Daftar Tempat Wisata Di Banyuwangi Terpopuler

0
715
Tempat Wisata Di Banyuwangi
Tempat Wisata Di Banyuwangi

Tempat Wisata Di Banyuwangi By Sanjaya Tour

tidak sedikit yang masih belum mengetahui bahwa banyuwangi memiliki keindahan alam yang mempesona dengan kebudayaan dan tradisi yang masih terjaga ke asliannya sampai saat ini.

banyak destinasi yang bisa anda kunjungi mulai dari wisata pantai, air terjun, hutan, kebun binatang, tamana nasional, kawah, gunung, danau dan masih banyak lagi spot menarik yang sayang anda lewatkan saat ini tempat – tempat wisata di Banyuwangi mulai di kenal oleh wisatawan baik lokal maupun dari luar negri karena keindahannya

Daftar Tempat Wisata Populer Di Banyuwangi

Tempat Wisata Di Banyuwangi
Tempat Wisata Di Banyuwangi

bagi anda yang berencana untuk mengunjungi tempat wisata di banyuwangi tidak perlu bingung lagi dalam menentukan objek wisata terbaik karena disini terdapat destinasi wisata yang menawarkan cukup banyak objek wisata pilihan untuk Anda dikunjungi. untuk itu kami telah merangkum top 10 destinasi tempat wisata di banyuwangi paling menarik dan populer di kalangan wisatawan simak ulasan berikut ini

1. Kawah Ijen Banyuwangi

Kawah Ijen Banyuwangi
Kawah Ijen Banyuwangi
  • AlamatSlolok, Sekapuk, Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur 61154
  • Harga Tiket Masuk : Rp. 5.000,-
  • Jam Oprasional : 07.00 – 17.00

Gunung Ijen adalah sebuah gunung berapiaktif yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia. Gunung ini memiliki ketinggian 2.779 mdpl dan terletak berdampingan dengan Gunung Merapi

Kawah ijen merupakan tempat wisata di banyuwangi yang terkenal tidak hanya dalam negeri, tp juga dunia International. Disini terdapat Blue fire, yang hanya ada dua di dunia. Untuk anda yang ingin berkunjung ke kawah ijen, persiapkan fisik anda untuk mendaki, karena pendakiannya sangat menguras fisik, karena jalannya sangat curam

2. Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah
Pantai Pulau Merah
  • AlamatDusun Pancer, Sumberagung, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68488
  • Harga Tiket Masuk : Rp. 10.000,-
  • Jam Oprasional : 01.00 – 12.00

Ini merupakan destinasi wajib jika anda berkunjung ke kota banyuwangi,, lokasi tepatnya berada di daerah pesanggaran, banyuwangi selatan, jarak tempuh jika dari pusat kota banyuwangi kurang lebih 65 km,

Pantai dengan pasir halusnya sangat nyaman dan kita tak takut kotor karena pasir tidak lengket di baju maupun di tubuh. Ombak sangat bagus cocok untuk surfing karena langsung laut lepas samudra indonesia. Banyak spot spot bagus untuk fotografi. Bagi yg gak bawa bekal banyak warung kuliner disini.

banyak tersedia pilihan homestay disini dengan harga yang terjangkau, untuk kulineran juga cocok banget dan jelas menu favorit disini adalah olahan menu seafood nya dan menyantap sajian ditemani view pantai,

3. Taman Nasional Alas Purwo

Taman Nasional Alas Purwo
Taman Nasional Alas Purwo
  • AlamatSlolok, Sekapuk, Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur 61154
  • Harga Tiket Masuk : Rp. –
  • Jam Oprasional : 07.30 – 16.00

Taman Nasional Alas Purwo terletak di Banyuwangi, Jawa Timur. Tempat wisata di kabupaten banyuwangi ini adalah hamparan taman nasional yang luas, dengan ekosistem flora dan fauna yang kaya dan beragam. Banyak turis lokal dan mancanegara datang untuk mengeksplorasi kekayaan biosystem di tempat ini. Bagi Anda yang suka wisata petualangan harus mengunjungi tempat ini.

