Ini Dia Keseruan Yang Di Tawarkan Gembira Loka Zoo Jogja

0
582
Kebun BInatang Gembira Loka Zoo Jogja
Kebun BInatang Gembira Loka Zoo Jogja

Kebun Binatang Gembira Loka Zoo Jogja

Gembira loka zoo atau yang lebih kita kenal kebun binatang gembira loka merupakan salah satu kebun binatang terbesar di Indonesia, di sini memiliki banyak sekali koleksi jenis – jenis hewan mulai dari hewan lokal, asia, afrika, dan ameriak

destinasi yang satu ini bisa di katakan sangat cocok sekali dikunjungi untuk liburan bersama keluarga, teman, anak-anak, atau rombongan. selain liburan tentunya saat berkunjung di sini akan menambah ilmu pengetahuan, berlibur sekaligus belajar.

lokasinya luas, asri dan rindang gembira loka zoo tidak hanya melihat binatang, tetapi banyak kegiatan maupun wahana yang di tawarkan cukup beragam, bisa menambah keseruan selama berlibur

Kebun Binatang Gembira Loka Zoo

Kebun BInatang Gembira Loka Zoo Jogja
Kebun BInatang Gembira Loka Zoo Jogja

Pembangunana Kebun Binatang Gembira Loka

Awal mulanya pembangunan Kebun Raya dan Kebun Binatang Gembira Loka berasal dari keinginan Sri Sultan Hamengku Buwono VIII pada tahun 1933 akan sebuah tempat hiburan, yang di kemudian hari dinamakan Kebun Rojo.

Ide tersebut direalisasikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX dengan bantuan Ir. Karsten, seorang arsitekberkebangsaan Belanda. Ir. Karsten kemudian memilih lokasi disebelah barat sungai Winongo,

karena dianggap sebagai tempat paling ideal untuk pembangunan Kebun Rojo tersebut. Namun akibat dampak Perang Dunia II dan juga pendudukan oleh Jepang, pembangunan Kebun Rojo terhenti.

Pada saat proses pemindahan ibukota negara dari Yogyakarta kembali ke Jakarta di tahun 1949 setelah selesainya Perang Dunia II, tercetus lagi sebuah ide untuk memberikan kenang-kenangan kepada masyarakat Yogyakarta berupa sebuah tempat hiburan dari pemerintah pusat yang dipelopori oleh Januismadi dan Hadi, SH.

Ide tersebut mendapat sambutan hangat dari masyarakat Yogyakarta, akan tetapi realisasinya masih belum dirasakan oleh masyarakat.Hingga di tahun 1953, dengan berdirinya Yayasan Gembira Loka Yogyakarta

(sesuai akta notaris RM. Wiranto No. 11 tanggal 10 September 1953)yang diketuai oleh Sri Paduka KGPAA Paku Alam VIII, maka pembangunan Kebun Rojo yang tertunda baru benar-benar dapat direalisasikan.

Selang beberapa tahun kemudian, tepatnya 1959, KGPAA Paku Alam VIII menunjuk Tirtowinoto untuk melanjutkan pembangunan Gembira Loka Zoo.

Dipilihnya Tirtowinoto karena yang bersangkutan dinilai memiliki kecintaan terhadap alam dan minat yang besar terhadap perkembangan Gembira Loka. Ternyata sumbangsih Tirtowinoto yang tidak sedikit,




baik dalam hal pemikiran maupun material, terbukti mampu membawa kemajuan yang pesat bagi Gembira Loka. Puncaknya di tahun 1978, ketika koleksi satwa yang dimiliki semakin lengkap, sehingga pengunjung Gembira Loka semakin meningkat.

Koleksi Kebun Binatang Gembira Loka Zoo

Kebun Binatang Gembira Loka adalah kebun binatang yang berada di Yogyakarta di atas lahan seluas 20 ha yang separonya berupa hutan lindung. Disitu terdapat lebih dari 100 spesies satwa di antaranya 61 spesies flora.

koleksi
by Naufal Dzaky Adib Pratama

Pada awalnya dimulai dari beberapa hewan macan tutul yang berhasil ditangkap penduduk setempat karena mengganggu desa dan sebagian berasal dari lereng merapi yang hutannya terbakar akibat awan panas.

Gembira Loka Zoo sempat rusak parah akibat gempa bumi yang mengguncang kota Yogyakarta tahun 2006. Tetapi, setelah direnovasi Kebun Binatang Gembira Loka tetap dicari para wisatawan.




di tempat ini berisi berbagai macam spesies dari belahan dunia, seperti orangutan, gajah asia, simpanse, harimau, dan lain sebagainya. Kebun Binatang Gembira Loka menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan Yogyakarta.

satwa
by Naufal Dzaky Adib Pratama

Gembira Loka Zoo memiliki koleksi satwa yang cukup lengkap. Akhir-akhir ini, dikabarkan bahwa GLZ sedang mengadakan kesepakatan dengan Singapore Zoo untuk pertukaran hewan, yakni 6 ekor Pinguin Jackass.

