27 Destinasi Objek Wisata di Purwokerto Banyumas

2
718
Wisata Purwokerto Banyumas
Wisata Purwokerto Banyumas

Wisata Purwokerto Banyumas By Sanjaya Tour

Purwokerto, ibu kota Kabupaten Banyumas di Provinsi Jawa Tengah, terletak di lereng selatan gunung slamet, karena posisinya seperti inilah banyumas di karunia pemandangan alam yang menajubkan banyak tempat wisat di purwokerto banyumas yang cukup terkenal seperti Baturaden yang menjadi salah satu destinasi wisata andalannya.

Akan tetapi tidak cuma sampai di situ banyak destinasi wisata purwokerto yang tak kalah menarik untuk di kunjungi, serta destinasi wisata baru di banyumas yang sangat kekinian, dan jangan sampai lupa juga untuk mencoba makanan khasnya yang menggugah selera.

27 Objek Wisata Purwokerto Banyumas

Wisata Purwokerto Banyumas
Wisata Purwokerto Banyumas

Kalau kamu sedang atau hendak berlibur di kota purwokerto tidak salahnya untuk mampir mengunjungi spot destinasi wisata purwokerto terbaik saat ini, bisa juga menggunakan jasa tour and travel purwokerto jika anda masih kesulitan untuk mengakomodir segalanya dengan baik.

berikut detinasi wisata di purwokerto banyumas yang bisa anda kunjungi

1. Obyek Wisata Baturaden

Lokasi Baturraden ini berada dilereng Gunung Slamet pada ketinggian 640 m diatas permukaan laut. Baturraden hanya berjarak 14 km arah utara kota Purwokerto, memiliki suhu udara antara 18°-25° Celcius.

Gambar mungkin berisi: gunung, langit, awan, luar ruangan dan alam

Disini wisatawan dapat menikmati panorama Gunung Slamet, atraksi terjun bebas anak-anak Baturraden di air terjun Gumawang dan wisatawanpun akan betah berlama-lama disini karena Lokawisata Baturraden menyediakan berbagai fasilitas seperti : kolam luncur di alam yang indah, rekreasi taman air dengan sepeda airnya dialam pegunungan yang sejuk dan nyaman membawa kesan tersendiri dan romantis bagi wisatawan.




kereta mini, kolam renang air dingin yang dialiri dari mata air gunung Slamet, taman lalu lintas dengan fasilitas mobil genjot, sumber air panas Pancuran Tujuh yang mengandung belerang, Telaga Sunyi dan kios-kios bunga yang menyediakan beraneka ragam jenis bunga dan tanaman bonsai.

2. Sumber Air Panas Pancuran Tujuh

Lokasi obyek wisata ini terletak ditengah hutan damar dan pinus yang berjarak sekitar 2,5 km arah barat lokawisata Baturraden yang dapat ditempuh dengan berjalan kaki dan kendaraan dengan jarak tempuh sekitar 5 km dari pintu gerbang wana wisata Baturraden.

Gambar mungkin berisi: tanaman dan luar ruangan

Sesuai dengan namanya disebut Pancuran Tujuh atau dalam bahasa jawa disebut Pancuran Pitu karena mempunyai tujuh buah pancuran yang alami mengalir langsung dari gunung slamet. Sumber air panas ini mengandung belerang bersuhu antara 70º-90º celcius serta mengandung beberapa unsur mineral.

Karena kandungan belerangnya, maka sangat efektif untuk therapy pengobatan sakit tulang/ rheumatik dan berbagai macam penyakit kulit.

3. Gua Sarabadak

Gua Sarabadak ini masih di kompleks pancuran pitu lho, jadi jikalau sobat mengunjungi Baturaden dan sedang berada di pancuran pitu bisa cap cus menuju Gua Kuning ini. Gua ini juga bersebelahan dengan Gua Selirang yang letaknya di tebing kuning, dinamakan tebing kuning karena tebing ini berwarna kuning akibat endapan air panas yang mengandung belerang guys.

