Destinasi Wisata di Kebumen

1
624
Temoat Wisata Kebumen
Temoat Wisata Kebumen

Wisata Kebumen By Sanjaya Tour

kebumen sebagai salah satu Kabupaten di Jawa Tengah yang memiliki berjuta pesona terletak di jalur selatan pasti lah dekat dengan panti atau pesisir yang menjadikan Kabupaten Kebumen juga memiliki beragam destinasi wisata menarik khususnya objek wisata pantai, tetap tidak sampai di situ saja, wisata pegunungan dan perbukitan juga ada di sini.

untuk melihat destinasi wisata kebumen terbaik kami telah merangkumnya, mempermudah anda dalam menentukan objek wisata yang harus anda kunjungi ketika sedang berada di kebumen atau mengendaria kendaraan mobil / motor melewati kota ini tak salahnya mampir guna menambah wawasan wisata anda beserta keluarga

Temoat Wisata Kebumen
Temoat Wisata Kebumen

Daftar Objek Wisata Kebumen

1. Bukit Pentulu Indah

Beralamat di Dukuh Dakah, Desa Karangsambung, Kecamatan Karangsambung, Kebumen. Bukit Pentulu Indah atau yang biasa dikenal dengan nama Bukit PI ini mempunyai pesona untuk menikmati keindahan alam bukit, kabut saat pagi/menjelang malam, dan matahari saat sunset/sunrise.

bukit pentulu indah
sumber by Abs Photography

Kebumen memangang kota kecil yang jarang orang tahu, tapi keindahan alamnya wajib kamu tahu dan kamu kenalkan.




Bercerita sedikit tentang kisah sejarah berdirinya Bukit PI ini, konon sebelum terkenal bukit Pentulu Indah merupakan sebuah bukit milik dinas perhutani yang banyak ditanami tanaman karet.

Namun karena dijaman sekarang ini perkembangan teknologi informasi dan sosial media berkembang pesat, yang awalnya bukit PI tersebut masih sepi dan belum mendapat campur tangan pihak manapun karena banyak remaja pecinta alam kebumen yang meng explore wisata tersebut maka tercetuslah untuk membuka wisata alam dengan nuansa mirip Kalibiru Jogja.

Tempat tersebut bahkan diresmikan oleh Anji – Vokalis Drive yang disponsori oleh salah satu pabrik rokok dengan semboyan yang sering muncul di iklan TV – yang penting Hepi.

2. Objek Wisata Kebumen Pantai Menganti

Lokasi Pantai Menganti berada di balik perbukitan karst selatan Kebumen, tepatnya di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Lokasi tersebut berjarak sekitar 42 KM dari pusat kota Kebumen dengan waktu tempuh kurang lebih 1,5 jam.

Untuk dapat sampai di Obyek Wisata Pantai Menganti, wisatawan harus merayapi jalanan yang naik-turun dan berkelok-kelok karena medannya yang merupakan kawasan perbukitan.

pantai menganti kebumen
sumber by @KebumenKab

Oleh karena itu hanya kendaraan dengan kondisi baik yang disarankan untuk menjangkau obyek wisata ini, ditambah wisatawan harus ekstra hati-hati dalam mengemudi kendaraannya.

Meski demikian, wisatawan tidak akan merasa bosan ketika di perjalanan karena pemandangan laut sesekali terlihat saat berada di punjak jalan yang menanjak.

Pantai Menganti memiliki hamparan pasir putih serta panorama menakjubkan di sisi barat pantai berupa tebing karst yang biasa dijuluki sebagai Tebing Bidadari.

Selain itu, suasana khas pantai berupa deretan pohon kelapa dan perahu-perahu nelayan yang berjajar juga menyelimuti keindahan Pantai Menganti. Ada juga batuan karang besar yang dapat digunakan untuk berfoto, bermain air, atau sekadar berduduk-duduk ria sembari melepas pandangan ke samudera.

3. Benteng Van Der Wijck

Benteng Van Der Wick Kebumen
sumber by @joni.fernanda

benteng Van der wijck gombong adalah benteng pertahanan Hindia belanda yang dibangun pada Abad ke-18. Benteng ini terletak dikota Gombong, sekitar 20 km sebelah barat dari ibukota kabupaten kebumen, jawa tengah, 7 km dari barat kota karang anyar, atau 100 km dari yogyakarta

nama benteng ini diambil dari van der wijck, yang kemungkinan nama komandan pada saat itu. Nama benteng ini terpampang pada pintu sebelah kanan.

Benteng ini kadang dihubungkan dengan nama frans david Cochius (1787-1876). Seorang jendral yang bertugas didaerah barat bagelen yang namanya juga diabadikan menjadi nama benteng Generaal Cochius. Benteng ini merupakan benteng persegi delapan satu- satunya di Indonesia.

