Keindahan Kawah Putih Yang Bikin Traveler Betah

0
542
Destinasi Wisata Kawah Putih Bandung
Destinasi Wisata Kawah Putih Bandung

Destinasi Wisata Kawah Putih Bandung

Selain di dataran tinggi Dieng yaitu kawah sikidang di Kota Bandung sendiri juga ada tempat wisata yang sama dengan wisata tersebut yaitu kawah putih. Kawasan wisata ini menyajikan keindahan kawah dari belerang yang timbul akibat gunung berapi. Kawah Putih ini cukup terkenal di Kota Bandung ini.

Kawah Putih ini juga menjadi salah satu kawasan wisata alam yang menjadi incaran bagi para wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri. Jika kalian mengunjungi wisata ini kalian akan merasakan hal yang berbeda dengan wisata wisata yang lainnya.

Setiap hari di lokasi ini selalu dijumpai puluhan hingga ratusan wisatawan yang berjejer menunggu giliran untuk melihat aktivitas vulkanisnya. Jadi, tidak heran banyak sekali pengunjung mancanegara yang datang ke Bandung ini.  Sekaligus mengunjungi wisata ini.

by riyanto wibisono

Selain itu, di kawah ini juga memiliki keunikan tersendiri lhoo, yaitu selain warna putih di kawah ini, kawah ini juga memiliki warna yang berbeda beda dan akan berubah jika sudah pada waktunya.

Tempat wisata ini juga cocok saat usia remaja menuju ke kedewasaan tapi tidak dengan bayi atau anak kecil yaa, karena wisata ini berbahaya dengan sulfur dan belerang tapi jika kalian penasaran,

kalian bisa mengajak keluarga, sahabat atau kerabat dekat anda untuk menghabiskan waktu liburan anda disini. Dengan berbagai fasilitas dijamin anda tidak akan bosan dengan wisata ini.

Selain itu pemandangan disini  sangat indah disini juga terdapat spot foto yang cantik dan menarik. Kalian bisa mengabadikan moment tersebut dan langsung saja kalian posting di media social kalian.

Dibawah ini saya akan membahas tentang lokasi, harga tiket, fasilitas dan lain lain Kawah Putih. Mungkin dengan ini akan memudahkan anda para traveler yang ingin mengunjungi wisata ini

Daftar Isi

Keindahan Kawah Putih Bandung

by Jazuli Mustofa

Kawah Putih  ini merupakan salah satu tempat wisata yang paling populer di kalangan masyarakat sekitar atau luar kota, meski tergolong aktivitas yang berbahaya, tetapi wisata ini banyak diminati oleh banyak orang.

Pengalaman melihat langsung aktivitas kawah ketika menyemburkan uang gas dengan kabut putih pekat, merupakan pengalaman yang sangat berharga apabila anda lewatkan.

Kawah Putih ini merupakan danau yang terbentuk akibat adanya letusan dari gunung berapi yang masih aktif pada masa itu, yaitu Gunung Patuha. Kawah Putih ini memiliki tanah yang cukup subur.

Dan di sekitar kawah ini memiliki warna yang putih yang timbul akibat adanya percampuran dari unsur belerang. Selain itu warna tanahnya sendiri juga berwarna putih susu yang timbul dari belerang.

Keunikan

Kawah Putih ini memiliki keunikan tersendiri yaitu air danau di kawasan putih ini bisa berubah warna. Hal ini disebabkan oleh kadar belerang yang ada di dalam danau tersebut.

Jika kandungan mulai tinggi, biasanya para wisatawan tidak boleh mengunjungi kawasan wisata ini. Kawah Putih ini memiliki ketinggian 2.400 meter dari atas permukaan laut, dan juga berada di kawasan pegunungan.

by riyanto wibisono

Karna posisi dan juga ketinggian suhu udara yang ada di sekitar kawasan wisata alam kawah putih ini akan cukup dingin, biasanya saat suhu udara bisa mencapai 8 derajat celcius sementara suhu maksimal sekitar 22 derajat. Sangat dingin bukan.

Maka dari itu, jika kalian ingin mengunjungi wisata ini kalian hendaknya membawa jaket yang tebal supaya tidak membeku di wisata ini. Kawah Putih adalah salah satu objek wisata unggulan di kawasan wisata dataran tinggi dieng.




