Wow, Melihat Indahnya Gunung Tangkuban Perahu Dari Dekat

0
297
Destinasi Tempat Wisata Gunung Tangkuban Perahu
Destinasi Tempat Wisata Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu Bandung

Kabupaten Bandung Jawa Barat ini merupakan salah satu daerah yang terkenal akan tempat wisata yang sangat menakjubkan, unik dan menarik salah satunya yaitu tempat wisata Gunung Tangkuban Perahu. Gunung Tangkuban Perahu ini memiliki legenda yang sangat unik. Dan legenda ini juga sudah sangat terkenal dikalangan mancanegara.

Selain legendanya, pemandangan di sini juga sangat mempesona, dan tidak kalah dengan tempat wisata yang lain yang ada di Bandung ini, itu yang menjadi daya tarik para wisatawan lokal maupun mancanegara untuk mengunjungi wisata ini.

Tempat wisata ini juga sangat cocok diakalangan usia apalagi anak-anak, jika kalian mengunjungi wisata ini kalian akan berlibur dan juga bisa langsung mengetahui legenda yang terkenal yang ada disini.

by amalia ahmad

jadi kalian bisa mengajak keluarga, sahabat atau kerabat dekat anda untuk menghabiskan waktu liburan anda disini.

Kalian bisa melakukan berbagai aktivitas disini seperti melakukan pendakian bersama teman, keluarga, atau sahabat anda, jalan-jalan, duduk santai sembari menikmati keindahan sekitar yang merupakan hamparan hutan, sawah atau ladang ini.

Ditambah dengan berbagai fasilitas dijamin anda tidak akan bosan dengan wisata ini. Selain itu pemandangan disini  sangat indah dan menakjubkan disini juga terdapat spot foto yang cantik dan menarik.

Kalian bisa mengabadikan moment tersebut dan langsung saja kalian posting di media social kalian.

Destinasi Tempat Wisata Gunung Tangkuban Perahu

by amalia ahmad

Gunung Tangkuban perahu ini merupakan gunung aktif dan tercatat pada tahun 2013 kemaren terjadu letusan gunung. Tapi gunung ini masih relative aman untuk dikunjungi.

Beberapa tanda aktifnya gunung ini adalah adanya gas belerang dan juga sumber air panas yang mengalir di kaki gunung. Jika kalian ingin mengunjungi wisata ini disarankan membawa masker untuk menghindari bau gas belerang yang tajam

Keindahan Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu memiliki ketinggian 2.084 di atas permukaan laut. Suhu di gunung ini sangat dingin yaitu 17 derajat celcius pada saat siang hari, kebayangkan apalagi saat malam hari pasti akan sangat dingin yaitu 2 derajat.

by I.R. S.

Karena suhunya yang sangat dingin, pada saat mengunjungi wisata ini jangan lupa untuk membawa sweater atau jaket.

Keunikan Tempat wisata ini yaitu puncak Gunung Tangkuban Perahu ini berbentuk memanjang dan mirip seperti perahu terbalik, bukan seperti gunung berapi kebanyakan yang akan berbentuk menonjol,.

Pada Lereng gunung juga terdapat hamparan perkebunan the yang membuat anda ingin menikmati keindahannya.

Tempat wisata ini juga sangat terkenal sebagai tempat untuk foto prewedding, terbayangkan bagaimana keindahannya yang sangat mempesona ini.

Di sekitar wisata ini juga terdapat tempat penginapan, jadi tempat wisata ini sangat pas bagi anda yang ingin menghabiskan waktu liburan anda untuk mengunjungi wisata ini.

Kawah Gunung

Di sekitar tempat wisata ini juga terdapat tiga kawah. Kawah ini disebabkan karna letusan gunung tangkuban perahu. Yaitu terdapat kawah ratu, kawah upas, dan kawah damas.

Yang pertama Kawah Ratu Kawah Ratu




ini merupakan kawah tersesar dari ketiga kawah yang paling terkenal di gunung tangkuban perahu. Tapi untuk melihat kawah ratu ini kalian hanya diperbolehkan melihat dari kejauhan dan dibatasi pagar kayu.

