Affandi Museum Jogja Destinasi Wisata Bagi Pecinta Seni Lukis

0
410
Affandi Museum Jogja
Affandi Museum Jogja

Affandi Museum Jogja

Yang ingin belajar sejarah seni Indonesia terutama jaman perjuangan tahun 1940an sampai 1970an wajib datang ke tempat ini bagi pecinta seni wajib singgah di tempat ini karena mudah dijangkau.

Museum Affandi ini berisi tentang mahakarya maestro seniman Indonesia, museum ini terletak persis di seberang Kampus yang terkenal yaitu UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Kalau ke Yogyakarta wajib mengunjungi museum ini. Selain galeri lukisan yang terbagi dalam beberapa galeri yang menarik adalah maestro juga dimakamkan di lokasi yang sama.

Affandi Museum Jogja
Affandi Museum Jogja

Pemandu yang ramah dan fasilitas yang baik membuat kita tidak bisa melewatkan untuk mengunjungi tempat ini sekaligus dekat dengan museum dan fasilitas atau obyek wisata lain di Jogjakarta.

Affandi Museum Jogja

Museum Affandi adalah salah satu galeri seni rupa sekaligus museum edukasi bagi karya-karya terbaik dari seorang Affandi (1907-1990), salah satu pelopor aliran impresionis di Indonesia.

di museum affandi kita bisa menyaksikan kisah perjalanan maestro seni rupa indonesia lewat karya lukisnya. karya-karya beliau banyak diulas di beberapa jurnal seni baik dalam negeri maupun mancanegara, bahkan sempat jadi bahan studi atau kajian baik skripsi maupun disertasi

Di dalamnya, kita bisa melihat karya-karya yang pernah beliau kerjakan. Mulai dari sketsa, konsep, hingga lukisan. Selain itu, terdapat pula benda-benda koleksi beliau seperti mobil, dan pernak-pernik antik lainnya.

Sejarah Singkat Affandi Museum

Dahulu tempat ini adalah sebuah Galeri I yang dirancang sendiri oleh Affandi dengan biaya hasil penjualan lukisan-lukisannya. Pembanguna Galeri I ini selesai pada tahun 1962 dan diresmikan pada tahun 1974 oleh Profesor Ida Bagus Mantra, Direktur Kebudayaan Umum saat itu

Pembangunan Galeri II dilakukan dengan bantuan dari Pemerintah Indonesia melalui kunjungan Presiden Soeharto.

Pembangunan dimulai pada tahun 1987 dan diresmikan pada 9 Juni 1988 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Dr. Fuad Hasan. Galeri III dibangun oleh Yayasan Affandi pada tahun 1999,

pada Mei tahun 2000 diresmikan oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X. Sedangkan Galeri IV dibangun pada tahun 2002 guna memamerkan lukisan-lukisan keluarga Affandi.

Museum yang berlokasi ditepi barat sungai Gajah Wong di Jalan Solo ini dulunya juga merupakan tempat tinggal sang maestro pelukis Indonesia Affandi. Memperingati 100 tahun Affandi di 2007 ini,



museum ini tidak hanya memamerkan lukisan Affandi melainkan juga lukisan putri-nya Kartika dan Rukmini. Menurut salah seorang pemandu masih ada sekitar 300-an karya Affandi yang masih disimpan (belum dipamerkan).

Bertempat di atas tanah seluas kurang lebih 3.500m2 arsitektur museum ini menunjukkan kebersahajaan sang maestro. Bentuk atap bangunan galeri semuanya menyerupai pelepah daun pisang dan seluruhnya dirancang oleh sang maestro sendiri.

Pembangunannya dilakukan secara bertahap, total terdapat 3 galeri pamer, rumah tinggal dan ruang keluarga berbentuk gerobak sapi yang dibuat Affandi atas permintaan istrinya Maryati ketika dirinya sudah beranjak tua dan tak mampu lagi menaiki tangga menuju rumah utama.

Awalnya Maryati meminta Affandi untuk membuatkan dirinya sebuah caravan dengan alasan caravan bisa dibawa kemana saja dan oleh Affandi diwujudkan dalam bentuk gerobak sapi.

Galeri Museum

Rumah Affandi ini mempunyai atap berbentuk pelepah pisang, dan terdiri dari dua lantai dengan lantai bawah untuk ruang tamu dan garasi sedangkan lantai atas yang sebagai kamar pribadi Affandi.

