Sisi Lain Keindahan Gedung Sate Bandung, Ada Apa Sajakah?

0
711
Gedung Sate Bandung
Gedung Sate Bandung

Keindahan Gedung Sate Bandung

Kota Bandung ini memiliki tempat wisata yang menjadi pusatnya Kota Bandung yaitu gedung sate, karna itu bila ada yang bilang tentang gedung sate pasti langsung merujuk ke Kota Bandung Jawa Barat ini. Kenapa dinamakan gedung sate, itu pasti terdapat sejarah tersendiri didalamnya.

Gedung Sate Bandung Atau Gouvernements Bedrijven (GB)

Gedung Sate ini merupakan tempat wisata yang sangat sangat populer di segala penjuru, dinamakan gedung sate itu karena bangunan ini terdapat bentuk puncak pusat bangunan yang berbentuk seperti tusukan sate.

Tempat wisata ini sangat cocok bagi anda yang sangat suka dengan sejarah apalagi, gedung sate ini yang sudah terkenal di kalangan manacanegara, jadi bagi kalian yang sangat suka dengan sejarah, langsung saja mengunjungi wisata gedung sate ini.

by Wildan Arvianto

Gedung Sate ini juga sangat cocok dikalangan usia, dari anak-anak, remaja hingga dewasa. Apalagi anak-anak, kalian bisa berlibur sembari belajar atau mengetahui tentang sejarah adanya gedung sate ini.

Jadi kalian bisa menghabiskan waktu liburan bersama, keluarga, sahabar, atau kerabat dekat anda, untuk mengunjungi wisata ini.

Pemandangan di sekitar gedung sate ini juga sangat indah, yaitu hamparan rerumputan hijau yang sangat cantik. Sembari mengetahui tentang sejarah anda bisa menikmati keindahann di sekitarnya.

by Bisma Fadlan Afifan Sulaeman

Gedungnya juga sering dikenal dengan gedung putih, mungkin tempat ini bisa dijadikan sebagai spot foto. Saat kalian mengunjungi wisata ini kalian bisa melakukan berbagai aktivitas disini seperti, melihat-lihat koleksi sejarah disini,




atau mengetahu sejarah berdirinya gedung sate disini, atau bisa juga jalan-jalan di taman yang yang terdapat di sekitar gedung sate, sembari anda mempelajari sejarahnya gedung sate anda bisa menikmati pemandangan sekitar yang indah.

Arti Penamaan

Gedung sate ini dari bahasa Indonesia dari “bangunan sate” yaitu kenapa dinamakan bangunan sate karena merujuk pada bentuk puncak pusat bangunan yang menyerupai bentuk salah satu hidangan tradisional Indonesia yang disebut sate.

Walaupun nama aslinya adalah Gouvernements Bedrijven (GB) namun masyarakat lebih mengenal dengan nama gedung sate sudah sangat lama tetapi, gedung sate ini masih berdiri kokoh dan berfungsi sebagai pusat dari pemerintahan Kota Bandung.

by Thierris Nora Kusuma

Gedung sendiri sering dikenal dengan gedung putih karna itu tempat wisata ini juga sering digunakan sebagai tempat berfoto-foto. Hal ini dikarenakan arsitektur yang sangat indah dan megah dan juga unsure sejarah dan budaya yang dimilikinya sangat menakjubkan.

Di sekitar gedung sate di kota bandung juga terdapat taman yang sangat terawatt dengan baik. Taman ini biasanya sebagai tempat favorit para wisatawan untuk berfoto foto, atau untuk foto prewedd juga bisa.

Saat anda memasuki Gedung Sate ini yang pertama akan anda lihat adalah gamelan khas Sunda yang hanya dimainkan pada acara-aca tertentu saja, misalnya menjamu tamu special atau acara Negara. Hampir Seluru bagian dari gedung ini adalah perkantoran. Termasuk ruangan yang pada zaman dahulu.

Pembangunan Gedung

by Datuk Kalu

Gedung Sate mulai dibangun pada tahun 1920. Desain bangunanya dirancang oleh insyinyur muda yang berasal dari Belanda yaitu J. Gerber. Pada tahun 1924 gedung ini sudah berhasil dibangun. Semua orang sangat terpukau dengan hasil karyanya.

Gedung Sate pada awalnya bernama Gouvernement Bedrijen (GB). Namanya berubah menjadi gedung Sate karena masyarakat melihat ornament yang berada di ataspnya yang berbentuk sate, sebenarnya, itu hanyalah ornament yang terbuat dari enam buat batu yang tertusuk secara vertical.

Gedung ini merupakan sebuah bangunan yang mempunyai cirri khas yang unik , yaitu terdapat ornament 6 tusuk sate yang ada di atas menara sentral. 6 tusuk sate ini melambangkan 6 juta Gulden yang dipakai untuk membangun gedung berwarna putih ini pada masanya.

Sangat unik bukan, sembari menikmati penjelasan sejarahnya gedung sate anda bisa jalan-jalan dan melihat lihat koleksi apa saja yang ada di gedung sate ini. Atau bagi kalian yang sangat suka dengan berfoto foto wisata ini juga pas untuk kalian.

