Keindahan Telaga Warna Dieng Yang Bikin Lupa Pulang

0
224
Telaga Warna Dieng Wonosobo
Telaga Warna Dieng Wonosobo

Telaga Warna Dieng Wonosobo

Tempat wisata yang menyuguhkan pesona keindahan lainnya adalah Telaga Warna Dieng, Wonosobo Telaga Warna ini merupakan sebuah telaga alami yang mempunyai pemandangan yang cantik dan mempesona,

hawa yang sejuk, udara telaga yang segar, serta air yang jernih yang membuat para wisatawan menjadikan tempat ini untuk menenangkan hati dan melepaskan penat.

Telaga Warna ini memiliki keunikan tersendiri yaitu sesuai namanya Telaga Warna  karena telaga ini memiliki warna yang bisa berubah. Kadang warna hijau, kuning, sampai menjadi warna pelangi. Kenapa bisa yaa?

Keindahan Telaga Warna Dieng Wonosobo

Kenapa telaga tersebut bisa berubah warna, karena telaga ini adalah komposisi sulfur yang cukup banyak dan komplit tersorot sinar matahari maka warna air tersebut akan berubah warna. Mungkin itu yang menjadi daya tarik para wisatawan untuk mengunjungi wisata ini.

By Agung Ucup

Selain itu, Telaga Warna ini merupakan sebuah tempat wisata alam yang wajib kamu kunjungi saat datang ke Kota DIeng, Wonosobo ini. Telaga Warna ini memiliki keindahan yang sangat membuat kita membelalakan mata saat melihatnya.

Daya Tarik

Telaga Warna dieng wonosobo ini juga sangat cocok sebagai tempat wisata rekreasi yang tepat untuk menghabiskan waktu liburan anda dengan mengunjungi wisata ini. Bersama keluarga, sahabat, pasangan atau kerabat dekat anda.

Sangat disayangkan jika kalian mengunjungi Dieng ini tapi tidak mengunjungi telaga yang indah nan sejuk ini. Disini anda juga dapat melihat pemandangan atau background dari telaga

yaitu hamparan hutan hijau yang sangat indah anda bisa duduk santai sembari menikmati keindahan tersebut dan cantiknya air jernih yang menawan.

Disini kita akan membahas tentang  Telaga Warnai dieng ni mulai dari lokasinya dimana, harga tiketnya berapa, dan apa saja sihh fasilitasnya. Kita akan membahas ini sampai pojook. Ikuti teruus yaa.

Telaga Warna Dieng ini juga merupakan salah satu wisata terpopuler yang terdapat di Dieng ini dan pastinya Telaga danau ini memiliki pesona keindahan yang sangat menakjubkan. Telaga ini juga terkenal akan jernihnya air yang terdapat di telaga ini.

by Channelnya FSD

Mungkin itu yang menjadi daya tarik utama para wisatawan untuk mengunjungi wisata ini. Seperti yang kalian tau Indonesia ini memiliki keindahan panoramanya yang sangat mempesona begitupun telaga ini yang tidak kalah dengan pesona keindahan yang lainnya.

Tapi selain keindahan panoramanya, telaga ini juga merupakan destinasi wisata yang masih terbilang alami. Maka dari itu kalian yang ingin menghabiskan waktu liburan kalian datanglah ke wisata ini.

Keunikan Telaga

Danau ini memiliki nama telaga warna dieng juga ada sebabnya, yaitu karena telaga ini memiliki warna yang bisa berubah terkadang berwarna hijau, kuning, merah, sampai menjadi pelangi.

Terjadi hal seperti ini karena telaga ini adalah komposisi sulfur yang cukup banyak dan komplit tersorot sinar matahari maka warna air akan berubah warna.

By Tony Yau

Telaga Warna ini merupakan telaga terluas yang ada di daratan tinggi antara telaga telaga yang lain kira kira memiliki luas 3 kali lapangan sepak bola. Telaga ini bterletak di ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut.

Di telaga ini juga ada bukit yang indah dan sangat cocok sebagai tempat untuk menyegarkan badan dan untuk melepas penat, anda bisa menaiki salah satu bukit tersebut yaitu tempat wisata yang terkenal adalah bukit ratapan angin.

