Indahnya Telaga Sarangan, Membuat Siapa Saja Takjub

0
235
Destinasi Tempat Wisata Telaga Sarangan
Destinasi Tempat Wisata Telaga Sarangan

Keindahan Telaga Sarangan Magetan

Telaga Sarangan atau bisa dikenal sebagai danau sarangan  ini merupakan wisata rekreasi yang tepat untuk menghabiskan waktu liburan anda dengan mengunjungi wisata ini. Bersama keluarga, sahabat, pasangan atau kerabat dekat anda.

Telaga Sarangan adalah sebuah telaga alami yang berada di kaki gunung lawu. Karena itu telaga ini mempunyai pemandangan yang cantik dan mempesona,  hawa yang sejuk, udara pegunungan yang segar, serta air yang jernih yang membuat para wisatawan menjadikan tempat ini untuk menenangkan hati dan melepaskan penat.

by _welkdaz_ channel

Tempat wisata ini merupakan wisata alam yang masih asri dan sejuk dan sangat cocok untuk dijadikan tempat untuk melepas penat dari hiruk pikuk perkotaan atau yang lainnya.

Destinasi Wisata Telaga Sarangan

Telaga Sarangan ini merupakan sebuah tempat wisata alam yang wajib kamu kunjungi saat datang ke magetan ini. Telaga Sarangan ini memiliki keindahan yang sangat membuat kita membelalakan mata saat melihatnya.

Sangat disayangkan jika kalian mengunjungi magetan ini tapi tidak mengunjungi telaga yang indah nan sejuk ini.

Disini anda juga dapat melihat pemandangan atau background dari telaga yaitu gunung serta hamparan hutan hijau yang sangat indah anda bisa duduk santai sembari menikmati keindahan tersebut dan cantiknya air jernih yang menawan.

Disini kita akan membahas tentang  Telaga Saranga ini mulai dari lokasinya dimana, harga tiketnya berapa, dan apa saja sihh fasilitasnya. Kita akan membahas ini sampai pojook. Ikuti teruus yaa.

Sekilas Telaga Sarangan

by _welkdaz_ channel

Telaga Sarangan ini juga dikenal dengan nama Telaga Pasir. Telaga ini merupakan telaga alami yang berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut, dan terletak di lereng gunung Lawu.

Telaga ini memiliki luas 30 hektare dan memiliki kedalaman 28 meter. Dengan suhu udara antara 15-20 derajat membuat tempat wisata ini menjadi dingin dan sejuk dan mampu menarik ratusan ribu pengunjung setiap tahunnya.

Telaga Sarangan ini juga merupakan salah satu wisata terpopuler yang terdapat di magetan ini dan pastinya Telaga danau ini memiliki pesona keindahan yang sangat menakjubkan. Telaga ini juga terkenal akan jernihnya air yang terdapat di telaga ini.

by Kristadi

Mungkin itu yang menjadi daya tarik utama para wisatawan untuk mengunjungi wisata ini. Seperti yang kalian tau Indonesia ini memiliki keindahan panoramanya yang sangat mempesona begitupun telaga ini yang tidak kalah dengan pesona keindahan yang lainnya.

Tapi selain keindahan panoramanya, telaga ini juga merupakan destinasi wisata yang masih terbilang alami. Maka dari itu kalian yang ingin menghabiskan waktu liburan kalian datanglah ke wisata ini.

Daya Tarik

Telaga Sarangan ini merupakan telaga yang menampung air alami dari Gunung Lawu. Oleh karena itu, airnya terkenal jernih dan bersih. Selain sebagai sumber mata air bagi warga setempat,

by Kristadi

telaga ini juga menjadi objek wisata yang menarik untuk dikunjungi karna, tempat wisata ini menyajikan panorama telaga dengan background gunung serta hamparan hutan hijau yang asri.

Telaga ini merupakan sebuah kolam yang terbentuk secara alami dengan aliran air dari mata air pegunungan maupun tampungan air hujan.




Selain menikmati pemandangan sekitar yang menyehatkab tubuh dan pikiran, kondisi telaga juga menjadi factor penting untuk menarik perhatian para wisatawan yang datang mengunjungi wisata ini.

