Melihat Lebih Jauh Keunikan Museum Angkut Di Batu Malang

0
577
Museum Angkut Batu Malang
Museum Angkut Batu Malang

Museum Angkut Di Kota Batu Malang

Malang tidak hanya mengandalkan wisata alam saja seperti pegunungan dan berbagai wisata taman Selecta Malang. Ternyata kota Malang memiliki objek wisata museum menarik.

museum Angkut Malang merupakan wisata baru yang ter-populer di Malang dan sekitarnya. Museum Angkut memadukan konsep atraksi hiburan serta sejarah dari alat transportasi yang ada di seluruh dunia.

Museum kreatif Malang ini menyandang predikat sebagai satu-satu nya tempat wisata dan pertama memegang konsep wisata angkutan di Indonesia.

Disana pengunjung bisa belajar sekaligus rekreasi sembari mempelajari berbagai model jenis Angkutan di Indonesia hingga seluruh dunia. Museum Angkut kota Batu Malang memiliki konsep unik namun menarik untuk di kunjungi ketika berwisata di kota Malang.

Sejarah Berdirinya Museum Angkut

Museum Angkut Batu Malang
Museum Angkut Batu Malang

Museum Angkut dikelola oleh Jawa Timur Park Group yang sebelumnya juga membangun Batu Secret Zoo, Batu Night Spectacular (BNS), Eco Green Park dan Museum Satwa. Museum ini didirikan pada 9 Maret 2014.

Museum Angkut diresmikan pada tanggal 9 maret 2014, hingga sekarang museum kendaraan ini merupakan tempat wisata mengusung konsep angkutan pertama di Asia Tenggara. Menurut kabar beredar museum Angkut dibangun sebagai tanda apresiasi perkembangan dunia transportasi nusantara bahkan dunia.

Oleh sebab itu, ketika mengunjungi museum Angkut kota Batu akan melihat beraneka jenis kendaraan dari berbagai merek yang dipamerkan di dalam ruangan museum. Banyak koleksi kendaraan museum Angkut seperti alat transportasi yang belum menggunakan mesin atau tradisional seperti sepeda ontel, pedati, dokar, becak sampai kendaraan modern menggunakan tenaga listrik semua ada disini.

Objek wisata Malang ini sangat menarik dikunjungi, pengunjung tak hanya melihat-lihat koleksi kendaraan berbagai belahan dunia dari jaman kuno hingga modern. Pengunjung dibuat takjub oleh berbagai bangunan landmark khas dari suatu negara sebagai background kendaraan yang memproduksi kendaraan, sehingga berasa keliling dunia.

Di kawasan museum Angkutan Batu Malang berisikan kendaraan-kendaraan yang ada dari zaman dulu hingga yang sering digunakan bepergian di berbagai negara. Mengusung konsep lingkungan maka museum ini dibuat hampir menyerupai negara asli kendaraan berasal, sehingga para pengunjung benar-benar menikmati suasana museum.

Keunikan Museum Angkut Batu

Museum Angkut adalah salah satu objek wisata di Kota Malang yang sangat terkenal. Tempat ini dikenal juga dengan sebutan Movie Star Studio. Tempatnya sangat menarik dan pastinya instagrammable.

Luas museum Angkut kurang lebih sekitar 3 hektar, koleksi kendaraan di museum Angkut berada tiap-tiap ruangan yang dibagi per-zona di lantai bertingkat tiga. Ketika pengunjung masuk di dalam gedung museum Angkut kota Batu Malang, akan merasakan sensasi kendaraan angkutan begitu terasa. Bila anda merupakan salah satu pecinta dunia otomotif




Di sini kita bisa melihat berbagai macam alat transportasi dari berbagai belahan dunia dan juga transportasi yang digunakan oleh orang-orang pada zaman dahulu.