Koleksi

Saat kalian mengunjungi wisata ini kalian juga bisa mengabadikan foto atau gambar koleksi sejarah yang ada disini dan kalian juga bisa melihat secara langsung dan nyata bentuk dari koleksi sejarahnya yang ada di wisaat ini. Atau kalian juga bisa selfie selfie disini. Dan langsung kalian posting di sosmed kalian masing masing.




Karna museum ini sangat luas dan pastinya tempat ini memiliki  banyak sekali berbagai koleksi sejarahnya jadi jika kalian sudah mengunjungi wisata ini kalian harus melihat atau mengabadikan secara langsung koleksi yang ada disini satu persatu.

Dengan begitu tidak ada yang akan terlewatkan, dan kalian akan mengetahui apa saja koleksi yang ada di museum geologi ini. Jangan sampai ada yang terlewatkan yaa. Apalagi saat kalian mengunjungi wisata ini bersama teman sebaya kalian dijamin akan sangat menyenangkan.

Misteri Gedung Sate Bandung

by Dewi Agustini

Selain Sejarah, arsitektur bangunan putih yang megah dan mewah di gedung sate bandung ini juga ada misteri dan cerita horornya, karena bangunan yang besar dan megah ini sudah berumur bertahun-tahun. Terdapat beberapa misteri yang sering kali menjadi perbincangan warga Kota Bandung.

Misteri yang pertama yaitu Terdapat sosok kakek botak berjenggot panjang pernah terlihat di dalam bangunan namun menghilang dalam sekejap, menurut masyarakat lokal sosok tersebut merupakan penghuni atau yang menjaga gedung sate ini.

Yang kedua ini yaitu terdapat jenazah yang tertinggal di gedung sate ini ada 7 jenazah yang terkubur dihalaman gedung sate. Jenasah ini kemudian dikuburkan kembali di Taman Makam Pahlawan Cikutra.

Namun ada kabarnya ada cerita yang mengatakan bahwa beberapa penjaga gedung merasakan kehadiran pemuda dengan penampilan kuno berjalan-jalan di kawasan gedung ketika hari sudah mulai gelap. Itu cerita cerita yang dipercaya masyarakat lokal.

Lokasi Gedung Sate Bandung

Tempat wisata gedung sate ini sangatlah mudah dicapai karena lokasi ini berada di pusat kota Bandung dan mempunyai kondisi jalan yang baik, Untuk mengunjungi wisata ini anda dapat menggunakan transportasi umum atau pribadi.

Destinasi Gedung Sate Bandung / Gouvernements Bedrijven (GB)
Alamat Jl. Diponegoro No.22, Citarum, 
Kota/Kecamatan Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40115
No. Telepon
Jam Buka Senin- Jum’at / 08.00-16.00
Wahana Gedung / Bangunan Bersejarah, Museum




Jam buka  Senin-Jumat/ 08.00-16.00. Untuk weekend atau sabtu minggu tutup. Jadi anda hanya bisa mengunjungi wisata ini saat weekday saja. Dan wisata ini terbuka untuk umum.

Tempat wisata ini sangat pas bagi anda yang sangat menyukai tempat wisata yang berhubungan dengan sejarah yang unik dan menarik. Sangat disayangkan jika anda sudah berada di Kota Bandung ini tetapi tidak mengunjungi wisata ini.

Letaknya yang berada di pusat kota Bandung membuat suasana gedung sate ini tidak pernah sepi pengunjung. Pohon-pohon di sekitar gedung ini membuat udara menjadi sejuk, nyaman dan indah dilihat, banyak orang menilai bahwa gedung sate ini merupakan salah satu gedung terindah di Indonesia.

Harga Tiket Masuk Gedung Sate Bandung

 

Untuk harga tiket masuk ini sangat terjangkau lhoo. Hanya Rp 5.000. Tapi harga bisa sewaktu-waktu berubah yaa. Dengan harga yang sangat murah anda juga dimanjakan dengan sejarahnya, gedung putihnya dan berbagai kolaksi sejarah dan spot foto yang menarik juga.

Tidak heran wisata ini memiliki pengunjung yang datang dari dalam negri maupun luar kota, biasanya juga para pengunjung menghabiskan waktu libur mereka untuk mengunjungi wisata ini.

Fasilitas Gedung Sate Bandung

by hyacintha zard

Selain, lokasi, harga tiket masuk, sejarahnya dan pemandangannya, untuk fasilitas gedung sate ini sudah sangat lengkap. Gedung Sate ini juga merupakan salah satu gedung pemerintah yang menjadi tempat favorit para wisatawan. Fasilitasnya ada:

  • Tempat parkir
  • Tempat ibadah
  • Kamar mandi
  • Spot foto
  • Dan masih banyak yang lainnya

Sangat sangat menarik bukan anda bisa menikmati pemandangan sekaligus menikmati gedung putih atau gedung sate ini dan berbagi koleksi sejarah, galeri dan spot foto yang unik dan menarik. Jika kalian mengunjungi wisata ini dijamin tidak akan rugi malahan kalian akan betah berlama-lama disini.