Destinasi Unggulan Klenteng Sam Poo Kong Semarang

0
316
Klenteng Sam Poo Kong Semarang
Klenteng Sam Poo Kong Semarang

Klenteng Sam Poo Kong Semarang

Klenteng Sam Poo Kong ini sudah tidak asing lagi dikalangan Kota Semarang, bahkan di luar kota pun sudah ada yang mengetahui Klenteng Sam Poo Kong ini.

Klenteng Sam Poo Kong ini memiliki bangunan tua yang masih terawat dengan sangat baik. Sehingga, saat ini menjadi salah satu objek wisata andalan yang tidak akan pernah terlupakan dan menjadi inspirasi bagi wisatawan lain untuk mengunjungi.

keindahan
by Dani Susanto

Klenteng sam poo kong ini merupakan salah satu klenteng yang terkenal dan populer di Kota Semarang ini bahkan klenteng ini juga menawarkan keindahan bangunan yang benar-benar mengagumkan dan eksotis.

Selain keindahannya anda juga bisa menikmati bagaimana sejarahnya Klenteng Sam Poo Kong ini. Bagi kalian pecinta sejarah wisata ini sangat pas untuk anda.

Klenteng ini disebut dengan Gedung Batu karena bentuknya merupakan gua batu besar yang berada di sebuah bukit batu. Tapiii selain batu bangunanya juga sangat indah.

Bangunan yang terdapat disini terlihat begitu mengesankan masyarakat yang menyebutnya sebagai klenteng.

Klenteng Sam Poo Kong Semarang

Klenteng Sam Poo Kong atau yang dulu bernama Gedung Batu sangat lekat dengan kisah legenda Laksama Zheng. Karna sejatinya tempat ini merupakan sebuah tempat petilasan Zheng

Klenteng Sam Poo Kong Semarang
Klenteng Sam Poo Kong Semarang

Klenteng Gedung Kuno Sam Poo Kong semarang dalam bahasa Indonesia artinya Goa tiga orang sakit yaitu bekas tempat persinggahan dan pendaratan pertama seorang laksmana Tiongkok beragama islam yang bernama Zheng He atau Cheng Ho. Tapi tidak semua anak buah kapal beragama islam.

Kompleks Sam Poo Kog ini memiliki tanda yang menunjukkan sebagai bekas petilasan yang berciri keislaman dengan ditemukannya tulisan berbunyi “ Marilah kita mengheningkan cipta dengan mendengarkan bacaan Al’Quran”

by Dian Fitriani

Klenteng ini disebut Gedung Batu karena bentuknya merupakan gua batu besar yang berada di sebuah bukit batu. Kenapa masyarakat Indonesia keturunan Tiong Hoa membangun sebuah klenteng.

Karna waktu itu untuk mengenang Zheng He. Sekarang tempat ini dijadikan tempat peringatan dan pemujaan atau bersembahyang serta empat untuk berziarah.

Untuk keperluan tersebut di dalam gua batu itu diletakan sebuah altar serta patung-patung Sam Po tay Dijen. Jadi anda bisa melakukan aktivitas tersebut. Meski Laksamana Cheng Ho adalah seorang muslim, tetapi masyarakat menganggapnya sebagai dewa.

tampak luar
by Dani Susanto

Hal ini dapat dimaklumi karena mengingat agama Kong Hu Cu atau Tao menganggap orang yang sudah meninggal dapat memberikan pertolongan kepada mereka.

Sejarah Singkat Klenteng Sam Poo Kong Semarang

Menurut cerita masyarakat sekitar, pada zaman dulu Laksamana Zheng He sedang berlayar melewati Laut Jawa, tapii saat melintasi Laut Jawa, banyak awak kapalnya yang jatuh sakit, kemudian ia memerintahkan untuk membuang sauh, lalu kapalnya merapat ke Pantai Utara Semarang atau desa Simongan.

sejarah
by ainia chic

Lalu setelah itu awak kapal yang jatuh sakit tersebut diobati di sebuah goa dan juga untuk tempat beristirahat. Saat itu awak Laksamana Cheng membangun pondokan kecil lengkap dengan masjid,



di bagian luar untuk digunakan sebagai sarana beribadah bagi awak kapal yang beragama islam. Sementara itu Laksamana Cheng meracik obat tradisional untuk kesembuhan awak kapal.