Konsep presentasi alat transportasi yg dibuat per negara juga diperkuat dengan keberadaan miniatur-miniatur icon dari negara tersebut. Sehingga kita bisa merasakan suasananya yg berbeda di tiap zona

Di sana pengunjung bisa belajar sekaligus rekreasi sembari mempelajari berbagai model jenis Angkutan di Indonesia hingga seluruh dunia. Luas Museum Angkut kurang lebih sekitar 3 hektar, koleksi kendaraan di museum Angkut berada tiap-tiap ruangan yang dibagi per-zona di lantai bertingkat tiga.

Ketika pengunjung masuk di dalam gedung museum Angkut kota Batu, akan merasakan sensasi kendaraan angkutan begitu terasa.

Zona Musemu Angkut Malang

Museum yg mengedukasi tentang alat transportasi hampir di seuruh dunia, dari yang sederhana sampai yang modern. ambience yg berbeda dikemas menarik terdiri dari beberapa negara di eropa, terdapat berbagai macama attaksi juga diantaranya atraksi parade mobil dan atraksi parade motor

memiliki lebih dari 300 koleksi jenis angkutan tradisional hingga modern, Museum ini terbagi dalam beberapa zona yang didekorasi dengan setting landscape model bangunan

mulai dari Benua Asia, Eropa hingga Amerika, Di Zona Sunda Kelapa dan Batavia yang merupakan Replika Pelabuhan Sunda Kelapa, dihiasi oleh beberapa alat transportasi kuno seperti becak dan miniatur kapal.

Zona Eropa juga di setting seakan-akan berada di jalanan kota-kota di Prancis dengan mobil-mobil kuno eropa.

berikut zona yang bisa anda kunjungi saat berada di museum angkut batu




Zona Hall Utama

saat pertama kali masuk ke Museum Angkut, di sini akan dibawa ke koleksi mobil dan motor klasik yang ada di seluruh dunia. Sudah bisa dipastikan buat lo yang merupakan penggemar berat mobil dan motor klasik, ini adalah tempat yang sempurna

Zona utama
by Preally Ginting

Jika diperhatikan, mobil zaman dahulu ini lebih menonjolkan sisi artistik bila dibandingkan mobil sekarang. Ini wajar karena dulu mobil sangat segmented banget dan sekarang mobil sudah dibuat komersial.




Di lantai dua, bisa melihat replika dari pesawat Republik Indonesia atau pesawat kepresidenan. Di dalamnya akan terlihat fasilitas yang ada di dalam pesawat seperti ruang meeting, bar, dan juga kamar tidur presiden.

Zona Batavia dan Pecinan

Zona Batavia dan Pecinan
by Preally Ginting

zona yang berada di area outdoor, yaitu Zona Batavia dan Pecinan. Di sini anda akan diajak kembali ke masa sebelum kemerdekaan dan suasananya sangat tradisional. Bentuk rumah yang sangat tradisional dan juga melihat dari dekat bagaimana pecinan ini selalu konsisten dengan gayanya yang oriental.

Zona Gangster & Broadway Street

Zona Gangster & Broadway Street
by winda yuniarti

meskipun agak seram namanya, teptapi settigan tempat ini paling sering di kunjungi sebagai background foto selfi / swafoto pengungjung

Zona Gangster & Broadway Street ini merupakan cerminan daerah California dan juga New York yang ketika itu sangat terkenal dengan sebutan gangster dan broadway perkembangan entertainment Amerika Serikat akan ditampilkan dengan sangat keren di sini.

Zona Eropa

di zona ini akan menampilkan settingan dimana kehidupan transportasi yang ada di eropa   bagaimana keunikan Eropa yang sejatinya sangat berbeda dengan negara lain, mulai dari Mercedes, Volkswagen, hingga Rolls Royce bisa anda nikmati semua di sini.

Zona Buckingham Palace

Zona Buckingham Palace
by tya aul

Kalau ngomongin Eropa nggak lengkap rasanya jika nggak menuju ke pusat budaya Eropa, Inggris. Adanya revolusi industri membuat perubahan besar, salah satunya adalah kerajaan Inggris yang terkenal sangat royal.

