9 Destinasi Tempat Wisata di Kota Kudus yang Menarik

0
1333
Destinasi Tempat Wisata Di Kudus
Destinasi Tempat Wisata Di Kudus

Tempat Wisata Paling Populer Di Kudus

Perlu kalian ketahui kota Kudus ini identik dengan kota wisata religi dan kota kretek dijuluki kota kretek karna dari sinilah asal muasal rokok kretek yang legendaris itu muncul. Itulah yang menjadikan ciri khas kota tersebut. Kota Kudus ini juga terkenal akan beberapa makam walisongo didalamnya dan Kabupaten Kota Kudus juga dikenal sebagai kota santri.

Kudus merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Tengah,yang terletak di jalur pantai timur,atau tengah kota Semarang dan kota Surabaya. Dan disini banyak sekali tempat wisata yang harus kalian datangi.

Kota Kudus ini memiliki keindahan alam yang indah, bahkan saking indahnya,wisata di kota Kudus ini banyak diminati oleh para wisatawan local maupun luar kota dan para artispun berdatangan untuk menikmati keindahan wisata ini.

10 Destinasi Tempat Wisata di Kota Kudus Yang Menarik

Destinasi Tempat Wisata Di Kudus
Destinasi Tempat Wisata Di Kudus

Tetapi, bagi orang yang belum paham tentang wisata Kudus ini mungkin mereka mengira tidak ada yang menarik di kota Kudus ini, maka dari itu, untuk mengenalkan kota kudus ini dan mempermudah traveler mencari wisata yang indah di Kudus.

Kami akan mengulas tentang wisata wisata yang ada di Kudus ini, ayo simak di bawah ini

Masjid Menara Kudus

Masjid Menara Kudus
by Nadhirin Nad

Tempat yang pertama kita bahas adalah Menara Kudus. Menara Kudus ini merupakan tempat wisata religi. Tempat ini dibangun oleh sunan kudus sejak tahun 1549 Masehi dan merupakan peninggalan Wali Songo yaitu saat menyiarkan ajaran Agama islam di wilayah Jawa Tengah. Masjid Menara Kudus ini masih Lestari dan telah menjadi landmark Kota Kudus.

Masjid ini menjadi salah satu tempat wisata tujuan para wisatawan. Ada Keunikan tersendiri di masjid ini yaitu karena memiliki menara yang serupa bangunan candi serta pola arsitektur yang memadukan konsep islam dengan budaya Hindu-Buddha sehingga  terjadinya proses akulturasi dalam pengislamam Jawa.

Sehari-hari,selalu ada peziarah yang berkunjung ke masjid ini untuk beribadah sekaligus ziarah ke makam Sunan Kudus yang terletak di sisi Barat kompleks Masjid. Masjid ini juga dikenal dengan nama masjid Al-Aqsa Manarat Qudus. Lokasinya berada di daerah Kauman kecamatan Kota, kabupaten Kudus.

Menara Pisang Sardi Park

Menara Pisang
by Ahmad Arifin

Selanjutnya adalah tempat wisata Menara Pisang. Lokasinya terletak di Dukuh Watu Lumpang, Desa Kajar,Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus Tempat ini merupakan destinasi keindahan alam yang sangat mempesona dan sangat menyegarkan mata. Jika anda sangat menyukai rasa sejuk, rileks, aman, nyaman, dan tentram, atau ingin melipir dari hiruk pikuk masalah atau yang lainnya tempat ini sangat cocok untuk kamu.




Kenapa saya bilang begitu,karna tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari-hari. Sangat disayangkan jika anda berada di Kota Kudus ini tapi tidak mengunjungi wisata menara Pisang ini yang mempunyai keindahan yang tiada duanya.

Selain keindahannya disini juga sudah disediakan fasilitas ada gazebo untuk nongkrong ,outbond, camping ground atau bagi anda yang suka foto disini banyak spot foto yang menarik. Selain fasilitas diatas juga ada café, mushola yang dibuat mirip seperti gazebo. Dijamin, anda tidak akan kecewa dengan panoramanya dan akan membuat kalian betah berlama-lama disini.

Air Terjun Montel

Air Terjun Montel
by Rylif Kanza

Tempat wisata selanjutnya adalah Air Terjun Montel Wisata ini sebelumnya terkenal dengan makam sunan Muria dan wisata ini juga ternyata menyimpan pesona alam yang  sangat menakjubkan.

Untuk menempatkan diri sendiri dan menikmati deburan udara yang jatuh dari ketinggian sembari menghirup udara segar dan merasakan keindahan keindahan di sekitarnya.

Ketinggiannya kurang dari 50 meter. Harga tiketnya juga terjangkau Rp 7.500 per orang. Disini juga disediakan fasilitas yang memadai seperti mushola,kamar mandi,tempat parkir,warung makan,dan masih banyak yang lainnya. Lokasinya terletak di Kajar, Dawe, Kabupaten Kudus.

