11 Destinasi Wisata di Cilacap Terbaru

0
33
Wisata Cilacap
Wisata Cilacap

Kabupaten Cilacap termasuk wilayah Provinsi Jawa Tengah yang memiliki wilayah terluas diantara kabupaten lain di Jawa Tengah. Kabupaten Cilacap mempunyai destinasi wisata yang melimpah dan menarik. Sebagai wilayah pesisir, sepanjang pantai di Cilacap merupakan objek wisata yang cukup familiar untuk masyarakat Cilacap maupun sekitarnya.

Pantai-pantai di Cilacap yang menjadi tempat tujuan wisata, diantaranya Pantai Teluk Penyu, Widara Payung, Sodong, Selok, Jetis, dan Permisan. Pantai-pantai itu selalu ramai dikunjungi wisatawan. Kabupaten Cilacap juga mempunyai objek wisata lain, seperti Telaga Kubang Kangkung di Kawunganten, Kemit Forest di Sidareja, dan Hutan Payau di Tritih.

11 Destinasi Objek Wisata Cilacap Terbaik

Wisata Cilacap
Wisata Cilacap

berikut kami informasikan destinasi wisata cilacap yang sedang ramai bagi para traveler maupun keluarga dan agen tour and travel cilacap  untuk menghabisakan liburanya di sini diantaranya sebagai berikut

1. Kemit Forest

Belakangan ini media sosial sedang diramaikan dengan yang namanya Kemit Forest Education, sebuah hutan wisata di Desa Karanggedang, Kecamatan Sidareja, Kabupaten Cilacap.

kemit forest
sumber by @Wisnu Amin

Sesuai dengan namanya, di lokasi Kemit Forest Sidareja ini banyak dipenuhi dengan pohon pohon pinus yang menjulang tinggi. Udara yang sangat segar dengan pemandangan hijau cocok untuk ngadem melarikan diri dari rutinitas. Terlebih lagi ada banyak spot foto kekinian yang belum lama dibangun. Walau tetap mengandalkan gardu pandang dengan background lanskap alam terbuka, bentuknya unik dan menarik.

Memang ketinggiannya hanya 200 mdpl, tetapi view-nya dari sini terlihat bagus. Cobalah naik ke atas tree sky/panggok, Kecamatan Sidareja untuk dapat banyak melihat pepohonan hijau untuk jadi objek foto yang menarik. Terdapat banyak spot foto lain yang tak kalah kece seperti sky wings, kursi gantung, dan sky big. Spot-spot tersebut bahkan tidak kalah menarik sama The Lodge Maribaya di Bandung.

2. Pulau Momongan

Pulau Momongan berasal dari nama Platar Tengah, dinamakan demikian karena berawal dari masyarakat Desa Jetis. Dalam hal ini adalah kelompok masyarakat yang tergabung dalam Desa Wisata Karang Banar. Dan kemudian mengubah nama Platar Tengah menjadi Pulau Momongan. Hal ini bertujuan untuk lebih marketable dan lebih mudah untuk diingat orang.

Gambar mungkin berisi: orang berdiri, langit, pohon, luar ruangan dan alam

Sedangkan Platar Tengah ini merupakan tanah timbul yang berada diantara wilayah Kebumen dengan Kabupaten Cilacap, yang ditumbuhi oleh tanaman mangrove dan nipah.

Nah buat yg mau ke sini bisa banget nih buat referensi wisata bareng keluarga dan orang-orang tersayang. Liburan ramai-ramai ke sini pasti seru. Silakan langkahkan kaki ke daerah Jetis di Desa Wisata Karangbanar, Desa Jetis Kecamatan Nusawungu, Kabupaten Cilacap.

Di Desa Jetis ini, mau menikmati pantai bisa, mau menikmati agro wisata buah semangka bisa, mau berburu suvenir bisa, dan mau berburu kuliner ala seafood yang masih segar juga bisa. Pokoknya apa yang diidamkan pas liburan ke daerah pantai pasti bisa. So, jangan sampai gak mampir.

3. Benteng Pendem Cilacap

“Benteng Pendem Cilacap” (Bangunan benteng bergaya Eropa) adalah benteng peninggalan Belanda di pesisir pantai Teluk Penyu kabupaten Cilacap, Jawa Tengah yang dibangun pada tahun 1861.

benteng pendem
sumber by @kang_rozy

Bangunan ini merupakan bekas markas pertahanan tentara Hindia Belanda yang dibangun di area seluas 6,5 hektare secara bertahap selama 18 tahun, dari tahun 1861 hingga 1879. Benteng pendem sempat tertutup tanah pesisir pantai dan tidak terurus.

