digalinya dan sekaligus menjadi kuburnya itu berubah menjadi kawah yang sekarang dikenal dengan nama Sikidang.

Itulah kisah legenda yang dipercayai masyarakat sekitar mengenai asal muasal terbentuknya kawah sikidang.

Lokasi Kawah Sikidang Dieng

Lokasi Wisata Kawah Sikidang Dieng ini sangat mudah dicari karna bukit ini sangat populer. Kalian bisa menggunakan transportasi umum atau pribadi saat mengunjungi wisata ini.

Ketika anda sudah memasuki kawasan pintu masuk, maka para pengunjung hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 1 Km untuk sampai di lokasi ini.

Destinasi Bukit Sikunir Dieng
Alamat Bakal Buntu, Dieng Kulon, Batur, 
Kota/Kecamatan Banjarnegara, Jawa Tengah 53456
No. Telepon
Jam Buka Senin- Minggu / 07.00 – 17.00
Wahana Kawah, Pemandangan Alam




Di sekitar lokasi ini anda tidak akan menemukan rerumputan ataupun tumbuhan hijau, meski begitu kawah sikidang ini memiliki luasnya bentangan kolam kawah beserta aktivitas vulkanisnya terlihat begitu sempurna dan menarik.

Sangat disayangkan jika anda berada di Dieng ini tetapi tidak mengunjungi wisata yang terkenal dan populer ini Karena lokasi ini berada di dataran tinggi jadi anda akan disuguhkan  dengan pemandangan yang sangat indah dan mempesona ini.

Harga Tiket Masuk Kawah Sikidang

by pawiro 48

Kawasan tempat wisata Kawah Sikidang Dieng sangat cocok bagi anda yang suka dengan wisata ini dan bisa menjadi salah satu pilihan ketika musim liburan datang. Apalagi dengan biaya tiket yang cukup terjangkau.

Untuk harga tiket masuk ini sangat terjangkauu hanya Rp. 10.000 per orangnya. Tapi tidak termasuk dengan bebrapa fasilitas yang ada disini yaa.

Harga akan berubah setiap waktu yaa tergantung wisata Kawah Sikidang Dieng sendiri dan tergantung hari weekday atau weekend saat kalian mengunjungi wisata ini.

Tapi dengan harga yang terbilang cukup murah  anda akan melihat pengalaman secara langsung vulkanis sulfur dan belerang secara lngsung ditambah dengan  pemandangan yang indah karna wisata ini berada di dataran tinggi yang membuat hawa hawanya menjadi tenang dan sejuk.




Disini juga terdapat beberapa fasilitas  spot foto , jadi anda harus mengabadikan foto kalian dengan berbagai spot foto yang ada didalamnya.

Fasilitas Kawah Sikidang

by Deni Maulana Buang

Selain lokasi, harga tiket masuk, bahkan banyaknya pemandangan di sekitar kawasan tempat wisata kawah sikidang dieng juga  terdapat beberapa fasilitas yang mendukung dan memadai  akan wisata ini, seperti ;

  • Tempat parkir
  • Tempat ibadah
  • Kamar mandi
  • Spot foto
  • Tempat makanan atau warung makan
  • Tempat jajanan
  • Toko khas oleh oleh Dieng
  • Berkuda
  • Spot foto dengan burung hantu
  • Dan masih banyak yang lainnya

Sangat sangat menarik banyak bukan mulai dari sejarahnya, pemandangannya, pengalamannya  yang  unik dan menarik.

Jika kalian mengunjungi wisata ini dijamin tidak akan rugi. Saya sarankan juga jika anda ingin berkunjung kesini saat weekday atau hari biasa supaya tidak terlalu ramai dan padat.