Telaga ini juga menjadi objek wisata yang menarik untuk dikunjungi karna, tempat wisata ini menyajikan panorama telaga dengan background bukit ratapan angin serta hamparan hutan hijau yang asri.

Keberadaan Telaga Warna dieng wonosobo ini ternyata memiliki misteri yang unik, Terbentuknya telaga ini karena tangisan sang prabu dan para penduduk sampai membanjiri alun-alun hingga terbentuklah danau yang cantik dan indah.

by Tony Yau

Selain ituu, Tempat wisata ini juga sangat cocok untuk dikalangan usia kalian bisa mengajak keluarga, sahabat, pasangan, atau kerabat dekat anda tapii anak-anak harus ada dalam pengawasan orang tua maupun orang dewasa yaa.

Kalian bisa melakukan berbagai aktivitas disini seperti bermain air, berenang, atau duduk santai sembari menikmati pemandangan dan air jernih yang sangat sejuk dan alami untuk menyegarkan hati dan pikiran.

Pastinya telaga ini memiliki panorama yang tiada duanya yang akan membuat kalian betah berlama-lama disini.

Cerita Sejarah Telaga Warna Dieng Wonosobo




Pada zaman dahulu, hiduplah seorang prabu Suwartalaya dan permaisurinya yang bernama ratu Purbamanah. Mereka berdua memimpin  kerajaan yang disebut kerajaan kutatanggeuhan.

Prabu Suwartalaya ini memiliki sifat yang bijaksana dan adil. Dan prabu ingin Rakyat Kutatanggeuhan hidup dengan damai dan sejahtera.

by muh pujo haryanto

Akan tetapi ada suatu hal yang ada di pikiran sang ratu. Sudah sangat lama mereka menikah tetapi sang ratu dan prabu belum dikaruniai anak, oleh sebab itu ratu sering sekali menangis.

Melihat sang ratu terus terusan menangis, sang prabu jadi ikutan sedih dan tidak  tega. Lalu sang prabu pergi menuju hutan untuk berdoa agar segera dikaruniai seorang anak.

Dan akhirnya selang beberapa bulan kemudian sang ratu bisa hamil dan didukung dengan kegembiraan oleh para rakyatnya.

Kelahiran Putri

9 bulan kemudian lahirlah seorang putri raja yang sangat cantik. Sang putri pun dinamai Gilang Rukmini. Prabu dan Ratu sangat menyayangi putri mereka.

Prabu dan ratu pun selalu memberikan apa saja yang gilang rukmini inginkan, karena Gilang Rukmini ini anak pertama dari sang prabu dan ratu sangat menyayanginya.

Akan tetapi hal ini malah membuat sang putri raja tersebut menjadi sangat manja. Jika keinginannya tidak terpenuhi maka sang putri akan marah besar. Meski begitu prabu dan ratu tetap menyayangi gilang rukmini ini.

by Cia

Waktupun terus berlalu, sampai akhirnya Gilang Rukmini menginjak usianya yang ke 17 tahun, mengetahui sang putri akan berulang tahun, para pendudul kerajaan pun beramai-ramai datangi kerajaan untuk menyediakan hadiah untuk sang putrid.

Hadiah Emas

Diantara hadian yang diberikan untuk sang putri, Sang Prabu mengambil emas batangan dan dibawanya emas tersebut ke tukang emas untuk dibuatkan kalung yang cantik untuk sang putri.




Dan akhirnya hari ulang tahun pun tiba, para penghuni berkumpul di alun-alun dan dengan senang hari menanti pertemuan sang putri yang sangat cantik, setelah sang putri hadir, lalu sang prabu siap untuk memberikan kalung indah nan cantik untuk sang putri.

Saat kalung tersebut diberikan untuk sang putri, tiba-tiba sang putri menolak dan melepaskan kalung tersebut ke tanah sambil berkata “ aku tidak mau kalung ini, kalung ini sangat jelek “ kata sang putri.