Di kawah  ini memiliki tingginya sulfur dan belerang, tanah di sekitarnya akan Nampak berwarna putih dan indra penciuman anda akan dipenuhi dengan bau belerang.

Karena ituu jika anda mengunjungi wisata ini anda harus memakai masker dan dianjurkan supaya anda tidak melepaskan masker di wisata ini agar terhindar dari bahaya gas beracun serta untuk mengurangi bau belerang tersebut.

by riyanto wibisono

Selain itu anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas disini seperti hunting foto, karena wisata ini memiliki batu batu yang putih itu bisa dijadikan spot foto yang menarik dan langsung kalian post di sosmed masing masing kalian.

Pemandangan

Pemandangan di sekitar kawasan ini juga sangat indah dan memberikan kesan tersendiri yaitu keindahan panorama dan warna danau yang putih kehijau-hijauan. Jadi tidak heran wisata ini menjadi incaran para pasangan untuk foto prewedd di wisata ini.

by Qay lalune

Ditambah dengan adanya banckground perbukitan dan pepohonan tanpa daun yang membuat foto lebih eksotis. Pepohonan di wisata ini memang tidak memiliki daun hal ini dikarenakan karna kadar belerang yang cukup tinggi sehingga membuat pepohonan tidak bisa memiliki daun.

Anda juga bisa mengambil foto dari berbagai sudut untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan anda. Disini juga ada burung hantu yang disewakan. Hanya dengan merogoh beberapa ribu rupiah saja, hewan langka tersebut bisa berfoto dengan anda.




Kegiatan aktivitas lainnya, yaitu anda bisa berkuda di sekitar kawasan wisata ini, bagi yang sedang berlibur bersama anak-anak, berkuda bisa menjadi salah satu kegiatan yang menyenagkan.

Rasakan sensasi ketika menunggangi kuda poni dan berkeliling di sekitar sawah. Itu mungkin bisa menjadi pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan.

Atau anda juga bisa menikmati sajian telur rebus ala kawah putih, di sekitar objek ini anda bisa membeli telur mentah, kemudian merebusnya langsung di mata air panas.

Dari aktivitas ini anda dapat membuktikan sendiri betapa panasnya air yang dihasilkan di kawah ini.

Sejarah Kawah Putih

Sejarah kawah putih ini bermula ketika abad ke 10. Dulu terjadi sebuah letusan gunung berapi yang sangat dahsyat dan juga hebat oleh gunung patuha. Setelah letusan tersebut masyarakat sekitar tidak berani untuk memasuki kawasan kawah putih ata gunung patuha.

Destinasi Wisata Kawah Putih Bandung
Destinasi Wisata Kawah Putih Bandung

Kenapa masyarakat sekitar tidak berani memasuki kawasan tersebut. Karna mereka sudah beranggapan bahwa lokasi ini angker.

Hal ini disebabkan setiap burung yang terbang dan melewati kawasan gunung tersebut langsung mati tanpa sebab. Oleh karena itu masyarakat tidak mau memasuki kawasan gunung patuha ini.

Lalu pada tahun 1837 ahli botani berkebangsaan jerman datang mengunjungi Indonesia dan mampir ke kawasan Gunung Patuha guna melakukan penelitian. Peneliti asal Jerman ini yang bernama Dr. Franz Wilhelm Junghuhn ini pada saat itu menyatakan tertarik pada kawasan gunung patuha ini.

Yang membuat dirinya tertarik adalah karna tidak ada burung sama sekali yang terbang dan juga hidup di kawasan wisata gunung patuha ini. Bahkan ketika terbang di sekitar atau di atasnya burung tersebut langsung mati.

Penemuan Kawah

by Estu Dimas Danang

Dr. Franz Willhelm ini sempat berkeliling dan juga mencari informasi mengenai gunung patuha ini. Dan ia mendengar cerita keangkeran di kawasan gunung patuha ini. Ahli botani tersebut tidak percaya dengan cerita tersebut.

Bagi Dr. Franz Willhelm sendiri menyatakan bahwa ada sebab lain yang membuat kawasan pegunungan ini tidak bisa dihuni dan dilalui oleh makhluk hidup.




Akhirnya Dr. franz ini memutuskan untuk masuk ke dalam hutan rimba guna mendapatkan informasi. Setelah melakukan perjalanan yang cukup panjang ia mampu mencapai puncak gunung.

