Merasakan Sejuknya Air Terjun Curug Nangka Indah Bogor

0
247
Air Terjun Curug Nangka Indah Bogor
Air Terjun Curug Nangka Indah Bogor

Air Terjun Curug Nangka Indah Bogor

Sama seperti curug bidadari curug ini tidak kalah indah dengan curug bidadari dan curug ini juga sama sama terletak di kaki gunung salak, yang tentunya hawa hawa nya yang sangat sejuk dan dingin, apalagi ditambah indahnya pemandangan air yang terjun dari ketinggian.

Wisata ini memberikan sensasi kesegaran alam dengan suasana yang segar dan alami, ditambah dengan pemandangan di sekitarnya yaitu rindangnya pepohonan yang membuat semakin cantik

Keindahan panorama alam Indonesia, memang tiada hentinya membuat mereka yang hobi travelling dengan mengeksplor alam sekitar, maupun sekedar penikmat pemandangan alam yang akan berdecak kagum dan mengucapkan kalian yang menandakan betapa takjubnya dengan keindahannya.

Tempat Wisata Air Terjun Curug Nangka Indah Bogor

Hijaunya pepohonan dan perbukitan yang terhampar luas di depan mata, jernihnya air yang bergemercik pada dinding air terjun tentunya mampu membuat kita melupakan sejenak permasalahan yang ada, serta membuat otak kembali segar setelah penat dengan aktivitas yang ada.

Sekilas

Objek wisata ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Halimun Salak, yang berada di ketinggian 750 mdpl dan dikelilingi hutan pinus membuat hawanya sangat sejuk, Wisata ini memiliki luas sekitar 17 hektare, dan cukup menampung beribu ribu pengunjung.

Suhu area di wisata ini sekitar 20-22 celcius. Dan dengan posisi dan ketinggian, membuat wisata Air Terjun Curug Nangka Indah memilki hawa yang sangat dingin,

karna itu diharapkan membawa alat atau bahan pelindung seperti jaket atau yang lainnya supaya di wisata ini nanti kalian tidak akan kedinginan. Tapi mungkin itu yang menjadi daya tarik para pengunjung

untuk mengunjungi tempat wisata yang indah ini, karena selain hawanya pemandangan air terjunnya juga tidak kalah, dan wisata ini menjadi wisata yang sangat pas untuk kalian bagi kalian yang sangat suka dengan wisata alam air terjun ini.

Mitos Sejarah

Selain keindahannya, Air Terjun Curug Nangka Indah ini juga merupakan tempat ziarah, ruang semedi yang ada di air terjun ini pernah digunakan oleh beberapa sesepuh, salah satunya adalah raden surya kencana.

Pada zaman dulu, konon di kawasan ini dikenal dengan nama curug nangka ini banyak sekali pepohonan yang merupakan vegetasi pohon nangka yang tumbuh subur di sekitarnya yang mengelilingi kawasan air terjun.

Tetapi entah bagaimana caranya perlahan pohon-pohon tersebut menghilang dari tempatnya tanpa pernah ada yang menebang dan tenpa meninggalkan jejak seperti pohon yang ditebang pada umumnya.

Menurut kuncen di daerah ini, pada awalnya kawasan ini sering kali dipergunakan oleh pra pemuka dari beragam agama untuk bermeditasi, barulah kemudiam wisatawan yang datang menggunakan area ini sebagai camping ground.

Keunikan

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter. Dengan kedalamann air di bawah air terjunnya hanya setinggi lutut orang dewasa, debit airnya yang deras dan menghempas terbawa angin ke area sekitarnya.

Saat memasuki kawasan wisata ini, para pengunjung akan disuguhi keindahan yang alami, jajaran pohon pinus menjulang tinggi berjajar rapi di sebelah kiri, di sebelah kanan anda akan melihat pemandangan area persawahan dan pegunungan yang berhawa sejuk.

Keindahan curug nangka ini merupakan daya tarik utama tempat wisata ini, air terjun ini berada di tengah dua tebing dan pepohonan yang mengelilingi alirannya, air yang jernih dan udara yang segar sangat cocok untuk kalian yang ingin bersantai santai.

Saat anda sudah mengunjungi wisata ini, kalian dapat berenang di antara celah bebatuan, di bawah air terjun terbentuk kolam alami tempat wisatawan untuk terkonsentrasi,

ada juga sejumlah jeram membentuk kolam yang menarik para pengunjung untuk berenang. Berbasah-basahan di air terjun dengan dinginnya aliran air yang jernih terasa sangat alami.

Aktivitas Menarik

Selain itu disini juga terdapat beberapa spot foto apalagi dengan background air terjun yang mencapai ketinggian 20 meter tersebut, latar favorit para pengunjung yaitu pepohonan pinus di area wisata ini.