Benteng ini kemudian ditemukan dan mulai digali pemerintah Cilacap tahun 1986. Saat ini, pemerintah Kabupaten Cilacap menjadikan benteng ini sebagai tempat wisata sejarah

4. Wisata Cilacap Kampung Laut

Dinamakan “Kampung Laut” karena perkampungan ini berada di laguna Segara Anakan dan sekelilingnya merupakan wilayah perairan. Berbagai keunikan terdapat di daerah ini, mulai dari banyaknya Goa Karst, fauna laut, dan hingga pola hidup masyarakat yang menetap di daerah tersebut.

kampung laut
sumber by @Cilacap Bercahaya

Letaknya dapat dikatakan terisolasi dan berada cukup jauh dengan wilayah perkotaan, membutuhkan waktu 4 jam dengan menggunakan perahu compreng atau sekitar 2 jam dengan menggunakan perahu mesin. Untuk sampai ke Kampung Laut kita akan melewati hutan mangroove dan menyusuri Pulau Nusakambangan yang digunakan sebagai penjara untuk narapidana kelas berat.

Kampung laut yang menjadi tempat wisata di Cilacap Jawa Tengah ini menyuguhkan keindahan pemandangan seperti kehidupan masyarakat kampung laut yang hidup di atas laut, keindahan hutan bakau, serta terdapat gua karst yang bisa dikunjungi.

5. Desa Wisata Karang Banar

Desa Wisata Karangbanar terletak di Desa Jetis, Kecamatan Nusawungu. Berwisata ke tempat ini selalu menarik. Apalagi bagi yang menyukai wisata bahari. Ada berbagai spot pantai yang dapat dinikmati bersama keluarga. Kuliner hasil Laut Boga Bahari juga menjadi unggulan di desa ini.

Selain itu, seni budayanya pun menarik, antara lain ebeg, lengger, dan wayang kulit. Nah, event yang paling ditunggu dari desa wisata ini ialah tradisi Sedekah Laut dan Merdi Bumi. Bahkan tradisi tersebut selalu menjadi buruan wisatawan untuk menikmati Desa Wisata Karangbanar.

6. Wisata Hutan Payau Cilacap

Hutan Payau Cilacap adalah lahan rawa berisi tanaman mangrove seluar 10 hektar yang dikelola oleh Perum Perhutani KPH Banyumas Barat dan Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah sebagai hutan pelindung ekosistem di kawasan segara anakan.

hutan payau
sumber @sipti amari

Hutan payau ini mulai dirintis pada tahun 1978 namun baru dijadikan hutan kota, berdasarkan keputusan Bupati Cilacap, pada tanggal 2 Maret 2009. Hutan Payau Cilacap juga digunakan sebagai tempat wisata lingkungan.

Hutan payau berada di Kelurahan Tritih Kulon, Kecamatan Cilacap Utara, Kabupaten Cilacap. Lokasinya berbatasan langsung dengan persawahan warga sekitar. Namun dari Jalan Nusantara terdapat pintu gerbang khusus bagi para wisatawan. Di hutan ini, sekarang sudah terdapat 15000 jenis pohon yang terdiri dari tancang (bruguiera gymnorrhiza), api-api (avicennia sp), bakau bandul (rhizophora mucronata) dan bakau kacangan (rhizophora apiculata).

Tanaman lain yang juga tertanam di hutan ini adalah mangrove asosiasi seperti jeruju (acanthus ilicifolius), waru dan ketapang (terminalia catappa). Sebagian besar mangrove tersebut merupakan hasil penanaman yang dilakukan sejak tahun 1978.

Dengan kerapatan yang cukup tinggi, mangrove-mangrove ini terlihat sangat lebat di sepanjang walking track berada di sela-selanya, walaupun di bagian belakang ujung jalan terdapat mangrove yang rusak karena ditebangi oleh warga sekitar untuk dijadikan kayu bakar. Tetumbuhan yang berada di lahan rawa ini mendapat suplai air payau dari sungai Lester yang langsung terhubung dengan laut.

7. Bukit Panorama Ketapang Indah, Dayeuhluhur

Kawasan Dayeuhluhur punya banyak potensi wisata alam (geowisata) dan kaya akan sumber daya alamnya. Hal ini sangat didukung kondisi geologi yang ditinjau secara geologi, wilayah Dayeuhluhur terletak di kontur topografi yang tinggi.

bukit panorama ketapang indah
sumber by @berita cilacap

Dari tempat ini wisatawan dapat menikmati indahnya Cilacap dari ketinggian. Hamparan hijau membentang membuat nuansa begitu indah. Hasil foto dari destinasi ini dijamin bakal membuat iri siapa pun yang melihat.