Gembira Loka Zoo selalu berusaha memberikan yang terbaik demi kenyamanan pengunjung serta kelestarian alam. Beberapa kali didengar bahwa gajah melahirkan, burung kakatua menetaskan telurnya, serta kuda pacu melahirkan anaknya.

Wahana Gembira Loka Zoo

sejak tahun 2010 Gembira Loka Zoo mulai merehabilitasi dan merekonstruksi kebun binatangnya. Bahkan, sampai tahun 2012 ini sedang dalam proses pembuatan untuk “Taman Burung” dan sedangkan untuk “Taman Reptil dan Amfibi” sudah dalam tahap sentuhan akhir.

Wahana
by San San

pengunjung juga diperbolehkan untuk berinteraksi dengan satwa-satwa tertentu, bahkan, dapat juga mengabadikan momen dengan berfoto bersama satwa-satwa tersebut. Satwa-satwa ini diantaranya reptil dan burung.




  • Terapi Ikan
  • Kolam Tangkap
  • Bebek Kayuh
  • Bumper Boat
  • Kapal Katamaran
  • Jetboat
  • Gajah Tunggang
  • Onta Tunggang
  • ATV
  • Animal Show / Sirkus
  • Nineboat
  • Transportasi Keliling

Khusus untuk hari Minggu ada pertunjukkan “Feeding Time” yaitu memberi makan satwa. Satwa yang diberi makan pada pertunjukkan tersebut diantaranya simpanse, ikan arapaima, ular, harimau, pecuk hitam, dan pinguin.

Alamat Gembira Loka Zoo Jogja

Gembira Loka Zoo adalah sebuah kebun binatang yang berlokasi di alamat jl. Kebun Raya Nomor 2, Kota Gede, Yogyakarta, Letaknya di daerah aliran sungai Gajah Wong

Akses menuju Gembira Loka sangat mudah dengan angkutan kota dan kendaraan Lokasi Gembira Loka Zoo hanya berjarak 6 km dari Keraton Yogyakarta dan sekitar 4 km dari Terminal Giwangan.

Gembira Loka buka setiap hari mulai jam 08.00 WIB hingga 17.00 WIB dan menyediakan fasilitas cukup lengkap.

Destinasi Gembira Loka Zoo
Alamat Jl. Kebun Raya No.2, Rejowinangun, 
Kota/Kecamatan Kec. Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55171
No. Telepon (0274) 373861
Jam Buka Selas – Minggu / 07.30 – 17.30, Rabu 24 Jam
Wahana Kebun Binatang, Naik Gajah, Naik Onta, Memberi Makan Hewan

Harga Tiket Gembira Loka Zoo

untuk melihat koleksi satwa terlengkap di jogja dan jawa tengah bisa di katakan tiket masuknya cukup terjangkau dan sebanding dengan apa yang di dapat pengunjung ketika memasuki obyek wisata yang satu ini




Harga Tiket Masuk Kebun Binatang Gembira Loka
Harga tiket weekday Rp. 30.000,-
Harga tiket weekend Rp. 35.000,-
Anak2 Diatas 80cm Bayar Penuh Rp. –
Parkir Motor Rp. 3000,-
Parkir Mobil Rp. 5000,-

selain harga tiket yang telah di tentukan sebelumnya di sini juga tersedia tiket untuk wahana permainan yang bisa di pilih sesuai dengan keinginan berikut harga tiket wahanan permainan tersebut

perahu katamaran
by Noer Anggadila
Tiket Wahana Harga Ketentuan
Perahu Kayuh Rp. 20.000,- per perahu
Banana Boat Orca Rp. 20.000,- per orang
Perahu Katamaran Rp. 10.000,- per orang
Speed boat Rp. 20.000,- per orang
Bumper boat Rp. 20.000 per perahu
Kolam Tangkap Rp. 10.000 per anak
Tiket Terapi Ikan Rp. 20.000,- per orang
Gajah Tunggang Rp. 20.000,- per orang
Onta TunggangRp 20.000 Rp. 20.000,- per orang
ATV Rp. 20.000,- per orang
Kolam Sentuh Gratis

Fasilitas Kebun Binatang Gembira Loka




Fasilitas yang disediakan di Gembira Loka Zoo cukup lengkap, mulai dari berbagai wahana permainan yang seru, adapun fasilitas yang di sediakan oleh pengelola untuk kenyamanan pengunjung diantaranya adalah

  • akses internet WiFi,
  • food court
  • kursi roda untuk pengunjung disabilitas,
  • gelang anak untuk pengunjung usia 3-6 tahun,
  • musala,
  • Parkir yang luas
  • Toilet
  • Play ground
  • Gazebo
  • Spot Foto
  • Tempat istirahat
  • ATM lengkap
  • Food court
  • Toko batik
  • Asesoris
  • Souvernir