Keberadaan Telaga Sarangan ini ternyata memiliki misteri yang unik, telaga ini merupakan perwujudan dari sebuah naga yang menggeliat di atas pasir sehingga menimbulkan cekungan yang mengeluarkan air yang sangat deras.

by Kristadi

Selain ituu, Tempat wisata ini juga sangat cocok untuk dikalangan usia kalian bisa mengajak keluarga, sahabat, pasangan, atau kerabat dekat anda tapii anak-anak harus ada dalam pengawasan orang tua maupun orang dewasa yaa.

Kalian bisa melakukan berbagai aktivitas disini seperti bermain air, berenang, atau duduk santai sembari menikmati pemandangan dan air jernih yang sangat sejuk dan alami untuk menyegarkan hati dan pikiran. Pastinya air terjun ini memiliki panorama yang tiada duanya yang akan membuat kalian betah berlama-lama disini.

Misteri & Mitos Telaga Sarangan

by Kristadi

Dibalik keindahan wisata Telaga Sarangan. Ternyata tempat wisata ini memiliki sebuah cerita misteri yang dipercayai oleh masyarakat lokal. Yaitu konon awal mula terbentuknya telaga yang saat ini menjadi obyek wisata terbentuk melalui cara yang gaib.

awal cerita

Cerita ini bermula dari dua orang yang bernama Kyai  Pasir dan Nyai Pasir yang telah bertambah tahun atas pernikahan mereka, tapii mereka belum dikaruniai anak.

Demi mewujudkan keinginanya untuk mendapatkan anak, Kyai dan Nyai Pasir ini pergi untuk bersemedi. Dengan memohon pertolongan untuk sang hyang widhi.

Ternyata semedi mereka dikabulkan oleh sang hyang widhi dan akhirnya lahirlah seorang anak laki-laki yang bernama Joko lelung. Setelah mendapatkan anak, kyai dan nyai pasir bekerja siang dan malam untuk mencukupi kebutuhan hidup mereka.

by Kristadi

Setiap hari kyai dan nyai pergi ke ladang untuk bercocok tanam dan sesekali pergi ke hutan untuk berburu. Tapii lama kelamaan kedua pasangan inii mulai tidak kuat untuk bertahan hidup.

semedi / bertapa

Akhirnya kyai dan nyai pasir melakukan semedi untuk yang kedua kalinya dan memohon pertolongan kepada sang hyang widhi. agar sehat dan berumur panjang.

Untuk permohonan kali ini sang hyang widhi memberikan persayaratan kepada mereka, yaitu mereka harus menemukan dan membeli telur di dekat lading supaya keinginan mereka terwujud.

Setelah kyai dan nyai pasir berhasil menemukan telur tersebut, mereka kembali pulang ke rumah dan memasaknya hingga matang.




Kemudian mereka berdua membagi telur tersebut dan mereka langsung memakan telur tersebut demi mewujudkan keinginan mereka, kemudian mereka kembali lagi ke ladang.

perubahan wujud

Sesampainya di ladang tiba-tiba tubuh kyai dan nyai pasir merasa gatal yang teramat sangat. Hingga menimbulkan luka di tubuh mereka masing masing. Lama kelamaan mereka berdua berubah wujud menjadi ular naga yang sangat besar.

Setelah menjadi naga mereka berdua menggeliat di atas pasir sehingga menimbulkan cekungan yang mengeluarkan air yang sangat deras. Derasnya air tersebut sampai memenuhi cekungan yang mereka buat tadi.

by Kristadi

Mengetahui kesaktian kyai dan nyai pasir yang mereka miliki, kedua pasangan ini memiliki ide untuk membuat cekungan yang besar dan berniat menenggelamkan Gunung Lawu.

Tapii niat jahat mereka diketahui oleh anak mereka sendir yaitu Joko Lelung. Akhirnya Joko Lelung melakukan semedi dan memohon kepada sang hyang widhi agar menyadarkan kedua orang tuanya.

