Melihat Pemandangan Dieng Di Batu Pandang Ratapan Angin

0
28
Batu Pandang Ratapan Angin Dieng
Batu Pandang Ratapan Angin Dieng

Batu Pandang Ratapan Angin Dieng Wonosobo

Dari Kota Semarang, Kota Solo sekarang kita beralih ke Kota Dieng Wonosobo. Siapa yang tidak kenal dengan Kota Dieng Wonosobo. Kota yang terkenal akan tempat wisata yang telah menjadi primadona wisatawan yang ingin merasakan sensasi berlibur dengan suasana pegunungan yang asri, sejuk dan alami.

Kota Dieng sendiri merupakan tempat dengan bekas gunung vulkanik puba yang sudah tidak aktif. Sebagian besar merupakan bekas letusan gunung yang meninggalkan bukit-bukit, bebatuan menonjol hingga tempat lainnya.

Salah satu bukti adanya peninggalan aktivitas vulkanik purba diantaranya ada tebing batu, bukit ratapan angina tau batu pandang dan masih banyak yang lainnya.  Dan bukit ratapan angin ini salah satu peninggalan aktivitas tersebut.

Batu Pandang Ratapan Angin Dieng Wonosobo

Salah satu tempat wisata yang menyuguhkan pesona keindahan alamnya adalah Batu Pandang Ratapan Angin. Wisata ini terkenal akan  keindahan yang ada disini. Karena di tempat ini anda akan dapat melihat keindahan Telaga Warna Dieng dari atas bukit batu.

by Mardiyono Ramelan

Tempat wisata ini juga sangat pas untuk anda yang ingin melepas penat dari hiruk pikuk perkotaan.  Sangat disayangkan jika anda berada di DIeng ini tetapi tidak mengunjungi wisata ini.  Jika anda mengunjungi wisata ini anda akan disuguhi pemandangan yang sangat luar biasa indah.

Tempat wisata ini sangat pas dikalangan usia, jadi bagi anda yang ingin berlibur, atau ingin berkumpul kumpul bersama keluarga, sahabat, pasangan atau kerabat dekat lainnya kalian bisa mengunjungi wisata ini. Sembari menikmati keindahan sekitar sini yang menambah kesan wahh pada wisata ini.

Keindahan Batu Ratapan Angin

Batu Pandang Ratapan Angin ini merupakan destinasi tempat wisata yang termasuk dalam kawasan Dataran Tinggi Dieng.  Karena itu wisata ini menyuguhkan hawa-hawa segar, sejuk dan alami. Ditambah dengan keindahan yang sangat mempesona di sekitar wisata ini.

Batu Pandang ini berada di ketinggian 2010 mdpl, dengan menyuguhkan pemandangan alam istimewa untuk dipandang.  Anda bisa duduk santai sembari menikmati ketinggian yang sangat indah di tempat wisata ini.

Wisata ini menghadap ke pemandangan indah ditambah dengan hembusan angin yang terkadang menimbulkan bunyi, rasanya sangat pas untuk menenangkan diri, karena itulah batu ini disebut batu ratapan angin.

by Ikhsan Gio

Dulu, objek wisata ini belum banyak mendapat perhatian para pengunjung wisata Dieng. Namun, seiring berjalannya waktu tempat wisata ini menjadi destinasi favorit karena wisata ini menawarkan tempat refreshing yang sangat berbeda.

Batu Pandang Ratapan Angin ini merupakan sebuah tempat wisata alam yang wajib kamu kunjungi saat datang ke Dieng ini.  Batu Pandang ini memiliki keindahan yang sangat membuat kita membelalakan mata saat melihatnya.

Tapi selain keindahan panoramanya, Batu Pandang ini juga merupakan destinasi wisata sejuk, segar dan alami  dan Batu Pandang ini juga merupakan salah satu tempat wisata yang terkenal dan populer di kalangan mancanegara. Maka dari itu kalian yang ingin menghabiskan waktu liburan kalian datanglah ke wisata ini.

by Mardiyono Ramelan

Di tempat wisata ini kalian bisa melakukan berbagai aktivitas disini seperti jalan-jalan atau duduk santai sembari menikmati ketinggian batu pandang  sangat sejuk dan alami untuk menyegarkan hati dan pikiran.

Pastinya Batu Pandang ini memiliki panorama yang tiada duanya yang akan membuat kalian betah berlama-lama disini.

Sejarah dan Mitos Batu Pandang Ratapan Angin

by Muda firmansyah

Selain keindahan yang sangat mempesona di wisata ini juga ada sejarahnya juga lhoo. Batu ini juga disebut batu pandang dieng atau batu pandang telaga warna.

Sebenarnya diwisata ini berupa dua batu bertumpukan berada di atas bukit yang terletak di kawasan telaga warna. Dari namanya mungkin terdengar sedikit aneh dan menyimpan misteri.

Konon, dulunya di tempat ini hidup pangeran tampan bersama istrinya yang cantuk jelita. Mereka hidup, rukun sampai suatu saat ada cobaan yakni hadirnya orang ketiga yang menggoda sang istri. Lama-kelamaan sang istripun goyah, dan dia mulai berpaling dari sang pangeran dan selingkuh.

Sampai akhirnya sang pangeran mengetahui perselingkuhan antara istrinya dengan orang ketiga tersebut. Pangeran sangat marah sekali dan pangeran berkelahi dengan orang ketiga itu.

Karena sang pangeran sangat marah kepada sang istri,  dengan kesaktiannya yang dimilikinya sang pangeran mengutuk istrinya menjadi batu tertunduk.