Gambar mungkin berisi: luar ruangan

Untuk akses menuju ke Gua ini cukup mudah, dengan menuruni undak-undakan atau jalan setapak yang berada di sisi kanannya tebing belerang guys. Anda akan menemukan jalur pipa air yang ujungnya mencapai kolam tandu PLTN Ketanger, jalur ini juga biasa di akses para penduduk sekitar atau pedagang yang mau berjualan di pancuran pitu lho. Sayangnya akses ke mulut gua ini masih ditutup guys tapi nggak tahu si kalau sekarang mungkin sudah dibuka.

4. Kebun Raya Baturaden

Kebun Raya Baturaden terletak di Desa Kemutug Lor, Kec. Baturaden, Kab. Banyumas dan berada + 14 Km dari Kota Purwokerto, + 1,5 km dari gerbang utama Wana Wisata Baturaden. Kebun Raya Baturaden berada di kaki Gunung Slamet Petak 1 dan 3, RPH Baturaden, BKPH Gn.

Gambar mungkin berisi: luar ruangan

Slamet Barat KPH Banyumas Timur dibatasi sebelah utara Petak 4 dan 5 hutan produksi terbatas, sebalah barat petak 2 hutan produksi terbatas, sebelah selatan petak 1 lokawisata Baturaden dan bumi Perkemahaan, sebelah timur petak 6 hutan produksi terbatas.

Topografi mulai landai sampai berbukit dengan kemiringan 20% s/d 70% dan ketinggian + 600-750 m dpl dengan jenis tanah umumnya jenis latosol berwarna merah kecoklatan. Keadaan suhu Kebun Raya Baturaden berkisar antara 20-30 derajat Celcius dengan curah hujan sangat tinggi (5.000-6.174 mm/th)

5. Destinasi Wisata Purwokerto Small World

Satu lagi tempat yang asik untuk mengajak keluarga, saudara atau teman untuk berlibur di Baturraden. Small World Purwokerto. Terletak di Jalan Raya Ketenger, Baturraden, taman miniatur dunia ini cocok untuk berlibur sekaligus edukasi tentang bangunan-bangunan terkenal di dunia.

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih, bunga, langit, luar ruangan dan alam

Menurut General Affair Small World Purwokerto, Deni, ide dan gagasan pembangunan wisata edukasi itu dari owner, yakni Sri Banowati. Ide tersebut muncul sejak 15 tahun lalu, saat masih bekerja. Sehingga baru terlaksana sekarang ketika sudah pensiun. “Dulu saat beliau bekerja sering bepergian ke luar negeri. Jadi punya ide seperti ini. Sebelumnya mau dibikin di Pangandaran, dulu sudah sempat dibangun sebagian tapi baru kepikiran kenapa tidak bikin di Purwokerto saja.

Rencana ke depan, taman tersebut juga bakal diperluas dan ditambah sejumlah wahana lainnya. “Saat ini baru ada 18 miniatur. Rencana ke depan ada pengembangan seluas 4 hektar dan menambah miniatur menjadi sekitar 30,

6. Curug Gede

Merupakan salah satu obyek wisata air terjun yang berada di desa Ketenger kurang lebih3 kilometer arah selatan Lokawisata Baturraden.

Gambar mungkin berisi: tanaman, pohon, luar ruangan, alam dan air

Mempunyai ketinggian sekitar 25 meter. Bagi para remaja yang gemar wisata minat khusus dapat berkemah di sekitar obyek wisata ini.

7. Objek Wisata Purwokerto Curug Bayan

Dusun Kalipagu Desa Ketenger Baturraden sekitar 2 km dari pintu gerbang wisata baturraden terdapat sebuah aliran sungai yang tampil istimewa dengan adanya Curug Bayan, pepohonan yang rindang di pinggir curug menjadi bonus menyejukan mata dan pikiran.

Gambar mungkin berisi: rumah, luar ruangan, alam dan air

Jika tak cukup berkunjung di lokasi curug, para wisatawan bisa memilih bermalam Karena di kawasan Curug Bayan tersedia beberapa villa untuk ditinggali beberapa saat, biayanya pun juga terjangkau. 

Kemudian untuk masalah makanan, di kawasan Curug Bayan juga tersedia foodcourt untuk para wisatawan, semua lengkap tersedia, dari makanan kecil (camilan) hingga makan besar. Tentunya dimanjakan makanan khas tradisional daerah Purwokerto, Mendoan.