Wisata Air Tiga Rasa Rejenu

air tiga rasa rajenu
by Kudus Grey

Wisata Rejenu ini merupakan salah satu tempat unik yang ada di Kudus. Terdapat air dengan tiga rasa. Air tiga rasa ini memang memiliki rasa yang berbeda. Ada yang rasa tawar yang sedikit asam ada juga rasa air yang mirip dengan minuman bersoda serta rasa yang mirip minuman arak atau tuak. Ketiga air tersebut memiliki khasiat yang berbeda beda.

Disini terdapat sebuah makam yang banyak diziarahi orang. Orang mengenalnya sebagai makam Syeh Sadzali. Beliau merupakan salah satu murid Sunan Muria yang disegani yang konon berasal dai Irak.

Lokasinya berada di Desa Japan, Kecamatan Dawe, kabupaten Kudus. Sangat disayangkan jika anda ke kota Kudus tetapi tidak mengunjungi wisata ini.

Destinasi Tempat Wisata Taman Oasis Kudus

Taman Oasis
by Tahid Astari

Tempat selanjutnya sangat cocok untuk anak muda, keluarga, pasangan. Yaitu tempat untuk nongkrong, bercanda tawa ria, berbagi cerita, bermain atau menjadi tempat istirahat juga cocok. Dan biasanya tempat ini menjadi favorit warga kudus untuk menghabiskan santai di sore hari.

Tempat ini sangat indah dan memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi.  Keidahannya dan kenyamannya sangatlah baik bagi anda yang ingin datang ke sini.

Tempat wisata ini berada di Jalan Lingkar Utara, desa Gondangmanis, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus. Disini juga ada beberapa spot foto yang bagus.

Waterpark Mulia Wisata

Waterpark Mulia Wisata
by Pak Noor

Seperti tempat wisata sebelumnya ini juga cocok untuk bersenang senang canda tawa,berenang dll. Bersama keluarga, teman dan saudara. Wahana wisata air ini bisa dikatakan sangat lengkap.

Di sana tersedia waterboom dengan ember tumpah,kolam arus,dan kolam renang standart nasional sepanjang 50 meter.Bagi anda penggila mancing disana juga tersedia kolam untuk memancing. Bagi yang suka wahana permainan lain, tersedia juga ATV jenis mobil dan motor untuk mengelilingi wahana.

Fasilitasnya ada mushola, toilet, tempat parkir, smokhing area, wifi area. Lokasinya berada di wilayah Desa kajaar, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus. Tiket masuknya Rp 25.000 per orang.

Museum Jenang Kudus

Museum Jenang Kudus
by Fery Pratama

Museum Jenang Kudus diklaim menjadi pertama dan satu satunya di Indonesia. Keberadaaan Museum Jenang sebagai penghormatan terhadap perjalanan panjang yang dilakoni pendahulunya.




Museum juga menonjolkan berbagai desain bangunan yang menarik antara lain ada dinding yang terbuat dari batok kelapa yang ditempelkan rapi, serta tembok pagar keliling yang dibuat dari batu bata merah bergaya kerajaan kuno.

Selain  diatas ada juga miniatur menara kudus, foto Bupati dari masa ke masa, rumah adat kudus, hingga galeri batik. Dan masih banyak yang lainnya. Lokasi museum berada di jalan Sunan Muria 33 Kecamatan Kota Kabupaten Kudus.

Bumi Perkemahan Wana Wisata Kajar

Sesuai namanya, kawasan tersebut sangat cocok sebagai bumi perkemahan karena lokasinya berada di ketinggian 600 mdpl dan banyak terdapat pepohonan pinus. Sangat disayangkan jika kamu tidak merasakan keindahan bumi perkemahan ini.

Bumi Perkemahan ini termasuk tempat wisata di kudus yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa atau hari libur. Tempat wisata ini berlokasi di kawasan hutan pinus dan berjarak sekitar 3 Km dari makam sunan muria.

Tempat wisata ini terletak di desa Kajar, Kecamatan Dawe,Kabupaten Kudus. Disini juga terdapat spot foto bagus, udaranya yang sejuk membuat hati dan pikiran tenang.

Tempat Wisata Museum Kretek Kudus

Museum Kretek Kudus
by Novia Erlina

Tempat Wisata Di Kudus Selanjutnya adalah museum kretek, kretek identik dengan rokok,museum ini mempunyai koleksi peralatan atau mesin untuk membuat rokok jaman dulu, disini anda juga bisa melihat proses mulai dari penanaman tembakau hingga pembuatan rokok.

Bangunan museum dibangun di atas lahan seluas 2 hektar.Selain bangunan terdapat fasilitas lain termasuk mini bioskop dan kolam renang. Terletak di Jalan Getas Pejaten No 155 Kecamatan Jati Kabupaten Kudus.