Taman nasional yang masih asri, di sini terdapat juga pantai dan hutan luas dengan padang savana dan masih di diami satwa asli wilayah sini berupa kerbau dan rusa liar dan juga ada burung merak yang berlalu lalang di jalanan

4. Air Terjun Jagir

Air Terjun Jagir
Air Terjun Jagir by Rizki Mahendra
  • AlamatDusun Krajan, Kp. Anyar, Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68432
  • Harga Tiket Masuk : Rp. 5000,-
  • Jam Oprasional : 06.00 – 17.00

Salah satu tempat wisata alam pilihan saat berkunjung di Banyuwangi. Biasanya setelah turun dari Ijen, penyedia jasa tur menawarkan peserta tur ke air terjun ini. Tempat objek wisata tidak sulit dijangkau. Dari Banyuwangi kota tinggal pakai motor melewati Desa Kemiren. Parkir motor disediakan oleh rumah-rumah warga. Dari pintu masuk, jalan kaki tidak begitu jauh sampai air terjun.

Terdapat 3 aliran air terjun di tempat ini. Dua air terjun berdekatan dengan ketinggian sekitar 20 meter, sedang yang satunya berjarak sekitar 300 meter dengan ketinggian 40 meter. Karena itu, masyarakat setempat banyak yang menyebut tempat ini dengan air terjun three in one,

air terjun kembar, air terjun saudara sampai air terjun bidadari karena airnya yang jernih dan diibaratkan seperti pemandian bidadari. Air terjun ini berasal dari tiga mata air yang berbeda yaitu Sumber Jagir, Sumber Pawon, dan Sumber Buyut Ijah.

5. Wisata Pinus Songgon / Rumah Pohon

Wisata Pinus Songgon / Rumah Pohon
Wisata Pinus Songgon / Rumah Pohon
  • AlamatSumberagung, Sumberbulu, Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68463
  • Harga Tiket Masuk : Rp. 5.000,-
  • Jam Oprasional : 07.00 – 20.00

Tempat wisata rumah pohon sunggon ( hutan pinus ) di banyuwangi yang sangat presentatif buat tempat liburan keluarga, lokasi ini d fasilitasi tempat camping ground gan out boud yg menarik dan berlantar blakang pemandangan gunung yg indah

Tidak hanya hutan pinus, disini juga terdapat aneka permainan ourdoor seperti flyng fox, soft gun, naik kuda, rafting dan banyak lagi lainnya. Tempatnya sejuk, dan terdapat beberapa rumah pohon juga. Pemandangannya menakjubkan.

6. Marina Boom Beach

Marina Boom Beach
Marina Boom Beach
  • AlamatDesa, Kampungmandar, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68419
  • Harga Tiket Masuk : Rp. 10.000,-
  • Jam Oprasional : 07.00 – 22.00

Pantai Boom adalah sebuah pantai yang terletak di Kampung Mandar, Kecamatan Banyuwangi, Banyuwangi. Pantai ini dulunya merupakan pelabuhan. Saat ini aktivitas pelabuhan juga masih ada, namun sudah tidak terlalu ramai. Pantai ini menjadi salah satu tujuan wisata keluarga dari dalam dan luar kota Banyuwangi.

Pantainya bersih, banyak tempat makan dipinggir pantai, banyak gazebo & tempat duduk santai. Dari pantai boom bisa langsung lihat pulau bali di sebrangnya. Bisa jadi referensi tempat wisata di banyuwangi yang tidak jauh dari pusat kota

7. Hutan De Djawatan

Hutan De Djawatan
Hutan De Djawatan
  • AlamatPurwosari, Benculuk, Cluring, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68482
  • Harga Tiket Masuk : Rp. 7.000,-
  • Jam Oprasional : 08.00 – 17.00

Yang menyenangkan di tempat wisata banyuwangi ini adalah deretan pohon trembesi tua yang memenuhi area. Menjulang dan meraksasa, membuat kita seperti liliput didekatnya. Beberapa bahkan memiliki diameter melebihi empat manusia yang bergandeng tangan.

Dahan-dahannya seperti tangan tua yang besar-besar. Dengan lumut dan paku yang tumbuh lebat. Jika menengok ke atas akan nampak jalur-jalur crown shyness, yaitu mahkota pohon yang tidak saling bersentuhan. Namun, dipisahkan oleh celah yang terlihat jelas jika kita melihat dari bawah.

Harga karcis untuk masuk ke destinasi temat wisata di banyuwangi ini di kenakan retribusi kurang lebih Rp7.000,00 termasuk parkirnya untuk motor. Mobil dikenakan Rp10.000,00.

