Keindahan Candi Gedong Songo Yang Menyatu Dengan Alam

0
677
Candi Gedong Songo Semarang
Candi Gedong Songo Semarang

Destinasi Wisata Candi Gedong Songo Semarang

Di Jawa Tengah banyak sekali potensi-potensi wisata budaya. Selain banyaknya pilihan candi-candi sebagai warisan budaya yang tersebar di sini, Anda juga bisa menemukan beberpa candi unik yang berbeda dari daerah lain.

Apabila anda ingin melihat wisata bersejarah dan memiliki nilai historis yang tinggi, ada loh tempat wisata yang bagus untuk dikunjungi di kabupaten semarang. Salah satu tempat wisata ini berada di lereng gunung ungaran. Tempat sejuk, dengan pemandangan yg luar biasa, dan asri sekali tepatnya di wilayah bandungan, merupakan tempat yang sangat diminati para wisatawan.

Wisata Candi Gedong Songo Semarang

Candi Gedong Songo Semarang
Candi Gedong Songo Semarang

Obyek Wisata ini pada dasarnya merupakan perpaduan antara wisata sejarah dan wisata alam Candi gedong songo ini memiliki kawasan yang cukup luas. saat ini terdapat lima candi yang tersebar di beberapa titik.

Selain itu, kita akan diajak berkeliling untuk menikmati satu persatu dari keindahan candi candi tersebut. Setiap candi memiliki bentuk dan keunikan tersendiri. Bahkan dari kawasan ini kita juga dapat melihat pemandangan berupa jajaran pegunungan yang begitu menakjubkan

Sejarah Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo adalah nama sebuah komplek bangunan candi peninggalan budaya Hindu dari zaman Wangsa Syailendra abad ke-9 (tahun 927 masehi) Candi ini diketemukan oleh Raffles pada tahun 1804,




sesuai dengan namanya candi gedong songo atau sembalin karena memamang Candi ini Total candi ada 9 seperti namanya tetapi beberapa candi rusak sehingga hanya ada 5 spot candi yg masih ada, dari bentuknya sendiri memiliki persamaan dengan kompleks Candi Dieng di Wonosobo

Lokasi Candi Gedong Songo

kawasan wisaa ini terletak di desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Indonesia tepatnya di lereng Gunung Ungaran. kurang lebih sekitar 45 km dari Kota Semarang dan berada di Gunung Ungaran terletak pada ketinggian sekitar 1.200 m di atas permukaan laut sehingga suhu udara disini cukup dingin ( berkisar antara 19 – 27 °C )

Bila ingin melihat ke 9 candinya medan yang ditempuh agak sulit dan jauh, Untuk bisa kesana, para wisatawan bisa menggunakan sepeda motor, mobil pribadi, isuzu elf atau sewa mobil bus. Untuk bisa kelokasi dapat dilakukan dengan tracking jalurnya lumayan menanjak




jika kita memilih tracking maka sebaiknya siapkan tubuh dalam kondisi yang baik dan tentunya perlu stamina yang kuat juga karena setengah perjalanan akan diujui dengan track menanjak dari candi I, menuju Candi II lumayan jauh sekitar 1 km, selanjutnya ke Candi III, terdapat tiga bangunan Candi.

Pemandangan kearah selatan sangat indah dengan background G telomoyo, G merbabu dan H merapi terlihat puncaknya. Selanjutnya menuruni jalan menuju ke Kawah kecil, dan kolam pemandian air hangat.