8. Cidayeuh Canyon, Dayeuhluhur

Destinasi ini menawarkan kesegaran udara yang menakjubkan. Apalagi jernihnya air Cidayeuh Canyon begitu menggoda untuk dijamahi karena begitu jernih dengan dikelilingi hamparan hijau di sekitarnya. Kondisi alam yang masih perawan bisa dipastikan dapat menenangkan pikiran.

cidayeuh canyon
sumber by @Randyz Virgo Cz

Lokasinya berada di Desa Cilumping, Kecamatan Dayeuhluhur, Cilacap, Jawa Tengah.

9. Wisata Cilacap Pesisir Kutawaru

Selat kecil yang berada di utara Nusakambangan dikenal dengan sebutan Selat Segara Anakan. Jika kamu menyusurin selat ini sampai ke sisi barat pulau, kamu bisa menemukan Kampung Laut, yaitu sebuah kecamatan yang cukup terpencil di Cilacap, tak jauh dari hutan mangrove. Daerah ini punya daya tarik tersendiri berupa pantai-pantai serta goa-goanya.

pesisir kota waru
sumber by @manga spot

Di Kampung Laut, kamu bisa menikmati indahnya pantai di pesisir Rancababakan dan Kalijati. Buat yang suka berwisata ke goa, ada beberapa goa yang bisa kamu singgahi, seperti Goa Pawon, Goa Ronggeng, serta Goa Payung. Kamu juga bisa menyusuri indahnya hutan mangrove dengan perahu.

Berwisata tidak hanya bisa menikmati pemandangan alam yang indah saja, tetapi juga bisa melihat bangunan unik. Di Cilacap, traveler bisa melihat kilang minyak lepas pantai yang berukuran raksasa dari Pesisir Kutawaru.

Apalagi jika menikmatinya ketika malam tiba dari atas kapal wisata. Kelap-kelip cahaya dari kilang minyak membuat nuansa semakin romantis.

10. Curug Manik, Majenang

curug dengan tinggi +/- 40 meter ini cukup membingungkan sebagian orang, menurut warga dari kecamatan wanareja, curug satu ini masuk kecamatan wanareja tepatnya di desa gintung dinamakan curug cigintung atau cimanik cigintung, sedang menurut orang majenang, curug ini masuk kecamatan majenang tepatnya di desa cibeunying.

curug manik majenang
sumber by @hadi pratama

Entah memang ada 2 curug ditempat yang berbeda dengan nama sama atau memang sama, dan anehnya setiap tunjukan foto area dan bentuk curugnya sama, penulis sendiri jika ke curug manik di desa cibeunying sudah pernah mengunjungi, dan menurut penulis letak antara desa cibeunying majenang dan cigintung wanareja berjarak +/- 8 km dan melewati beberapa desa sehingga tidak mungkin sama,

terkecuali jika air yang berasal dari curug manik ini mengalir ke sungai cigintung penulis percaya, sebab sungai cigintung bisa kita lihat dari jalan besar jalur selatan, sungai ini berbatasan dengan desa pahonjean majenang dan cigintung wanareja, sungai ini juga bukan hanya dari curug cimanik tapi juga airnya berasal dari curug bandung.

Debit airnya cukup besar. Terdapat kolam kecil di bawahnya yang bisa dijadikan tempat bermain air. Belum lagi nuansa hijau khas pegunungan yang membuat curug ini menjadi destinasi yang nyaman untuk menenangkan diri.

11. Taman Bunga Tali Asmoro

Taman Bunga Tali Asmoro ini baru diresmikan pada 8 Oktober 2018. Tempat wisata cilacap ini tentunya menambah pilihan tempat wisata yang ada di Cilacap.

taman bunga tali asmoro
sumber by @adis dislam

Sesuai namanya, tempat wisata ini memiliki daya tarik utama berupa taman bunga yang indah. Ada beberapa jenis bunga yang ditanam secara sistematis sehingga indah untuk dilihat, antara lain bunga Panca Warna, Tombel Ayam, dan juga Bunga Matahari.

Di lokasi Taman Bunga Tali Asmoro ini juga terdapat miniatur Monas yang merupakan salah satu bangunan kebanggaan Indonesia. Adanya miniatur monas ini cukup menarik karena saat ini kebanyakan tempat wisata lainnya bernuansa luar negeri.

Selain itu, lokasinya yang berada di kawasan pesisir juga menjadikan tempat ini tambah menarik.

5 (100%) 1 vote

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here