4. Wisata Kebumen Brujul Adventure Park

Brujul Adventure Park adalah sebuah destinasi wisata alam baru yang terletak di hutan pinus milik Perhutani terdapat di desa Peniron kec. Pejagoan Kab. Kebumen. sebuah taman petualangan alam yang sangat luar biasa.

Gambar mungkin berisi: pohon, langit, tanaman, rumput, luar ruangan dan alam

Banyak venue dan banyak situs di dalamnya, ada ratusan bahkan ribuan batu besar yg sangat unik dan indah yg tidak di punyai oleh hutan lain,ada tiga gua,ada sumur dg bergayung mas yg penuh misteri,ada situs tepak banteng,ada bukit pandang yg lapang,ada puncak brujul yg menantang,ada beberapa curug dll .




5. Destinasi Wisata Kebumen Roemah Martha Tilaar

Roemah Martha Tilaar beralamat di Jalan Sempor Lama nomor 28, Gombong, Kebumen atau persis di sebelah timur pasar Wonokriyo, Gombong. Rumah ini merupakan rumah masa kecil dari Ibu Martha Tilaar. Pada awalnya dibuat atas keinginan Ibu Martha untuk memberikan sumbangsih bagi kota kelahirannya, Gombong.

rumah martha tilaar gombong kebumen
sumber by @roemahmarthatilaar

Rumah ini sebelumnya adalah sebuah rumah yang sudah cukup tua yang didirikan sekitar tahun 1920 dan sudah sangat lama tidak ditinggali. Menurut sang putri, Wulan Tilaar, semula rumah ini mirip dengan rumah hantu. Kemudian dilakukan pemugaran dan digunakan sebagai sebuah museum atau wisata edukasi.

resmi dibuka untuk publik sejak Desember 2014. Melalui ragam kegiatan dan program mulai dari diskusi, lokalatih, festival, pertunjukan dan pameran seni, Roemah Martha Tilaar mencoba menjadi wahana yang mempertemukan individu dan kelompok untuk berbagi ide dan mendorong kerja-kerja kolaboratif lintas disiplin sekaligus juga wahana pendidikan dan hiburan. Harapannya semua itu akan bermuara kepada kemanfaatan dan kesejahteraan bagi masyarakat sekitar.

6. Pemandian Air Panas Krakal

Pemandian Air Panas Krakal Berjarak 10 Km dari pusat Kota Kebumen Jawa Tengah, tepatnya di desa Krakal kecamatan Alian Kebumen, PAP Krakal menyuguhkan konsep wisata husada.

obyek wisata pemandian air panas krakal kebumen
sumber by @telusuriindonesia

Disana pengunjung bisa mandi air hangat yang sudah ditampung dalam bak di setiap kamar yang sudah disediakan oleh pengelola. Wisata pemandian air panas yang mengandung belerang, salah satu destinasi wisata menyehatkan berada di Kabupaten Kebumen bisa menjadi alternatif untuk dikunjungi

Setiap pengunjung akan diberikan waktu selama 15 menit untuk mandi. Dipercaya, air hangat tersebut dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Cukup membayar Rp. 10.000,- saja pengunjung sudah bisa mandi.

7. Goa Jatijajar

Gua Jatijajar merupakan sebuah goa yang terbentuk dari proses alamiah. Gua yang keseluruhannya terbentuk dari batuan kapur ini, memiliki panjang 250 meter. Ini jika diukur dari pintu masuk sampai keluar dengan lebar rata-rata 15 meter. Dalam sejarahnya, goa ini pertama ditemukan di Desa Jatijajar Kecamatan Ayah kebumen oleh salah seorang petani bernama Jaya menawi pada tahun 1802

Goa Jatijajar Kebumen
Sumber By @rickymartin

Pada awalnya pintu gua tertutup oleh tanah, setelah tanah yang menutupi dibongkar dan dibuang, ditemukanlah pintu gua yang sekarang menjadi pintu masuk. Goa Jatijajar dibangun dan dikembangkan menjadi obyek wisata pada tahun 1975. Kala itu Kabupaten Kebumen berada dibawah




Salah satu wajah baru dilokasi wisata tersebut terdapat ruang tiket yang modern, serta taman untuk bermain. Setiap sore dikunjungi​ muda mudi disekitar wilayah Jatijajar untuk sekedar bermain seperti sepatu roda, Skate board, sepeda gunung dan komunitas komunitas permainan anak anak. Fasilitas lain juga terdapat Musholla baru, food court, lahan parkir luas, peta wisata juga terdapat Rest Area.

1 KOMENTAR

Comments are closed.