Sementara orang ketiga dikutuk menjadi batu berdiiri. Setelah itu pangeran kerap berkunjung ke tempat ini.




Hembusan angin kencang menembus bebatuan yang menimbulkan bunyi diyakini masyarakat sebagai ratapan kesedihan dan penyesalan istri pangeran. Itulah kisah dibalik keindahan batu pandang ratapan angin yang sanagt unik dan menarik.

Lokasi Batu Pandang Ratapan Angin

by Muda firmansyah

Lokasi Batu Pandang Ratapan Angin ini berada di atas telaga warna dimana tempat ini merupakan spot terbaik menikmati keindahan telaga dari atas.

Seluruh lokasi telaga dapat dilihat dengan jelas dari tempat wisata ini. Disini kita bisa merasakan keindahan tempat ini sambil menikmati hangatnya makanan yang dijual di sekitar tempat wisata ini.

Untuk mengunjungi wisata ini juga sangat mudah anda bisa menggunakan kendaraan umum atau transportasi pribadi. Sebelum sampai di tempat wisata kalian harus merasakan lika liku perjalanan yang sangat mengesankan.

Tapi setelah anda sampai di atas batu pandang ratapan angin ini dijamin anda akan menganga dibuatnya.

Destinasi Batu Pandang Ratapan Angin
Alamat Theater, Jl. Raya Dieng, 
Kota/Kecamatan Dieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56354
No. Telepon
Jam Buka Senin- Minggu / 06.00 – 17.30
Wahana Telaga, Danau, Pemandangan Alam




Bagi kalian pecinta tempat wisata yang menyatu dengan alam wisata ini sangat pas bagi anda.

Wisata Ini juga sangat cocok untuk rekreasi bersama keluarga atau anda ingin berkumpul, bercanda tawa ria, atau melakukan aktivitas lainnya.

Ditambah dengan pemadangan sekitar yang sangat menakjubkan membuat kalian betah berlama-lama disini.

Jadi jika kalian bingung ingin menghabiskan liburan anda, kalian harus mengunjungi wisata ini. Dan tentunya memberikan sensasi berbeda dari biasanya.

Harga Tiket Masuk Batu Pandang Ratapan Angin

Untuk harga tiket masuk ini sangatlah murah dan tidak menguras kantong hanya Rp 10.000 Tapi harga tiket masuk bisa sewaktu-waktu berubah yaak tergantung hari weekday (hari biasa) atau hari libur nasional (libur panjang).

Tapi dengan harga yang sangat murah anda sudah bisa menikmati keindahan Batu Pandang Ratapan Angin ini yang sangat mempesona dan menakjubkan ditambah dengan keindahan telaga warna,

pepohonan hijau dan semak belukar  menambah kesan mewah di wisata ini.  Dan harga tiket tersebut juga sudah termasuk dengan wahana permainan yang ingin kalian mainkan disini.




Batu Pandang  ini juga merupakan salah satu wisata terrfavorit di Dieng   ini karna harga yang murah tapi kita bisa menikmati keindahan Batu dari atas ketinggian dan keindahan di sekitarnya,

atau jika kalian ingin mempotret juga bisa seperti selfie selfie kekinian dan langsung upload di ig atau sosmed yang lainnya atau untuk foto prewedding juga bisa.

Daya Tarik Batu Ratapan Angin

by Merapi Aman

Kedua batu tersebut berada di tempat yang tinggi dengan dikelilingi pepohonan dan semak belukar. Udaranya yang sangat sejuk karena hembusan angin yang cukup besar, tak hehran kalau menghasilkan gemersik halus bagaikan ratapan dan siulan.

Ketika diatas batu, kamu akan melihat gambaran alam yang memukau, dimana telaga bersanding dengan telaga pengilon dan berlatarkan area perbukitan serta pegunungan yang hijau,

sungguh panorama alam yang sangat langka, sungguh sangat memanjakan mata. Belum lagi udaranya yang sangat sejuk bisa mendamaikan batin dan menghilangkan stress.

Bagi kalian pecinta fotografi, kawasan ini dapat menjadi tujuan terbaik untuk mengabadikan gambaran alam baik untuk seni, selfie atau prewedding.

Kalau kalian ingin lebihh puas lagi, cobalah kalian menyusuri jembatan merah putih yang menghubungkan antara dua bukit dekat batu pandang.

Fasilitas  Batu Pandang Ratapan Angin

Selain Batu Pandang ratapan angin dan keindahan pepohonan di Wisata ini juga  memiliki wahana permainan yang sangat cocok untuk anak-anak.

by Rohman Setiawan

Apa saja wahana permainannya . Berikut dibawah ini terdapat beberapa wahana permainan yang sangat cocok untuk anak-anak:




  • Flying fox
  • Ayunan
  • Camping ground
  • Dan masih banyak yang lainnya

Wahana permainan tersebut sangat cocok bagi anak-anak bukan. Jadi bagi kalian yang ingin menghabiskan liburan anda bersama anak-anak anda

dengan wisata alam ditambah wahana tersebut ada juga pemandangan batu pandang yang sangat indah dan mempesona. Wisata ini sangat pas untuk anda

by Rohman Setiawan

Fasilitas yang lain juga ada:

  • Tempat parkir
  • Tempat ibadah
  • Kamar mandi
  • Spot foto
  • Tempat Makan
  • Dan masih banyak yang lainnya

Sangat sangat menyenangkan bukan kalian bisa melakukan berbagai aktivitas disini dengan hati yang tenang dan damai ditambah sejuknya batu pandang ratapan angin dan pepohonan yang rindang.

Jika kalian mengunjungi wisata ini dijamin tidak akan rugi malahan kalian akan betah berlama-lama disini.