Sekarang rumah ini berfungsi menjadi Kafe Loteng yang dapat dikunjungi pengunjung. Pembangunannya dilakukan secara bertahap serta dirancang sendiri oleh Affandi.

lukisan
by agyat adi

Selain 300 karya lukisan Affandi sendiri, dalam museum ini juga tersimpan lukisan dari para pelukis Indonesia lainnya, antara lain:




Basuki Abdullah, Popo Iskandar, Sudjojono, Hendra Gunawan, Barli, dan Muchtar Apin. Selain itu terdapat patung karya Amrus Natalsya, dan cukil kayu poles karya keluarga Tjokot.

Anda dapat menelusuri perkembangan lukisan dari Maestro Seni Rupa kita Bapak Affandi. Melalui lukisan2 Affandi kita bisa membaca suasana Indonesia pada jaman itu. Museum Affandi dibagi menjadi 3 ruang pamer.

  1. Pertama berisi lukisan Affandi.
  2. Kedua saat ini sedang ada pameran lukisan 3 pelukis wanita senior, yaitu Bu Kartika, Bu Nunung, dan Bu Dian Anggraini. Pameran ini diberi judul “3 Matahari”.
  3. Di ruang pamer ketiga di bagian paling belakang dapat kita simak koleksi lukisan dari istri, anak2 dan cucu2 Affanfi yang juga melukis

Penataan koleksi dilakukan berdasarkan karakteristik dan ciri khas dari tiap karya. Lukisan yang dipajang disusun dalam dua baris atas bawah yang memanjang memenuhi ruangan berbentuk lengkung, lukisan yang dipamerkan sendiri umumnya berupa sketsa dan karya reproduksi.

Lokasi Alamat Affandi Museum

Berlokasi di Kota Jogjakarta berada di lokasi yang sangat strategis, yaitu di jalan protokol kota yogyakarta tempat museum awalnya adalah kediaman dari Affandi beserta istrinya

Museum Affandi terletak tepat di tepi sungai Gajah Wong. Lokasinya gampang diakses karena berada di salah satu jalan utama kota

Destinasi Affandi Museum
Alamat Jl. Laksda Adisucipto No.167, Papringan, Caturtunggal, 
Kota/Kecamatan Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281
No. Telepon (0274) 562593
Jam Buka Senin – Sabtu / 09.00-16.00
Wahana Museum, Galeri Lukisan

Harga Tiket Masuk

Museum ini dikelola oleh keluarga Affandi tepatnya kartika affandi yg adalah putri tunggal affandi dari istri pertama



Museum seni surealis dengan koleksi benda seni terutama seni rupa gambar yang beragam dan banyak. Ditempat ini kita dapat melihat film dan gambar yang menceritakan perjalanan karier affandi sebagai pelukis

Harga Tiket Masuk
Harga Tiket Wisatawan Lokal Rp. 50.000,-
Harga Tiket Mahasiswa Rp. 25.000,-
Foto Smartphone Rp. 20.000,-
Foto DSRL Rp. 30.000,-
  • Tiket ini termasuk souvenir dan free soft drink
  • Jika kamu ingin memfoto koleksi didalam museum juga dikenakan biaya lagi untuk kamera profesional 30k dan kamera handphone 20k.
  • Tersedia harga les cukup terjangkau yaitu hanya Rp. 150ribu per bulan

Fasilitas Affandi Museum

Kompleks museum yang terletak di tepi barat sungai Gajahwong terdiri dari beberapa galeri yang menarik untuk menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi jika berkunjung ke kota Jogja.




Galeri I dan II diperuntukkan untuk memamerkan lukisan karya-karya dari Affandi semasa hidupnya. Galeri III diperuntukkan untuk hasil-hasil karya dari istri dan anak-anak Affandi.

Dalam kompleks museum ini juga terdapat sebuah Studio (Gajah Wong I) yang digunakan oleh anak Affandi dan rekan-rekannya untuk membuat sebuah karya seni.

Fasilitas yang terdapat dalam kompleks museum Affandi :

  • Galeri Pameran
  • Video / Dokumentasi semasa hidup Affandi
  • Perpustakaan
  • Art Shop Museum
  • Kafé Loteng
  • Studio Gajahwong
  • Mushola
  • Toilet

Ada beberapa galeri terpisah dan membutuhkan waktu minimal 1 jam untuk melihat seluruh isi museum/art galeri ini.