Belajar Mengenal Sejarah Di Museum Ranggawarsita Semarang

0
197
Tempat Wisata Museum Ranggawarsita Semarang
Tempat Wisata Museum Ranggawarsita Semarang

Koleksi Museum Ranggawarsita Semarang

Selain wisata wisata rekreasi sebelumnya yang berada di kota Semarang ini. Disini juga terdapat wisata museum yang memiliki cerita bersejarah dan mitos mitos didalamnya. Jika kalian mengunjungi Kota Semarang yang sangat luas ini jangan hanya terfokus pada satu kawasan saja, karna kota ini menyimpan berbagai macam sejarah yang wajib untuk anda nikmati.

detinasi
by Ridwan Fauzi

Di tempat wisata museum ranggawarsito semarang ini anda akan menyaksikan sebuah temuan besar dan juga cerita menarik tentang tanah jawa. Tapii di dalam wisata museum ini kebanyakan memiliki berbagai kolaksi sejarah dan miniatur pada zaman dahulu ketimbang cerita bersejarahnya.

Tapii bagi kalian yang ingin berlibur sekaligus belajar wisata ini sangat cocok untuk kalian karna terdapat koleksi sejarah dan miniature kecil yang mirip pada zaman dahulu. Mungkin karna itu banyak para wisatawan mengunjungi wisata ini dari berbagai mancanegara.

Wisata ini juga sangat pas untuk dikalangan usia kalian bisa mengajak keluarga, sahabat, pasangan atau kerabat dekat yang penasaran dengan museum ranggawarsita ini. Sangat disayangkan jika anda berada di Kota Semarang ini tapi tidak mengunjungi wisata ini.

Disini kita akan membahas tentang Museum Ranggawarsita ini mulai dari  lokasi museum ini, harga tiket masuknya berapa, Koleksi sejarahnya apa saja dan masih banyak yang lainnya. Terus simak dibawah ini yaa.

Museum Ranggawarsita Semarang

Tempat Wisata Museum Ranggawarsita Semarang
Tempat Wisata Museum Ranggawarsita Semarang

Museum Ranggawarsita Semarang ini merupakan museum yang menyimpan dan memamerkan berbagai warisan budaya dan benda budaya jawa tengah. Museum ini dibangun pada tahun 1975 sebagai gedung penyimpanan barang-barang berharga masa lalu berupa fosil yang pernah ditemukan para peneliti di tanah jawa.

Museum Ranggawarsita yang ada di semarang sendiri diresmikan pada tanggal 5 Juli 1989 oleh menteri pendidikan dan kebudayan pada masa itu. Dan museum ini memiliki luas mencapai 8.348 meter persegi. Koleksi yang bisa anda nikmati disini mencapai 50 ribu koleksi dan museum ini menjadi museum terbesar di Kota semarang ini.

Musum ini juga memiliki beberapa galeri yang bisa anda nikmati dan dijadikan sebagai salah satu spot foto. Bagi anda pecinta spot foto yang unik dan menarik wisata ini sangat cocok untuk anda.

Di tempat wisata museum ranggawarsita semarang ini juga terdapat benda-benda purbakala yaitu temuan fosil-fosil makhluk hidup yang pernah menghuni bumi nusantara ini selama jutaan tahun yang lalu. Anda dapat melihat dan meneliti benda benda tersebut.

Dalam museum tersebut anda juga bisa melihat laporan sejarah tentang masa lalu dari zaman phitecantropus erectus sampai homo erectus.

Ada juga skema tentang hewan gajah yang berevolusi dari paleomastodon menjadi stegodon lalu menjadi mamooth dan akhirnya menjadi gajah Asia dan Afrika dan masih banyak kolaksi sejarah lainnya yang harus kalian lihat dan teliti sendiri.

Koleksi Sejarah Menarik Museum Ranggawarsita Semarang

Setelah kita mengetahui letak lokasi wisata ini dan berapa harga tiketnya saatnya kita menjelajah ke seluruh ruangan ini. Disini saya akan membahas beberapa koleksi sejarah yang terdapat di beberapa gedung yang berada di musum ranggawarsita ini.

  1. Galeri Geologi dan Geografi

Koleksi sejarah yang pertama di museum ranggawarsita semarang yang kita bahas adalah galeri geologi. Galeri geologi ini berada di Gedung A atau gedung 1 di lantai satu. Di galeri ini menampilkan beberapa jenis bebatuan yang terdapat di bumi, juga batu meteorit yang ditemukan di daerah Mojogedang, Karanganyar pada tahun 1984.

Zaman dahulu, meteorit dipakai untuk campuran pamor keris. Selain bebatuan, ada juga beberapa koleksi mineral dan batu alam yang menarik, berbagai batu mulia hingga stalagtif dan lainnya.

Selain itu disini juga ada koleksi ekologi berupa awetan binatang-binatang, foto lingkungan alam Jawa Tengah serta diorama ekosistem.

  1. Galeri Paleontologi

Koleksi sejarah yang kedua ini berada di gedung a atau gedung 1 lantai dua yaitu galeri paleontologi. Di galeri ini anda akan disuguhkan dengan berbagai fosil yang pernah ditemukan di wilayah jawa tengah dan jawa timur. Disini terdapat pembagian 3 kelompok yang akan saya ceritakan dibawah ini dan yang haru kalian lihat

Kelompok pertama adalah Paleobotani. Di kelompok ini terdapat beberapa koleksi kayu yang berasal dari sangiran yang terbentuk karena proses mineralisasi yaitu proses meresapnya mineral atau silikat kedalam struktur pori-pori kayu. Serta beberapa ilustrasi tumbuh-tumbuhan pada zaman purba.