Dan dair puncak ini ia dapat melihat keberadaan sebuah danau yang sangat indah dan juga menawan. Danau ini memiliki warna putih dengan disertai bau yang menyengat yang timbul akibat adanya percampuran belerang.

Dr Franz akhirnya mengatakan bahwa kawasan pegunungan ini tidak angker. Dan penyebab burung itu langsung mati adalah belerang yang cukup tinggi ini.

Dan di tahun 1987 akhirnya pemerintah setempat memutuskan untuk mengembangkan kawasan ini sebagai salah satu kawasan wisata yang memberikan pengalaman unik yaitu melihat dan menyaksikan secara langsung danau yang bisa berubah warna ketika suhu dan udara belerang berubah.

Lokasi Kawah Putih, Bandung

by Estu Dimas Danang

Lokasi Wisata Kawah Putih ini sangat mudah dicari karna kawah ini sangat populer. Kalian bisa menggunakan transportasi umum atau pribadi saat mengunjungi wisata ini. Jaraknya sekitar 50 km dari arah pusat Kota Bandung.

Destinasi Kawah Putih Bandung
Alamat Jl. Raya Soerang Ciwidey KM 25
Kota/Kecamatan desa Alam Endah, Rancabali, Kabupaten Bandung Jawa Barat
No. Telepon
Jam Buka Senin- Minggu / 07.00-18.00
Wahana Kebun Biantang




Di sekitar lokasi ini anda tidak akan menemukan rerumputan ataupun tumbuhan hijau, tapii disini ada pepohonan tanpa daun yang sangat cantik,

meski begitu kawah sikidang ini memiliki luasnya bentangan kolam kawah beserta aktivitas vulkanisnya terlihat begitu sempurna dan menarik.

Sangat disayangkan jika anda berada di Bandung ini tetapi tidak mengunjungi wisata yang terkenal dan populer ini Karena lokasi ini berada di dataran tinggi jadi anda akan disuguhkan  dengan pemandangan yang sangat indah dan mempesona ini.

Harga Tiket Masuk Kawah Putih, Bandung

by Estu Dimas Danang

Kawasan tempat wisata Kawah Putih ini sangat cocok bagi anda yang suka dengan wisata melihat dan menyaksikan secara live dan nyata belerang vulkanisnya.

dan bisa menjadi salah satu pilihan ketika musim liburan datang. Apalagi dengan biaya tiket yang cukup terjangkau.

Untuk harga tiket masuk ini sangat terjangkauu hanya Rp. 15.000 per orangnya. Tapi tidak termasuk dengan bebrapa fasilitas yang ada disini yaa.

Harga akan berubah setiap waktu yaa tergantung wisata Kawah Sikidang sendiri dan tergantung hari weekday atau weekend saat kalian mengunjungi wisata ini.




Tapi dengan harga yang terbilang cukup murah  anda akan melihat pengalaman secara langsung vulkanis sulfur dan belerang secara langsung

ditambah dengan pemandangan yang indah karna wisata ini berada di dataran tinggi yang membuat hawa hawanya menjadi tenang dan sejuk.

Disini juga terdapat beberapa fasilitas  spot foto , jadi anda harus mengabadikan foto kalian dengan berbagai spot foto yang ada didalamnya.

Fasilitas Kawah Putih Bandung

by M yusup A

Selain lokasi, harga tiket masuk, bahkan banyaknya pemandangan di sekitar wisata ini disini juga  terdapat beberapa fasilitas yang mendukung dan memadai  akan wisata ini, seperti ;

  • Tempat parkir
  • Tempat ibadah
  • Kamar mandi
  • Spot foto
  • Tempat makanan atau warung makan
  • Tempat jajanan
  • Toko khas oleh oleh Bandung
  • Berkuda
  • Spot foto dengan burung hantu
  • Dan masih banyak yang lainnya

Sangat sangat menarik banyak bukan mulai dari sejarahnya, pemandangannya, pengalamannya  yang  unik dan menarik.

Jika kalian mengunjungi wisata ini dijamin tidak akan rugi. Saya sarankan juga jika anda ingin berkunjung kesini saat weekday atau hari biasa supaya tidak terlalu ramai dan padat.