Kawah ini memiliki pemandangan yang sangat cantik. Tanah di sekitar tanah ini umumnya berwarna putih dengan batu-batu berwarna kekuningan karena kandungan belerang.

Yang kedua yaitu Kawah Upas.

Kawah upas ini berada di sebelah kawah ratu, mungkin kawah upas ini lebih kecil dan dangkal dari pada kawah ratu tapi keindahan batu batu putih dan sekitarnya pastinya tidak kalah dengan kawah ratu.

Yang ketiga yaitu Kawah Domas.

Kawah ini berada di dataran yang lebih rendah lagi dari kawah ratu. Di kawah domas ini anda akan dapat melihat lebih dekat , bahkan anda juga bisa melakukan pengujian panasnya kawah dengan merebus telur disini.

Legenda Gunung Tangkuban Perahu

Destinasi Tempat Wisata Gunung Tangkuban Perahu
Destinasi Tempat Wisata Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu ini memiliki sebuah cerita yang dipercaya asal usul terbentuknya gunung tangkuban perahu yaitu cerita sangkuriang dan dayang sumbi yang tentunya sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar orang.

Pada zaman dulu, terdapat seorang perempuan yang sangat cantik jelita yang bernama Dayang Sumbi. Kecantikannya sudah diketahui banyak orang. Dayang Sumbi ini hidup berdua dengan anaknya yang bernama Sangkuriang di sebuah hutan belantara.

Cerita Sangkuriang

Dayang Sumbi sangat menyayangi Sangkuriang dan mereka hidup bahagia bersama dengan seekor anjing kesayangannya, yang bernama Si Tumang, tapi ternayat anjing tersebut sebenarnya adalah ayah sangkuriang sendiri.

Suatu hari, Sangkuriang membuat sebuah kesalahan, Sangkuriang pergi berburu- rusa bersama Si Tumang. Sampai sore hari, Sangkuriang tidak mendapatkan seekor pun  rusa, Sangkuriang takut akan mengecewakan ibunya.

Akhirnya ia, memutuskan untuk membunuh Si Tumang dan membawa dagingnya pulang ke rumah. Di rumah, Dayang Sumbi segera memasak daging yang dibawa anaknya pulang, Setelah makan, barulah dayang sumbi menyadari ketidakberadaan si Tumang.

Sangkuriang akhirnya mengaku bahwa daging yang mereka makan adalah si Tumang. Dayang Sumbi luar biasa marah pada Sangkuriang. Ia melemparkan sebuah batu sampai mengenai kepala anaknya dan mengusirnya pergi dari rumah.

Dayang Sumbi kemudian menyesal telah mengusir anak kesayangannya. Kemudai ia berdoa agar diberi umur yang panjang dan awet muda agar bisa bertemu kembali dengan anaknya. Setelah beberapa tahun mereka berdua bertemu kembali.

Dayang Sumbi masih muda dan semakin cantik, sedangkan Sangkuriang telah tumbuh dewasa dan tampan. Singkat cerita akhirnya mereka berdua saling jatuh cinta.




Terbentuknya Gunung

Pada suatu hari Sangkuriang menyatakan ingin menikahi Dayang Sumbi. Di saat yang sama, perempuan itu melihat bekas luka kepala Sangkuriang dan menyadari bahwa ia adalah anaknya yang telah lama pergi. Dayang Sumbi kemudian mencari cara agar mereka tidak jadi menikah.

by Muhamad Nova

Setelah menemukan petunjuk, Dayang Sumbi kemudian mengajukan persyaratan kepada Sangkurang, yaitu pemuda itu harus bisa membuat danau dan perahu dalam semalam agar keesokan harinya mereka bisa mengelilingi danau tersebut.

Menjelang pagi, danau dan perahu yang dibuat Sangkuriang hampir selesai. Dayang Sumbi pun khawatir dan berdoa agar matahaari segera terbit. Doanya pun terkabul matahari terbit dan Sangkuriang belum menyelesaikan perahunya karena marah,

Sangkuriang menendang perahu setengah jadi tersebut ke tengah danau, perahu mendarat dalam posisi terbalik. Perahu itulah yang kemudian dinamakan Gunung Tangkuban Perahu.