Jika bosan jalan, bisa naik kuda atau ATV. Naik kuda Rp10.000,00, sedangkan ATV Rp25.000 s/d Rp35.000,00 (tergantung besar kecilnya ATV). Naik delman lebih murah jika beramai-ramai, harganya sih biasanya menyesuaikan. Jadi pandai-pandai saja bernegosiasi

8. Air Terjun Telunjuk Raung

Air Terjun Telunjuk Raung
Air Terjun Telunjuk Raung
  • AlamatSumber Asih, Sumberarum, Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68463
  • Harga Tiket Masuk : Rp. 5.000,-
  • Jam Oprasional : 06.00 – 18.00

Untuk menikmati air terjun, kita masuk melalui gapura yang sudah disediakan, dan kita harus menuruni ratusan anak tangga yang sebagian masih semi permanen.

Beberapa tangga bahkan masih berupa tanah biasa, maka dari ini aku sarankan kalau mau kesini jangan pas waktu musim hujan, pilihlah saat musim kemarau agar lebih aman, terlebih lagi membawa anak-anak.

Air yang sangat dingin tapi membuat kita ketagihan ingin berlama -lama bahkan tidak ingin pulang. Damai, sangat tenang dan sangat menyenangkan, itulah hal yang aku rasakan saat berada di wisata kaki gunung raung yang satu ini.

Selain air terjun kita juga bisa menikmati pemandangan dari atas rumah pohon. Ada 2 rumah pohon disini, 2 tingkat dan 4 tingkat. Buat yang takut jangan berlama-lama di tingkat 4 ini.

Taman bunga juga ada di wisata Air Terjun Telunjuk Raung ini. jadi buat kamu-kamu yang ingin berselfie cantik ria, silahkan manfaatkan mengabadikan photo kamu di taman bunga ini.

9.Watu Dodol

Watu Dodol
Watu Dodol
  • AlamatJl. Situbondo – Banyuwangi No.KM, RW.14, Parasputih, Bangsring, Kec. Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68455
  • Harga Tiket Masuk : Rp. 5000,-
  • Jam Oprasional : 24 Jam

Pantai Watu Dodol adalah pantainya yang tidak berpasir, melainkan dipenuhi bebatuan coral dan karang. Meski demikian, air di Pantai Watu Dodol masih sangat jernih dan memiliki panorama pemandangan alam yang sangat menawan.

Mengingat ombaknya yang besar, pengunjung Pantai Watu Dodol tidak diperkenankan untuk berenang, namun di pinggir pantai terdapat beberapa kedai yang menjual berbagai kuliner khas pesisir.

Menariknya, di pantai ini terdapat dekorasi patung penari Gandrung yang berada di atas bangunan. Sambil memegang kipas, penari ini seolah-olah sedang meliuk-liukan badannya memperlihatkan kelihaiannya menari dan memberikan salam selamat datang kepada pengunjung pantai.

Pantai Watu Dodol memang kerap disinggahi oleh pengendara yang melintasi kawasan Situbondo – Banyuwangi. Lokasinya yang berada tepat di pinggir jalan menjadi alasan pantai ini kerap dijadikan persinggahan bagi pengunjung yang ingin bersantai sejenak.

10. Teluk Hijau

Teluk Hijau
Teluk Hijau
  • AlamatDusun Krajan, Sarongan, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68488
  • Harga Tiket Masuk : Rp. 5.000,-
  • Jam Oprasional : 07.00 – 17.00

Untuk menuju ke tempat wisata di banyuwangi Teluk hijau, dengn medan yang dilalui lumayan susah ketika memasuki taman nasional, disarankan agar menggunakan kendaraan jenis SUV atau agak tinggi dan kuat karena di perjalanan masih ada daerah yangg belum diaspal

Bayar hanya sekali di pintu masuk taman nasional (10k / org), namun untuk menempuh teluk hijau, kalian harus memarkirkan mobil di parkiran dan lanjut menempuh kembali dengan ojek motor, jalan kaki atau perahu sejauh 3km.

atau bisa juga mengunakan kapal dengan jasa angkut 35 k / pp / orang, sedangkan motor 20k / pp tapi harus kembali tracking sejauh 1km. Keadaan di teluk hijau bagus, tidak ditemukan sampah yg berserakan shg terlihat seperti private beach karena tidak terlalu banyak pengunjung.