Kelompok kedua adala Paleozoology. Mungkin Dari namanya saja mungkin, kalian  sudah bisa mengira-ngira bahwa kelompok ini merupakan kelompok binatang.

Seperti fosil kerang, gajah purba, kerbau purba dan masih banyak lagi yang lainnya, serta ilustrasi kehidupan hewan purba tersebut.

  1. Peninggalan Peradaban Hindu-Buddha

Peradaban Hindu-Buddha
by Leksito Rini

Selanjutnya koleksi sejarah yang ketiga ini berada di gedung B atau gedung 2 lantai satu. Di sini anda akan disuguhkan dengan miniature candi Borobudur, Candi Prambanan yang menjadi sejarah panjang bagaimana kehidupan hindu dan budha ini berkembang di negri ini, Selain itu hadir juga candi kalasan yang terlihat sangat menarik.



Mulai dari zaman batu, berupa peradaban batu berupa serpih, kapak genggam, punden berundak, menhir serta beberapa arca yang ditemukan di wilayah jawa tengah. Selain itu ada juga zaman perunggu yaitu zaman peradaban polinesia zaman perngaruh islam dan colonial belanda.

  1. Wahana Keramik dan Batik

Koleksi sejarah yang ketiga ini berada di Gedung B ata gedung 2 yang berada di terletak di lantai dua. Disini kita akan disuguhkan dengan berbagai macam jenis dan model keramik baik lokal maupun yang berasal dari Cina dan Eropa.

Tak lupa, disini juga terdapat macam-macam kerajinan gerabah dan cara pembuatannya diperlihatkan dengan model diorama atau patung. Dibagian batik, dipajang berbagai motif yang ada di Jawa Tengah seperti Surakarta, Pekalongan, Lasem, dan Banyumasan.

  1. Perjuangan Bersenjata

Perjuangan
by Aqmaritza Andriani

Koleksi sejarah yang kelima ini berada di gedung C atau gedung 3 yang terletak di lantai satu. Disini anda akan disuguhkan dengan koleksi benda-benda yang dipakai ketika zaman pertempuran dan diorama perjuangan bangsa Indonesia merebut kemerdekaan ini,

selain itu disini juga terdapat pula pertempuran-pertempuran yang pernah terjadi di jawa tengah dan Yogyakarta seperti

  • pertempuran lima hari di semarang
  • peristiwa palagan ambarawa
  • pemberontakan PKI di cepu
  • serangan umum 1 maret dan
  • gerakan tritura
  • dan masih banyak yang lainnya
  1. Galeri Lainnya

Koleksi sejarah yang terakhir di museum ranggawarsita semarang berada di Gedung C atau gedung 3 yang terletak di lantai dua. Di sini anda akan disuguhkan dengan beberapa galeri lainnya seperti

  • tempat bersejarah perjuangan bersenjata
  • teknologi
  • kerajinan tradisional
  • pembangunan
  • kesenian
  • ruang seni pagelaran
  • ruang seni pertunjukan
  • seni music
  • serta berbagai macam koleksi emas untuk pertunjukan wayang.

Jika anda mengunjungi wisata ini pastinya anda akan  belajar dan mengetahui tentang berbagai koleksi dan cerita bersejarah pada zaman dahulu di museum ranggawarsita ini.

Lokasi Museum Ranggawarsita Kota Semarang

Untuk lokasinya juga sangat mudah dijangkau dan dilewati kendaraan umum seperti bus, angkot atau pribadi seperti motor, mobil dijamin anda tidak akan nyasar. Yaa karna wisata ini sangatlah terkenal pasti masyarakat tau lokasi tersebut.

Destinasi Museum Ranggawarsita Semarang
Alamat Jl. Abdul Rahman Saleh No.1, Kalibanteng Kidul, Semarang Barat
Kota/Kecamatan Kota Semarang, Jawa Tengah 50149
No. Telepon (024) 7602389
Jam Buka Senin – Minggu / 08.00 – 15.00
Wahana Museum
  • Hari minggu ngga tutu panda bisa menghabiskan waktu libur kalian disini berlibur sembari belajar dijamin sangat seru
  • Bagi kalian pecinta museum tempat ini sangat pas untuk anda. Wisata Ini juga sangat pas untuk anak-anak anda bisa memberitahu apasaja koleksi sejarah pada zaman dahulu.

Harga Tiket Masuk Museum Rangga Warsita Semarang

Untuk harga tiket masuk museum ranggawarsita semarang sangat terjangkau lhoo. Hanya Rp 4.000 per orang untuk dewasa tapii untuk anak-anak hanya Rp. 2.000 sangat murah bukan.



Dengan harga yang sangat murah anda juga dimanjakan dengan berbagai kolaksi sejarah dan spot foto yang menarik juga.

Tidak heran wisata ini memiliki pengunjung yang datang dari dalam negri maupun luar kota, biasanya juga para pengunjung menghabiskan waktu libur mereka untuk mengunjungi wisata ini.

Fasilitas Museum

Selain fasilitas fasilitas di atas di museum Ranggawarsita di kota Semarang juga ada beberapa fasilitas yang memadai seperti;

  • Tempat parkir
  • Tempat ibadah
  • Kamar mandi
  • Spot foto
  • Dan masih banyak yang lainnya

Sangat sangat banyak bukan mulai dari miniatur, kerajinan, fasilitas,  hingga wahana berbagi koleksi sejarah, galeri dan spot foto yang unik dan menarik. Jika kalian mengunjungi wisata ini dijamin tidak akan rugi malahan kalian akan betah berlama-lama disini.