Lokasi  Gunung Tangkuban Perahu

by Muhamad Nova

Lokasi Wisata Gunung Tangkuban Perahu ini sangat mudah dicari karna wisata ini sangat populer. Kalian bisa menggunakan transportasi umum atau pribadi saat mengunjungi wisata ini.

Tentunya kalian harus melewati dulu lika liku perjalanan, tapii setelah anda melewati itu semua sesampainya di atas nanti anda akan disuguhi pemandangan gunung tangkuban perahu dan pepohonan hijau rindang yang indah dan menakjubkan. Dijamin anda akan betah berlama-lama di wisata ini.

Destinasi Gunung Tangkuban Perahu
Alamat Cikahuripan
Kota/Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
No. Telepon
Jam Buka Senin- Minggu / 07.00-17.00
Wahana Gunung, Kawah, Pemandangan Alam




Bagi kalian pecinta tempat wisata yang menyatu dengan alam dan unik tempat ini sangat pas untuk anda. Wisata Ini juga sangat pas untuk rekreasi bersama keluarga atau anda ingin berkumpul, bercanda tawa ria, atau melakukan aktivitas lainnya.

Sangat disayangkan jika anda berada di Kota Bandung ini tetapi tidak mengunjungi wisata yang terkenal dan populer ini ditambah dengan pemandangan yang sangat indah dan mempesona ini.

Harga Tiket Masuk Gunung Tangkuban Perahu

Kawasan tempat wisata gunung tangkuban perahu ini sangat cocok bagi anda yang suka dengan pemandangan dari ketinggian. dan wisata ini bisa menjadi salah satu pilihan ketika musim liburan datang. Apalagi dengan biaya tiket yang cukup terjangkau.

by Muhamad Nova

Untuk harga tiket masuk ini sangat terjangkauu hanya Rp. 15.000 per orangnya  Tapiii harga akan berubah setiap waktu yaa tergantung wisata cemoro kandang sendiri dan tergantung hari weekday atau weekend saat kalian mengunjungi wisata ini.

Tapi dengan harga yang terbilang cukup murah  anda akan disuguhin pemandangan yang indah dengan background gunung tangkuban perahu yang membuat hawa hawanya menjadi tenang dan sejuk.




Disini juga terdapat beberapa fasilitas  spot foto , jadi anda harus mengabadikan foto kalian dengan berbagai spot foto yang ada didalamnya.

Fasilitas Gunung Tangkuban Perahu

by Muhamad Nova

Selain lokasi, harga tiket masuk, bahkan banyaknya pemandangan di sekitar wisata ini disini juga  terdapat beberapa fasilitas yang mendukung dan memadai  akan wisata ini, seperti ;

  • Tempat parkir
  • Tempat ibadah
  • Kamar mandi
  • Spot foto
  • Sewa Kendaraan
  • Tempat makanan atau warung makan
  • Tempat jajanan
  • Dan masih banyak yang lainnya

Di sekital tempat wisata ini terdapat banyak toko kecil yang menjual berbagai souvenir seperti, topi, syal, sarung tangan, masker dan juga berbagai kerajinan dari kayu lainnya.

Tidak hanya itu disini juga terdapat warung makan yang menjual mie rebus dan teh hangat. Sangat nikmat bukan, sembari makan dan minum anda disuguhkan dengan pemandangan dataran tinggu gunung tangkuban perahu yang sangat menakjubkan.

Sangat sangat menarik banyak bukan mulai dari legendanya, pemandangannya, gunung yang berbentuk seperti perahu terbalik. Jika kalian mengunjungi wisata ini dijamin tidak akan rugi.

Malahan kalian akan bersenang senang berada disini. Saya sarankan juga jika anda ingin berkunjung kesini saat weekday atau hari biasa supaya tidak terlalu ramai dan padat.