Dan kalian juga bisa mengajak keluarga sahabat atau kerabat dekat kalian supaya bisa bersama sama menikmati wisata ini. Kawasan wisata Air Terjun Curug Nangka Indah ini juga menyediakan area untuk berkemah.

Sebuah camping ground terdapat di sisi kanan dekat anak sungai. Bagi wisatawan yang sangat suka dengan berkemah ditambah dengan pemandangan air terjun dan juga sekitarnya pasti akan sangat menyenangkan. seperti halnya

  • Berenang
  • Bermain Air
  • Foto dengan background air terjun
  • Hiking
  • Camping
  • Outbond

Lokasi Air Terjun Curug Nangka Indah Bogor

Dengan pemandangan Air Terjun Curug Nangka Indah yang tinggi dan memiliki air yang begitu jernih, ditambah lagi dengan suara gemercik air terjun dan hijaunya pemandangan alam di sekitarnya pastinya akan membuat anda melupakan sejenak segala permasalahan sehari-hari anda.

Anda bisa mengunjungi wisata ini menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Sebelum anda tiba di curug ini anda harus melewati track berupa sungai kecil dengan vegetasi tumbuhan,

di kawasan ini juga anda dapat menemukan beberapa kera yang hidup secara liar di sekitar wisata ini. Rute untuk menuju wisata ini yaitu melalui lorong sepanjang sungai, jarak yang anda tempuh relative dekat.

Kurang lebih 100 meter hingga tiba di curug nangka, namun jarak tersebut tidak akan terasa karena mata anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam sekitar dan juga sejuknya air sungai yang begitu jernih serta cuaca di kawasan curug nangka ini.

Destinasi Air Terjun Curug Nangka Indah
Alamat Sukajadi, Tamansari, Sukajadi
Kota/Kecamatan Tamansari, Bogor, Jawa Barat 16370
No. Telepon
Jam Buka Senin – Minggu jam 06.30-19.00
Wahana Air Terjun




Biasanya para pengunjung yang berada ditempat ini, tidak hanya sekedar berfoto tia tetapi juga menghabiskan waktu dengan bermain air atau berenang

dibawah curug di aliran sungai yang memilik arus kecil, selain itu banyak juga para pengunjung yang mengabadikan gambar di tempat ini untuk prewedding atau lainnya.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Curug Nangka Indah Bogor

Untuk bisa menikmati kesegaran dan juga indah dan sejuknya Air Terjun Curug Nangka Indah ini anda akan dikenakan biaya yang cukup terjangkau dan tidak menguras kantong berikut keterangannya

Harga Tiket Masuk Air Terjun Curug Nangka Indah
Harga Tiket Pintu Pertama Rp. 7.500,-
Harga Tiket Pintu Kedua Rp. 12.500,-
Parkir Motor Rp. 5.000,-
Parkir Mobil Rp. 10.000,-




Saat anda sudah berada disini anda akan dimanjakan dengan indahnya air yang terjun di ketinggian, dan indah pepohonan pinus yang berjejeran sangat rapih dan sangat cantik dan kalian juga bisa mengabadikan moment tersebut.

Tempat wisata ini sangat pas bagi kalian yang sangat suka dengan wisata alam ditambah dengan air terjun,

kalian juga bisa membawa bekal makanan atau minuman dan kalian bisa menikmati bersama orang terdekat kalian sembari menikmati indahnya wisata ini.

Fasilitas Air Terjun Curug Nangka Indah Bogor

Air Terjun Curug Nangka Indah ini dikelola oleh pemerintah kota Bogor dengan pemandangan yang sangat indah dan ditambah dengan fasilitas yang sangat memadai,

wisatawan juga dapat menjumpai banyak warung makanan di sekitar kawasan Air Terjun Curug Nangka Indah Setelah anda berbasah-basahan, wisatawan dapat menikmati sajian kuliner di tempat ini,




tersedia pilihan dari makanan ringan sampai makanan khas Sunda yang bisa anda nikmati, ditambah dengan pemandangan yang sangat indah yang bisa membuat anda semakin menikmati makanan tersebut.

Fasilitas yang memadi ada:

  • Toilet
  • Kamar bilas
  • Area parkir
  • Tempat ibadah
  • Tempat Istirahat
  • Penjual Makanan
  • Area Bermain
  • Dan masih banyak yang lainnya.

Sangat sangat menyenangkan pastinya, tempat wisata ini juga menjadi tempat wisata yang sangat pas untuk menghabiskan waktu liburan anda bersama keluarga,

sahabat atau pasangan anda dengan sama sama menikmati indahnya pemandangan air terjun dan indahnya pemandangan di sekitarnya.