8. Curug Jenggala Ketenger Baturraden

Secara administratif curug jenggala berada di daerah Dusun kalipagu, di desa Ketenger Kecamatan Baturaden. Lokasi curug jenggala masih berada didalam lahan milikPerhutani KPH Banyumas Timur.

Gambar mungkin berisi: luar ruangan, alam dan air

Lokasi wisata curug jenggala pun tidak terlalu sulit untuk diakses. Jika anda pernah berwisata ke baturaden. Nah curug jenggala masih berada di satu wilayah baturaden. Disana pengunjung bisa bertanya rute untuk menuju ke curug jenggala.

Rute menuju ke air terjun jenggalapun tidak terlalu sulit. dari kota purwokerto untuk menuju ke kalipagu anda bisa melewati rute untuk menuju ke kompleks wisata baturaden. Setelah sampai di baturaden perjalanan diteruskan menuju ke arah curug bayan atau curug gede gede.




Di sisi sebuah homestay yang berada tidak jauh dari curug bayan terdapat satu jalan yang agak menanjak menuju ke arah kalipagu. Lalu pengunjung akan meleati sebuah portal yang disulap menjadi semacam portal retribusi wisata. Setiap pengunjung dikenakan biaya masuk sebesar 5.000 rupiah per orang.

9. Peternakan Sapi Limpakuwus Sumbang

Lokasi ini berada kurang lebih 4 km dari Lokawisata Baturraden ke arah timur. Perjalanan dari lokawisata Baturraden menuju lokasi ini melewati tempat wisata lain yaitu : wana wisata, curug Pinang, Baturraden Adventure Forest dan Tlaga Sunyi.

Gambar mungkin berisi: langit, luar ruangan dan alam

Cocok di kunjungi pagi hari ketika cuaca cerah, jika beruntung akan mendapati pemandangan seperti dalam foto ini. Hijauan padang rumput dan puluhan sapi perah yang merumput memberikan kesan tersendiri. Tempat wisata ini berada di samping kanan kiri jalan sehingga bisa dinikmati secara gratis.

10. Curug Nangga

Curug Nangga terletak di desa petahunan, kecamatan pekuncen kabupaten banyumas. Desa petahunan sendiri berdekatan dengan desa semedo, yang mana banyak orang orang sebut dengan “Negeri Atas Angin”.

Gambar mungkin berisi: pohon, tanaman, luar ruangan, alam dan air

Curug Nangga menjadi pusat wisata baru buat warga banyumas dan sekitarnya akhir-akhir ini. Tidak lain tidak bukan karena pesonanya yang sangat indah dengan 7 tingkatan air terjun. Untukmenuju lokasi Curug Nangga berada, kalian harus melalui beberapa jalan yang memang tidak seperti biasanya.

Jika kalian datang dari arah purwokerto maka yang harus jadi patokan untuk menuju ke Curug Nangga adalah pangkalan ojek cikawung. Ya! Pangkalan ojek ini berada tidak jauh dari Rumah Makan Sumber Alam Pekuncen. Letaknya berada di sebelah kiri jalan.

Dalam perjalanan menuju Curug Nangga kalian akan disuguhi dengan pesona alam nan indah juga asri. Semua tampak alami karena memang daerah sekitar Curug Nangga jarang terjamah oleh orang-orang.

Bisa dibilang perjalanan dari tempat pemberhentian menuju curug nangga bisa kalian tempuh selama 30 menit. Jaraknya sendiri bisa mencapai 2-3 km dengan jalan yang menurun dan juga agak licin. Saran saya sih lebih baik lepas saja alas kakinya alias ‘nyeker’.

11. Pemandian Air Mineral Kalibacin

Pemandian Kalibacin ini merupakan obyek wisata husada karena pengunjung yang datang selain berekreasi juga dapat berobat. Disebut Kalibacin karena airnya berbau kurang sedap namun karena kandungan belerangnya tinggi sehingga mampu mengobati berbagai macam penyakit kulit, syaraf dan tulang/rheumatic.

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih, berenang, biliar, rumah dan luar ruangan

Sehingga dianjurkan bagi anak-anak untuk mandi dikolam renang karena disamping berendam dalam air belerang juga sambil berolah raga sehingga bagus untuk masa pertumbuhan dan pembentukan tulang yang kuat.