Di Museum Angkut Malang pengunjung bisa melihat replika dari Buckingham Palace yang merupakan simbol kedigdayaan dari keluarga kerajaan. Nggak hanya itu, di sini juga bisa melihat perkembangan transportasi yang ada di Inggris.

Zona Las Vegas

terkenal akan gemerlap keindahan kota amerika anda bisa mengunjungi Las Vegas, tempat di mana hiburan terbaik ada di sini. jadi bisa lebih tau melihat dari dekat apa saja sih sebenarnya yang ada di Las Vegas tanpa perlu jauh-jauh ke Amerika Serikat.

Zona Hollywood




jika maumelihat industi perfilman di amerika, di sini sarana edukasi yang tepat karena anda bisa melihat bagaimana perkembangan film dunia dan juga transportasinya yang keren-keren banget. Di sini juga terdapat beberapa miniatur superhero.

Special Show di Museum Angkut

selain melihat koleksi mobil maupun motor anda juga bisa menikmati beberapa pertunjukan khusus yang di tawarkan oleh museum ini seperti halya

  • Night Divas, yaitu pertunjukkan fashion show yang bisa lo lihat setiap hari di pukul 18:30-19:00 WIB
  • California Car Wash Dance dan Three Elemental Show yang bisa lo nikmati di weekend
  • Movie Star Hero Cosplay setiap hari dari pukul 12:30-13:00 WIB.

Zona Edukasi

Masih berada di satu ruangan yaitu hall utama, Zona Edukasi ini akan memperlihatkan bagaimana sejarah perkembangan transportasi. Mulai dari sepeda, kereta api, kendaraan bermotor, sampai sekarang yang sudah memasuki era mobil listrik. Ini adalah tempat yang pas untuk lo yang mengajak seluruh keluarga.

Alamat Museum Angkut




Museum ini terletak di kawasan seluas 3,8 hektar di lereng Gunung Panderman berada di kota batu dan aksesnya cukup mudah di lalui oleh kendaraan unum dan jalannyapun sudah bagus yang terletak di Kota Batu, Jawa Timur, sekitar 20 km dari Kota Malang.

Destinasi Museum Angkut
Alamat Jl. Terusan Sultan Agung No.2, Ngaglik, 
Kabupaten Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65314
Jam Buka Selas – Minggu / 12.00 – 20.00
Wahana Museum Otomotif, Wahana Foto, Pertunjukan

Harga Tiket Masuk Museum Angkut

untuk bisa menikmati keindahan dan pengalaman yang tak terlupakan ketika berada di kota batu, bisa di katakan tarif tiket untuk museum angkut cukup worth it dengan apa yang akan anda dapatkan berikut informasinya

Harga Tiket Masuk Museum 
Harga Tiket Weekday Rp. 70.000,-
Harga Tiket Weekend Rp. 100.000,-
Kamera DSLR Rp. 30.000
Parkir Mobil Rp. 5.000
Parkir Sepeda Motor Rp. 3.000,-

Fasilitas

Sama halnya dengan objek wisata pada umumnya, harga tiket di museum angkut malang juga sudah termasuk beberapa fasilitas yang bisa dinikmati para pengunjung secara
Berikut ini beberapa fasilitas tersebut:




  • Tempat Ibadah
  • Tempat beristirahat
  • Area bermain anak
  • Gasebo
  • Kolam Renang
  • Food Court
  • Toilet Umum
  • Spot Foto
  • Ruang Ganti
  • Tempat Charging
  • Tempat Oleh – Oleh
  • Parkir

Selain mobil-mobil kuno, salah satu koleksi terbarunya adalah Mobil listrik Tucuxi milik mantan menteri Dahlan Iskan yang sebelumnya pernah mengalami kecelakaan di sebuah lereng gunung di Magetan saat baru diujicobakan. Di museum ini juga terdapat wahana Flight Simulator yang terletak di lantai 3 gedung museum.