Keindahan Taman Sari Tempat Pemandian Sang Raja Jogja

0
799
Kampung Wisata Taman Sari Jogja
Kampung Wisata Taman Sari Jogja

Kampung Wisata Taman Sari Jogja

Berlibur ke Yogyakarta belum lengkap tanpa menikmati keindahan arsitektur Kesultanan Yogyakarta. Salah satu situs yang paling tepat untuk menikmati seni arsitektur ini tentu saja Taman sari jogja yang terkenla akan Pemandian putri-putri keraton ini memang eksotis.

Tempat wisata yang bersejarah di Yogyakarta. Sekarang bangunan yang lama masih tetap berdiri walaupun ada renovasi sedikit tapi bentuk bangunan lama masih dijaga.

Kampung Wisata Taman Sari Jogja
Kampung Wisata Taman Sari Jogja

Ada beberapa bangunan berbentuk seperti kamar, digunakan untuk beristirahat pada jaman kerajaan dulu. Banyak sekali wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke kampung taman sari jogja.

Sejarah Kampung Wisata Tamansari Jogja

Taman Sari Yogyakarta atau Taman Sari Keraton adalah situs bekas taman atau kebun istana Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, yang dapat dibandingkan dengan Kebun Raya Bogor sebagai kebun Istana Bogor.

Kebun ini dibangun pada zaman Sultan Hamengku Buwono I (HB I) pada tahun 1758-1765/9. Awalnya, taman yang mendapat sebutan “The Fragrant Garden” ini memiliki luas lebih dari 10 hektare dengan sekitar 57 bangunan

baik berupa gedung, kolam pemandian, jembatan gantung, kanal air, maupun danau buatan beserta pulau buatan dan lorong bawah air. Kebun yang digunakan secara efektif antara 1765-1812 ini pada mulanya membentang dari barat daya kompleks Kedhaton sampai tenggara kompleks Magangan.

Namun saat ini, sisa-sisa bagian Taman Sari yang dapat dilihat hanyalah yang berada di barat daya kompleks Kedhaton saja, Taman Sari ini dulunya adalah tempat rekreasi untuk para keluarga kerajaan.

Kampung Wisata Tamansari
by beby shaffira

Selain jadi tempat rekreasi, tempat ini juga digunakan untuk benteng pertahanan yang sudah berdiri sejak zaman penjajahan. Istana Air Taman Sari ini didirikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I.




Taman Sari sekarang telah menjadi salah satu tempat wisata sekaligus cagar budaya yang telah dilestarikan, dijaga dan dirawat sampai saat ini. Jika anda berkunjung ke tempat ini, anda akan menemukan kolam pemandian, danau dan pulau buatan, jembatan gantung dan taman. Tempat ini punya arsitektur yang sangat unik dan indah sekali

Fungsi Bangunan Taman Sari jogja

Kampung Tamansari sesuai data dan informasi yang bersumber baik dari pihak kraton maupun balai pelestarian bangunan dan cagar budaya konon merupakan danau yang cukup luas (segara anakan) yang dilengkapi dengan parit (sungaio buatan) dari Tamansari menuju ke bangunan pusat kraton melalui segaran.

kolam pemandian tamansari
by Budi Mudita

Tamansari sejatinya sebuah pesanggrahan yang konon dibangun 1758 M yang ditandai dengan candra sengkala catur naga rasa tunggal. Pada waktu itu pembangunannya dipimpin langsung oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I dan sebagai penanggung jawab pelaksanaanya dipercayakan kepada Bupati Madiun Raden Rangga Prawirasentika, sedangkan konstruksinya oleh Bupati Kyai Tumenggung Mangoendipoero.

Pesanggrahan Tamansari sejak awal dibangun untuk keperluan pertahanan dalam arti secara phisik namun secara filosofi pesanggrahan Tamansari ada dua nilai yang ingin digambarkan yaitu proses pencarian kesenangan duniawi yang disimbolkan adanya taman dan kolam yang indah

namun disisi lain ada bangunan utama yang disebut sumur gemuling dan adanya Mighrab (tempat imam) yang biasa digunakan untuk memimpin sholat, jadi sumur gemuling yang menjadi bagian dari tamansari adalah ujian bagi seseorang terkait antara kesenangan duniawi dengan aturan aturan Illahi, semua gambaran itu ada didalam pesanggrahan Tamansari maupun pesanggrahan lain.

Alamat Taman Sari Jogja




Kampung wisata Tamansari secara kewilayahan berada di kelurahan Patehan Kecamatahn Kraton. Secara toponim nama tamansari konon berasal dari nama Pesanggrahan tamansari.

