Melirik Keindahan Kampung Pelangi Di Kota Semarang

0
312
Kampung Pelangi Semarang
Kampung Pelangi Semarang

Kampung Pelangi Semarang

Selain wisata wisata sebelumnya, di Kota Semarang yang populer ada lagi nihh wisata yang populer sekaligus menarik dan unik yang berbeda dari wisata wisata yang lain.  Wisata ini juga termasuk wisata yang sangat pas untuk dikalangan usia.

Tempat rekreasi sekaligus memiliki pemandangan tembok tembok yang dihias sedimikan rupa untuk mendapatkan gambar dan warna yang sangat cantik. Yaitu kampung pelangi.

Kenapa dinamakan kampung pelangi, karena kampung ini memiliki lukisan lukisan dan warna warni yang sangat cantik dan menarik. Karna wisata ini berbeda dibandingkan wisata yang lain banyak para wisatawan tertarik untuk mengunjungi wisata ini.

Wisata ini termasuk salah satu wisata yang sangat jarang berada di kota kota lain, maka dari itu bagi kalian yang ingin berliburan tapi bingung ingin mengunjungi wisata yang mana, datanglah ke wisata kampung pelangi ini.

Selain itu disini juga banyak sekali spot foto yang bagus jadi sangat cocok bagi kalian yang suka sekali dengan selfie selfie. Disini saya akan membahas tentang kampung pelangi. Jangan dilewatkan yaak.

Keindahan Kampung Pelangi Kota Semarang

Kampung pelangi Semarang kini menjadi salah satu tempat wisata yang mampu menyedot perhatian dunia. Hal ini dilihat dari berbagai media internasional telah memberikan tentang pesona kecantikan dari kampung pelangi yang ada di Semarang ini.

Banyak para wisatawan yang melihat perubahan di tempat yang dulunya terkenal kumuh, dengan aliran sungai. Tapi, sekarang kampung ini telah berubah menjadi salah satu tempat wisata yang instragamable.

Kampung pelangi ini menjadi pembicaraan orang-orang di luar karena keindahan kampung ini dengan warna warni tembok rumah yang ada di kampung tersebut.

Di kampung ini Terdapat 300 rumah yang dicat berwarna-warni. Ada yang berwarna merah muda, kuning, biru, hingga ungu. Keceriaan warna rumah ini memanjakan mata pengunjung. Membuat kampung ini sedap dipandang.

Selain itu di sepanjang jalan kampung pelangi ini akan menemukan mural-mural artistic yang dibuat oleh warga. Gambarnya beragam, mulai dari tokoh-tokoh wayang, flora dan fauna, sampe nuansa etnik Tionghoa.

Kampung Pelangi Semarang
Kampung Pelangi Semarang

Lorong-lorong jalannya juga banyak dihiasi dengan hiasan daur ulang. Hiasan tersebut  dibuat dari barang-barang bekas, misalnya bola plastic, botol, dan kerajinan bamboo. Pernak-pernak tersebut semakin meramaikan suasana.

Sangat indah dan menarik bukan dan sebenarnya kampung ini mengadaptasi konsep yang sama dengan kampung jodipan yang berada di Malang. Tapi kampung pelangi di Kota Semarang tidak kalah indah dengan yang di Malang. Jadi jika anda berada di sekitar Kota Semarang ini datanglah ke wisata ini.

Sejarah Singkat Kampung Pelangi

Menurut cerita dulunya kampung ini sangatlah kumuh dan kotor ditambah dengan aliran sungai di sekitar kampung ini menambah kesan jelek atau tidak nyaman pada kampung ini.

Lalu warga kampung ini memiliki inisiatif untuk merubah kampung yang kumuh ini menjadi kampung yang sangat indah ditambah dengan mural-mural dan hiasan hiasan dari barang bekas menambah kesan mewah pada kampung pelangi ini.

Karna kampung ini sangat menarik karna warna warna yang seperti pelangi, jadi para wisatawan dari berbagai Negara mengunjungi wisata inii karna penasaran dengan kampung pelangi ini.

Jadinya sampai sekarang kampung pelangi ini menjadi salah satu wisata yang terpopuler di Kota Semarang ini. Sangat disayangkan jika anda mendatangi kota Semarang ini tetapi tidak mengunjungi wisata ini.

Keseruan Di Kampung Pelangi Semarang

Selain mural mural dan kampung yang berwarna warni disini juga terdapat beberapa fasilitas yang cocok untuk spot foto. Ayo simak dibawah ini.

