Keindahan Bangunan Benteng Pendem Ambarawa Semarang

0
413
Benteng Pendem Ambarawa Fort Willem 1
Benteng Pendem Ambarawa Fort Willem 1

Keindahan Benteng Pendem Ambarawa Semarang

Indonesia terkenal akan beberapa pariwisata yang membuat kita takjub salah satunya yaitu Kota Semarang. Kota Semarang ini terkenal akan wisata wisata menarik didalamnya bahkan di Kota Semarang ini juga terdapat Wisata sejarah.

Pasti diantara kalian juga sudah tidak asing dengan wisata ini karna wisata ini merupakan salah satu wisata terpopuler di Kota Semarang ini yaitu benteng pendem ambarawa. Benteng pendem ini memiliki cerita sejarah yang sangat unik dan menarik.

foto by Benjamin Kufa

Jadi tempat ini sangat pas bagi anda yang suka sekali dengan wisata wisata sejarah. Selain itu pemandangan bangunan bangunan tua yang berada disini juga sangat sangat estetik. Dan biasanya bangunan ini digunakan sebagai spot foto prewedding.

Para wisatawan biasanya menghabiskan waktu libur mereka untuk mengunjungi wisata ini, mungkin karna wisata ini memiliki daya tarik tersendiri yang mengakibatkan wisata ini menjadi ramai dan padat.

Tempat wisata ini sangat cocok dikalangan usia lhoo, jadi kalian bisa membawa keluarga kalian untuk berlibur di tempat wisata ini yang memiliki cerita bersejarah yang unik didalamnya.

foto by Benjamin Kufa

Benteng Pendem Kota Semarang ini merupakan salah satu wisata terpopuler di Kota Semarang ini. Wisata ini hadir sebagai tempat hiburan bagi masyarakat lokal maupun mancanegara.

Tempat Wisata Benteng Pendem Ambarawa Semarang

Benteng Pendem Ambarawa Fort Willem 1
Benteng Pendem Ambarawa Fort Willem 1

Tempat wisata ini merupakan salah satu wisata terkenal di Kota Semarang. Benteng Fort Williem I atau lebih dikenal dengan nama Benteng Pendem Ambarawa adalah bangunan bersejarah. Benteng ini dibangun pada tahun 1834 dan selesai 1845, pada saat masa penjajahan colonial Belanda.

Benteng Pendem Ambarawa merupakan sebuah bangunan tua yang memiliki nilai sejarah yang tinggi. Dalam bahasa Jawa kata “pendem” berarti terpendam karena bangunan ini memang terletak dibawah tanah.

Sedangkan untuk nama Fort Williem I sendirii digunakan sebagai lambing penghormatan terhadap sebagai lambing penghormatan terhadap raja williem I, salah satu raja yang pernah memimpin kerajaan Belanda.

foto by Benjamin Kufa

Ada juga yang mengatakan bahwa Benteng Fort Wiliem I ini memiliki angka romawi dibelakang untuk menunjukan adanya sebuah urutan, karena ada benteng lain bernama Benteng Williem II di Ungaran.

Benteng pendem ini terlihat sangat terawatt dari luar dengan cat berwarna putih juga ditambah adanya patungg pangeran diponegoro sebagai tanda bahwa ia pernah tinggal di benteng ini.

Bangunan tua dan tak terawatt membuat puing-puing bangunan dan tumbuhan lumut serta rumput-rumput liar tumbuh di beberapa bagian. Tapiii ternyata semakin menambah kesan eksotis dari bangunan ini. Apalagi jika dilihat dalam lensa kamera.

foto by Benjamin Kufa

Arsitektur bangunan benteng pendem yang kokoh dan bergaya disertai dengan banyaknya lengkungan dan juga jendela besar seperti di film-film barat sangat menarik perhatian masyarakat.

Bangunan tua ini biasanya digunakan sebagai spot foto yang bagus atau dijadikan untuk foto prewedding, karena itu wisata ini menjadi daya tarik utama untuk para pengunjung yang datang dari berbagai mancanegara. Benteng Pendem Ambarawa ini juga menjadi icon dari Kota Semarang.