Tempatnya lumayan luas dan berpencar. Masuk kedalam gerbangnya, lalu membeli tiket di loket yang berada disebelah kanan. Kemudian masuk melewati lorong-lorong, nanti akan keluar di gang kecil diantara rumah rumah warga

Kampung wisata Tamansasri sangat strategis karena lokasinya berada di kawasan Obyek Wisata Tamansari ( Water Castle ) dan berada dalam kawasan besar Kraton Kasultanan Yogyakarta, oleh karena itu kampung wisata tamansari keberadaanya memang memiliki fungsi sebagai penyangga kawasan Obyek Wisata Tamansari dan Kraton Yogyakarta.

untuk mengungjungi trmpat wisata taman sari jogja cukup mudah karena lokasinya berada di pusat kota jogja tepatnya berada di sebelah selatan keraton, jika masih bingung bisa saja menggunakan bantuan google map maupun lokal guide

Nama Kampung Wisata Taman Sari
Alamat Jalan Tamanan, Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta
Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta 55133
Jam Buka Senin – Minggu / 09.00 – 15.00
Wisata Cagar Budaya / Taman Pemandian

Keindahan Taman Sari Yogyakarta

Tempat pemandian kerjaan pada tempo dulu ini memiliki kesan yg indah untuk dijadikan spot photo kalian tidak hanya dikolam pemandian saja tapi kalian bisa explore di beberapa spot seperti masjid bawah tanah yang menjadi spot antrian paling digemari.

Keindahan Taman Sari
by teddy irtianto

taman sari jogja yang sekarang ini menjadi situs bersejarah, Kompleks Taman Sari setidaknya dapat dibagi menjadi 4 bagian. Bagian pertama adalah danau buatan yang terletak di sebelah barat.




Bagian selanjutnya adalah bangunan yang berada di sebelah selatan danau buatan antara lain Pemandian Umbul Binangun. Bagian ketiga adalah Pasarean Ledok Sari dan Kolam Garjitawati yang terletak di selatan bagian kedua.

Bagian terakhir adalah bagian sebelah timur bagian pertama dan kedua dan meluas ke arah timur sampai tenggara kompleks Magangan, Dikolam ini kita bisa melihat kemegahan tempat pemandian dan istirahat putri2 bangsawan pada jaman dahulu.

Harga Tiket Masuk Taman Sari Jogja

Arsitektur yang indah dan bertahan lama menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang menyukai bidang seni dan sejarah.

Tiket Masuk Kampung Wisata Tamansari
by A K

Taman sari memiliki beberapa tempat diantaranya: pemandian raja bersama ratu dan putra putrinya serta pemandian eksklusif dengan permaisuri, dapur tradisional, tempat peristirahatan raja, mushola tempat beribadah, dan pagar terluar pemandian kerajaan yang telah runtuh akibat letusan gunung Merapi

Namun keindahannya masih bisa dinikmati. Ukiran-ukiran yang indah memberikan kepuasan tersendiri pagi penikmat seni. Di setiap sudut memiliki motif yang terdiri dari flora dan fauna yang menandakan milik kerajaan.

untuk bisa melihat keindahan ini anda cukup membayar tiket dengan harga murah

Tiket Masuk Dewasa Rp. 5000,-
Tiket Masuk Anak Rp. 2000,-
Tiket Masuk Wisaman Rp. 10.000,-
Parkir Mobil Rp. 5000,-
Parkir Motor Rp. 3000,-

Fasilitas Kampung Wisata Taman Sari

Komplek warga abdi dalem kraton disekitarnya juga merupakan rute walkin yang seru, karena kita bisa belanja cindera mata dan juga kesenian khas Yogya.

diakhir pintu keluar ada yg jualan dawet, pelepas dahaga syeger banget Tidak perlu khawatir saat lapar bisa membeli makanan atau camilan di depan pintu masuk atau dekat parkiran. Harga yang ditawarkan pun terjangkau




Saat berjalan menyusuri jalaman kita dapat melihat warga-warga yang membuat dan menjual baju yang dilukis, setau saya gambarnya bisa custom

banyak spot foto tapi klo terlalu rame pengunjung, agak susah dapet foto yang bagus, usahakan berkunjung pada saat weekday senin – jum’at, Lokasinya terawat cukup baik, dengan fasilitas umum yang memadai dan spot foto menarik.

  • Parkir Luas
  • Musholla
  • Spot Foto
  • Souvenir
  • Warung Makan
  • Tersedia Toilet

Untuk kesini bisa menyewa tour guide sehingga bisa menjelaskan bagaimana sejarah terbentuknya dan mengetahui spot-spot tersembunyi yang ada di dalamnya karena spot-spotnya berada di tengah perkampungan warga.