Taman Pintar Yogyakarta Wisata Murah Syarat Edukasi

0
851
Taman Pintar Yogyakarta
Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar Yogyakarta Destinasi Syarat Edukasi

seperti yang telah kita ketahui bahwasannya di jogja itu memiliki banyak sekali tempat wisata baru dan menarik untuk di kunjungi, salah satunya yang terbaru adalah taman pintar yogyakarta wisata edukasi ini.

tidak seperti destinasi wisata lain taman pintar jogja ini rekomended sekali bagi para pelancong baik untuk edukasi maupun refreshing. Pilihan yang pas untuk sekolah bila ingin menggelar fieldtrip, outing, study tour.

Pas juga bagi keluarga yang memiliki anak terutama usia SD-SMP sambil refreshing dengan bermain aneka wahana interaktif dan edukatif jadi anak2 sekalian belajar kesini. Dapat liburan, dapat secercah ilmu juga Tempat yang menyenangkan buat anak2 belajar.

Destinasi Wisata Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar Yogyakarta
Taman Pintar Yogyakarta

Sejak terjadinya ledakan perkembangan sains sekitar tahun 90-an, terutama Teknologi Informasi, pada gilirannya telah menghantarkan peradaban manusia menuju era tanpa batas. Perkembangan sains ini adalah sesuatu yang patut disyukuri dan tentunya menjanjikan kemudahan-kemudahan bagi perbaikan kualitas hidup manusia.

gedung
by Faizhal Arif

Menghadapi realitas perkembangan dunia semacam itu, dan wujud kepedulian terhadap pendidikan, maka Pemerintah Kota Yogyakarta menggagas sebuah ide untuk Pembangunan “Taman Pintar”. Disebut “Taman Pintar”

karena di kawasan ini nantinya para siswa, mulai pra sekolah sampai sekolah menengah bisa dengan leluasa memperdalam pemahaman soal materi-materi pelajaran yang telah diterima di sekolah dan sekaligus berekreasi.

Dengan Target Pembangunan Taman Pintar Yogyakarta adalah memperkenalkan science kepada siswa mulai dari dini, harapan lebih luas kreatifitas anak didik terus diasah, sehingga bangsa Indonesia tidak hanya menjadi sasaran eksploitasi pasar teknologi belaka, tetapi juga berusaha untuk dapat menciptakan teknologi sendiri.

Taman Pintar Yogyakarta adalah taman rekreasi pendidikan untuk anak maupun orang dewasa yang ingin mengenal lebih dekat dengan ilmu pengetahuan alam yang dikemas dengan bentuk yang menarik.

Dengan demikian pengunjung disamping berwisata namun tetap mendapatkan ilmu pengetahuan. Tempat yang bagus untuk belajar tentang berbagai ilmu, mulai dari fisika, biologi, pertambangan, hingga artificial inteligence. Keren deh pokoknya, cocok untuk anak-anak maupun orang tua. Bisa mengajak anak belajar sambil bermain dan langsung praktek.

Awal Pembangunana Taman Pintar Yogyakarta

Relokasi area mulai dilakukan pada tahun 2004, dilanjutkan dengan tahapan pembangunan Tahap I adalah Playground dan Gedung PAUD Barat serta PAUD Timur, yang diresmikan dalam Soft Opening I tanggal 20 Mei 2006 oleh Mendiknas, Bambang Soedibyo.




Pembangunan Tahap II adalah Gedung Oval lantai I dan II serta Gedung Kotak lantai I, yang diresmikan dalam Soft Opening II tanggal 9 Juni 2007 oleh Mendiknas, Bambang Soedibyo, bersama Menristek, Kusmayanto Kadiman, serta dihadiri oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Pembangunan Tahap III adalah Gedung Kotak lantai II dan III, Tapak Presiden dan Gedung Memorabilia. Dengan selesainya tahapan pembangunan, Grand Opening Taman Pintar dilaksanakan pada tanggal 16 Desember 2008 yang diresmikan oleh Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono.

Dengan mengunjungi Taman Pintar Yogyakarta ini anak-anak dan generasi muda diharapkan bisa lebih mempunyai motivasi untuk mencintai sains. Selama ini ada kesan kalau belajar sains itu sulit dan membosankan.

Namun di Taman Pintar Jogja belajar sains bisa lebih menyenangkan karena menggunakan alat-alat peraga dan juga berbagai wahana permainan. Dengan begitu anak-anak bisa lebih memperdalaman materi-materi pelajaran yang diterima di sekolah.

Wahana di Taman Pintar Jogja

wahana
by Nathania Limanto

Taman Pintar Yogyakarta terdiri dari 5 gedung yang masing-masing mempunyai wahana yang berbeda-beda. Kelima gedung tersebut adalah Gedung Memorabilia, Gedung Oval, Gedung Kotak, Gedung Planetarium, dan Gedung Paud.

khususnya pada wahana pendidikan anak usia dini dilengkapi dengan teknologi interaktif digital serta pemetaan video yang akan memacu imajinasi anak serta ketertarikan mereka terhadap teknologi. Pada saat ini ada 35 zona dan 3.500 alat peraga permainan yang edukatif.