Obyek wisata ini terletak sekitar 17 kilometer arah selatan kota Purwokerto tepatnya di desa Tambaknegara Kecamatan Rawalo. Berdekatan dengan wisata Kalibacin terdapat obyek wisata Bendung Gerak Serayu. Bagi pengunjung yang ingin membeli oleh-oleh dapat membeli ikan lembutan goreng yang dijajakan sepanjang sungai Serayu.

12. Wisata Banyumas Curug Cipendok

Curug Cipendok merupakan satu diantara curug atau air terjun yang ada di Banyumas yang mempunyai ketinggian sekitar 92 meter yang didukung dengan keindahan alam sekitar berua hutan lindung serta menara pandang yang dapat melihat pemandangan kota Purwokerto apabila cuaca sedang cerah.

Gambar mungkin berisi: tanaman, pohon, luar ruangan, alam dan air

Curug Cipendok ini terletak 25 kilometer dari arah barat kota Purwokerto atau tepatnya berada di kecamatan Cilongok. Wisatawan yang ingin berekreasi dapat menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum dari sub terminal microbus – Losari.

Wisatawanpun bisa membeli oleh – oleh makanan khas tahu Kalisari sambil melihat proses produksinya, cimplung klapa muda dan singkong yang direbus dengan air nira serta home industri gula kelapa atau lebih dikenal dengan sebutan gula jawa.

13. Curug Ceheng

Obyek wisata Curug Ceheng ini mempunyai tinggi sekitar 30 m berada diujung timur kota Purwokerto tepatnya berada di Kecamatan Sumbang yang berjarak sekitar 9 kilometer.

Gambar mungkin berisi: tanaman, pohon, luar ruangan, alam dan air

Wisata alam Curug Ceheng ini sangat diminati para remaja yang gemar berkemah karena disamping pemandangan yang indah juga udaranya yang sejuk sehingga sangat nyaman untuk berekreasi bersama keluarga.

14. Curug Lawa

Berada tak jauh dari Curug Ceheng, Curug lawa masuk di Desa Gandatapa, Sumbang. Aliran airnya pun masih sejalur dengan Ceheng. Curug Lawa ini berada di atas atau di utara Curug Ceheng.

Gambar mungkin berisi: tanaman, luar ruangan, alam dan air

Tingginya curug lebih tinggi dari pada Ceheng. Sekita 10 meter. Tak hanya satu aliran terjunnya air. Selain aliran utama dari sungai, ada beberapa air yang keluar dari batu resapan. Kombinasi lumut-lumut hijau menambah indahnya dinding yang mengitari kolam kubangan jatuhnya air.

15. Wisata Purwokerto Banyumas Curug Telu

Curug Telu yang yang memiliki arti nama Curug itu Air Terjun dan Telu itu berarti Tiga, jika digabungkan menjadi Air Terjun Tiga. Tapi lebih dikenal dengan nama Curug Telu.

Gambar mungkin berisi: luar ruangan, alam dan air

Kenapa disebut Curug Telu? Karena curug ini mememiliki 3 titik air yang mengalir dari atas kebawah atau sering disebut kalau bahasa sini memiliki gerujugan tiga. Curug ini berada di lereng Gunung Slamet tepatnya di Desa Karangsalam, Kecamatan Baturraden, Banyumas, Jawa Tengah.

16. Kawasan Wisata Air Dream land

Dreamland park merupakan kawasan wisata air yang terletak di jalan raya Pancasan, Ajibarang.

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih, langit, gunung, luar ruangan dan alam

di sini banyak terdapat wahana rekreasi seperti kolam renang anak, kolam renang paud, water boom, kolam renang arus, jet sky, sepeda air, gazebo, taman reptile, play ground, mandi bola, arum jeram, taman aquarium, taman bunga, taman batu, flying fox, dan lain-lain. Bisa dijadikan sebagai pilihan yang tepat wisata anda menyehatkan dan mendidik.

17. Museum Wayang Sendang Mas

Merupakan obyek wisata sejarah yang mengoleksi berbagai macam wayang seperti : Wayang gagrag Banyumasan, Surakarta, Yogyakarta, Pesisiran, Wayang purwa, Wayang beber, Wayang kancil dan bermacam-macam koleksi benda purbakala.

Keterangan foto tidak tersedia.