Banyak sekali para wisatawan memanfaatkan waktu libur mereka untuk mengunjungi wisata ini apalagi saat liburan panjang sangat sangat padat dan ramai. Sangat disayangkan apabila anda mengunjungi  Kota Semarang ini tapi tidak mengunjungi wisata ini.

Daya Tarik Utama Benteng Fort Willem I Ambarwa

foto by Benjamin Kufa

Apabila anda berkunjung ke Ambarawa, mungkin tidak ada salahnya untuk mampir sejenak menikmati suasana di Benteng Pendem Ambarawa.

Apalagi untuk anda penggemar dunia fotografi, jangan lewatkan kesempatan mengabadikan diri menggunakan latar belakang benteng ambarawa yang eksotis ini.

Sebagian besar. Benteng Ambarawa ini biasa digunakan sebagai footo prewedding ataupun tempat syuting film, salah satu contohnya film Soekarno yang disutradarai oleh Hanung  Bramantyo.

Selain itu banyak juga para pemuda dan pemudi melakukan sesi foto foto kekinian disini. Wisata ini juga sangat pas untuk rekreasi bersama keluarga, sahabat, pasangan atau kerabat dekat anda.

Lokasi Benteng Pendem Ambarawa

foto by Benjamin Kufa

Bagi kalian yang ingin mengunjungi wisata ini jaraknya tidak terlalu jauh dari pusat kota Semarang.Untuk menuju ke wisata ini sangat mudah anda bisa menggunakan berbagai macam pilihan transportasi.

Seperti kereta, pesawat, bus atau motor mobil jika jaraknya dekat. Karna wisata ini termasuk wisata yang terkenal pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan wisata ini

Destinasi Benteng Pendem Ambarawa
Alamat Bugisari, Lodoyong, 
Kota/Kecamatan Kec. Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah 50611
No. Telepon
Jam Buka Selasa – Minggu / 08.00 – 17.00
Wahana Bangunan Bersejarah
  • Bagi kalian pecinta cerita sejarah tempat ini sangat pas untuk kalian dan menurut cerita di wisata ini juga memiliki cerita mistis yang tersembunyi.
  • Selain sejarah  tempat wisata ini juga memiliki spot foto yang estetik yang sangat pas bagi kalian penyuka foto estetik. Jika kalian penasaran masukan wisata lawang sewu ini ke dalam list liburanmuu.

Harga Tiket Masuk Benteng Pendem Ambarawa

foto by Benjamin Kufa

Untuk harga tiket masuk Benteng pendem ambarawa saat ini tidak ada pemungutan biaya, dengan kata lain harga tiket masuk benteng pendem ini gratis. Tapii mungkin akan berubah setiap waktuu yaa. Namun bika anda membawa kendaraan cukup membayar parkir kurang lebih Rp.5000,- lima ribu rupiah saja.

Dengan harga yang gratis anda sudah dapat menikmati pemandangan lawang sewu ini sekaligus mengetahui bagaimana sejarah sejarah Lawang Sewu ini. Dijamin anda tidak akan rugi mengunjungi wisata ini. Sangat disayangkan apabila anda mengunjungi kota Semarang ini tapi tidak mengunjungi wisata ini.

Fasilitas

foto by Benjamin Kufa

Sama halnya dengan objek wisata pada umumnya, Di tempat wisata benten pendem ambarwa ini juga terdapat berbagai fasilitas yang bisa dinikmati para pengunjung secara gratis. Berikut ini beberapa aktivitas tersebut.



  • Tempat parkir
  • Tempat ibadah
  • Kamar mandi
  • Spot foto
  • Dan masih banyak yang lainnya

Bagi anda yang ingin merasakan semua sensasi dengan tenang dan nyaman, usahakan memilih waktu weekday karena kalau weekend tempatnya selalu ramai di padati pengunjung dari berbagai kota.

Apalagi saat liburan panjang pasti wisata ini sangat padat oleh para pengunjung. Sangat disayangkan jika kalian datang ke kota Semarang yang sangat luas dan terkenal ini tetapi tidak mengunjungi wisata ini.