Terbentuknya Telaga

Semedi Joko Lelung akhirnya diterima dan saat orang tuanya tengah memohon, lalu kesadaran mereka agar berhenti. Akhirnya niat mereka untuk menenggelamkan Gunung Lawu pun diurungkan, namun sampai saat ini pasangan ini mengehilang begitu saja.

Konon hingga saat ini telaga dijaga oleh dua ekor naga yang merupakan perwujudan dari kyai dan nyai pasir. Sementara pulau kecil yang terletak di telaga ini dijaga oleh orang suci yang mengendarai harimau putih.




Kabarnya juga, di dalam pulau tersebut terdapat 3 makam orang yang  meninggal akibat sakit yaitu Syech Mundur, Nyai Ramping, dan Joko lelono. Tapi penunggu dan sosok misterius ini tidak pernah menganggu masyarakat di sekitar telaga ini.

Lokasi Telaga Sarangan

by Kristadi

Untuk bisa mengunjungi wisata ini , untuk lebih baik menggunakan kendaraan mobil pribadi karena tidak ada transportasi umum yang melintasinya.

Meski kondisi jalannya baik, namun terdapat beberapa tanjakan atau turunan curam yang membutuhkan kelihaian untuk melewatinya. Akses jalanannya pun tidak terlalu lebar sehingga tidak dapat dilewati seperti kendaraan bus.

Tapii Selama perjalanan itu kamu akan disuguhi pemandangan sawah yang hijau. Belum lagi udaranya yang terasa sangat sejuk, dijamin anda akan betah berlama-lama disini. setelah itu anda akan terkejut dengan pesona keindahan dari telaga tersebut.

Destinasi Telaga Sarangan
Alamat Ngluweng, Sarangan
Kota/Kecamatan Kec. Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur
No. Telepon
Jam Buka Senin- Minggu / 06.00 – 17.30
Wahana Danau / Telaga, Pemandangan Alam
  • Sebaiknya datanglah saat pagi hari hingga sore hari karna, saat malam hari telaga ini tidak memiliki cukup penerangan.
  • Perjalanan untuk sampai kerumah juga memerlukan waktu yang cukup panjang, setidaknya cadangkan waktu agar sampai rumah dengan tepat.

Bagi kalian pecinta tempat tempat yang unik, sejuk dan alami tempat ini sangat pas untuk anda. Wisata Ini juga sangat cocok untuk rekreasi bersama keluarga atau anda ingin berkumpul, bercanda tawa ria, atau melakukan aktivitas lainnya.

Harga Tiket Masuk Telaga Sarangan

 

Untuk harga tiket masuk ini terjangkau hanya Rp 5.000 per orangnya gratis. Denga  harga yang sangat murah anda sudah disuguhi keindahan panorama yang luar biasa indah jadi  tolong dijagaa, dirawat dan selalu sayangi. Tapi harga tiket masuk bisa sewaktu-waktu berubah yaak.

by Triana Anti

Tapi dengan harga tiket yang terjangkau anda sudah bisa menikmati keindahan Telaga Sarangan, sekaligus keindahan pegunungan lawu ini yang sangat mempesona dan menakjubkan ditambah dengan keindahan hutan hijau yang menambah kesan mewah di wisata ini.

Telaga Sarangan ini juga merupakan salah satu wisata terfavorit di kabupaten magetan jawa timurini karena kita bisa menikmati keindahan telaga ini dan keindahan di sekitarnya,




atau jika kalian ingin mempotret juga bisa seperti selfie selfie kekinian dan langsung upload di ig atau sosmed yang lainnya atau untuk foto prewedding juga bisa.

Fasilitas

by Triana Anti

Selain telaga, pegunungan  dan keindahan pepohonan di Wisata ini juga  terdapat beberapa fasilitas yang memadai . Berikut dibawah ini terdapat beberapa fasilitas dan juga menambah kesan  lengkap di wisata Telaga Sarangan.

Fasilitas yang lain juga ada:

  • Tempat parkir
  • Tempat ibadah
  • Kamar mandi
  • Spot foto
  • Tempat Makan
  • Kamar Bilas
  • Gazebo
  • Dan masih banyak yang lainnya