Gedung Memorabilia

Gedung ini memiliki 3 wahana yaitu Sejarah Kasultanan Keraton, Tokoh Pendidikan, dan Kepustakaan Presiden. Di gedung ini anak-anak bisa belajar tentang sejarah 2 keraton yang ada di Jogja yaitu Keraton Ngayogyakarta dan Pura Pakualaman.

Selain itu anak-anak juga bisa belajar tentang beberapa tokoh pendidikan seperti Ki Hajar Dewantara dan juga tentang presiden yang pernah menjabat di Indonesia.

Gedung Oval

Gedung ini memiliki 10 wahana yaitu Aquarium Air Tawar, Zona Kehidupan Prasejarah, Dome Area, Zona Cuaca Iklim dan Gempa, Terowongan Ilusi, Zona Tata Surya, Zona Teknologi Komunikasi, Generator Van De Graaf, Generator Pedal, dan Zona Nuklir.

Gedung Kotak

Gedung ini terdiri dari 16 zona yaitu Zona Microsoft, Zona Standar Nasional Indonesia, Zona Dino Adventure dan Teater 4D, Zona Telekomunikasi, Zona Sumber Daya Air, Hand on Science, Zona Melek Gizi, Zona Sains, Zona Tepi TV, Zona, Olahraga, Zona Sahabat pemberani, Zona Indonesiaku, Zona Galeri Pusaka, dan Perpustakaan.

Gedung Planetarium

Gedung ini merupakan salah satu gedung yang paling banyak dikunjungi anak-anak. Di Gedung Planetarium ini anak-anak bisa melihat simulasi suasana langit pada malam hari dengan menggunakan proyektor digital.

Gedung PAUD

Gedun ini terbagi menjadi 2 bagian yaitu Paud Timur dan PAUD Barat. Gedung ini memang dikhususkan untuk anak-anak usia 2-7 tahun yang belajar tentang sains dan teknologi tapi dengan konsep bermain.

Lokasi Taman Pintar Yogyakarta

Lokasi
by Faiz Badridduja

Bangunan Taman Pintar ini dibangun di eks kawasan Shopping Center, dengan pertimbangan tetap adanya keterkaitan yang erat antara Taman Pintar dengan fungsi dan kegiatan bangunan yang ada di sekitarnya,

seperti Taman Budaya, Benteng Vredeburg, Societiet Militer dan Gedung Agung. Relokasi area mulai dilakukan pada tahun 2004. letaknya yg sangat strategis berada di pusat wisata kota jogja dekat dengan Parkiran Bus, Shoping Centre buku, Taman budaya, Pasar Beringharjo, Nol kilometer, Monumen serangan umum, Benteng Vredeburg.

Untuk transpotasi sangat mudah baik naik online, motor, mobil, tranrs jogja haltenya persis ada di depannya baik di selatan / utara.

Destinasi Taman Pintar Yogyakarta
Alamat Jl. Panembahan Senopati No.1-3, Ngupasan, Kec. Gondomanan, 
Kota/Kecamatan Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122
No. Telepon (0274) 583631
Jam Buka Selas – Minggu / 08.00-16.15
Wahana

Harga Tiket Masuk Taman Pintar Yogyakarta

Tempat wisata yang sering di kunjungi pelajar dan mahasiswa. Di sini kita bisa belajar berbagai ilmu mulai dari sains, budaya, sejarah, sosial, ketrampilan dan juga hiburan, ada juga film dokumenter tentang perbintangan.




Untuk masuk area luar saja pengunjung tidak di pungut bayaran ( gratis), tiket kalau nonton film, masuk gedung oval, ikut ketrampilan (membatik-melukis),naik perahu,kasih makan ikan. Kalau senang foto selfie Taman Pintar banyak spot menarik apalagi malam hari dengan lampu warna-warni.

Harga Tiket Masuk
Harga Tiket Dewasa Rp. 20.000,-
Harga Tiket Anak – Anak Rp. 15.000,-
Parkir Mobil Rp. 5000,-
Parkir Motor Rp. 3000,-

Fasilitas

di Taman Pintar Yogyakarta Selain banyak wahana sebagai tempat syarat akan edukasi, sehingga anak-anak menjadi tidak bosan karena bisa bermain sekaligus belajar, di sini juga memberikan fasilitas penunjang yang membuat nyaman kepada setiap pengunjung diantaranya adalah

  • Masjid
  • Parkir
  • Toilet
  • Food Court
  • Atm
  • Penjual Souvenir
  • Spot Foto
  • Taman
  • Playground

Bagi anda yang ingin merasakan semua sensasi dengan tenang dan nyaman, usahakan memilih waktu weekday karena kalau weekend tempatnya selalu ramai di padati pengunjung dari berbagai kota.

Apalagi saat liburan panjang pasti wisata ini sangat padat oleh para pengunjung. Sangat disayangkan jika kalian datang ke kota jogja yang sangat luas dan terkenal ini tetapi tidak mengunjungi wisata ini.