Melihat sikap sang putri, prabu dan para penduduk pun menangis hingga air mata mereka membanjiri alun-alun kerajaan tersebut.

Hingga akhirnya terbentuklah danau yang cantik dari air mata tangisan sang prabu dan para penduduk. Karna tangisan itu  terbentuklah  telaga warna yang sangat cantik.

Lokasi Telaga Warna Dieng Wonosobo

Untuk bisa mengunjungi kawasan wisata ini , anda bisa menggunakan transportasi umum atau transportasi pribadi. Untuk sampai di tempat wisata ini kira-kira 45 menit dari pusat kota Wonosobo kira-kira 500 meter sampai ke telaga warna.

by Cia

Selama perjalanan itu kamu akan disuguhi pemandangan sawah yang hijau. Belum lagi udaranya yang terasa sangat sejuk, dijamin anda akan betah berlama-lama disini. setelah itu anda akan terkejut dengan pesona keindahan dari telaga tersebut.

Destinasi Telaga Warna Dieng
Alamat Dieng, Kejajar, 
Kota/Kecamatan Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56354
No. Telepon
Jam Buka Senin- Minggu / 07.00 – 17.00
Wahana Telaga, Danau, Pemandangan Alam

Bagi kalian pecinta tempat tempat wisata yang menyatu dengan alam, unik, sejuk dan segar tempat ini sangat pas untuk anda.

Wisata Ini juga sangat cocok untuk rekreasi bersama keluarga atau anda ingin berkumpul, bercanda tawa ria, atau melakukan aktivitas lainnya.




Saat anda mengunjungi wisata ini waktu yang paling direkomendasikan adalah pada waktu pagi hari hingga siang hari. Soalnya jika anda mengunjungi telaga tersebut pada waktu pagi hingga siang hari

maka anda akan dapat melihat telaga yang benar-benar berwarna, karena pada waktu tersebut pancaran sinar matahari sedang terik-teriknya.

Karena pada saat sore hari telaga ini akan ditutupi kabut tebal, sehingga para pengunjung tidak dapat menikmati keindahan alamnya.

Harga Tiket Masuk Telaga Warna Dieng

Untuk harga tiket masuk ini terjangkau hanya Rp 7.000 per orangnya. Dengan harga yang sangat murah anda sudah disuguhi keindahan panorama yang luar biasa indah jadi  tolong dijagaa, dirawat dan selalu sayangi. Tapi harga tiket masuk bisa sewaktu-waktu berubah yaak.

Tapi dengan harga tiket yang terjangkau anda sudah bisa menikmati keindahan Telaga Warna, bahkan anda langsung tau cerita yang unik dan menarik disini,

sekaligus keindahan bukit ratapan angin ini yang sangat mempesona dan menakjubkan ditambah dengan keindahan hutan hijau yang menambah kesan mewah di wisata ini.

Telaga Warna ini juga merupakan salah satu wisata terfavorit di Dieng Wonosobo ini karena kita bisa menikmati keindahan telaga ini dan keindahan di sekitarnya,




atau jika kalian ingin mempotret juga bisa seperti selfie selfie kekinian dan langsung upload di ig atau sosmed yang lainnya atau untuk foto prewedding juga bisa.

Fasilitas Telaga Warna Dieng

Selain telaga, bukit ratapan angin dan keindahan pepohonan di Wisata ini juga  terdapat beberapa fasilitas yang memadai

Telaga warna - dieng
by Herman Fersendy

Berikut dibawah ini terdapat beberapa fasilitas dan juga menambah kesan  lengkap di wisata Telaga Warna Dieng.

Fasilitas yang lain juga ada:

  • Tempat parkir
  • Tempat ibadah
  • Kamar mandi
  • Spot foto
  • Tempat Makan
  • Kamar Bilas
  • Gazebo
  • Dan masih banyak yang lainnya

Sangat menarik bukan, dari lokasi, harga tiket masuk, bahkan keindahan telaga yang warnanya bisa berubah-ubah, keindahan bukit ratapan angin,

dan keindahan hamparan hutan, pepohonan hijau yang rindang. Saat anda mengunjungi wisata ini dijamin anda akan betah berlama-lama disini.