Sepuluh hari kemudian selepas awak kapal berangsur membaik. Cheng Ho memutuskan untuk meneruskan perjalannanya menuju Barat dan meninggalkan awak kapal tak lupa dengan perbekalan bagi mereka dan juga sebuah kapal.

Tapi selepas dari sakitnya ternyata awak kapal tersebut jatuh cinta kepada pribumi di desa Simongan tersebut dan akhirnya mereka menikah dengan pribumi tersebut. Disana mereka melakukan aktivias seperti bersawah dan berladang di tempat itu.

Zheng He waktu itu memberikan pelajaran bercocok tanam serta menyebarkan ajaran-ajaran islan. Bahkan, di klenteng ini juga terdapat Makan seorang juru mudi dari kapal laksama Cheng Ho.

Jika kalian ingin lebihh mengetahui sejarah klenteng sam poo kong yang ada di semrang  ini secara mendalam kalian harus mengunjungi tempat wisata ini

karna wisata ini benar-benar membuat kalian penasaran dan membuat kalian ingin mengetahui cerita sejarahnya yang unik dan menarik. Tidak heran banyak para wisatawan mancanegara berdatangan mengunjungi wisata ini.

Lokasi Klenteng Sam Poo Kong Semarang

Untuk lokasinya juga sangat mudah dijangkau dan dilewati kendaraan umum seperti bus, angkot atau pribadi seperti motor, mobil dijamin anda tidak akan nyasar.  Yaa karna wisata ini sangatlah terkenal pasti masyarakat tau lokasi tersebut.

lokasi
by Aditya Rangga

Sangat sangat disayangkan jika anda tidak mengunjungi wisata ini, selain cerita sejarahnya disini juga terdapat pemandangan bangunan tua yang eksotis yang sangat cocok bagi kalian pecinnta selfie atau fotografer.

Destinasi Klenteng Sam Poo Kong – Semarang
Alamat Jl. Simongan No.129, Bongsari
Kota/Kecamatan Kec. Semarang Bar., Kota Semarang, Jawa Tengah 50148
No. Telepon (024) 7605277
Jam Buka Senin – Minggu / 08.00 – 20.00
Wahana Bangunan Bersejarah, Tempat Ibadah
  • Hari minggu tidak tutup jadi anda bisa menghabiskan waktu libur kalian disini berlibur sembari belajar dijamin sangat seruu.

Harga Tiket Masuk Kenteng Sam Poo Kong Semarang

Untuk harga tiket masuk ini sangat terjangkau lhoo. Hanya Rp 8.000 per orang. Harga bisa saja berubah sewaktu-waktu  yaaa.

Tapi dengan tiket ini anda tidak bisa masuk kedalam kuill. Jadi jika kalian ingin mengeksplor lebih dalam anda perlu membawa uang sekitar 28 ribu per orangnya.



Dengan harga yang sangat murah anda sudah mengetahui bagaimana sejarahnya, berziarah, sembahyang dan melakukan aktivitas apapun serts spot foto bangunan  yang menarik juga.

Tidak heran wisata ini memiliki pengunjung yang datang dari dalam negri maupun luar kota, biasanya juga para pengunjung menghabiskan waktu libur mereka untuk mengunjungi wisata ini.

Fasilitas Klenteng Sam Poo Kong

fasilitas
by Basri Tio

Selain sejarah, lokasi dan harga tiket di Museum ini juga terdapat beberapa fasilitas yang mendukung Klenteng ini seperti;

  • Tempat parkir
  • Tempat ibadah
  • Kamar mandi
  • Spot foto
  • Dan masih banyak yang lainnya

Sangat sangat banyak bukan mulai dari sejarah, berziarah dan pemandangan bangunan tua yang menarik Jika kalian mengunjungi wisata ini dijamin tidak akan rugi malahan kalian akan betah berlama-lama disini. Ditambah dengan pemandangan di sekitarnya.