Taman Kasmaran

Yang pertama adalah taman kasmaran. Sesuai namanya taman ini biasanya banyak pengunjung yang berpasangan yang datang ke taman kasmaran ini. Karena ikonnya adalah papan siluet pasangan yang bermesraan.

Disini, terdapat pula pot-pot bunga yang memperkental keindahan taman ini. Tapi bagi kalian yang belum mempunyai pasangan bukan berarti kalian tidak boleh mengunjungi taman kasmaran ini yaak.

Bunga

Untuk fasilitas yang kedua ini Bunga sebagi properti untuk bisa berfoto supaya makin cantik dan indah. properti bunga ini adalah bunga segar yang diambil langsung dari pasar bunga kalisari.

Kalian juga bebas memilih bunga yang ingin dijadikan properti untuk foto. Ada mawar, lili, bahkan bunga matahari. Selain dikemas seperti buket, ada juga bunga yang didesain layaknya mahkota . Berfoto pun makin cantik dengan property-properti ini.

Gembok Cinta

Selain fasilitas di atas di kampung pelangi ini juga terdapat gembok cinta. Pengunjung bisa membeli gembok, lalu menulis nama diri dan pasangan. Setelah itu, pengunjung diminta menggantungkannya di jembatan.

Sudah ada ratusan orang yang menggantung gembok tersebut. Konon, siapa saja yang menulis nama sepasang kekasih di gembok tersebut, cintanya akan abadi.



Terlepas dari mitos tersebut, pengunjung menjadikan gembok cinta ini sebagai hibura kala berada disini, area gembok cinta ini kerap pula dijadikan titik untuk berfoto.

Kuliner

Selain itu di kampung pelangi ini juga terdapat kulineran makanan wisata khas kampung pelangi ini. Wisata dapat mencicipi aneka makanan di kampung pelangi ini.

Masyarakat membuat sajian roti, serta es mambo warna warni untuk menyesuaikan konsep kampung pelangi ini, ada banyak juga panganan atau makanan khas Semarang. Jadi kalian tidak akan kelaparan jika berada di Kampung Pelangi ini.

Souvenir

Souvenir pun disini menjadi hal wajib untuk dibawa pulang sebagai kenang-kenangan. Souvenir khas tempat wisata ini adalah celengan warna-warni.

Celengan tersebut bisa dijadikan sebagai oleh-oleh untuk anak seraya mengedukasi buah hati untuk menabung. Selain kenang-kenangan untuk oleh-oleh juga bisa lhoo. Kalian bisa membeli celengan tersebut untuk anak, keluarga atau siapapun.

Lokasi Kampung Pelangi Kota Semarang

Bagi kalian yang ingin mengunjungi wisata ini akses jalan untuk menuju kesini sudah sangat mudah anda bisa menggunakan mobil, motor atau transportasi lainnya.

Destinasi Kampung Pelangi
Alamat Jl. DR. Sutomo No.89, Randusari, 
Kota/Kecamatan Kec. Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah 50244
No. Telepon (0274) 8722020
Jam Buka Selas – Minggu / 24 Jam
Wahana Kampung Wisata, Spot Foto
  • Bagi kalian pecinta tempat tempat yang unik dan menarik dengan tembok bergambar mural dan rumah yang berwarna-warni sangat indah. tempat ini juga sangat cocok untuk keluarga berkumpul selfie-selfie dan lain lain.

Harga Tiket Masuk Kampung Pelangi Kota Semarang



Untuk harga tiketnya gratis, tapi sewaktu waktu bisa berubah yaa, dengan harga tiket yang gratis kalian sudah bisa menikmati kampung yang penuh dengan warna warni dari kampung tersebut.

Dijamin anda tidak akan rugi dan bosan jika berada di wisata ini karna mural-mural yang sangat bagus dan indah ditambah sepanjang jalan dan lorong terdapat hiasan hiasan dari barang bekas yang membuat para wisatawan tertarik untuk mengunjungi wisata ini.

Fasilitas

Fasilitas fasilitas di kampung pelangi ini juga sangat memadai. Disini juga terdapat spot foto yang sangat cantik, dan terdapat fotografer yang berada di kampung pelangi ini.

Fasilitasnya seperti

  • Tempat parkir
  • Tempat ibadah
  • Kamar mandi
  • Spot foto
  • Dan masih banyak yang lainnya

Karna banyak sekali para wisatawan yang berdatangan apalagi hari libur yang pastinya sangat padat ramai, sebaiknya kalian mengunjungi wisata ini saat weekday atau hari biasa supaya bisa santai dan tenang.