Museum ini terletak di komplek pusat pemerintahan Banyumas tempo dulu yang berlokasi di Kecamatan Banyumas yang berjarak 15 km arah timur dari kota Purwokerto.

18. Museum Bank Rakyat Indonesia (BRI)

Merupakan satu-satunya museum perbankan yang ada di Indonesia yang terletak di pusat kota Purwokerto. Bank Rakyat Indonesia ini untuk pertama kalinya didirikan di Purwokerto oleh Raden Aria Wiratmadja dengan nama Hulp-En Spaarbank Der Inlandsche Bestuurs Amatenaren atau Bank Bantuan Priyayi Pribumi, pada tanggal 16 Desember 1895 yang kemudian dijadikan sebagai hari kelahiran BRI. 

Gambar mungkin berisi: 1 orang, pohon dan luar ruangan

Setelah mengalami beberapa penggantian nama yang antara lain Bank Koperasi, Tani dan Nelayan (BKTN) tahun 1960. Akhirnya pada tahun 1967 menjadi Bank Rakyat Indonesia. Museum Bank Rakyat Indonesia ini setiap harinya dibuka untuk umum kecuali hari Jum’at dan Sabtu ditutup untuk pemeliharaan dan kebersihan.

Para pengunjung terutama rombongan dianjurkan untuk memberitahu terlebih dhulu mengenai waktu kunjungan dan pengunjung tanpa dipungut biaya retribusi.

19. Masjid Saka Tunggal – Wangon

Masjid Saka Tunggal terletak di desa Cikakak kec. Wangon berjarak 30 Km arah Barat daya kota Purwokerto. Dinamakan masjid Saka Tunggal, karena memang hanya memiliki satu pilar utama penyangga. Disekitar masjid terdapat makam seorang penyebar agama islam yang bernama Kyai Mustolih.

Gambar mungkin berisi: tabel dan dalam ruangan

Kyai Cikakak yang merupakan keturunan ketiga Sunan Panggung tidak diketahui nama aslinya. Nama “Kyai Cikakak” diperkirakan merupakan sebutan, karena ia bertempat tinggal di Desa Cikakak. Di Desa inilah Kyai Cikakak mendirikan sebuah masjid dengan keunikan tersendiri, yaitu dengan tiang utama tunggal (saka tunggal) yang masih lestari hingga saat ini





Masjid saka tunggal di bangun di tempat suci “Agama Kuno” (agama yang berkembang sebelum masuknya agama Hindia Budha) yang dapat dibuktikan sekitar masjid terdapat sebuah batu menhir yang merupakan tempat untuk kegiatan ritual : “agama kuno” dibangun pada tahun 1522 M.

Disekitar tempat ini terdapat hutan pinus dan hutan besar lainnya yang dihuni oleh ratusan ekor kera yang jinak dan bersahabat, seperti di Sangeh Bali.

20. Wisata Purwokerto Banyumas Goa Maria

terletak diperbukitan yang hijau dengan suasana sejuk dan nyaman di desa Kaliori Kecamatan Kalibagor yang berjarak sekitar 14 km dari arah timur kota Purwokerto. Prakarsa pembangunan tempat ziarah ini bermula dari beberapa aktifis umat katholik di banyumas yang kemudian mendapat tanggapan dan dukungan sepenuhnya dari Pastor di Purwokerto beserta komunitasnya.

Gambar mungkin berisi: luar ruangan

Pembangunan Goa Maria – Kaliori ini dimulai pada tanggal 15 Agustus 1989 dengan ditandai peletakan batu pertama oleh Uskup Purwokerto Mgr. Paraguay S. Hardjosoemarto MSC.

Suatu peristiwa bersejarah bagi Goa Maria Kaliori dimulai pada tanggal 10 Oktober 1989, dimana dalam misa agung di Yogyakarta, Bapa Suci Yohanes Paulus II berkenan memberkati patung Bunda Maria dan menandatangani prasasti Goa Maria Kaliori, selanjutnya pada tanggal 6 Desember 1989 diberkati dan diresmikan penggunaanya.

semenjak itu pembangunan berbagai fasilitas terus berlanjut seperti : Kapel Ratu Surga, Jalan Salib, Taman Rosario Hidup, Pendopo bagi peziarah dan yang terakhir dibangun adalah Rumah Retret “Maria Imakulta” dengan kapasitas sekitar 150 orang sekarang sudah tersedia bagi peziarah sehingga Goa Maria Kaliori menjadi tempat ziarah yang terlengkap di Indonesia.