Bisa istirahat sejenak untuk persiapan jalan mendaki ke Candi IV dengan tanah lapang berumput disebelahnya membuat terasa luas mata memandang. Disebelah utara ada candi kecil yaitu candi Perwara. Selanjutnya menuju Candi V, kita perlu mendaki sedikit hingga sampai candi tertinggi di komplek candi gedong songo.

wisata berkuda
by Oriza Shavira

bagi yang tidak mau capek dan mendapatkan sensai wisata lain dari biasanya ada juga jasa mengunggang kuda, yang mau merasakan tur wisata ke semua candi di gedong songo dengan tarif 120 ribu sekali jalan harga sudah termasuk kuda dan pemandunya

Harga Tiket Tarif Masuk Gedong Songo

Di obyek ini biaya masuknya cukup terjangkau yang jelas tidak meguras isi dompet anda. Dalam lokasi terdapat 5 lokasi candi yang berurutan sesuai dengan ketinggian. Candi ke 1 adalah candi terdekat dengan posisi terendah dan komplek canadi ke 5 merupakan yang terjauh dan tertinggi

Tempat wisata ini sangat candi gedong songo semarang cocok untuk berwisata bersama teman teman, bersama keluarga, atau untuk acara perusahaan seperti family gathering. Untuk tiket masuknya sangat terjangaku sekitar 20.000 untuk wisata lokal

selain candi di tempat wisata ini juga terdapat pemandian air panas langsung dari sumbernya dan sangat enak untuk membuat tubuh rilex , kolam air panas cukup luas dan tempat ganti baju / bilas nya juga cukup luas. Ada tempat beli baju dan celana ( warung kecil ), di kolam hanya perlu bayar 5000 dapat berendam sepuasnya.

Keunikan Tempat Wisata Gedong Songo

Lokasi sembilan candi gedong songo yang tersebar di lereng Gunung Ungaran ini memiliki pemandangan alam yang indah salah satu objek wisata yg menarik untuk di kunjungi saat berada di semarang.




Selain itu, objek wisata ini juga dilengkapi dengan pemandian air panas dari mata air yang mengandung belerang, area perkemahan, dan wisata berkuda.

Di area Candi Gedong Songo terdapat sebuah tempat peristirahatan bernama Ayana Gedong Songo. Tempat ini menawarkan banyak spot foto instagramable yang bagus dan menarik. Kami kurang tertarik untuk mengunjungi Ayana.

Ayanaz
by Al Imran

untuk masuknya cukup membayar 10rb/org (anak kecil beda harga) dan jangan takut lupa membawa kamera atau tidak handal dalam mengambil foto, disana banyak fotografer dari ayanaz untuk membantu wisatawan mengambil foto saya kurang paham bayar atau tidaknya, tapi overall cuaca disana sangat sejuk, pemandangan indah




bagi yang mau menginap di sini banak sekali penginapan dan hotel maupun  villa yang bisa di sewa dengan harga yang terjangkau dan bisa di sesuaikan dngan budget, di sepanjang jalan kita bisa membeli souvenir atau makan makanan khas yaitu Sate Kelinci

  • banyak spot selfi menarik
  • pemandangan alamnya sanagat indah
  • udarannya sejuk dan adem
  • banyak penjual makanan
  • terdapat souvenir kerajianan warga lokal
  • adanya penginapan harga murah

Fasilitas Di Tempat Wisata

Kawasan tempat wisata candi gedong songo berada tepat di kaki gunung ungaran semarang Di kawasan ini pula, kita juga bisa menjumpai kawah kecil dengan belerangnya banyak fasilitas yang ditawarkan, anda bisa sekedar berwisata, toilet, pemandian air panas, spot foto, camping, melakukan kegiatan outdoor seperti outbound atau bahkan menginap di villa yang disediakan. 

Parkir mobil dan motor tersedia tetapi seringkali penuh ketika musim liburan seperti saat saya ke sini. Tersedia juga tempat souvenir buat yg cari oleh-oleh dan mushola yg cukup luas. Akses toilet ada yg di dekat candi 1, di mushola, dan di sekitar jalan menuju candi-candi yg lain.

Stand makanan tersedia di dekat candi 1 dan beberapa ada juga di daerah yg lebih tinggi. Harga makanan seperti di tempat wisata pada umumnya. Kalau mau kumpul sekeluarga ada bangunan joglo di sekitar candi, tinggal gelar tikar saja.