21. Terminal Bulu Pitu Purwokerto

Terminal ini lain dari yang lain, tidak seperti kebanyakan terminal bus, Bulu Pitu memanjakan pengunjungnya dengan berbagai fasilitas.

Gambar mungkin berisi: langit dan luar ruangan

Pengunjung bisa menikmati taman yang luas dan teduh dihalaman terminal, bisa berfoto ria dengan background “singapura” , “menara eiffel” Atau dibawah taman payung warna warni.

Bagi anak- anak juga disediakan aneka wahana bermain termasuk taman lalu lintas, semua bisa dinikmati hanya dengan membayar uang parkir saja

22. Wisata Purwokerto Taman Balai Kemambang

Taman wisata ini terletak di Jl. Karangkobar Purwokerto Utara. Taman Balai Kemambang dapat menjadi alternative hiburan untuk asyarakat. Berdiri dilahan seluas 1,2 hektar dan Letaknya yang strategis menjadi nilai plus taman Balai Kemambang ini.

Gambar mungkin berisi: luar ruangan dan air

Taman Balai Kemambang memiliki multi fungsi sebagai sarana aktifitas berbagai elemen masyarakat umum, komunitas maupun segmen lain. Keunikan lain dari Balai Kemambang adalah terdapat balai di tengah dan pengunjung dapat menikmati hamparan sawah yang terdapat di belakang taman, sangat cocok untuk melepas penat usai berutinitas.

23. Andhang Pangrenan Purwakerta

Andhang Pangrenan ini selain sebagai tempat rekreasi keluarga, juga sebagai tempat wisata budaya, olah raga, dan pusat Wisata Kuliner yang terlengkap dan terbesar di Jawa Tengah bagian barat daya.

Gambar mungkin berisi: langit dan luar ruangan

Disini, wisatawan dapat menikmati beberapa fasilitas antara lain : Gedung Utama yang memiliki dua lantai. Lantai dua untuk Franchise dengan aneka kuliner yang berstandar internasional, serta didukung tenda-tenda Pujasera sebanyak 13 unit, Counter Caffe sebanyak 6 unit. Sarana bermain anak-anak, wisata therapy, serta panggung hiburan

24. Monumen Panglima Besar Jenderal Soedirman

Monumen Panglima Besar Jenderal Soedirman berada dipintu masuk kota Purwokerto dari arah barat tepatnya sebelah timur Sungai Logawa. Minumen ini terdiri dari dua lantai. Pada lantai bawah berisi foto-foto perjuangan Panglima Besar Jenderal Soedirman dalam merebut Yogyakarta kembali sebagai Ibukota Indonesia (pada saat itu) dari kolonial Belanda.

Gambar mungkin berisi: langit dan luar ruangan

Pada lantai dua berisi relief sejarah bangsa Indonesia dalam Perang kemerdekaan 1945 dan patung Jenderal Soedirman duduk diatas punggung kuda yang terbuat dari perunggu seberat 5,5 ton dengan tiggi 4,5 meter.

25. Wisata Purwokerto Bendung Gerak Serayu

Bendung Gerak Serayu sebuah objek wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Lokasi objek wisata ini berada di Desa Gambarsari Kebasen Kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas. Bendung Gerak Serayu sebuah bendungan yang membendung aliran air dari sungai Serayu yang ada di sekitar lokasi wisata tersebut.

Gambar mungkin berisi: rumah, langit, luar ruangan, alam dan air

Fungsi utama dari bendungan ini sebagai media irigasi persawahan yang mencakup area lahan di Kabupaten Banyumas, Kabupaten Cilacap, serta Kabupaten Kebumen.

26. Wisata Purwokerto The Village

Belokasi di Jalan Raya Purwokerto Baturraden Km 7, the Village tempat pikinik dengan konsep taman dengan berbagai wahana yang menarik,, Rencana akan dibuka secara resmi untuk umum tanggal 9 Februari 2018

27. Wisata Purwokerto Banyumas GWK (Galery Water Ketenger)

2 KOMENTAR

Comments are closed.